Rabu, 20 November 2019

Cara Menjaga Stamina Saat Bekerja dari Rumah Sembari Mengasuh Anak Aktif


“Mama, ayo lari!”
Saya segera menutup laptop setelah menulis beberapa paragraf, lalu memenuhi permintaan Saladin. Kakinya bergerak lincah di halaman belakang, sementara keringat mulai bermunculan di dahi. Nafas terasa terengah-engah, padahal kami baru bermain selama sepuluh menit. Namun Saladin tetap tersenyum dan terus mengajak untuk berlari, tak peduli pada kondisi mamanya yang mulai letih.

Setelah berlari, ia masih sanggup untuk menaiki kursi, lalu menggambar di dinding dengan arang. Lima menit kemudian, ia sudah duduk manis di atas ventilasi kamar! Tempat lain yang dia sukai adalah di atas pagar. Baterainya tidak kunjung habis. Saya hanya tertawa melihat kelincahannya, dan bersyukur karena dia bisa bergerak dengan bebas dan riang gembira.


Di malam hari, keadaan yang terjadi sebaliknya. Kaki berdenyut-denyut, kepala terasa berputar dan tenggorokan kering. Hidung buntu dan bersin-bersin. Wah, sepertinya saya akan sakit pilek. Padahal tidak kehujanan, dan bukan tertular. Mengapa saya jadi mudah sakit? Ternyata salah satu penyebab stamina menurun adalah terlalu menjaga Saladin dan selalu bermain dengannya mulai pulang sekolah hingga pukul 10 malam.

Padahal di malam hari adalah waktu tenang untuk menulis, jadi butuh deep sleep agar bisa tidur sejenak dan bekerja pada waktu malam. Saat kelelahan, malah jadi susah tidur. Sebagai active mom, seharusnya saya lebih jaga kebugaran dan pandai mengatur waktu.

Saat badan keok begini, baru sadar akan berharganya kesehatan. Mulai saat ini, saya harus melakukan hal-hal ini agar stamina terjaga dan bisa mengerjakan tugas rumah tangga sekaligus bekerja dari rumah dan mengasuh Saladin dengan maksimal.

1. Minum Air Putih
Minum air putih adalah hal yang sering terlewatkan karena terlalu asyik mengetik saat Saladin sekolah. Padahal air putih bagus untuk meluruhkan racun dan menjaga stamina tubuh. Baiknya minum 8 gelas air dalam sehari ya, dan untuk lebih praktisnya saya sediakan sebotol air di samping laptop. Jadi saat haus langsung minum.


2. Olahraga
Olah fisik sangat penting untuk mengimbangi kecepatan lari Saladin. Salah satu olahraga favorit saya adalah senam zumba, karena banyak videonya di laptop. Hanya butuh 10-15 menit sehari, namun tubuh sudah berkeringat dan daya tahan meningkat. Jika tidak sempat zumba, maka saya melakukan peregangan tubuh sebelum tidur.

3. Makan Buah dan Sayur
Sayuran sangat segar dan bervitamin, bagus untuk menjaga kesehatan. Namun masak sayur itu prosesnya cukup lama, jadi untuk mengakalinya, saya belanja sayur siap santap. Misalnya tomat, selada keriting, dan mentimun. Tinggal cuci, potong, lalu hap. Nikmat dan sehat.

Makan buah juga bukan hal yang mahal, karena kita bisa pilih buah lokal dan yang sedang musim. Mangga, jeruk, dan pepaya mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Jadi makin strong saat menemani Saladin bermain di halaman belakang rumah.

4. Relaksasi
Punya anak over aktif sering bikin stres karena ia terlalu lincah dan jadi susah ketika diajak jalan-jalan ke luar rumah. Boro-boro menikmati piknik, yang ada malah sibuk menjaga Saladin agar tidak manjat sembarangan. Jadi relaksasi itu perlu, agar tidak kena penyakit psikomatis. Saat hati bahagia, otomatis tubuh juga bahagia dan jadi sehat, bukan?Relaksasi ala saya cukup dengan jalan pagi keliling kompleks dan mengamati indahnya bunga yang bermekaran, atau mewarnai di buku coloring for adult.

5. Minum Herbadrink
Herbadrink adalah minuman yang memiliki banyak varian, di antaranya sari jahe, temulawak, kunyit asam, lidah buaya, dan beras kencur. Untuk jaga stamina, saya pilih yang varian lidah buaya, karena mengandung vitamin A dan C. Selain itu, ternyata Herbadrink lidah buaya juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Makin sehat deh!


