Jumat, 19 Mei 2023

Menikmati Bebek Sinjay Madura yang Membuat Lidah Terbelai-belai

 

Siapa suka makan bebek? 

 

Jadi, beberapa hari lalu aku ada acara di Surabaya, lalu ama seorang kawan baik diajak cuss ke Madura.  Hanya untuk makan bebek Sinjay.  Seistimewa apa sih bebeknya, sampai orang Surabaya aja ngajak ke Madura untuk makan langsung di sana?

 

bebek Sinjay

Sebenarnya daku udah lama dengar tapi belum pernah coba bebek Sinjay yang asli di Madura.  Ya udah mumpung deket ayo aja. Hanya butuh waktu kurang lebih sejam perjalanan dari daerah Semolowaru-Surabaya.

 

Ke Madura Hanya untuk Makan Bebek Sinjay

 

Kami pun naik mobil dan gaees ini daku baru pertama kali ke Madura. Padahal nih daku 30 tahun jadi warga Jatim tapi belum pernah ke Madura wkwkw. 

 

Untungnya Surabaya malam itu gak terlalu macet. Setelah melewati jembatan Suramadu (gak kefoto karena gelap)  dan berkilo-kilo meter kemudian akhirnya sampai di kota Bangkalan.

 

Eh tapi ini lokasinya bukan restoran yang lama ya tapi yang baru. Alamatnya JL Raya Ketengan, Bangkalan, Madura. Resto yang baru dipilih karena buka sampai jam 21:00, dan kami baru meluncur dari Surabaya jam 19:00. Menurut keterangan mbah Google, kalau restoran yang lama tutupnya jam 18:00.

 

Review Bebek Sinjay Madura, Enak Banget!

 

Terima kasih buat siapapun yang membangun Jembatan Suramadu karena perjalanan ke Madura jadi cepat banget. Beneran nih karena jam 20:15 udah sampai di bebek Sinjay. Oh ya Sinjay ini kepanjangan dari Sinar Jaya yaa.

 

Sampai di restoran bebek Sinjay udah agak sepi karena mau tutup dan untungnya masih kebagian bebek, walau minumnya hanya tinggal air mineral. Ya, mas yang jaga parkir informatif banget. Langsung  kasih tahu kalau tinggal bebek aja (karena ada menu-menu lain). Lah kan mau makan bebek ya gak milih yang lain lah, wkwk.

bebek Sinjay

 

 

Yang kukagumi tuh kami baru sampe.  Langsung ke kasir buat pesan nasi bebek.  Eh baru 5 menit nasi bebeknya udah jadi!  Apa karena udh agak sepi jadi cepat ya?  Semoga pas ramai layanan sama cepatnya.

 

Bebek Enak ya Bebek Sinjay

 

Maaf intronya panjang juga. Gak pake lama, nasi bebek udah terhidang. Kesan pertama : senang karena potongan bebeknya cukup besar (bagian paha).  Ada lalapan kemangi dan mentimun.  Potongan mentimun dibentuk bergerigi pinggirnya jadi keliatan artsy gituu. 

 

Bebeknya ketika dicoba maknyuss tenan.  Ga heran kalo restonya selalu ramai.  Rasanya gurih sampai ke dalam. Beneran sampe tulang2nya diklamuti (dihisap-hisap gitu).  Merem melek makannya.  

 

review bebek Sinjay

Bebeknya  Sinjay rasanya tuh enak, gak amis dan mudah digigit. Makan bebek kudu ama nasi ya biar asinnya pas. 

 

Lalu yang kusuka adalah remahan bumbu yg gurih dan berasa ketumbarnya.  Mungkin pakai kunyit juga.  Ada rasa kelapa dikit,  mungkin direbus pakai air kelapa?  Entahlah.  Yang jelas karena daku belum ahli memasak bebek mending beli ajalah! 

bebek Sinjay

 

 

Bebek goreng selalu disertai dengan sambal dan kali ini daku yang jarang banget makan sambal mengakui kelezatan sambal pencitnya (sambal yang dicampur serutan mangga muda).  Dicolek dikit kok enak ya.  Pedasnya masih sopan.  Ini typical sambal yang bikin ngabisin nasi, wkwkkw.

 

Kalo ada sambal gini jadi keingat sohib bloggerku siapa lagi kalau bukan kak Fanny Dcatqueen karena blio penyuka pedas. Nah kak udah makan bebek Sinjay apa belum?

 

Lalu keunggulan dari bebek Sinjay adalah porsi nasinya banyak!  Puas banget makan nasi yang full sepiring.  Emang kudu banyak nasinya karena efek sambal yang bikin nagih makan nasi dengan lahap.  Nasinya berbutir-butir tapi gak pera banget.  Berasnya juga kualitas terbaik. 

 

Harga?  Jujur aku ga tau karena ditraktir.  Tapi menurut mbah Google harganya 30.000 rupiah, udah dapat minum. Masih worth it dengan rasanya.

 

menu bebek Sinjay

Selain bebek, di restoran bebek Sinjay ada juga rujak cingur, rujak petis, ikan goreng. Bahkan juga ada bakso!  Tapi kalo spesialisnya bebek ya kalo ke sana makan bebek ajalah!

 

Eh ada roti juga yang dijual di dekat kasir dan Saladin asyik makan roti keju. Ni bocah masih musuhan ama nasi putih.

 


Ada juga etalase buat jualan oleh-oleh makanan ringan. Tapi karena pas ke sana sudah malam jadi udah tutup.


