Selasa, 24 Mei 2022

Berbagai Peluang Ngeblog Bersama IIDN, Nulis Jadi Makin Asyik!

 

Hati yang sempat kuncup mekar kembali. Seperti itulah perasaanku ketika akhirnya menemukan motivasi untuk kembali menulis di blog alias ngeblog. Sejak platform yang menyediakan tempat menulis (sekaligus jualan online) tutup, memang sempat down karena di sana sudah nyaman rasanya. Namun akhirnya aku menemukan cara untuk menulis dan terus menulis, mengisi blog dengan berbagai cerita, tips, dan lain-lain.

Lantas di mana aku menemukan motivasi? Pertama kali aku bangkit dan tahu bahwa ada komunitas penulis kece di Facebook, rasanya bagai mendapat durian runtuh. Pucuk dicinta, ulampun tiba. Grup FB IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) merupakan wadah yang pas untuk ngeblog sekaligus menaikkan semangat untuk menulis di blog pribadiku.

Deg-degan Waktu Join Grup FB IIDN

Ketika masuk grup FB IIDN rasanya deg-degan karena jujur aku belum kenal siapa-siapa. Yang kutahu, IIDN adalah komunitas perempuan penulis yang didirikan oleh Teteh Indari Mastuti. Teh Indari selain jadi penulis juga pebisnis ulung dan namanya amat terkenal di dunia maya.


                                                      Sumber foto: Grup FB IIDN

Pertama-tama aku baru jadi anggota grup FB yang pasif, hanya memberi like kepada link yang ada di sana. Namun lama-lama tertarik untuk membaca blog-blog milik anggotanya dan rasanya bersyukur karena kegiatan blogwalking ini menambah khazanah. Hidup tak jadi membosankan karena cerita-cerita di blog itu jadi hiburan.

Kebiasaan blogwalking di grup IIDN akhirnya memicuku untuk menulis lagi. Peristiwa sekecil apapun bisa jadi bahan tulisan, dan aku jadi belajar bahwa tidak ada yang namanya tulisan jelek (karena masih bisa diedit lagi). Jika sudah menulis maka itu adalah sebuah kebanggaan karena menaklukkan rasa malas, malu, dan sebagainya.

Menulis di blog bisa jadi stress released karena kita bisa curhat dalam bentuk tulisan. Beda jika dipendam saja maka akan lebih mudah emosi. Oleh karena itu aku berusaha untuk menulis di blog dengan teratur. Tulisan-tulisan blogger lain di grup IIDN memicuku untuk menulis dengan lebih baik lagi. Apalagi ketika tahu bahwa kebanyakan blogger menulis sponsored post, wah ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan cuan!

Peluang Ngeblog Bersama IIDN

Beberapa bulan ini aku baru join grup WA IIDN dan di sana lebih dinamis serta kekeluargaan. Sama seperti awal masuk grup FB, di grup WA IIDN baru sedikit yang kukenal. Misalnya Ms. Alfa Kurnia, karena kami kenal di salah satu grup lain. Juga Mbak Widyanti Yuliandari, Ketua Umum  IIDN yang kukenal karena pernah ikut giveaway ­di blog beliau.

                                                                  Sumber foto: Pexels

Dalam grup WA IIDN semangat ngeblognya cukup militan. Kegiatan blogwalking juga amat dinamis. Hatiku juga bersorak ketika ada job-job yang diberikan dan hadiahnya adalah sesi belajar!

Hadiah berupa sesi belajar online yang diberikan oleh IIDN membuka peluang untuk menambah wawasan. Bukankah ilmu tidak akan habis? Pengetahuan yang diajarkan akan terus bisa digunakan untuk meningkatkan skill menulis di blog.

Peluang juga muncul ketika ada lomba yang diselenggarakan oleh IIDN. Memang aku belum pernah menang dalam lomba-lomba itu. Namun dari kekalahan itu aku justru belajar bahwa jika ingin menang, maka tak hanya harus menulis sebaik-baiknya. Blogger juga memberikan visual berupa foto, infografis, dll sehingga blognya terlihat menarik di mata para juri.

Yang perlu kusyukuri dari blogwalking di grup WA IIDN adalah peluang untuk mendapatkan jejaring yang lebih luas dan juga teman-teman baru. Rasanya senang ketika bisa kenal dengan blogger Indonesia yang tinggal di luar negeri. Atau, membaca pengalaman rekan blogger yang traveling ke Jepang dengan budget minim, memicuku untuk menabung dan belajar membuat itinerary sendiri.

Terima kasih IIDN karena memicuku untuk bangkit dan menulis lagi di blog. Selain memberi peluang ngeblog agr lebih baik lagi, pertemanan di IIDN juga amat berharga. Semoga muncul peluang-peluang berikutnya agar ngeblog makin asyik.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog: Bangkit Berkarya Bersama Ibu-Ibu Doyan Nulis.

                                                               Sumber foto: Grup FB IIDN

16 komentar:

  1. Aku memang ga banyak ikut komunitas atau grub wa para blogger. Tapi 1 yg aku ikutin skr juga bikin seneng Krn bisa baca tulisan2 temen2 yg lain walo terkadang sepi.

    Malah LBH enak BW melalui komunitas di FB sbnrnya. Yg IIDN aku blm ikutan sih mba, tapi kok tertarik gabung via FB nya aja. Kalo yg WA aku memang ga terlalu suka join di grub wa sih. Ngerasa ga enak aja kalo terlalu pasif 😁

    BalasHapus
  2. Seru banget join IIDN ini
    Banyak hal yg bisa kita dapatkan ya
    Ilmu, relasi, koneksi, semangaaatt keren ahh

    BalasHapus
  3. Keren IIDN, jadi ladang belajar banyak ibu-ibu hingga bisa belajar dan berdaya pun terus maju.
    Saya pun punya banyak kesan mendalam dari komunitas menulis pertama yang saya ikuti ini. Sukses selalu IIDN!

    BalasHapus
  4. Selalu semangat ya Mbak kalau ada komunitas yang bikin kita bangkit untuk belajar. Semuanya perempuan dan semuanya pantang menyerah untuk terus maju menggapainya asanya. Mau tidak mau jadi ikutan virus semangat belajarnya kan, ya🤗

    BalasHapus
  5. Dengan berkomunitas, jejaring kita semakin luas. Manfaatnya bahkan kadang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Ada banyak hal yang bisa kita dapat dengan jejaring luas di dunia blogging atau dunia tulis menulis lainnya di IIDN.

    BalasHapus
  6. Barakallahu fiik, kak.
    Senang sekali bisa kenalan dan berkumpul bersama dengan penulis, blogger dan content writer yang menginspirasi di IIDN.

    Semoga IIDN tetap bisa menjadi wadah yang mmebawa kebaikan dan keberkahan untuk anggotanya dan masyarakat.

    BalasHapus
  7. IIDN merupakan komunitas menulis yang aktif yang saya ikuti. Selalu ada kegiatan yang diadakan oleh para pengurusnya. Komunitas ini bagus untuk diikuti bagi para penulis.

    BalasHapus
  8. IIDN tuh komunitas menulis pertama yang kuikuti, senang sekali bisa bergabung di sini, jauh sebelum ngeblog hype seperti saat ini. Saat ini ngeblog dan nulis buku kalau bisa sih berjalan seirama, tergantung keaktifan anggotanya juga ketika ditawari project menulis. Seru pokoknya gabung di IIDN.

    BalasHapus
  9. IIDN membuka peluang blogger untuk lebih maju. Tos kita, Mbak.

    BalasHapus
  10. Suka banget gabung sama IIDN soalnya bisa banyak belajar hal baru dan para pengurus maupun anggotanya baik-baik

    BalasHapus
  11. Laily Fitriani8 Juni 2022 10.39

    Komunitas IIDN ini keren banget. Suka banget belajar di Komunitas ini. Semoga kita tetap semangat nulis ya Mbak? Sukses slalu buat IIDN tercinta.

    BalasHapus
  12. Senang ya bergabung komunitas IIDN. Selain bisa belajar, nambah ilmu, juga nambah teman. Nambah pengalaman.

    BalasHapus
  13. Aku juga senang tergabung dalam IIDN. Kita sebagai ibu Ibu bisa upgrade ilmu disini. Jadi tetap bisa belajar walau dari rumah.

    BalasHapus
  14. Senang banget gabung di IIDN dan ga nyesel
    Acara di komunitasnya selalu seru

    BalasHapus
  15. IIDN sering ngasih peluang dan lomba blog. Terus sering banget ngasih pelatihan. Benar-benar memberdayakan anggotanya

    BalasHapus
  16. Horee. Selamat aktif ngeblog lagi yaa. Gabung komunitas memang salah satu cara biar kita selalu semangat ngeblog

    BalasHapus