Senin, 11 September 2023

Review Novel Cincin Lama Belum Kembali, Mau Balikan Apa Cari yang Baru?

 Judul               : Cincin Lama Belum Kembali

Penulis             : Achi TM

Jumlah Halaman: 336

Tahun              : 2019

 

Siapa yang punya mantan?

Di dunia ini pasti ada kata mantan, baik itu mantan pacar atau mantan suami. HAAH?

Iyaa, di bagian awal novel Cincin Lama Belum Kembali sudah menggemparkan karena ada adegan perpisahan antara Kanaya dengan Fathur (mantan) suaminya. Mereka berpisah karena Fathur yang menalak.

Kanaya masih tidak percaya, salahnya apa? Apa karena dia bertambah bohay setelah nikah? Tapi dia juga agak lega karena selama beberapa bulan memendam emosi dan tidak memiliki komunikasi yang baik dengan Fathur.



Sementara nasib buruk menghampiri Kanaya. Udah pisah, kudu keluar dari hunian karena digadaikan oleh Fathur ke rentenir. YA TUHAAN!

Fathur yang Red Flag

Beneran deh dari awal novel Cincin Lama Belum Kembali para pembaca udah gemes pengen cubit si Fathur. Memang dia ganteng karena pernah jadi model. Tapi cemburuan banget. Ngelarang Kanaya ikut olahraga karena cemburu ama instrukturnya.

Terus Kanaya jadi miskin mendadak gara-gara Fathur. Udah homeless, gak punya pekerjaan (karena selama menikah dia dilarang kerja di dunia entertainment), ngenes lahh.

Oh yaa Fathur dan Kanaya dulu sama-sama model dan ketemu di ajang Abang None lalu cinlok. Namun pernikahan mereka dirahasiakan karena masih terikat kontrak (jadi ingat dulu Cindy Fatika gitu juga yak).

Gimana Nasib Kanaya?

Sementara Kanaya berjuang demi hidup dan terpaksa menumpang di rumah Heni, sahabatnya. Akhirnya ia pindah ke apartemen Rahmat, adiknya. Daaan, satu kejutan lagi. Rahmat akan menikah dengan Salsa, mantan asisten pribadinya!



Salsa jadi sinis, entah ada motif balas dendam apa gimana. Kanaya berusaha berbaik-baik dengannya. Namun mereka malah bertengkar.

Sebenarnya salah Kanaya sendiri sih karena dia tidak tahu cara membersihkan rumah dengan baik. Pas mencuci juga acakadul sampai banjir, padahal pake mesin cuci lho! Alasannya karena selama menikah dia tidak pernah megang kerjaan rumah (karena punya banyak asisten rumah tangga).

Moral of this story: pastikan kamu sudah bisa membereskan rumah, mencuci, dan memasak sendiri sebelum menikah.

Perjuangan Kanaya

Kanaya berjuang cari kerja tapi terhalang karena ijazahnya ketlisut entah di mana. Sampai akhirnya dia jadi MC dan akhirnya direkrut jadi pembawa acara di TV nasional!



Namun asa Kanaya turun kembali karena dia diduetkan dengan…..

FATHUR!

Ya Allah beneran ini novel banyak kejutannya tapi lucu dan seru juga. Bayangin aja kalau klean kerja lalu tiap hari harus ketemu mantan. Hueeee.

Selanjutnya Bagaimana?

Kanaya belajar menahan emosi, apalagi dia bawain acara religi (semacam acaranya Mama Dedeh gitu deh). Anehnya Fathur masih mau ngobrol ama dia dan maksa buat kasih cincin pernikahan.

Masalahnya cincin itu gak bisa dikeluarin dari jari manis Kanaya karena dia tambah bohay. Tapi Fathurnya maksa. Terus alasannya adalah cincin itu mau dia pakai buat…

Nikah lagi!

Ama cewek cantik bernama Vera. Gimana Kanaya gak sedih? Apakah dia masih memendam sayang ke mantannya lalu cemburu? Tapi dia juga penasaran karena kata Fathur ada rahasia di dalam cincinnya.

Tapi di satu sisi ada Kevin, rekan kerjanya yang perhatian. Sampai semua orang ngerasa kalau Kevin naksir Kanaya. Mencintai apa adanya walau dia berbadan besar.