Herbadrink bisa dengan mudah dibeli di minimarket, dalam 1 kotak isinya 5 sachet. Cara bikinnya juga mudah, cukup tuang 150 cc air lalu aduk rata. Jadilah minuman yang segar, sehat, dan bisa membuat tubuh makin bugar. Meskipun ini minuman kesehatan dan ada label jamu di kemasannya, tapi rasanya nikmat, terasa manis alami dan agak asam. Nikmat sekali diminum di siang hari.

Saladin juga bisa minum dong dan pastinya aman karena sugar free. Tahu sendiri kan, anak aktif bisa kena sugar rush karena terlalu banyak konsumsi gula. Segelas Herbadrink lidah buaya siap menyambutnya sepulang sekolah. Ludes dalam sekali teguk, seger bener!


Nah teman-teman, sudah tahu kan cara menjaga stamina? Kita masih bisa jadi ibu yang aktif dengan olahraga, mengkonsumsi buah, sayur, dan minum Herbadrink. Mudah sekali untuk mempraktekannya, dan semoga sehat selalu ya.



22 komentar:

  1. Masya Allah, anak laki-laki ternyata seaktif ini ya. Kudu sehat terus nih kita mba. Hahaha. Anak saya masih 10 bulan by the way. Gak kebayang gimana nanti kalo udah segede Saladin. Saladin juga minum Herbadrink yaaaa. Saya lihat ada logo JAMU di kemasannya. Bearti aman dikonsumsi siapa saja, bahkan anak-anak sekali pun.

    BalasHapus
  2. Sama kayak anakku mba..
    aktifnya minta ampun. Mungkin itu sebabnya mereka badannya tetap imut meski makan udah banyak.
    Kadang malah saya yang gampang sakit daripada anak-anak. Makanya saya juga suka herbadrink. Jahe hangat saat pagi sebelum aktivitas main air di dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak ya minum sari jahe Herbadrink, bikinnya praktis juga

      Hapus
  3. Air minum cukup, cek.
    Olahraga, hmm kayaknya yuni masih males.
    Makan buah dan sayur, kadang-kadang.
    Relaksasi, hmm belum deh.
    Minum herba drink, nah ini paling praktis. Oke deh. Hehehe

    BalasHapus
  4. aku mau cobain ini bsok deh mbak,, baca reviewnya kok bagus2 soal herbadrink ini,,, penasarann

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijamin suka, seger banget :) harga juga terjangkau

      Hapus
  5. Masyaallah Saladin aktif sekali. Makasih tips sehatnya mba. Hehe aku jadi keingetan udah jarang olahraga dan makan buah nih. Tapi aku konsumsi herbadrink. Enak soalnya efek ke tubuhku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dan aman banget jika dikonsumsi tiap hari

      Hapus
  6. awas nanti berebut dg saladin. beli yg banyak yaaa mom. sebab rasa lidah buaya dari herbadrink menurut saya yg paling mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehe iya. Apalagi panas-panas gini, minum Herbadrink yang lidah buaya jadi nyess di tenggorokan

      Hapus
  7. Punya anak aktif itu berarti harus fit tubuh dan pikirannya, karena sering dibuat kaget dan menahan panik. Saya sudah lulus anak yang super aktif itu. Huhuhu... rasanya bahagiaaaa.

    Semangat terus Mbak. Jangan lupa minum herbadrink juga

    BalasHapus
  8. Itu Saladin doyan herbadrink juga? Dikasih es batu enaaak Diin. Tante dah nyobain.

    Emang ya Mak, punya anak aktif kudu dobel proteksi kita. Buat diri sendiri dan kemanan buha hati. Semangat Makkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah mampir :)
      iya kemarin lupa gak dikasih es batu, wkwkkw

      Hapus
  9. Oke, mulai belajar makan sayur dari sekarang, jerbadrink mungkin bisa jadi solusi saya untuk hidup sehat. Hehehe

    BalasHapus
  10. Menjadi Minuman alternatif bagi yang tidak suka jamu ya kak

    BalasHapus
  11. Wah, bagus ya buat suplemen alami untuk mendukung anak hebat yang selalu semangat beraktifitas. Mau coba juga untuk anakku ah. Thanks ya infonya

    BalasHapus