Selasa, 27 September 2022

Bagaimana Cara Membuat Konten Youtube untuk Pemula? Simak Yuk

 

Hai Sobat Bunda Saladin, ada yang hobi nonton konten-konten di Youtube? Saat ini video di Youtube memang bermacam-macam dan menghibur banget. Namun pernah gak sih pengen jadi vlogger alias youtuber dan mencari tahu cara membuat konten Youtube untuk pemula?


sumber foto: Unsplash

Dengan jadi youtuber kita bisa cari cuan lewat adsense, tetapi sebelum mikir dollarnya, kudu belajar bikin konten yang bagus dulu. Bukankah content is the king, dear? Nanti kalau video yang dibuat bagus, lama-lama penontonnya tambah banyak, senangnyaa. Menjamurnya channel Youtube juga bikin kita punya peluang untuk membuka bisnis editing dan memajang harga jasa editing video, kalau punya skill di bidang itu.

Strategi dan Cara Membuat Konten Youtube untuk Pemula

Berikut ini step by step bikin video untuk channel Youtube punya sobat-sobat maniskuu:

1. Memikirkan Konsep Video

Sebelum bikin video, kudu dipikirin konsepnya gimana? Kan ada macam-macam jenis video di Youtube, bisa tutorial, resep masakan, crafting, traveling, dll. Sobat bisa pilih mau bikin video yang bagaimana sekalian konsepnya.

Misalnya kalau hobi jalan-jalan, videonya berisi pengalaman traveling dan konsepnya kayak catatan harian yang dipaparkan dalam bentuk visual. Atau, kalau suka masak, bikin video cara memasak untuk pemula dan konsepnya video masak praktis. Contohnya masak tumis-tumisan, bikin sandwich, dll.

2. Syuting dengan Gembira

Setelah konsepnya matang, yuk syuting dulu. Saat akan mempraktikkan cara membuat konten Youtube untuk pemula, sebenarnya enggak usah pakai perangkat yang mahal banget. Cukup pakai HP yang biasa dipakai, stabilizer, dan laptop. Awali dengan peralatan yang biasa, lama-lama kalau channel Youtube mulai menghasilkan cuan, baru beli kamera yang lebih canggih.

sumber foto: Unsplash

Saat syuting kudu rileks agar nanti hasilnya bagus dan tidak sering-sering edit. Suasana hati saat syuting juga dijaga biar mood-nya bagus terus dan penonton akan puas dengan hasilnya. Enggak usah terlalu mikir nanti hasil videonya bagus apa enggak ya? Nanti penontonnya berapa ya? Karena intinya adalah syuting dengan gembira dan nanti otomatis subscribers dan viewers naik dengan sendirinya.

3. Editing is a Must

Setelah videonya jadi, jangan di-upload dulu ya, Sobat! Wajib untuk diedit videonya biar tidak terlalu panjang durasinya, hasilnya bagus, dan tidak ada rekaman yang kurang apik (misalnya ada suara penjual keliling yang nyelonong saat syuting). Untuk editing bisa pakai laptop atau HP.

Namun kalau Sobat ingin hasil editingnya lebih bagus, minta bantuan ahlinya aja alias editor video. Cari saja freelance video editor Indonesia yang meminta fee cukup terjangkau dan membuat Sobat yang ingin jadi Youtuber pemula tidak bokek seketika. Dengan cara ini maka Sobat bisa fokus mikirin konsep video dan syuting, tanpa harus susah-susah editing sendiri yang memakan waktu cukup lama.

4. Promosi Video Tersebut

Kalau sudah di-upload maka video wajib dipromosikan, dear. Misalnya melalui status WA, grup WA alumni, grup keluarga, atau via sosial media. Makin banyak promosi maka makin bagus karena viewers-nya juga bertambah terus. Teman-teman kantor atau kampus akan jadi penonton setia dan rutin melihat video itu. Jadi, jangan malas bikin konten baru ya setelah rajin promosi.

