Senin, 29 Maret 2021

6 Blogger Paling Kece Versi Bunda Saladin

Hai semua apakabar? Semoga kita tetap waras di tengah pandemi ya. Jujur udah setahun dan rasanya makin edan kalau otak gak diisi dengan hal-hal yang berguna, salah satunya ngeblog. Bagi blogger tentu sering blogwalking dan berjejaring dengan sesama blogger, baik dari dalam maupun luar negeri.

Siapa blogger favoritku? Jujur ya, sebagai blogger yang jarang blogwalking (kecuali kalau ikut list BW di grup WA), maka referensi blogger favoritku gak banyak-banyak amat. Alias yang dibuka blog itu lagi-dan-lagi. Namun, setelah tahu ada challenge-nya mbak Eno dan diperbolehkan kasih rekomendasi lebih dari 3 blogger favorit, akhirnya ketemu nama-nama di bawah ini.

1. Fanny Fristhika Nila

Blog Mbak Fanny bernama D’cat Queen dot com dengan logo kucing ungu yang imut. Baru buka blog, kita langsung disuguhi 2 pilihan: di bagian kanan ada tulisan ‘Let’s Taste the Food’ dan di kiri ‘Let’s See the World’. Blog ini memang khusus berisi artikel  traveling dan review makanan.



Kalau klik yang kanan ada pilihan foto dan keluarlah berbagai tulisan tentang review makanan, mulai dari kikil pedas, kepiting nyinyir, sampai lobster. Mbak Fanny memang suka banget spicy food dan kalau ada menu baru yang rasanya pedas pasti langsung komen ke FB beliau, “Mbak, sudah nyoba ini kah? Jadi ingat Mbak deh.” Oh ya, makanannya ada yang dari luar, maksudnya pas beliau traveling sekalian review gitu. Saya jadi penasaran gimana rasanya ayam percik Malaysia, steak daging  (Hida beef) kualitas tinggi di Jepang, dll. Bikin encess.


steak yg bikin mupeng



Kalau kita klik yang kiri, ada banyak tulisan tentang traveling. Ini nih yang paling asyik, bisa jalan-jalan virtual melalui blog mbak Fanny. Ada review berbagai hotel dan negara-negara yang pernah beliau kunjungi. Pembaca bisa tahu kalau di Arab ada daerah bernama Thaif yang sejuk, suasana di Yangon yang unik karena banyak penduduk asli yang pakai sarung, sampai keadaan asli di Korea Utara! Dari travel blogger yang saya kenal, kayaknya baru Mbak Fanny yang berani traveling sampai ke sana. Ternyata asyik-asyik saja, asal taat pada aturan.



Mbak Fanny juga ramah, selalu balas DM dan saling komentar di FB. Someday moga bisa kopdar langsung ama beliau. Yang paling mencengangkan, beliau dengan tegas bilang kalau tidak pernah menerima endorse! Hah? Hari gini. Padahal kalau dapat endorse pasti fee per post bisa gedee, secara penggemarnya banyak. Mengapa no endorse? Tanya beliau sajalah.

2. Annisast

Annisa yang blognya bernama Annisast  dot com juga blogger kondang yang awalnya mengisi blog dengan konten parenting tetapi belakangan lekat dengan image financial blogger (dan sudah bersertifikat lho! Penasaran semoga someday bisa ikut kelasnya). Tahu blog ini waktu BW ke blognya Gesi a.k.a Grace Melia karena mereka berdua sohiban sampai bikin proyek buku bareng.



Annisast basicnya emang penulis buku, wartawan, dan kuliahnya jurnalistik, jadi tulisan-tulisannya mengalir dan menghibur. Paling keren tuh pas beliau liputan langsung ke kediaman alm Eyang BJ Habibie, (tetapi tulisannya di web perusahaan ya, bukan blog). BTW beliau juga ramah dan selalu balas DM.

Back to her blog. Blogpostnya kadang pendek, kadang judulnya juga tak kalah pendek, tapi tetap asyik dibaca. Kalau lagi insomnia, saya BW ke sana dan baca tulisannya dari awal (waktu baru mau nikah ama JG), ampe saat ini (saat Xylo-anaknya- sudah SD). Isi blognya ada cerita mengapa Xylo dimasukkan ke daycare sejak baby, ocehan Xylo, pengalaman sunatnya, dll. Dulu Annisa pernah bilang kalau beliau ngeblog karena suatu saat bisa dibaca lagi di masa depan. Bener juga ya, sesimple apapun tulisan bisa jadi memori dan blog adalah diary online yang kadang bikin ketawa sendiri kalau dibaca-baca lagi.

3. Nurul Rahma

Mbak Nurul saya kenal di walah satu WAG blogger dan...setelah baca blognya, baru tahu kalau beliau pernah nulis serial (cerbung) dengan genre chic-lit di sebuah majalah internal. Uwoo keren banget bisa nulis non fiksi dan fiksi sekaligus.



