Minggu, 14 Mei 2023

Cara Mengatasi Anak Tantrum Biar gak Bikin Pusing

 Gak mau! 

Air matanya hampir jatuh.  Tubuhnya yang agak gempal menindih tubuhku lalu bibirnya dikerucutkan.  Kalau sudah begitu maka aku paham bahwa dia minta dipeluk.  Memang tak semua permintaanku dia lakukan dan untung Saladin,  anakku,  ngambek hanya sebentar. Nah klean ingin tahu gimana cara mengatasi anak tantrum?  



Ketika Saladin masih balita,  bahkan sampai usia 7 tahun,  tantrumnya tergolong mengerikan.  Dulu dia tak hanya menangis keras-keras tapi sampai gulung-gulung dan membenturkan kepalanya ke lantai.  



Ini ketika Saladin tantrum lalu naik ke rak buku dan semua buku dia jatuhkan. 


Untung fase ini sudah berlalu.  Saladin sudah cukup tertib dan jarang tantrum. Kuberi tahu caranya:


1. Biarkan Saja, Jangan Dibentak

Anak yang tantrum dan emosional gak bisa dibentak lalu disuruh diam.  Justru nangis dan ngamuknya menjadi-jadi. Sabar ya.  Tarik nafas,  minum air putih.



Biarkan saja anak mengeluarkan emosinya sampai reda.  Kalau dia diam baru didekati dan ditanya maunya apa? 


2. Dipeluk 

Anak yang suka physical touch (seperti Saladin)  suka banget ditenangkan dengan cara dipeluk.  Berpelukaaan. 


Pelukan hangat akan membuatnya lega.  Lihat deh kalau sudah tenang,  dia bakal minta maaf karena ngamuk. Pengen tahu cara mengatasi anak tantrum yang selanjutnya? 


3. Ajak Makan

Nah biasanya anak tantrum karena dia lapar. Ajak untuk makan makanan kesukaannya. Kalau Saladin biasanya makan nasi soto atau burger. 



Sama aja kalo kita yang orang dewasa kalau kelaparan bikin emosi, yekan?  Jadi siapin roti,  kue,  atau makanan  lain dan tawarkan ke anak setelah marahnya mereda. 


4. Diajak Beraktivitas

Cara mengatasi anak tantrum yang selanjutnya adalah dengan sering-sering mengajaknya beraktivitas.  Amarah itu bisa berarti anak punya kelebihan energi.  Jadi harus disalurkan  



Kalau Saladin biasanya bermain sambil belajar bareng saudara sepupunya (Bimo).  Bisa juga dengan mengajak sepakbola,  engklek,  pokoknya aktivitas fisik.  Capek sih tapi senang dan tantrumnya hilang. 




5. Jangan Main Fisik

Nah ini salah satu pesanku untuk klean: jangan pernah main fisik pada anak karena tantrumnya akan menjadi-jadi. Kalau dia ngamuk lalu ortunya ikut ngamuk dan nyubit atau mukul.  Duuh.  Serem.


Anak jadi berpikir kalau kekerasan adalah hal biasa.  Mau kah dia jadi kasar,  calon preman,  dll?  Gak mau kan. 


Oleh karena itu sebagai ortu kita juga kudu jaga emosi.  Kalau perlu konsultasi,  mengapa pas anak tantrum jadi emosian dan bawaannya pengen nampol? Jangan-jangan ada inner child yang belum sembuh dan butuh terapi. 


Nah itu beberapa cara mengatasi anak tantrum. Ingat ya,  biarin aja sampai marahnya reda. Jangan malah ikut emosi dan jaga biar gak main tangan. Daripada menyesal di belakang.  Sedih dah.  Mending pelukan ama anak sambil dibacakan doa menurut kepercayaan masing-masing. 

19 komentar:

  1. Tapi nih biasanya kalau ada nenek atau kakek gitu, belum sampai anak marahnya reda, cepet dicup-cup sama beliau. Saking sayangnya ya sama cucu. Tapi aku pribadi sih setuju biar anak marahnya reda dulu, soalnya mereka kan juga belajar menyalurkan emosi mereka juga. Baru setelah itu kita dekati dan ditanya kemauannya apa.

    BalasHapus
  2. Kalo ortu zaman dulu, anaknya tantrum pasti dibentak, disuruh diem atau langsung dicubit dan dipukul. Berarti itu kemungkinan ada inner child yg belum sembuh ya. Wah mesti ke psikolog dong orang tuanya..

    BalasHapus
  3. Anak tantrum bisa jadi sedang menyalurkan emosinya ya mbak
    Orang tua perlu mengambil langkah bijak dalam mengatasi anak tantrum
    Yang penting, saat anak tantrum orang tua nggak perlu ikutan tantrum ya mbak

    BalasHapus
  4. Sudah biasa anak anak sejatinya akan mengalami masa tantrum, tapi kita sebagai orang tua mengatasinya. Kadang perlu distraksi positif karena yang mereka perlukan adalah penyaluran emosi, energi sesaat. Dan jangan kasi terlalu banyak gula ya. Itu bahan bakar energi mereka hahaha

    BalasHapus
  5. Saluuut Ama mba Vina 👍. Keliatan sih mbak tipe sabaaar banget sebagai ibu ❤️. Anakku memang jarang tantrum, tapi mungkin itu Krn Tuhan tahu aku bukan ibu yg sabar. 😁.

    Pernah baca sih, kalo anak tantrum itu memang sebaiknya dibiarkan dulu. Jangan dikerasin. Tapi ga semua ibu bisa kayak gitu. Banyak juga yg malah balas mengasari si anak :(.