Apakah Kanaya menerima Kevin atau berjodoh lagi dengan Fathur?

Baca sendiri wkwkkw takut spoiler.

Kesanku Setelah Baca Novel Cincin Lama Belum Kembali

Novel ini adalah karya mbak Achi TM dan beliau udah nulis lebih dari 30 buku. Juga novel di platform novel online. Keren yak!

                                                          Mbak Achi TM (sumber: FB)

Sehari sebelumnya aku baca Belok Kiri Langsing (karya Mbak Achi juga). Pas lihat cover novel Cincin Lama Belum Kembali, kirain ini lanjutannya. Karena nuansanya agak mirip. Ternyata bukan.

Banyak yang kudapat dari novel CLBK ini. Pertama: kadang kehidupan menghantam begitu keras tapi jangan lupa ibadah. Kanaya baru sadar dia dulu jarang salat jamaah ama Fathur padahal punya musala yg bersih dan cukup besar di dalam huniannya.

Kedua: jujur! Kanaya malu dan takut ngaku ke orang tuanya kalau udah pisah ama Fathur. Akhirnya ketidak jujuran itu jadi bom waktu.

Ketiga: sediakan waktu berduaan. Kanaya juga merasa dulu dia egois karena selalu minta didengarkan. Sedangkan Fathur gak pernah didengarkan. Akhirnya ia mencari cara mengobati permasalahannya sendiri lalu terjerumus ke dalam dosa dan hutang besar.

Keempat: komunikasi adalah kunci. Fathur menuduh Kanaya boros padahal kalau dibaca dengan seksama, (mantan) istrinya enggak minta hidup mewah. Dengan pengeluaran besar per bulan (bisa sampai puluhan juta) dia nekat ngutang dan ketika bangkrut, hancurlah semuanya. Seharusnya Fathur bisa dari awal menghentikan keborosan Kanaya dan menghindari hutang riba.

Yaa, novel Cicin Lama Belum Kembali emang seseru itu. Komedi, romantic, action, dan seru karena ada kejutan-kejutannya. Baca yuuuk. Kalau klean lihat bukunya mbak Achi TM jangan pikir panjang, beli aja!

25 komentar:

  1. Langsung cari di ipusnas dan ternyata adaaa 😍😍. Aku langsung borrow dulu buat bacaan Minggu ini mba.

    Menarik sih, dan bikin penasaran . Aku pribadi kalo baca sinobsis ini aja, agak ga pengen Kanaya balik ma mantan 🤣🤣. Pas tahu cemburuan abis, udh kebayang ini orang gimana. Aku pengalaman Ama cowo tipe begitu 🤣. Ga ada enaknya, mending diputusin aja 😂

    BalasHapus
  2. Hidup memang sebercanda itu. Maunya menghindari mantan .... eeh malah faKtanya selalu dekat dan dekat selalu. Hahaha!

    BalasHapus
  3. Penasaran ada apa di cincinnya tapi minta kembali cincin dengan alasan untuk dipakai nikah lagi, apa gak ingin dibanjur kuah bakso tuh si Fathur. Ngeseliiun.. tp jadi penasaran endingnya

    BalasHapus
  4. mbakk ga pengen spill endingnya gitu ke aku hahahha
    Hidup Kanaya bisa dibilang banyak kejutan, kejutan manis, ya kejutan pahit, tapi kayaknya lebih banyak kejutan pahitnya ya.
    Lagi lagi ketemu sama mantan pas kerja, kalau di dunia nyata ada mungkin ya males, tapi namanya kerjaan tetep kudu profesional

    BalasHapus
  5. MakAih reviewnya. Menarik untuk dibaca ini

    BalasHapus
  6. Wah lagi asik-asik baca malah takut spoiler wkwkwk jadi penasaran gimana kelanjutannya apakah Kanaya nikah lagi sama Kevin atau sama mantan suaminya. Kehidupan Kanaya bener2 memberi kita pelajaran kalau emang cuman diri kita yg bisa survive di segala kondisi ya. Mbak Achi ini novelnya emang bagus2 yaa.

