Senin, 03 Januari 2022

Review Harry Potter: Return to Hogwarts, Reuni yang Manis

Pemain: Daniel Radcliffe, Emma Watson, dll

Sutradara: Eran Creevy, Joe Pearlman, Giorgio Testi

Durasi: 1 jam 45 menit

Bisa ditonton di: Aplikasi HBO Max

Siapa yang suka nonton Harry Potter? Sepertinya semua orang suka dan kangen menontonnya (karena seriesnya sudah berakhir). Kerinduan ini akan terbayar ketika menonton Harry Potter: Return to Hogwarts.



Harry Potter pertama kali muncul di bioskop tahun 2002 dan untuk memperingati 20 tahunnya maka diadakanlah reuni berbentuk film. Pada adegan awal penonton akan dibawa masuk ke dunia imajiner Harry Potter yang diciptakan oleh JK Rowling. Mulai dari surat yang khas sampai kostum dan lagunya.

Uniknya, surat berisi undangan reuni ditujukan untuk pemerannya, misal untuk Emma Watson (bukannya Hermione Granger). Hampir semua Harry Potter casts datang kembali ke sekolah Hogwarts naik kereta api merah, seperti saat mereka sekolah dulu. Well, ada pemain di film 1-8 yang tidak datang karena berbagai alasan (nanti saya jelaskan).

Reuni, Ngapain aja?

Saat awal reuni penonton dibuat terkesima dengan penampilan Emma Watson dengan outfit yang tomboy dan memakai topi ala newspaperboy (meski akhirnya ia menggantinya dengan gaun). Tiba-tiba ia masuk ke aula sekolah, tapi di mana Harry?



Daniel Radcliffe yang memerankan Harry Potter ternyata langsung masuk ke ruang kepala sekolah dan di sana ia mengobrol dengan sutradara di 2 film HP pertama, Chris Colombus. Obrolan tak menjemukan karena ada penggalan adegan di 2 film tersebut.



Sebenarnya reuni ini lebih ke obrolan dan wawancara antar pemain seperti Emma Watson, Tom Felton (pemeran Draco Malfoy) dan lain-lain. akan tetapi dikemas dengan apik sehingga tidak membosankan, karena ada pula behind the scene dan adegan yang tidak masuk di dalam film.

Obrolan yang menarik juga terjadi saat Daniel Radcliffe datang ke set adegan di Bank Gringgots dan tebak ia bertemu dengan siapa? Helena Bonham Carter! Alias pemeran Bellatrix Lestrange. Karena ia tidak mengenakan kostum dan tongkatnya maka ia terlihat lebih cantik dan hangat, dan yang terbayang adalah sosok Helena sebagai ibunya Elena Holmes (sudah nonton belum?).



Selain itu juga ada rekaman saat audisi pemeran tokoh-tokoh dalam film Harry Potter. Emma Watson selalu tahu bahwa ia cocok memerankan Hermione Granger. Akan tetapi sutradara film yang memilih pemeran Harry sendiri, setelah ia menonton ‘David Copperfield’ di TV (yang diperankan oleh Daniel Radcliffe).

Meski awalnya tidak diperbolehkan syuting film ini  oleh orrtunya (karena harus tanda tangan kontrak untuk 8 film sekaligus yang berarti ia harus berakting selama bertahun-tahun). Namun orangtuanya melunak dan jadilah ia aktor sampai sekarang.



Siapa yang Tidak Hadir?

Ada banyak penonton yang kecewa karena banyak aktor yang tidak menghadiri reuni Hogwarts ini. Beberapa memang sudah meninggal seperti pemeran Dumbledore di film Harry Potter pertama dan kedua, Alan Rickman (pemeran Severus Snape), dan pemeran Narcissa Malfoy.

Akan tetapi penonton mungkin kecewa karena tidak ada pemeran Cedric Griggory alias Robert Pattinson, sedangkan pemeran Prof McGonagall mungkin sedang syuting serial Downtown Abbey, dan pemeran Kepala Sekolah Dumbledore (M Gambon) dikabarkan sudah mengalami sakit tua (dan susah mengingat skrip film) sejak tahun 2015, jadi fisiknya kurang memungkinkan untuk syuting. Pemeran lain mungkin tidak ditampilkan karena tokoh di HP terlalu banyak.

Persahabatan antar 3 Pemeran Utama Harry Potter

Di akhir film diperlihatkan bahwa selama 10 tahun syuting (untuk 8 film HP) mereka lebih seperti keluarga daripada rekan kerja. Bahkan Bonnie, pemeran Ginnie Weasley, merasa bahwa keluarga Weasley benar-benar-beanr ada.

Daniel Radcliffe juga berjanji akan selalu besahabat dengan Rupert dan Emma Watson serta selalu bertukar kabar. Ini menyenangkan. Benar lho, soalnya ada series lain yang pemeran utamanya tidak bersahabat saat tidak syuting.



Jadi, apakah film ini worth it? Sangat! Akan ada nostalgia saat menonton adegan-adegan di film, dan bonusnya juga ada JK Rowling yang cantik sekali (plus awet muda!). Semua pecinta Harry Potter wajib menontonnya.

11 komentar:

  1. Mbaaaaa aku baca tulisan ini aja langsung merinding loh, secara harpot mah buku favoritku bangettttttt. ❤️❤️❤️. Aku memang udh rencana mau nonton reuninya ini, tapi blm sempet aja. Ntr weekend kayaknya. Dan supaya refresh, kayaknya mau ngulang lagi nonton filmnya dari awal hahahaha.

    Kalo ada buku dan film yg ga akan pernah aku bosen utk baca berulang2, itu Harry Potter sih. Idolaku dulu draco 😄.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga udah denger bahwa crew Warner Bros-nya Harpot mau pada reunian, dan aku juga kepingin nonton. Moga-moga aja filmnya tayang di bioskop, jangan cuman tayang eksklusif di HBO doang!

      Hapus
    2. Iya Kak Fanny, acting Tom Felton sebagai Draco di film ke-6 malah lebih bagus daripada pemeran lainnya.

      Hapus
    3. Aamiin, semoga tayang di bioskop ya, Mbak Vick.

      Hapus
  2. Otw berlangganan ahhh... 😂 Secara HarPot ini udah mendarah daging banget. Hehe. Kemarin pernah berlangganan buat nnton film justice league yg versi snyder cut. Terus udh unsubscribe.

    Fix libur nnti nnton ini.. terimakasih ya Mba.. 😂😆

    BalasHapus
  3. huwaaaa penasaran mbak
    aku kalau disuruh nyeritain harpot yang pertama sampe yang terakhir tayang, fix dijamin ga ingat, udah lupa semua
    awal pertama nonton dulu bawaanku mikir aja ini kepalaku, kayak berat, soalnya waktu itu ga baca bukunya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca buku pertama dulu :D yang paling ringan

      Hapus
  4. Yang aku tunggu dan agak kecewa nggak ada itu Maggie Smith si Prof Minerva. Tapi mungkin karena udah tua ya dan alasan kesehatan. Untungnya tiga pemain utama ada plus mbak HBC si Bellatrix hahaha.

    BalasHapus
  5. apik banget nih dpt spoiler tipis HP..wajib nonton deh mbaa

    BalasHapus