 

 

Klean yang mau makan bisa cuci tangan di tempat yang disediakan. Ada juga fasilitas lain berupa toilet (di bagian luar restoran). Ada masjid di sebelah restoran dan baguus euy masjidnya.

 


Wis udah gak diragukan lagi. Kalo ke Madura ke bebek Sinjay aja!  Kami langsung pulang ke Malang dengan puas. Klean sudah pernah ke sana? 

 

 

27 komentar:

  1. Saya langsung ikut bersyukur, saat Mbak Avi masih kebagian bebek sinjay. kebayang kan, dari Surabaya ke Madura, ternya sudah habis hehehe.
    Saya belum pernah makan nih, Bebek Sinjay. semoga pas ke surabaya, bisa mampir ke madura juga. Apalagi tempatnya ini asyik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Iya Pak Bams tempatnya luas jadi cocok buat makan2 bersama keluarga
      .

      Hapus
  2. Beluuuuuum,aku belum pernah ke Madura Mbaaa 😅🤣🤣. Sediiih ih.. suamiku udah, waktu itu tugas kantor, trus mampir ke sinjay. Dia juga bilang enak. 🤤

    Tapi aku bisa bayangin rasanya, apalagi sambel pencit mangga itu. Soalnya dj sini juga ada restoran bebek yg pake sambel pencit. Enak jugaaa.

    Tapi tetep aja sih aku masih kepengen datang ke Madura cuma utk cobain bebek sinjay ini. Kayak ga lengkap kan ke sana tapi ga makan itu 😄

    BalasHapus
  3. Belum pernah juga ke Madura saya kak.
    Untung banget perjalanan ingin makan bebek Sinjay dan nyampai sana juga ada menu bebeknya, nunggunya gak pakai lama lagi. Perjalanan yang mengenyangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Moga pas lagi ramai, pelayanannya juga bagus.

      Hapus
  4. Wow Bebek Sinjay bikin lidah terbelai-belai. Sayangnya, saya nggak suka makan bebek Mba. Prefer ayam deh kalo saya sih. Itu ke Madura cuma buat makan bebek sinjay doang, keren sih hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada menu ayam juga Mas cuma kemarin pas habiss

      Hapus
  5. Effort banget nih buat wisata kulinernya sampai menyeberangi jembatan suramadu ke Madura, dan alhamdulillah nya masih buka ya bebek sinjay nya. Kebayang dah segernya makan bebek makan sambal pencit mangga

    BalasHapus
  6. Wah, ini di resto yang baru ya, Mbak. Aku belum pernah ke resto yang baru sih. Kemarin aja masih ke resto yang lamaa. Tapi emang Bebek Sinjay ini jadi favorit makanan pas lagi ke Bangkalan. Meskipun d Surabaya ada, tapi rasanya beda sama yang di Bangkalan asli :D

    BalasHapus
  7. Wah daku mah gak bakal nolak deh mamam bebek ini.
    Enak bener lihatnya 🤩
    Apalagi itu pake sambalnya bisa se-nampol gitu.

    BalasHapus
  8. Bebek Sinjay ini memang terkenal enak ya. Jadi inget waktu saudara-saudara kumpul di Surabaya, pada ngebelain nyebrang ke Madura untuk makan Bebek Sinjay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Meski di sby ada cabangnya tapi lebih afdol makan yg di pusatnya.. Yg di Madura.

      Hapus
  9. ini emang enak bangeeet! aku pernah makann pas ke Madura. tempatnya rame beneeer padahal udah luas banget

    BalasHapus
  10. Bebek sinjay emang enak dari dulu mba, apalagi sambalnya khas. Jarak dari Surabaya ke Bangkalan juga lebih dekat. Apalagi sudah ada jembatan Suramadu

    BalasHapus
  11. Bebek Sinjay dah jadi legend, selalu ramai akan pengunjung. Bahkan antri-antri. Memang rasanya enak banget sih

    BalasHapus
  12. Sering banget denger Bebek Sinjay ini, ternyata salah satu makanan yg legend yaa

    BalasHapus
  13. Masku tinggal di Bangkalan, tapi kalau ke Bangkalan gak pernah diampirin ke sini.. HUhu, auto nangis pas baca postingan kak Avi.

    Uda ngidam banget pen cobain restoran bebek Sinjay asli Madura.
    Kabarnya beda sama restoran bebek Sinjay cabang Surabaya ya..?
    **dari segi rasa..

    BalasHapus
  14. 30 ribu sudah sama minum sih menurut aku masih ramah kantong, apalagi potongan bebeknya termasuk besar.

    BalasHapus
  15. ya ampun mba, saya tuh dari beberapa waktu lalu lagi ngiler alias BM sama bebek sinjay loh eh kesampen bener nih liat dan baca tulisanmu yg bikin makin laper

    BalasHapus
  16. Saya belum pernah ke Madura. Semoga suatu saat kalau ke Surabaya bisa mampir Madura, Mbak. *meski gak suka bebek, tapi kan masih ada menu sate Madura asli. Iihh... jadi pengen ke sana.

    BalasHapus
  17. Wah senengnya bisa makan bebek Sinjay di tempat aslinya, aku juga belum pernah. Dah lama juga gak ke Madura...

    BalasHapus
  18. Mau juga ah nyobain bebek sinjay, aku pernah ke madura tapi belum nyobain kuliner otentik kayak gini. Catet deh.

    BalasHapus
  19. aduh bebek sinjay, aku pun penasaran banget pengen nyobain ini mbak, kayaknya ikonik banget gitu yaa bebek goreng dari Madura ini

    BalasHapus