Senin, 22 November 2021

Cara Menjaga Kewarasan untuk Ibu Rumah Tangga

 Hai sobat Bunda Saladin apakabar? Ada yang profesinya ibu rumah tangga juga?

Jadi ibu rumah tangga (IRT) itu sepintas kelihatannya enak ya, di rumah aja dapat duit eeh. Maksudnya sekilas kelihatan santai tetapi ternyata ad ayang belum tahu kalau jadi IRT tuh CAPEK!

Gimana gak capek kalau pagi-pagi mandi, ibadah, masak sarapan, mandiin anak, nyiapin keperluannya+suami. Waktu suami kerja dan anak sekolah gak bisa tidur lagi, tapi cuss belanja ke tukang sayur. Itupun pakai acara mikir “masak apa hari ini?”

Setelah kelar masak untuk makan siang eh harus nyuci baju, beberes, setrika, blabla. Istirahat mungkin hanya 15 mrnit di siang hari dan 5 jam di malam hari.  Itupun kalau anak-anak gak rewel atau minta ditemanin main sampai larut malam.

IRT Butuh Waras

Oleh karena itu IRT butuh kegiatan yang bikin dia waras. Karena jadi IRT itu lelah fisik dan mental, cyiin! Yuk kita lihat apa saja kegiatan yang bikin IRT bahagia lagi”

1. Belanja

Shopping it’s a girls best friend. Pernah dengar kalimat itu? Belanja di sini bukan belanja sayur ya, tapi beli baju, skincare, atau yang lain. Saat ini mudah banget, tinggal buka marketplace atau aplikasinya, bisa pilih-pilih, transfer, lalu paketnya datang. Praktis banget!

2. Pijat

Saat lelah mendera, maka pijatlah solusinya. Pijat sebulan minimal sekali bikin otot rileks dan tentu hati jadi bahagia. Pijatnya bisa apa saja, bisa pijat ke spa, tradisional ala mbok-mbok, atau pijat refleksi. Biayanya juga gak terlalu mahal sih, bisanya 100.000 untuk manggil terapis ke rumah. Kamu juga suka?

3. Luluran

Siapa suka luluran? Coba deh luluran seminggu sekali, kulit makin bersih, daki hilang, dan haruum. Suami makin nempel deh! Luluran juga jadi me time yang menyenangkan dan setelah itu pasti segar rasanya.

4. Nonton Film atau Serial

Siapa yang juga suka drakor? Nonton drama korea emang seru ya dan ceritanya bermacam-macam. Nonton film juga bisa jadi cara jaga kewarasan, apalagi para IRT kini diberi kemudahan nonton via aplikasi. Ada film Holywood, Bolywood, serial dari USA, Korea, RRC, dll. Tinggal pilih saja.

5. Main Game

Ini nih me time paling asyik, gak Cuma buat IRT tapi juga buat bapak dan anak-anaknya. Kalau aku sih suka main di Solitaire, kalau kamu? Cuss aja klik situsnya dan ada banyaak game di sana, gak Cuma main kartu lho! Plus praktis banget karena gak usah download game dan menuh-menuhin HP. Ini beberapa contohnya:

a. Solitaire

Main solitaire berasa balik ke zaman SD waktu suka nge-game di PC. Solitaire adalah game sepanjang zaman, dan kita gak usah install lagi. Klik aja situsnya lalu main deh.



Masih ingat aturannya? Ada kartu-kartu berjejer dan di sebelah atas kanan bisa dikocok. Di bagian bawah ada kartu yang acak dan bisa diurutkan. Urutannya K-Q-J-10 dan sebagainya. Ingat ya, warna kartu merah dipasangkan dengan yang hitam, begitu juga sebaliknya.

b. Hidden Kitchen

Di web Solitaire.org gak hanya ada permainan kartu, tapi juga ada Hidden Kitchen. Gamenya seru banget karena kita dibawa masuk ke dapur, lalu cari beberapa kitchen tools. Misalnya teko, mug, pisau, dan lain-lain. Desain dapurnya juga kece-kece, jadi nambah inspirasi buat merombak dapur di rumah.



c. Candy Fiesta

Game Candy Fiesta juga seru karena gampang banget. Tinggal geser-geser aja posisi permen dengan warna yang sama, minimal 3 dalam 1 baris. Tapi harus teliti ya karena ada permen yang warnanya mirip (kuning dengan jingga).



Nah ini dia beberapa kegiatan yang bisa dijadikan inspirasi saat me time. Perlu banget lho untuk jaga kewarasan. Kalau kamu suka aktivitas yang mana?

1 komentar:

  1. Hi Kak Bunda Saladin 😁. Sebenarnya dari kemarin-marin udah mampir ke sini, tapi jadi SR aja 😂 maafkan aku 🙏🏻. Salam kenal sebelumnya, Kak!! 😁
    Btw, pijat itu paling juara deh dalam menjaga kewarasan 🤣. Meskipun aku belum jadi IRT, tapi aku merasakan betul rasanya kalau habis dipijat tuh uenaknyaa bukan main dan jadi nagih 🤣. Habis dipijat, rasanya bukan hanya lelah aja yang hilang tapi dosa juga hilang keangkat semuanya sampai bersih 🤣.
    Game juga iya!! Penolong banget iniii, asal main gamenya jangan yang bikin stress hahahaha. Kakak kalau di HP main Candy Crush nggak?

    BalasHapus