Rabu, 30 Juni 2021

Tips Daur Ulang Masakan ala Bunda Saladin

 “Mas, sisa lauk aku kasih kucing aja ya?”

“Jangan, Dek! Nih Mas aja yang masak!”

Dengan sigap bapaksuami langsung mengambil ayam sisa dari kulkas lalu dibalur tepung bumbu dan digoreng hingga kering. Ayam itu yang jadi lauk makan siang kami. Alhamdulillah nikmat.

Ya, setelah beberapa hari makan opor dan gak habis-habis (karena dapat kiriman banyak sekali saat lebaran) ayamnya masih sisa dan beliau mencontohkan bahwa makanan yang masih layak makan tidak boleh dibuang, tetapi dimodifikasi.

Setelah kejadian itu akhirnya saya juga belajar daur ulang masakan, seperti contoh di bawah ini:

1. Nasi Kuning

Ada nasi sisa tetapi bosan dijadikan nasi goreng? Jadikan nasi kuning aja. Masukkan nasi di dalam wajan/panci serbaguna lalu beri santan secukupnya, garam secubit aja, kunyit bubuk kira-kira setengah sendok teh, kalau ada kasih 1 batang serai, lalu aduk rata. Masak dengan api kecil. Kalau ada telur ya masukkan saja biar sekalian jadi poached egg ala ala.



2. Kalio Campur Baur

Mengapa campur baur? Karena bahannya tergantung dari stok sisa lauk, wkkwkwk. Kalau ada tempe dan tahu goreng sisa kemarin, potong dadu lalu goreng sebentar.

Belilah 1-2 ati ampela goreng (biasanya di lapak yang jual lauk matang) lalu potong sesuai selera. Masak di panci dengan santan (instan aja biar praktis, misalnya merek Kara dan diberi air secukupnya) dan bumbu rendang BMM (andalan para mama). Masak dengan api kecil.

3. Bakwan Sayur

Ada sisa sop atau capcay? Jangan dibuang ya, kalau misal pas diicip masih enak. Buang kuahnya lalu beri tepung bakwan secukupnya, beri sedikit air, lalu goreng. Jadi bakwan sayur yang enak buat sarapan.



4. Tumis Sayur-Telur

Alternatif lain dari olahan sisa sayur. Kalau sop atau capcay masih enak, buang kuahnya lalu panaskan di wajan. Pecahkan 1 butir telur lalu aduk rata, kalau mau tambah enak bisa ditambah sosis. Enak dimakan bersama saus tomat/sambal.

5. Martabak Daging

Di rumah ada sisa soto daging atau ayam yang sudah dipanaskan berkali-kali? Biar gak bosan, caranya begini: buang kuahnya lalu ambil daging, potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam kulit lumpia atau pangsit, beri sedikit kocokan telur. Setelah digoreng, jadi martabak asin yang sedap.



6. Semur Ayam

Kalau ada sisa ayam goreng dan dipanaskan terus dengan cara digoreng kan teksturnya jadi keras. Biar empuk, caranya dijadikan semur saja. Bumbu super simple, hanya bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan kecap. Beri air secukupnya.

Nah, gak jadi buang makanan kan? Kita bisa kreatif mengolah sisa makanan yang masih layak konsumsi jadi lauk lain yang sedap. Yuk dicoba.

Postingan ini untuk memeriahkan OWOP grup Blogger Kodew Malang.

 


2 komentar:

  1. Jadi banyak ide nih mba utk daur ulang masakan :D. Selama ini jujur aja aku cm pake cara panasin, ATO ksh kucing liar kalo dedagingan :D. Tapi ga sering juga nyisain makanan, Krn sbnrnya aku sering wanti2 ke asisten kalo masak secukupnya. Biar ga lebih banyak, dan ujug2 malah kebuang. Capcay sisa dijadiin bakwan sayur boleh juga resepnya :D. Ini yg biasanya suka nyisa sih.. soalnya kalo udh lebih sehari capcay itu udh ga enak, Krn JD lembek semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak mmang better masak secukupnya aja, biar kalau habis ya masak lagi.

      Selamat mencoba :)

      Hapus