Bagaimana Sobat, mudah kan mencari cara membuat konten Youtube untuk pemula? Jangan menimbang-nimbang terlalu lama, jalani aja dulu. Bikin konsep di buku lalu syuting, editing, dan promosi video dengan gembira. Kalau rutin bikin video dan konsepnya unik serta menarik, lama-lama subscriber dan viewers akan bertambah, dan cuan mengalir deras. Asyik banget.

13 komentar:

  1. Menarik nih artikelnya Bunda. Kebetulan anak saya juga suka bikin video-video review, tapi saya yang malas mengedit. Setelah baca artikel ini, jadi lebih bersemangat untuk ngedit video anak-anak yang sudah numpuk di laptop, hehe.. Makasih info dan insight-nya Mbak.

    BalasHapus
  2. Kalau lihat YouTubers ada rasa ingin juga seperti itu tapi belum PD bercuap-cuap atau acting depan kamera, apalagi buat totorial sih, hihih. Tapi boleh juga deh suatu saat keluar dari zona nyaman selama ini lau terapkan tips kece ini ;)

    BalasHapus
  3. sebagai pemula aku kudu banget banyak belajar supaya makin banyak pengunjung nih youtube nya. Memang kudu banget telaten dan belajar perlahan lahan. MAri kita coba!

    BalasHapus
  4. Editing video ini ya yg butuh banyak waktu agar hasilnya jg bagus enak untuk dtonton.. Mau dong rekomendasi software yg dgunakan untuk editing vdeo..

    BalasHapus
  5. Aku ngonten di Youtube baru sebatas bersenang-senang dan ngisi waktu senggang. Masih harus belajar banyak banget soal konten peryutuban ini.

    BalasHapus
  6. Belum fokus ke youtube euy. Padahal idenya banyak tapi masih belum ada waktu seriusinnya. Mungkin nanti kalo udah banyak waktu senggang.

    BalasHapus
  7. pengen juga merambah ke youtube hihi.. tapi belum mateng konsepnya jadi belum jalan-jalan deh -_-

    BalasHapus
  8. Wah iya, tips yang berguna banget untuk pemula
    Harus syuting dengan gembira ya mbak

    BalasHapus
  9. Yang bikin unik tuh, bikin konten video gak semudah itu yaa..
    Dari mulai proses awal syuting sampai editing dan akhirnya bisa dinikmati dalam bentuk visual.

    Kadang video yang hanya berdurasi 10 menit, tapi editingnya bisa berjam-jam.
    keren pokonya mah.. profesi vlogger, konten kreator ini.

    BalasHapus
  10. shooting dengan gembira tuh emang wajib banget sih ya, terasa banget aura yg dipancarin, klo foto lagi bad mood aja, hasilnya udh pasti jelek apalagi video kan

    BalasHapus
  11. Tipsnya bagus nih dan bisa diikuti pemula. Cuma ya gitu, bikin videonya itu lho effortnya mayan ya, Kak. Aku punya akun YouTube udah lama, dan masih kosong karena belum merasa sanggup bikin videonya. Hiks

    BalasHapus
  12. makasih tipsnya kak, saya juga ingin bikin konten video utk youtube saya tp masih memikirkan konsepnya nih

    BalasHapus
  13. Udah lama sebenernya aku mau bikin video utk semua perjalanan yg pernah dilakuin. Tapi memang butuh banyak belajar lagi buat editingnya mba. Aku mau minta bantuan anakku yg pertama sebenernya, Krn dia lumayan jago editing, padahal ga pernah belajar khusus. Semuanya melihat dari tutorial YT 😂. Memang yaaa anak sekarang tuh gampang nyerap banget kalo udah menyangkut gadget dan coding atau hal2 yg berkaitan itu. Kan lumayan agak mengurangi cost , palingan nambahin uang jajan si Kaka 😄. Kayaknya mau utk targetku THN depan sih, mulai fokus utk bikin video.

    BalasHapus