Blog mbak Nurul bernama Bukanbocahbiasa dot com. Gaya menulisnya asoy geboy ala arek Suroboyo yang blak-blakan (dan memang beliau bermukim di sana). Cenderung to the point tapi tetap menarik untuk disimak. Seperti pengalaman me time saat pandemi, sampai cerita saat diundang oleh Google ke kantornya San Fransisco! Recommended banget dah.

4. Edwin Lives4ever

Bang Edwin adalah blogger yang saya kenal sejak dahulu kala saat ngeblog di Multiply. Karena platformnya sudah almarhum, maka beliau bikin blog dengan nama Edwinlives4ever dot com. Yang paling menarik, semua artikel ditulis dalam bahasa inggris. Jadi kalau buka blognya sekalian nambah vocab deh.



Blog Bang Edwin berisi berbagai macam tulisan mulai dari pemikiran beliau sampai beberapa gambar yang dibuat. Ya, beliau emang pintar sekali menggambar dan portfolionya ada di DeviantArt (sayangnya beliau tak punya akun IG). Dulu juga pernah diberi hadiah berupa gambar wajahku. Daan, terakhir blogpostnya setahun lalu. Lagi hiatus sepertinya.

5. Grace Melia

Grace Melia yang ngeblog di gracemelia dot com adalah blogger yang juga kondang dengan konten parenting dan saya suka sekali baca cerita tentang 2 anaknya: Aiden dan Aubrey (Ubii). Dari blognya, banyak orang belajar kesabaran bagaimana cara merawat Ubii yang anak istimewa. Selain itu, Gesi juga sering kasih bonus file PDF yang bisa diunduh, isinya ada permainan edukasi, dll.



Yang paling menarik di blognya Gesi adalah ada juga tulisan Mas Adit (suami beliau). Mas Adit punya kolom bernama Diari Papii Ubii dan isinya macam-macam. Mulai dari pengalaman play therapy sampai mengapa beliau memutuskan untuk off IG dan FB. Walau bukan full time blogger, tetapi tulisannya bagus, karena referensi buku bacaannya banyak. Jadi kalau buka blog Gesi dapat combo, tulisan beliau sekaligus suaminya.



6. Bunda Julie (alm)

Last but not least, blog yang masih favorit adalah di bundel-jandra22 dot blogspot dot com. Milik mendiang Bunda Julie Utami. Beliau juga saya kenal saat masih ngeblog di MP, dan hebatnya walau sering masuk RS (karena survivor cancer) tetapi tetap semangat menulis. Setelah beliau tiada, blog sempat diteruskan oleh salah satu anaknya.



Di blog ini ada cerita sehari-hari, bagaimana beliau merawat 2 anak laki-laki yang sudah dewasa, pengalaman mengurus pengobatan cancer, dll. Dari cerita-cerita di blog, betapa alm bunda Julie tidak pernah menyerah terhadap penyakitnya, dan masih tetap ceria. Beliau dulu juga ramah dan menganggap semua kawan blogger sebagai keluarganya sendiri.

Wah banyak juga ya tulisanku nih udah hampir 1.000 kata. Intinya, ngeblog selain latihan menulis juga bisa nambah teman dan ajang silaturahmi. Menulislah tanpa memusingkan keywords endebre-endebre dan tulisan lebih abadi. Buktinya tulisan alm Bunda Julie masih ada sampai sekarang walau penulisnya sudah almarhumah. Bagaimana, siapa blogger yang jadi favoritmu?

23 komentar:

  1. Waaa, makasiiii mbaa udah masuk list blog paporitttt *terhura*
    Semogaaa kita teteuupp semangat ngeblog, yhaa😍😍😍

    BalasHapus
  2. Wahhh Makasih Mba Nurul buat rekomendasi.. suka banget sama pembahasannya.
    Saya diatas hanya kenal dengan Mba Fanny. Beliau emnk top markotop sihh... mantulll.. haha

    Btw salam kenal juga.

    BalasHapus
  3. Salam kenal bunda..
    Wah, saya juga suka main ke blognya anisast, gracemelia, mbak Fanny sama mbak Nurul, tapi banyakan Jd silent reader hehehe..

    BalasHapus
  4. hai salam kenal :) makasih udah mampir

    BalasHapus
  5. Hai mbaaaa, duuuh terharu akutuh :D. Makasih banyaaak yaaa, udh mau mampir ke Dcatqueen :D. Seneeeng kalo tulisan2 kita bisa jd referensi utk org lain. Alasanku ga mau terima endorse, Krn aku pgn bisa bener2 objektif dlm mereview sesuatu. Plusnya apa, minus nya apa :). LBH bebas aja jadinya. Lagian, buatku rezeki yg skr udh cukup, ga usah ditambah dari blog juga :).

