Jumat, 08 September 2023

Happy Anniversary dan Terima Kasih

 Bulan September selalu istimewa bagiku karena dulu kami menikah di bulan ini. Tanggal 16 September 2011 kami bersatu dan berjanji hidup dalam suka dan duka. Tak terasa sudah 12 tahun pernikahan ini, rasanya baru 12 bulan.

Flashback ke tahun 2011 di mana kami menikah dan persiapannya hanya beberapa bulan. Bayangin aja, Januari daku jomblo, April dekat dengan doi, Mei lamaran, September nikah. Apa tidak menggemparkan?



Sebenarnya sebelum tahun 2011 daku sudah kenal dengan doi walau hanya tahu namanya lalu blio merantau ke Borneo. Ketika akhirnya kembali ke Malang lalu kami bertemu lagi dan merasa ada perasaan yang berbeda, heheheh.

Asam Manis Pernikahan

Udahan dulu ah flashback-nya. Beneran deh menikah tanpa pacaran (karena dulu hanya ‘dekat’ tapi komitmen akan menikah, dan blio langsung ‘tembak’ alias melamar ke hadapan Papa) rasanya kayak gini. Hari-hari berlalu tidak terasa.


Kalau ada yang bilang pernikahan itu bittersweet maka daku lebih suka menyebutnya sebagai koloke wkwkkw alias ayam (dicoret) asam manis. Tak mungkin tiap hari bermanis-manis karena sedekat-dekatnya suami dan istri pasti ada konflik.



Yang paling penting itu dalam 12 tahun daku belajar adaptasi dan untungnya untuk masalah makan masih satu selera (sama-sama tidak suka pedas).

Namun ada adaptasi-adaptasi lain misalnya blio introvert dan daku extrovert. Jadi kalau ada undangan, daku yang datang dan blio hanya antar jemput (karena tidak suka berada di tengah keramaian).

12 Tahun Menikah Dapat Apa?

Seringnya orang menilai makin lama pasangan menikah, makin banyak hartanya. Minimal punya sepeda motor dan tinggal di rumah sewaan.

Bagiku? Hmmmm. Apakah kesuksesan hanya dilihat dari materinya? Kalau ada uang abang disayang, gak ada uang abang ditendang?

Lagi-lagi daku mau cerita flashback di tahun 2011 waktu kami belum menikah. Sore itu daku pulang dari nge-mall bersama seorang teman. Tidak sengaja ketemu doi yang lagi naik sepeda untuk mengajar di sebuah sekolah sore di daerah Mbareng, Kota Malang.



Kalau sekarang Alhamdulillah bisa naik taksi online wkwkkw. Intinya tiap proses disyukuri. Jalan kaki berdua juga pernah. Motor mogok lalu lanjut jalan juga pernah. Naik angkot juga iya.

Kalau ditanya 12 tahun nikah dapat apa? Jawabannya ya dapat anak. Untuk yang lain tak usahlah diceritakan.

Intinya nikah adalah adaptasi, kompromi, saling memberi kasih sayang, saling pengertian, dan melepaskan egoisme.

Daku sangat berterima kasih kepada Tuhan karena diberi jodoh laki-laki gondrong (persis seperti yang diimpikan sejak SMP, ketika terpesona pada aktor Jepang yang gondrong). Yang lebih telaten dan terampil, yang bisa main gitar dan mendesain, yang bisa menerimaku apa adanya. Bukan adanya apa.

Semoga kami bisa bersama sampai maut memisahkan (dan acuanku adalah kakek dan nenek yang menikah selama hampir 60 tahun).

23 komentar:

  1. Happy Anniversary yang ke 12 tahun, Mbak Avi. Proses dari jomblo, sampai menikah juga tidak lama ya, Mbak. Tapi karena sudah jodoh, tidak akan ke mana hehehe.

    BalasHapus
  2. Masya Allah ta barakallah happy anniversary ya mbaaa. Moga langgeng till jannah pokoknya. Pasti selama 12 th dapet banyak hal bitter sweet bersama lah yhaaa.

    BalasHapus
  3. langgeng terus ya kak untuk perkawinannya yang hanya dipisahkan oleh maut. Samawa nan indah bersama kesayangan until jannah, aamiin

    BalasHapus
  4. Selamat ulang tahun pernikahan ya, mbak. Bahagia dan sehat selalu kamu beserta keluarga...

    BalasHapus
  5. MasyaAllah watabarokallah
    Happy anniversary Mbak. Semoga selalu menjadi keluarga yang bahagia dunia dan akhirat

    BalasHapus
  6. wah, happy anniversary ya kak. semoga keluarganya selalu dilipahi kebahagiaan. aamiin

    BalasHapus
  7. Masya Allah, 12 tahun sudah ternyata. happy wedding anniversary ya kak. Insha Allah SAMAWA.

