Kamis, 05 Desember 2019

3 Langkah Mempersiapkan Finansial di Hari Tua Bagi Freelancer


Pekerjaanku sebagai freelancer memberikan kebebasan dalam hal waktu dan tempat kerja. Enaknya, enggak usah ngantor tapi dapat uang setiap bulan, yang penting kerjaan beres. Namun ada juga sisi minusnya  (walau sedikit sih), karena bukan pegawai tetap, gak dapat fasilitas asuransi kesehatan dan dana pensiun. Lantas aku bayangin nanti seandainya sudah berusia 60 tahun apa masih kuat ngetik berjam-jam seperti sekarang? Kalau mau pensiun, dapat duitnya dari mana dong?

Itulah sebabnya perlu perencanaan keuangan yang matang. Gak selamanya freelancer bisa mengharapkan uang honor cair sementara kondisi fisik sudah tidak memungkinkan. Yah, kita mah bukan ASN yang dapat pensiun tiap bulan setelah purna tugas, jadi kudu nyiapin benar-benar nanti bakal berhenti kerja di usia berapa dan tetap bisa jalan-jalan karena sudah merdeka finansial. Ini beberapa caranya.

1. Investasi Properti
Properti adalah investasi yang menarik karena harga rumah naik tiap tahun. Lantas kalau kita sudah punya rumah, gimana dong? Jika ada rezeki, coba beli lagi. Kan sekarang sudah banyak perumahan baru yang DP-nya terjangkau. Setelah dapat kunci rumah, bisa disewakan. Lumayan, hasilnya bisa ditabung buat hari tua nanti.

2. Beli Logam Mulia
Selain properti, berinvestasi dengan logam mulia juga sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Bayangin deh, kalau kita hanya nabung uang, nilainya makin mengecil. Kalau 10 tahun lalu pegang uang 50.000 berasa udah wow, sekarang hanya bisa dibelikan 1 kg beras, 1 kg telur ayam, dan ½ kg ikan kakap. Buat nyetok belanjaan 3 hari juga kurang!

Jadi passtikan kita kumpulin duit, tapi dibelikan emas. Emas perhiasan? Kalau bisa sih logam mulia, karena jika dijual lagi harganya lebih tinggi. Kalau cincin emas dipakai tiap hari, bisa berkurang beratnya karena kegesek-gesek. Lagipula beli logam mulia juga mudah kan, bisa online juga. Saat sudah tua nanti dan butuh uang untuk umroh, tinggal jual deh koleksi LM-nya.

3. Ikut Asuransi Dana Pensiun
Mengikuti asuransi dana pensiun adalah salah satu cara agar kita bisa hidup tenang di hari tua. Jika nanti sudah setengah baya, ada dana asuransi yang cair dan besarnya minimal 40 juta. Wow banget gak? Lantas kudu daftar di mana? Percayakan uangmu di asuransi Sequis Life.

Sebagai perusahaan asuransi yang sudah lama ada di Indonesia (lebih dari 30 tahun), sudah banyak sekali orang yang merasakan manfaat dari Sequis Life. Jadi untuk asuransi dana pensiun nanti, aku bakal menghubungi agen Sequis yang tentunya ramah dan bakal jelasin beberapa manfaat ikut asuransi retirement life plan. Bahkan untuk orang awam seperti aku, pasti akan faham setelah ketemu agennya. Omong-omong, ini beberapa manfaat asuransi pensiun Sequis Life.

a. Metode Pembayaran Premi yang Fleksibel
Kalau ada umumnya, bayar premi asuransi kan bulanan. Di program retirement life plan, Sequis Life memberi fleksibilitas. Setor uangnya bisa bulanan, per 3 bulan, tiap 1 semester, atau tahunan. Besaran premi juga gak saklek, tapi bisa dibicarakan dengan agen, karena kebutuhan dan pendapatan tiap orang beda kan.

b. Asuransi Pensiun untuk Anak
Kalau kita sudah ikut asuransi pensiun, bisa juga nambah lagi dengan membayarkan untuk anak-anak, karena minimal usia ikut program ini adalah 1 bulan. Maksimalnya 60 tahun. Nanti anak juga akan terjamin masa tuanya, dan bisa hidup bebas finansial walau orang tua sudah tiada berpuluh tahun lalu. Mengikutkan anak-anak di program retirement life plan adalah salah satu cara menyayanginya, karena kita juga mikir masa depan mereka.

c. Bisa Pakai Dollar
Sebagai freelancer, pernah dibayar dengan dollar? Punya klien dari luar negeri memang menyenangkan dan bayarannya jika dirupiahkan jumlahnya amazing. Namun, jangan ditukarkan semuanya, sisakan untuk biaya asuransi. Jadi kita bakal bisa hidup enak di masa tua, walau bukan abdi negara yang diberi uang pensiun ketika sudah habis masa kerjanya.

Masih banyak manfaat ikut asuransi yang lain yang bisa dibaca di sini. Aku percaya penuh dengan Sequis Life karena diawasi oleh OJK. Dijamin aman dan bukan abal-abal.
Bagaimana teman, sudah persiapkan masa pensiun? Semoga kita bisa menjalani masa tua dengan bahagia. Gak khawatir lagi dengan masalah finansial. Bisa bebas traveling tanpa ngerepotin anak-cucu.


29 komentar:

  1. Emang kudu dimulai nih mempersiapkan finansial untuk hari tua, biar nantinya gak ngerepotin gitu.

    Apalagi sekarang banyak tuh yang udah masuk usia pensiun tapi bisa ngelakuin banyak hal. Mungkin itu karena persiapan finansial yang matang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Bersiap-siap mumpung masih masa produktif kerja. Biar aman di hari tua.

