Minggu, 31 Oktober 2021

Pengalaman Vaksin Paling Seru, Langsung Keliling Mall!

Halo semua apakabar? Sudah vaksin belum? Vaksin sangat penting lho karena bisa meningkatkan imunitas dan memperkecil kemungkinan kena corona.

Nah kali ini saya mau sharing pengalaman vaksin di sebuah mall. HAH? Iya, penyuntikannya di sebuah Mall di Kota Malang, dijamin adem. Pertama kali tahu pengumuman vaksinasi dari sohib saya, Mbak Dini. Beliau menyebarkan poster tentang vaksinasi di grup WA, lalu saya daftar deh.

Mendaftar dengan Mudah

Cara daftarnya mudah banget, cukup klik ke situs yang segrup dengan Mall, lalu buka ID-nya. Untungnya saya udah punya ID, jadi tinggal login. BTW 1 ID bisa dibuat mendaftar 4 orang. Vaksin yang digunakan Pfizer ya, bagi saya sih sama saja, terima saja.

Asyiknya lagi, bisa milih tanggal dan jam vaksinasi, saya pilih tanggal 25 dan pas cek di kalender, ternyata senin. Jadi pas, Saladin sekolah, orang tuanya vaksin. Gak bingung lagi mau menitipkan dia di mana.

Persiapan Pra Vaksinasi

Sebelum disuntik vaksin, kudu siapin fisik dulu, agar efek sampingnya minim. Jadi seminggu sebelum divaksin, saya stop begadang. Lalu, lebih banyak minum air mineral, dan makan buah serta sayuran. Alhamdulillah sudah sembuh juga dari flu berat.

Hari-H Vaksinasi

Saat hari-H jelas deg-degan karena, pertama saya tuh jarang keluar rumah saat pandemi. apalagi ke tempat umum seperti Mall, blas gak pernah tuh. Tapi berbekal tekad kuat akhirnya memberanikan diri, meski tahu bakal ada kerumunan. Yang penting sudah pakai masker ganda, dan bawa bekal (snack plus minuman botol).

Jam 7 saya (dan suami) antar Saladin sekolah dulu baru menuju Mall. BTW Mall ini letaknya persis di sebrang SMA saya (jadi nostalgila wkkwkkw). Ternyata, sudah PENUH! Padahal baru jam 8 lebih 5 menit. Akhirnya saya ke meja pra-pendaftaran untuk mengisi data, lalu antri sambil duduk.

1. Antrian yang Bikin Marah

Antrian vaksin gile banget, di depan saya mungkin sudah ada 50 orang. Sudah antri eh salah jalur lagi, terpaksa balik ke belakang. Yang bikin nambah emosi, kan calon yang mau divaksin disuruh maju ama satpam, eh ada yang gak dengar dong. Saya lewatin aja, malah dimarahin ama mas-mas, disuruh antri katanya.

Tapi saya tahan diri untuk tidak adu mulut, daripada tensi jadi tinggi dan batal divaksin. Ya sudahlah, buka HP dulu sambil mengantri..

2. Petugas yang Sigap

Setelah mengantri alhamdulillah ketemu petugas registrasi, ada 2 meja di kanan dan kiri. Mereka sudah divaksin (ada brosnya), jadi aman. Petugas juga mau emmfotokopikan KTP, karena saya gak bawa. Setelah itu beralih ke meja satunya untuk isi data, di-print, baru antri vaksin (antri lagi yaaa!)

3. Satpam yang Ramah

Satpam di depan mall jauh lebih ramah daripasa satpam yang menertibkan antrian. Saat saya mau izin foto alat scanner suhu badan, langsung diizinkan. Beliau juga dengan sigap mengarahkan ke mana tujuan mengantri. Masuk mall dulu, adem!

4. Lokasi Vaksinasi

Sekitar 10 meter dari pintu mall akhirnya kelihatan antrian vaksinasi. Lumayan juga di dalam, gak terlalu penuh, jadi antrian gak terlalu lama. Namun tercium aroma-aroma sedap dan saya lupa kalau di lantai 1 mall ini penuh dengan restoran, mulai dari yang jual bakso hingga sushi. Bikin lapar!