    BalasHapus
  8. Happy anniversary kakak.. Masha Allah. ukuran sukses setiap orang memang berbeda. Mungkin ada yang menganggap materi sebagai ukuran kesuksesan. Tapi belum tentu yang lain akan menganggap begitu. Tapi,, aku sepakat soal satu hal. Bahwa menikah tuh menang kayak beradaptasi terus. Yaah gimana dong, menyatukan dua keluarga kok ya.. hehehe

    BalasHapus
  9. Happy anniversary ya. Wah beda setahun berarti kita. Saya tahun ini sudah 11 tahun menikah
    Semoga tercapai hingga maut memisahkan ya...

    BalasHapus
  10. MasyaAllah mba BarakAllahu fi umrik. Btw timeline nikahnya mirip2 nih. Kalau aku Januari Jomblo, April lamaran, Juni nikah wkwkwk

    BalasHapus
  11. Happy wedding anniversary kak. 12 tahun bkn usia yang gampang utk membina rumah tangga. Psti ada asam manis kehidupannya. Intinya, komunikasi kakak berdua bgs nih. Buktinya msh awet loh. Smg langgeng ampe maut memisahkan ya kak. Smg anak2nya jd berkah bagi keluarga.

    BalasHapus
  12. Happy anniversary,semoga senantiasa diberikan kelanggengan dan keberkahan dalam rumah tangganya. Doa terbaik selalu untuk sekeluarga

    BalasHapus
  13. wah selamat yaa mba yang lagi anniversary kayanya sumringah dan happy banget tuh serasa kaya sejoli romeo dan juliet hi hi

    BalasHapus
  14. Wah selamat ulang tahun pernikahan mbak Avi. Keren ya bisa nikah tanpa pacaran. Berarti suami cinta banget tuh karena langsung komitmen. Semoga langgeng terus ya mbak.

    BalasHapus
  15. Fotonya blur, Mbak... andai ya bisa jelas, bisa dibuat ulang dengan scan dan hasilnya bisa dipajang lagi di rumah
    Semoga samawa selalu ya

    BalasHapus
  16. MashaAllaa~
    Happy Wedding Anniversary.

    Rasa baru menikah ini harus senantiasa ditumbuhkan, agar selalu ada bunga-bunga cinta. Tapi memang usia pernikahan semakin matang tuh semakin gimana yaa.. sama pasangan tuh.. uda mirip temen, sahahat ya pasangan, udah pasti.

    Nano-nano kehidupan masih terus dijalani.
    Semoga Allaah kuatkan selalu ikatan janji pernikahan yang diucapkan 12 tahun yang lalu. Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
  17. Perdana ini aku dengar tentang ayam koloke sampe aku googling trus aku jadi penasaran pingin makan hahaha. Aku paling suka baca tulisan kayak gini, sebagai jomlo aku jadi belajar banyak pentingnya merawat pernikahan :)

    BalasHapus
  18. Masya Allah, bulan September ceria beneran ya, happy anniversary ya mba. Semoga samawa selamanya, sehat dan selalu bahagia dalam kasih sayang Allah SWT.

    Anak itu harta yang tak ternilai, pemberian berharga yang pasti akan selalu disyukuri ya mba. Kalo ngomongin masa lalu, aku pun ngalamin yang namanya suami nuntun motor mogok di tengah rinai gerimis. Untung masih muda, masih kuat diterpa gerimis, sekarang bisa bisa jadi flu, hahahaa

    BalasHapus
  19. Masya Allah tabarakallah selamat anniv ya mbak semoga langgen terus dalam naungan ridho Alllah Ta'ala aamiin.

    BalasHapus
  20. Senang sekali bacanya..
    Serasa ikut berbunga-bunga dengan segala bumbu kehidupan yang mewarnai. Nyatanya, menikah itu bisa mendewasakan seseorang. Dan kudu banyak-banyak adaptasi, kompromi, saling memberi kasih sayang, saling pengertian, dan melepaskan egoisme, seperti yang ditulis kak Avi di atas.

    BalasHapus
  21. happy anniversary yaa semoga sakinah mawaddah wa rahmah hingga maut memisahkan. benar banget pernikahan itu banyak banget bumbu dari asam, manis bahkan pahit tergantung bagaimana kita bisa menghadapinya

    BalasHapus
  22. Happy anniversary mbak, langgeng dan samawa
    Bener bener nggak diduga ya mbak kejutan dari Allah swt

    BalasHapus