Jumat, 07 Januari 2022

Review Layangan Putus, Novel yang Bikin Baper dan Pegang Suami Erat-Erat

Serial Layangan Putus yang dimainkan oleh Reza Rahadian dan Anya Geraldine lagi hits ya. Akan tetapi masih ingatkah kawan-kawan tentang cerita layangan putus yang pernah viral di sebuah grup FB? Memang serial itu based on kisah Mommy ASF yang ditulis di grup FB, lalu dibukukan dan dibikin versi layar gadgetnya. Etapi saya belum nonton nih dan penasaran karena ceritanya berbeda.



Kali ini saya bagi ringkasan bukunya dulu ya. Dulu tuh heboh banget karena ceritanya tentang poligami. Cerita tentang pernikahan kedua memang selalu menarik perhatian pembaca, karena ada hati yang tersakiti. Kumenangiiis, membayangkan. Eh maaf kok jadi nyanyi, wkwkwk.

Nah kali ini saya akan mereview novel Layangan Putus. Apakah seseru ceritanya di FB?

Judul: Layangan Putus

Penulis: Mommy ASF

Penerbit: RDM Publisher

Tahun: 2020

Jumlah Halaman: 268

Apa yang terjadi saat suami tak bisa dihubungi selama berhari-hari? Lalu saat pulang, ia menunjukkan gelagat aneh, dan bercerita kalau habis pergi ke Cappadocia, Turki. Lantas ia mengaku kalau traveling ke Turki untuk bulan madu, bersama sang istri kedua. Padahal yang ingin honeymoon ke sana adalah Kinan, tetapi sang suami malah mengajak orang lain....



Ucapan Aris seakan jadi bom yang tepat meluncur ke hati Kinan. Bagaimana ia bisa menikah lagi, ketika saat menikah berjanji tidak akan poligami (kecuali jika ia tak kunjung hamil)? Apa salahku? Mengapa ini bisa terjadi?

Derita Kinan

Kinan seakan terlempar dari kebahagiaan. Dulu ia bersyukur karena punya keluarga yang harmonis. Suami yang penuh tanggung jawab dan pekerja keras, 4 anak laki-laki yang cerdas. Namun semuanya kandas ketika ada wanita lain yang lancang, menerobos masuk ke teritorinya.



Madunya adalah seorang selebgram yang mengaku ingin dibimbing oleh Aris. Di bagian ini saya jadi emosi bener nih, karena Aris nikah lagi dengan cewek bohay. Lah bukannya kalau poligami itu untuk menolong janda tua yang kesulitan finansial? Malah cari yang bahenol?

Aris yang Berubah Drastis

Kinan tak habis pikir, mengapa Aris jadi seperti ini? Dulu saat baru berkenalan, ia hanya seorang sales promotion boy, lalu berbisnis pulsa bersamanya. Mereka menikah muda dan berjuang bersama, membangun kerajaan bisnis dan mencoba untuk berbahagia

Dalam 8 tahun pernikahan, lahir 4 anak laki-laki. Kinan sangat mensyukurinya. Ia rela menggantungkan ijazah, demi mengabdi pada keluarga. Padahal saat akad nikah, ia dijanjikan untuk boleh bekerja. Namun semua hanya tinggal janji.

Perjuangan dan Air Mata

Kinan mencoba menguatkan hati dan menjalani kehidupan poligami selama 18 bulan. Ia bahkan tak memberi tahu ibu kandung maupun ibu mertuanya. Malam-malam dihabiskan dengan bermunajat, merasa bersyukur walau sang suami pulang jam 11 malam dan pergi bekerja keesokan harinya.

Akan tetapi hati Kinan sempat protes, bagaimana ia bisa berkomunikasi jika tidak pernah diberi waktu untuk berbicara? Jika ada kesempatan berduaan, Aris malah lari, saat Kinan ingin bicara hal yang serius.

A Lot of Problems

Masalah makin runyam saat uang bulanan mulai seret. Kinan diam-diam bekerja lagi sebagai dokter hewan dan memberi layanan memandikan kucing, untuk menambal kebutuhan anak-anaknya. Namun dengan 4 orang anak yang butuh biaya les, potong rambut, makanan bergizi, dan lain-lain, ia mulai kewalahan.



Aris marah besar karena Kinan bekerja di luar. Ia emosi sampai melempar cangkir, beruntung hanya kena tembok. Kinan yang protes karena madunya disewakan vila seharga 45 juta/3 bulan, malah dibilang iri.

