Rabu, 28 September 2022

Resensi Buku Dunia Kali, Parenting dari Sisi Bapak

 

Judul: Dunia Kali

Penulis: Puthut EA

Penerbit: Mojok (Sleman, Yogyakarta)

Tebal: 217 halaman

Tahun: 2018

 

Saat pertama membaca judul buku ini, dahiku agak mengernyit. Dunia Kali? Apakah Mas Puthut merupakan pecinta matematika? Ooh ternyata Kali (nama anaknya) berasal dari nama seorang wali yakni Sunan Kalijaga. Nama lengkap Kali adalah Bisma Kalijaga.



Kali, sebagaimana anak-anak yang lain, memiliki tingkah yang kadang polos, kadang gemesin, kadang juga bikin ketawa karena pertanyaan-pertanyaannya. Dalam buku Dunia Kali diceritakan bahwa ia pernah joget-joget lalu kaosnya dijadikan topi. Padahal saat itu Kali sedang sakit. Namanya anak-anak emang ada saja ulahnya :D.

Di lain hari, Kali punya modus untuk dibelikan mainan. Awalnya Mas Puthut mengobrol biasa dengan Kali. Lama-lama Kali bilang kalau dia sudah bisa bercerita. Namun ia makin bisa bercerita kalau punya mainan baru, wkwkwk.

Namun Kali juga menunjukkan sikap dewasanya. Ketika sang bapak sakit, ia menjaga, menemaninya, bahkan menawari untuk membuatkan roti isi. Bagian ini sungguh mengharukan.

Parenting dari Sisi Seorang Bapak

Daku baca buku ini hanya dalam 2 jam dan menikmatinya. Pertama, karena cerita tentang Kali lucu-lucu dan bisa menghibur. Kedua, Mas Puthut menunjukkan parenting dari sisi seorang bapak.

Banyak yang mungkin lupa kalau tugas mendidik anak bukan hanya tugas ibu tapi juga sang bapak. Lha wong anak berdua, yang mengasuh dan mengajari anak juga berdua, kan?





Bapak mungkin jarang memandikan anak (karena faktor kesibukan). Namun perlu menyisihkan waktunya. Untuk mengajak main bersama (benar-benar bermain, bukan hanya sambil pegang gadget), jalan-jalan berdua, tidur berdua, mengajari cara naik sepeda, dll. Semoga banyak bapak lain yang sadar lalu memeluk dan ikut mengasuh anaknya setelah membaca buku Dunia Kali.

Nilai plus lain dari buku ini adalah ilustrasinya yang simple tapi bagus, dan tidak membosankan. Selain itu, dari awal buku sudah dituliskan “buku-buku kami dicetak di atas kertas yang telah memenuhi standar kehutanan berkelanjutan” – wah cinta lingkungan nih. Pas daku raba, oh ini sih kertas BC dan gramasinya mungkin 70 gram (daku dulu kerja di percetakan).

Bagi klean yang mau baca buku parenting yang ringan tapi bermakna, wajib banget baca Dunia Kali. Bravo Mas Puthut!

 

 

5 komentar:

  1. Waktu baca judul bukunya, aku juga menyerengit 😂 aku pikir Kali = Sungai, jadi aku pikir "Dunia Sungai"(?) Terus pas lihat covernya baru ngeh kalau nama anaknya kayaknya Kali deh 🤣.
    Lucu banget si Kali waktu joget-joget dengan baju di kepalanya, ada-ada aja tingkah anak kecil 😂.
    Aku kayaknya baru pertama lihat buku ditulisin soal kertasnya dan ikut senang karena kertasnya sudah memenuhi starndar hutan berkelanjutan!! Kalau kayak gini jadi nggak ngerasa bersalah banget kalau beli buku fiisknya kan 🙈

    BalasHapus
  2. Kok kayaknya aku pernah baca review temen blogger tentang buku ini, tapi aku lupa siapaaa.

    Ah memang jarang nih buku parenting ditulis bapak-bapak, biasa dari sisi ibu aja, yaa. Padahal dari sisi ayah seru (dan penting) juga untuk diulik karena kacamatanya berbeda.

    Terus seneng amaat ternyata produksi bukunya ramah lingkungan <3

    BalasHapus
  3. Judulnya simpel tapi isinya luar biasa bermanfaat ya mbaak

    BalasHapus
  4. Aku suka jenis buku parenting yg dibuat based on pengalaman pribadi dan tidak menggurui. Kesannya bercerita.. bacanya ga bosen dan jadi kerasa banget feel nya. Karena aku ga suka baca buku parenting yg terlalu serius. Bosenin dan kdg terlihat terlalu sempurna sikonnya, padahal aslinya kan ga bisa seperti itu terkadang.

    Nama mas puthut ini sering aku denger, tapi blm pernah baca bukunya. Mau coba cari deh 😊

    BalasHapus
  5. Puthut EA ini kyknya suka main twitter gak sih? Dia jurnalis mojok?
    Wah kyknya kudu nyari buku ini nih buat dihadiahkan ke suami,mayan buat bacaan pas naik KRL hehe :D TFS

    BalasHapus