    Tx sharing2nya mba... Saladin tumbuh semakin baik, pinter, aku yakin Krn bimbingan mba yg memang telaten dan sabaaar banget pastinya ❤️👍

    BalasHapus
  6. Anak tantrum ini jadi tantangan tersendiri saat jadi oorang tua y, mbak. Baru tau kalau diajak makan bisa meredakan tantrum, hihii. Sehat-sehat ya buat Mbak Avis dan Saladin <3

    BalasHapus
  7. anak laki-lakiku termasuk yang kalau sudah tantrum lama banget nangisnya. sampai tetangga aja bilang sama aku. hihi. jadi harus sabar banget nungguin sampai dia selesai nangis dan nggak tantrum lagi

    BalasHapus
  8. kadang kalau kondisi mamak sedang penat, menanggapi anak tantrum bisa bikin stress juga xD ibu nya harus tenang dulu, sebelum menangani anaknya.. diemin, peluk, ajak makan atau ajak main, noted nih buat aku..

    BalasHapus
  9. Semangaattt untuk semua ortu. 💯🥰
    tantrum pd anak memang ujian kesabaran.
    semogaaaa kita semua bs melewati dan mengatasi ujian ini dgn baik yaaahhhh

    BalasHapus
  10. Tiap kali dengar curhat teman2 yg anaknya tantrum, apalagi yg suka marah dan harus diikuti keinginannya di tempat umum, aku langsung ngebayangin seandainya aku di posisi mereka, seperti apa rasanya.

    Butuh ibu yang sangat sabar menghadapi supaya si anak ga semakin tantrum pastinya.

    Tetanggaku banyak yg punya anak kecil, dan beberapa di antaranya suka tantrum mba. Kedengeran Ampe ke rumahku. Tapi si ibu dr yg aku dengar, biasanya cuma diam, ngebiarin anaknya marah sampe puas. Awal2 aku sempet jengkel, Krn mengganggu kan. Kenapa ga disuruh diem , marahin atau apalah. Tapi ternyata, memang bukan begitu caranya ❤️. Anak bakal semakin marah dan mungkin JD LBH kasar.

    Salut dengan ibu yg diksh kesabaran sampai segitunya.

    BalasHapus
  11. Semangat buat para momi, menjaga anak agar tidak tantrum memang tantangan tersendiri ya, saya rasakan ketika memperhatikan keponakan saya kalau tantrum, mamanya berjuang banget buat nenangin, sikap kita yang tenang pastinya akan membuat mereka nyaman

    BalasHapus
  12. Aku salut sama Mbak, beneran bisa menghadapi anak tantrum dengan tenang dan benar. Jujurly, itu enggak mudah, apalagi kalau di tempat ramai, pasti udah banyak gunjingan sekitar yang bikin kita jadi mudah tersulut emosi.
    But, Aku sangat terinspirasi sama cara mbak, semoga bisa aku terapkan saat menghadapi anak tantrum, thanks mbak

    BalasHapus
  13. Noted nih cara-caranya. Emang butuh kesabaran banget hadapi anak tantrum. Jadi orang tua kudu paham soal tantrum ini. Ada fasenya anak butuh menyalurkan emosinya. Gak mudah menghadapinya jadi salah satu cara terbaik seperti yg disinggung di atas, dibiarkan saja dulu ya sampai emosinya reda.

    BalasHapus
  14. Kalau soal tantrum emang menguji kesabaran para bunda ya. Ada baiknya saat tantrum divideokan diam diam. Nanti kalau udah dewasa liatin videonya. Biar tahu dulu wktu kecilnya suka tantrum. Pelajaran kalau punya cucu nanti

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah yaa Saladin sudah ngga tantrum sekarang. Salut sama Bundanya yang sabar saat mengatasi

    BalasHapus
  16. Ponakanku ada yg suka tantrum, betul-betul butuh kesabaran dalam menanganinya. Untung adikku sabar orangnya. Itu juga sebabnya mungkin Allah tidak memberiku anak yg suka tantrum karena Dia tahu saya oeang yg kuramg bersabar dalam.menghadapi anak yg seperti itu.

    BalasHapus
  17. Anak sy jg sering tantrum sampai usia SD. Sy diemin aja krn dipeluk pun gak mau. Seiring bertambahnya usia alhamdulillah hilang sendiri

    BalasHapus
  18. Aku dulu kalau anak nangis, tantrum, suka ikutan bete!
    Rasanya pengen kuamuk balik. Wkkwkw~
    Tapi setelah melihat mereka tertidur, aku terus mikir, "Ya Allaa, gak selamanya aku bisa membersamai mereka."

    Dan bener aja...
    Sekarang kaka uda pesantren. Dan kalau kangen, suka nangis sendiri.

    Sampai sekarang, aku suka nanya ke kaka "Kak, di sepanjang ingatan kakak, mamah dulu pernah bikin kakak kesel, marah, sedih atau benci gak?"

    Alhamdulillah,
    jawabannya bikin aku lega. Dan aku tetap meminta maaf sama anak-anak karena miskinnya ilmu yang aku punya dulu. Semoga anak-anak hanya mencontoh yang baik-baiknya aja dari sikapku atau Abunya.
    Yang jelek-jelek, jangan.

    BalasHapus
  19. jujur aja pusing klo liat anak-anak tantrum, apalagi aku blm terbiasa ngurus anak (ga ada juga anak kecil yang mau dijaga). Klo anak orang kadang aku liatin bombastic side eyes wkwkwk sumpahlah...
    Tapi makasih lho mba udh ngasih cara menanganinya

    BalasHapus