Kinan makin tak tahan karena sang madu meminta maaf tapi disertai teror. Ia lelah dan ingin pindah ke Malang, tapi dilarang Aris. Akhirnya mereka berpisah dan ketika menerima surat cerai, Kinan malah merasa bersyukur. Karena kehidupan poligami diumpamakan sebagai kaki yang cacat sehingga susah diajak berjalan, dan ia memilih untuk amputasi alias dadah bye-bye.

The Power of Netizens

Dulu saat cerita layangan putus viral, kan netizen sangat kepo dan akhirnya nemu akun IG sang madu dan akun IG Aris (saya lupa siapa nama asli mereka). Sampai memang si mbak madu ini mengancam akan melaporkan Kinan ke polisi. Hello? Siapa yang salah? Kok malah playing victim? Bukannya dia yang jadi pelakor, eeh.



Benar-benar nih kekuatan jempol netizen, bisa tahu akun IG kedua orang tersebut. Bahkan channel Youtube yang dikelola oleh Aris juga jauh berkurang follower-nya, dan akun IG-nya diserbu komen negatif netizen.

Apresiasi Terhadap Mommy ASF

Di novel ini memang berdasarkan cerita yang sebenarnya, dan dituturkan dengan cukup baik. Namun jujur saya agak kecewa karena di bagian awal rasanya seperti membaca curhatan, bukan novel. Alurnya juga agak membingungkan karena maju-mundur. Namun apresiasi tetap patut diberikan kepada Mommy ASF karena menulis novel yang bisa saja membuatnya trauma berat karena mengingat masa lalu yang pahit.



Akan tetapi, novel ini cukup menghibur, dan membuat saya berpikir serius. Mengapa banyak poligami yang gagal? Seperti apa kekuatan istri yang suaminya menikah lagi? Gak kebayang dan amit-amit jangan sampai kita diberi cobaan seperti ini.

Kekecewaan saya agak terobati ketika Kinan bercerita jika ia akhirnya menerima Aris menikah lagi. Walau mereka berpisah karena merasa beda visi, namun ia bersyukur, karena sang madu melahirkan anak perempuan. Dari dulu Aris memang ingin punya anak perempuan. Bahkan Kinan rela membeli kado untuk sang baby girl dan tidak ada aroma permusuhan sama sekali.

Benar-benar Mommy ASF berhati emas!

Oh ya, sang Kinan alias Mommy kan praktek dokter hewan di Malang, tapi saya belum tahu kliniknya nih. Wah, bagaimana aslinya ya? Kan bisa minta tanda-tangan :D.

Overall, untuk novel ini skornya 4 dari 5 bintang. Saya baca hanya dalam waktu 2 jam. Cocok untuk menemani weekend. Namun siapkan tisu ya karena ada bagian yang sedih dan siap-siap juga untuk ikut mengutuk Aris, eeh. Kamu sudah nonton serialnya atau baca bukunya?

4 komentar:

  1. Pernah baca news soal Layangan Putus ini tapi versi yang curhatan di FB kalau nggak salah, eh itu pun saya bacanya di blog salah satu teman, lupa siapa, kayaknya mba Rey (kalau nggak salah juga) ๐Ÿ˜†

    Tapi saya belum membaca buku atau melihat series~nya karena nggak punya akun di website tersebut ahuahaha, menurut saya ceritanya menarik meski cukup buat kepikiran yah untuk beberapa orang yang mungkin punya kenangan buruk akan cerita serupa. Berhubung saya nggak mau tambah pikiran, jadi kayaknya nggak akan menonton series~nya, cukup baca-baca reviews yang dibagikan ๐Ÿ™ˆ Wk.

    Thank you for sharing mba Vina, saya akhirnya jadi punya gambaran garis besar cerita Layangan Putus ini seperti apa ๐Ÿคฃ๐Ÿงก

    BalasHapus
  2. Saya juga gak nonton serialnya, baca bukunya 1x aja. Takut kebawa emosi :D

    BalasHapus
  3. Aku ga pernah suka tema2 selingkuh atau poligami, mau itu bentuknya film atau buku. Jujur ga akan aku baca. Kalo telanjur gimana? Seandainya itu serial, aku pasti stop di eos pertama. Kalo buku, bakal aku masukin ke list buku paling ga rekomen utk dibaca buatku ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.

    Lebih memilih baca spoiler aja mba. Tujuanku baca dan nonton itu buat pikiran rileks, fresh, yg ada malah hipertensi ntr nonton atau baca beginian ๐Ÿ˜‚.

    BalasHapus
  4. Kalau gitu mending gak usah Kaak daripada ntar overthinking lalu cubitin paksu.

    BalasHapus