    BalasHapus
  7. baca sinopsis ini, berasa lagi nonton film komedi romantis ya..hehe.. entah kenapa ngebayangin tokoh si kanaya ini cantik tapi agak2 konyol gimana gitu :D

    btw, bacaan seperti ini sepertinya cocok dibaca buat menghindari kebosanan saat harus menunggu kegiatan2 / rutinitas kita yang belum dimulai ya :)

    BalasHapus
  8. Perpisahan memang menimbulkan luka, tapi jika luka itu telah sembuh, mungkin akan bersatu kembali.

    BalasHapus
  9. hmm, kalo aku ktm cowok begitu udah jelas nggak bakalan mau balikan hahahah redflag bangeet bikin kesel. jadi penasaran sama cerita lengkapnya

    BalasHapus
  10. Rumit juga kisah Fathur dan Kanaya ini ya. Udah pisah tapi masih aja harus selalu dekat karena pekerjaan.
    Agak kesel juga tau Fathur minta cincin nikahnya untuk nikahin perempuan lain. Emang gak modal pisan Fathur itu yaa... hehehe

    BalasHapus
  11. Fathur memang red flag. Tapi, Kanaya juga bikin greget nih. Padahal kayaknya dia bisa sukses sendiri. Nah, pas jadi partner kerja Fathur, saya mulai gregetan. Kayaknya perlu banget baca novelnya. Biar tau endingnya hehehe

    BalasHapus
  12. Ya ampun, pas banget kemaren baru aja ke toko buku lagi nyari novel yg kira" menarik. Jadi penasaran pengen baca novel ini kayaknya seru buat isi waktu luang haha

    BalasHapus
  13. Thanks mba atas ulasan yang positif ini, saya akan coba cari novel ini dan menikmati kisahnya yang lucu, romantis, dan penuh kejutan. Semoga artikel ini menginspirasi lebih banyak orang untuk membaca karya-karya Mbak Achi TM yang menarik yaaa :D

    BalasHapus
  14. Bagus resensinya pas banget lagi cari kado novel buat sohib aku yg suka baca novel ,,kayaknya ku belikan novel ini saja

    BalasHapus
  15. Wah seru, topik novelnya nampak menguras emosi. Terima kasih resensinya keren kak. Jadi semakin penasaran mau baca langsung

    BalasHapus
  16. Penasaran sama ending hidup kanaya kayak apa ya? Tapi aku maumenghighligh satu hal, bahwa cincin kawin emang boleh diminta lagi? Ya semoga aja itu bukan mas kawin ya...yang seharusnya jadi hak perempuan. Ga boleh diminta lagi. Dasar Fathur ga modal haha

    BalasHapus
  17. wah novelnya agak sedikit unik ya alur ceritanya, dan sepakat banget dalam kondisi apapun kita ga boleh lupa ibadah karena dengan mengingat Tuhan hidup kita selalu lebih baik dan lebih tenang. penasaran dengan sama ending ceritanya

    BalasHapus
  18. Fathur ini agak kocak sih sebenernya. Saya malah jadi penasaran sama endingnya si Kanya itu wkwkw

    BalasHapus
  19. Asyik sih, dinamika percintaannya. novel ini punya alur maju yang banyak kejutannya, terlebih seru banget jika terjadi di dunia nyata. bayangin ketemu sama mantan si satu tempat kerja.

    BalasHapus
  20. Ini kayaknya emang permasalahan yang sering aku jumpai di banyak pernikahan teman-temanku deh. Emang suka sebel kalau ada laki-laki semacam Fathur, bikin serba salah banget

    BalasHapus
  21. Beneran kumplit sih ini genrenya, ada Komedi, romantic dan action. Salut dengan penulis yang mampu menggambarkan dalam tulisan sehingga bisa membangun suasana

    BalasHapus
  22. Huaaaa nanggung nih reviewnya. Aku jadi penasaran sama kelanjutan kisah Kanaya - Fatur. Semoga happy ending buat keduanya ya. Tapi memang kehidupan pernikahan itu seringkali menghadirkan kejutan-kejutan, baik bahagia maupun sedih, baik senang maupun masalah

    Btw, japri dong endingnya hahaha

    BalasHapus
  23. Wkwk premisnya cukup nyebelin dan complicated. Cocok nih kisah kanaya jadi sinetron🤣

    BalasHapus
  24. Ketidakjujuran itu menjadi bom waktu. Memang benar, dan itulah yang dialami banyak orang. Lebih suka memendam masalahnya dan berharap kelar begitu saja.

    BalasHapus