      Hapus
  2. Galau ya bagi yang tidak ngantor kayak kita. Meati pandai pandai mebgelola hasil dari nulis biar bisa buat investasi dan asuransi juga. Semangat Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :). Iya nih, kudu bisa atur kesiangan, mumpung masih muda.

      Hapus
    2. yang kerja swasta juga kok kak, kan kita juga gak dapet dana pensiun nanti, paling cuma tunjangan di akhir masa kerja doang. Memang harus pinter2 ya mengelola keuanga, dan bener mumpung masih muda jadi belum terlambat untuk memulai.

      Hapus
  3. Tetep ya..properti yang nomor 1, diikuti logam mulia dan ditutup dengan asuransi... semoga masa tua kita semua baik2 saja ... amin

    BalasHapus
  4. Semakin kesini, masyarakat Indonesia sdh semakin sadar akan sebuah investasi. Seperti mempercayakan asuransi untk melindungi jiwa dan masa depan. Bravo

    BalasHapus
  5. Iyayah...anak²pun bisa diikutkan retireplan, u jaminan masa depan mereka. Aku dulu cuma asuransi pendidikan dan kesehatan aja.

    BalasHapus
  6. Pengennya dari dulu investasi logam mulia untuk jaminan masa tua. Tapi belum Nemu toko yang tepat, karena banyak sekali online shop yg juga membuka penjualan logam mulia.

    BalasHapus
  7. Penting banget memang mba ya kita punya plan finansial untuk hari tua. Jangan sampe kita bikin anak kita jadi sandwich generation krn harus menopang kita secara finansial di hari tua. Makanya aku rajin buka asuransi dan investasi untuk masa tua.

    BalasHapus
  8. Wahhh iya tuh harus diPersiapkan dari sekarang ya kak, apapun profesinya apalagi freelancer karena harus kita sendiri yang mengatur keuangan kalau ga dari sekarang kapan lagi

    BalasHapus
  9. Judulnya menarik banget mba. Semua freelancer kudu baca ini. Hehehe. Saya baru sebatas investasi properti saja, sama asuransi pendidikan dan kesehatan untuk anak. Semua hal dimulai dari yg kecil-kecil dulu. Mau gaji sebesar atau sekecil apapun, sama saja nilainya selama si empunya melek investasi. Gak ada kata gak mungkin jika niat dan langsung aksi.

    BalasHapus
  10. Selain menyiapkan asuransi di masa tua... Investasi blog dengan banyak akun adsense, sepertinya juga perlu dipertimbangkan, mba :D

    BalasHapus
  11. duh mau dong dibayar pake dolar
    dulu ada steemit ya yang kriptocurrency kemudian dikonversi pake dollar
    tapi aku lupa password dan ga bisa ubah password lg hiks

    BalasHapus
  12. Investasi ilmu, investasi blog, harus di masukan. Soalnya blig itu bener2 Bagus prospeknya dimasa depan. Hahaha canda

    Tapi aku udah mulai di emas sama reksadana. Plus ini mau rencanain dana pensiun sih mbak

    BalasHapus
  13. Krusial banget ini bun,, scr di hari tua nanti kita semakin melemah gak bs sekuat sekarang kerjanya kan,.makanya perlu dana pensiun seperti yg dicover ama sequislife ini. Tfs yaa

    BalasHapus
  14. Waah kebetulan aku juga udah mulai nabung-nabung logam mulia mba walaupun sedikit demi sedikit hehe. Eh ternyata Sequis Life punya asuransi dana pensiun ya. Keren banget deh. Aku mau kepoin lebih lanjut ah :)

    BalasHapus
  15. Benar banget mba, mempersiapkan dana pensiun apalagi sedari dini manfaatnya banyak, asuransi salah satu alternatifnya, lebih praktis anggap nabung tapi ada jaminan gitu

    BalasHapus
  16. Perencanaan dana pensiun dengan nabung logam mulia atau ikut dana pensiun adalah yang paling memungkinkan buat saya. Ga sanggup klo harus investasi properti heheheeh

    BalasHapus
  17. Saya jadi terbayang bagaimana "gusar"-nya freelancer dengan investasi masa depan, pasalnya mereka tidak memiliki pekerjaan tetap. Cara-cara yang ditulis di artikel tepat sekali untuk dicoba

    BalasHapus
  18. Saya juga tidak tahu umur 60 tahun akan bagaimana nantinya, sekarang sudah kepala 4. Waktu rasanya bergerak cepat tetapi kehidupan saya stagnan sebagai ibu rumah tangga yang freelancer.
    Dana pensiun itu memang penting, kaum muda tidak boleh abai dengan urusan asuransi karena finansial yang baik untuk masa depan bisa sebagai bekal. Yah, uang cepat menyusut nilainya seiring waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mbak mending investasi emas atau properti

      Hapus
  19. Aku juga kepikiran ntar lek wes tua gimana ya? Secara aku pengin hidup mandiri biar gak jadi beban anak atau orang lain. Kudu persiapkan rencana matang nih biar bisa hidup tua berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, udah tua tapi bebas traveling tanpa mikirin duitnya, wkwkkw

      Hapus
  20. Betul mbak, penting menyiapkan dana di masa tua tuh.. mungkin kita tidak akan seproduktif saat ini, sehingga perlu back up dana supaya keuangan tetap terjaga meskipun kita tak lagi bekerja

    BalasHapus
  21. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus