Jumat, 01 April 2022

Puasa Pertama di Rumah Mertua, Asoy Geboy!

Puasa sangat istimewa apalagi puasa pertama karena tubuh kita beradaptasi dan jam makan berubah drastis. Biasanya jadi ngantuk karena lemas, dan paling enak tuh bobok siang sambil kipas-kipas di rumah.


Namun kalau puasanya di rumah mama mertua apa masih bisa santai kayak di pantai? Ooh jangan bayangin yang seram dulu, kawan! Ini pengalaman daku saat puasa pertama di rumah mama mertua, beberapa tahun lalu.


Kami (daku, suami, dan anak) rutin menginap di rumah mertua, minimal sebulan sekali. Nah pas banget jadwal nginapnya sehari sebelum ramadhan. 


Malamnya dilalui dengan aman tapiii... Begitu bangun langsung shock karena sudah hampir jam 4 pagi! Wah apa sudah imsak?


Segera kubangunkan suami dan kami bergegas cuci muka dan gosok gigi baru pergi ke ruang makan. Daku udah takut kena semprot mama mertua karena kesiangan.


Ternyata alhamdulillah beliau langsung ngasih piring berisi telur ceplok, dan setelah itu menawarkan segelas teh hangat. Mama mertua, sungguh mulia. 


Kami akhirnya makn cepat-cepat (untung gak keselek) dan untung setelah itu langsung imsak. Sahur pun terselamatkan berkat kebaikan mama mertua.


Siangnya mata sudah kriyep-kriyep. Mau ngeloni anak kok sungkan karena mama mertua masih kerja (jualan buah dan lapaknya di depan rumah).


Beliau malah kaget melihatku mebgantuk. "Sudah, tidur saja dulu sekalian ngajak Saladin (putraku) tidur siang. Mama juga sebentar lagi tutup lapak, mau istirahat juga.


Alhamdulillah hanya 'disuruh' tidur siang. Padahal sebelumnya sudah bayangin bakal diajak menyiram bunga atau yang lain. Karena beliau emang enggak bisa diam, ada saja yang dikerjakan ealau puasa. Seperti merajut taplak atau menjahit celana untuk diberikan ke cucu-cucunya (yang memang cowok semua).


Sorenya juga daku merasa diistimewakan (atau memang jadi menantu tak tahu malu wkwk) karena dilarang membantu mama mertua masak untuk berbuka. Pas sudah azan maghrib rasanya alhamdulillah. Walau hanya tempe goreng, tumis genjer, dan takjil es blewah rasanya nikmat.


Begitulah pengalaman puasa pertama di rumah mertua. Beruntung punya mertua super baik jadi enggak baper eeh maksudnya bisa puasa lancar dan enggak canggung walau puasanya enggak di rumah sendiri. Bagaikana dengan puasa pertamamu?


Tulisan ini diikutkan Blogger Perempuan Network Challenge 2022 #day1




1 komentar:

  1. Aku kangeeeeen banget puasa bareng mertua.. sejak keduanya meninggal, udh ga ada lagi keseruan cari bukaan bareng, trus buka sama2. Kebetulan rumah mertua tinggal jalan kaki dari rumahku, saking deketnya.

    Hubunganku dengan mama mertua juga Deket mba, mungkin Krn kami sama2 Gemini 🤣. Jadi sifat kami sama hahahhaa. Mama itu ga suka masak, makanya dia punya asisten yg dibawa2 bahkan tiap kali tugas ke negara manapun. Naah sama bgt Ama aku yg benci urusan rumah. Makanya aku LBH suka nyerahin urusan rumah dan masak ke asisten juga.

    Jadi tiap puasa, yg ada mama malah ngajakin jalan2, atau ngobrol aja, Krn semua udh diurus Ama asistennya 🤣. Kami nyambung sih kalo udah bicara hobi. Makanya sediiih banget kalo inget mama papa mertua udh ga ada. Aku justru lebih Deket Ama mereka dr ortu sendiri

    BalasHapus