Minggu, 05 Juni 2022

Review Kirana si Nona Brownis, Buku Anak yang Manis

 

Judul: Kirana si Nona Brownis

Penulis: Tanti Arisha

Penerbit: BIP (hanya diterbitkan dalam bentuk ebook)

 


Awalnya saat membaca buku ini daku kecele karena ternyata buku anak-anak, kirain teenlit! Namun gak rugi juga bacanya karena ceritanya cukup bagus. Tanti Arisha berhasil menuliskn cerita anak dengan manis.

Novel anak Kirana si Nona Brownis berkisah tentang Kirana yang membantu ibunya berjualan di kantin sekolah (tentu saat istirahat siang). Sang ibu jualan nasi kuning dan kue brownis istimewa. Biasanya selalu laku diserbu pembeli karena memang enak.



Namun beberapa hari ini jualan ibu Kirana kok sepi ya? Kirana bingung, dia berusaha menyelidiki sebabnya. Ternyata ada penjual donat di depan sekolah yang harganya murah banget dan donatnya diberi topping menarik sehingga menarik minat para murid.

Inovasi Brownis by Kirana

Kirana berusaha agar jualan ibunya laris lagi lalu ia berimprovisasi dengan membuat brownis ubi ungu. Bahannya juga mudah didapat karena keluarganya hobi berkebun dan sedang panen ubi ungu.

Setelah brownisnya jadi, Kirana berpromosi dengan membagi-bagikan sampel secara gratis. Ternyata banyak yang suka. Kirana pun makin semangat untuk membuat brownis, apalagi akan ada lomba memasak kue berhadiah uang cash!

Keteteran

Namun Kirana mulai keteteran karena sibuk berinovasi untuk membuat kue baru. Tugas-tugas sekolahnya terlambat dikumpulkan. Ia juga akhirnya telat masuk sekolah. Ibunya pun menegur dengan halus.

Saat akan mendaftar lomba ternyata sudah ada peserta lain yang membuat brownis ubi ungu! Wah, siapa ya? Akankah Kirana menang? Baca sendiri yuuk.

A Lot of Good Quotes

Tanti Arisha menulis novel anak yang sarat inspirasi tetapi tidakmenggurui. Ada beberapa quote yang daku suka. Pertama: ‘waktu adalah pedang’. Wiih, kalau biasanya time is money, kali ini time is sword. Benar-benar deh kita enggak boleh menyepelekan sang waktu agar tidak merugi lalu dibabat oleh sang waktu sendiri.

Pesan yang daku ingat dalam buku ini juga adalah: jangan menyerah dalam mencapai cita-cita. Apapun cita-citamu, berapapun umurmu, masih bisa dicapai kok. Asalkan mau kerja keras dan tentu saja rajin beribadah.

Buku ini recommended untuk ibu-ibu yang mencarikan bacaan bagi anak usia 6-12 tahun.


Review ini ditulis dalam rangka reading challenge JaneXLiaRC tema bulan Juni: coklat

1 komentar:

  1. novel macam ini perlu dibaca anakanak
    ceritanya ringan dan mudah dipahami
    apalagi banyak nilai-nilai yang bisa diajarkan bagi mereka

    BalasHapus