    Grace Melia juga idolaku banget. Msh inget deh, pas ke Jogja dulu, malah Gesi yg ajak ketemuan duluan. Aku ga berani Krn mikirnya siapa akuuuu :D. Ternyata dia malah ngajakin lgs lah aku mau banget kopdaran. Dan anaknha bener2 ramah.

    Semoga ntr, kita bisa juga ketemuan yaa mbaaa ;)

    BalasHapus
  6. Aku beberapa kali pernah bw ke beberapa nama diatas. Walau nggak terlalu kenal akrab tapi dari bw jadi kenal nama blog nya hehe

    BalasHapus
  7. Beberapa udah kenal. Beberapa masih baru tahu. Jadi penasaran nih. Ntar aku kunjungi ah rekomennya

    BalasHapus
  8. Secara dunia nyata, tidak kenal secara personal dengan keenam blogger yang disebutkan. Tapi beberapa kali pernah baca tulisan-tulisannya.

    Tapi memang saya kadang mengagumi blog itu lebih ke tema/tulisannnya dibanding ke personalnya.

    Namun senang juga jika bisa bersilaturahim langsung bertukar pikiran secara offline.

    BalasHapus
  9. Saya paling sering baca tulisannya Mbak Fanny De Cat Queen, soalnya sering cerita soal traveling bahkan sampai ke Korea Utara segala. Belum review-review hotel , kuliner sampai snack. Menarik banget buat Saya

    BalasHapus
  10. Wah memang para blogger keren ya..tulisannya asyik dibaca dg tema2 yg seru.. Terima kasih referensinya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya dari blogger-blogger ini yg lebih sering kubaca punya Grace Melia dan aku pun suka mengikuti sosmednya terutama yang IG. Seneng deh baca sharingnya..

      Hapus
  11. Halo mba Nurul salam kenal. Aku termasuk orang yang memfavoritkan kak Icha juga. Kak Icha itu role modelku waktu awal-awal ngeblog dulu, bikin blog gara-gara blog K-Popnya kak Icha hahaha. Sama kak Grace juga aku beberapa kali berkunjung ke sana. Seneng banget lihat persahabatan Kak Icha dan kak Grace. Makasih sharingnya mba <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal. Eh maaf nama saya Avi hehehe.

      Hapus
  12. Yah, masing-masing kita memang memiliki blog favorit. Saya pun demikian. Membaca blog orang lain pun menjadi sebuah pelajaran.

    Kita bisa belajar bagaimana tehnik menulis yang baik. Bagaimana menulis yang menyenangkan hingga sepanjang apapun tulisannya membuat pembaca terhanyut dan terus membaca hingga akhir.

    Begitulah. Ternyata blogwalking juga memberi kita banyak sekali pengetahuan. Hehehe

    BalasHapus
  13. yang sering saya kunjungi itu blognya anisaast dan mamii ubii. Tapi karena sekarang udah jarang bewe, dua blog itu juga jadi jarang saya kunjungi deh

    BalasHapus
  14. Saya sering banget ketemu sama artikelnya mba anisaast memang gaya tulisannya ciamik, berasa ngalir aja kalau dibaca emang jadi betah berlama-lama baca tulisannya

    BalasHapus
  15. Baru tahu kalau mba Avi fans sama mereka ini
    Beberapa sudah saya kenal juga dan memang artikelnya selalu fresh sih meskipun ada yang ga ikutin kaidah SEO

    BalasHapus
  16. Mba Annisa dan Mba Gesi salah satu blogger yang sangat memperhatikan tampilan blognya. Sehingga sangat nyaman dan betah berlama-lama membaca tulisannya.

    Terlebih lagi Mba Gesi, masih sempat memberikan freebies secara berkala kepada para pembaca.

    Jadi sangat menginspirasi ya

    BalasHapus
  17. Dari sebelum anak pertama lahir, sekitar 4.5 tahun yang lalu, aku suka banget baca blognya teh icha dan mbak gesi. Sekarang juga sering oantengin IGS dan sosmed mereka. Benar benar menyajikan pemikiran parenting yang seger~

    BalasHapus
  18. Makasi rekomendasinya Mbaa.. Itu blogger2 yg mba avi sebutkan memang kece2 semua. Bahkan buat grace melia, dia yg inspirasi aku di deain blog, yg di header ada gambar keluarga. Bahkan jenis font blog pun aku nyontek font dia. Hehehe..
    Nah klo Mba Fanny itu juga favorit aku, udah orangnya ramah, isi blognya juga informatif dan detail bgd klo udah ngereview tempat n makanan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu sama-sama. Makasih kunjungan baliknya :)

      Hapus