5. Tenaga Kesehatan yang Siaga

Setelah antri, akhirnya ketemu ama bu dokter yang langsung mengukur tensi. Beliau juga bertanya apakah pernah kena corona, apa pernah diopname sebulan ini, bla bla bla. Alhamdulillah tensi 135, masih lolos.

Saya beralih ke meja lain, tempat penyuntikan. Deg-degan, huaa! Tetapi gak sakit kok, jarumnya juga kecil. Jarum yang dibuat vaksin juga sekali pakai, petugas kesehatan pakai masker dan face shield, sarung tangan, dan baju APD, aman!

6. Registrasi Lagi Pasca Vaksinasi

Setelah disuntiik eh ada antrian lagi. Ternyata untuk registrasi vaksin dosis kedua, alhamdulillah. Jadi gak usah bingung mau diinjeksi di mana. Setelah itu dapat voucher diskon pizza, lumayan!

Mengapa Pfizer, bukan Sinovac atau AstraZaneca?

Bisa dibilang saya cukup beruntung karena dapat vaksin Pfizer, yang diterima oleh banyak negara (padahal gak tahu kapan bisa travelling ke luar negeri). Namun kalau misalnya vaksin yang digunakan Sinovac atau astraZaneca juga mau. Yang penting vaksin, dan memang dianjurkan untuk tidak pilih-pilih.

Habis Vaksin Langsung Ngemall

Setelah vaksin happy banget karena bisa ngemall! Maklum selama pandemi gak pernah ke mall sama sekali. Saya p[utar-putar mall dulu, lalu beli pizza untuk oleh-oleh. Setelah itu mampir ke gerai fastfood untuk makan burger. Me time kayak gini aja sudah bahagia.

Yang Dirasakan Pasca Vaksinasi

Setelah vaksin biasa aja, tetapi 2 jam setelahnya lengan kanan mulai terasa panas dan nyeri. Saya WA adik sepupu yang seorang dokter, dan ia menyarankan untuk minum parasetamol. Setelah minum obat ya ngantuk dong. Malamnya tetap ngantuk. Benar kata orang-orang, habis vaksin pasti ngantukan.

Besoknya alhamdulillah normal-normal saja walau tidak minum obat, dan gak ada efek samping demam. Meski masih ngantukan sampai 3 hari ke depannya. Bisa dibilang efek sampingnya minim banget.

Jadi, ini pengalaman saya vaksin di dalam mall. Kayaknya boss mall ini sengaja bikin vaksinasi biar mall-nya rame wkwkkw. Gak apa-apa, toh vaksin di dalam mall lebih sejuk dan menyenangkan daripada di tempat lain.

Postingan ini dibuat dalam rangka OWOP Blogger Kodew Malang.

3 komentar:

  1. stay safe and stay healthy ya kak

    BalasHapus
  2. ini yang di Transmart bukan si mbak
    kemarin sepupuku mau ke sana eh udah abis haha
    enak banget emang palagi bisa ke Matos sekalian

    BalasHapus
  3. Bener mba, yg penting mah sekarang vaksin dulu yaaaa. Ntr masalah booster belakangan. Aku masih mau banget kok utk bisa dapet booster walo harus berbayar. Krn toh vaksin ini biasanya ada batas waktu jadi melemah.

    Dulu vaksin pertama , di tempatku juga kacaaaaaau. Antrian ga jelas, panas pula. Aduuuh pusiiing. Tapi Alhamdulillah yg kedua rapi. Aku ambil di lokasi lain. Dan dibolehin. Ya sudahlah. Asistenku malah vaksin 3x Krn ada kesalahan di PeduliLindungi. Vaksin pertamanya ga masuk. Udh capek mba aku nelpon kesana kemari, udah email, ga ada respon. Ya sudahlaaah, akhirnya aku suruh aja asistenku suntik ketiga, supaya jadi komplit. :D. Beruntung dia. Aku juga mau kalo bisa dpt vaksin ke3

    BalasHapus