Jumat, 09 September 2022

Ketika Akun Media Sosialku Terkunci

 

Your account has been locked. HAAH GIMANA INI? Niatku mau ngecek fitur memories di media sosial (medsos) tersebut tapi malah kekunci. Ini dihack orang apa?

Tenang, jangan nangis dulu.



Aku taruh HP lalu tarik nafas, dan buka lagi. Ternyata tak sekadar ganti password, tapi butuh verifikasi dengan menyetorkan foto kartu identitas. Baiklaah, foto dulu.

Sembari menunggu konfirmasi dari pihak medsos, aku cek email hampir sejam sekali. Belum ada? Ya sudahlah. Buka medsos lain aja hahahha!

Cara Menyelamatkan Akun Medsos

Setelah itu aku browsing tentang cara membuka lagi akun medsos yang terkunci. Ternyata caranya sama, cukup setor foto kartu identitas. Kalau dulu kan caranya lain, ada opsi ganti password, mengenali wajah teman di medsos dan menyebutkan namanya, atau menjawab pertanyaan rahasia.

Sekarang cara setor foto identitas jadi opsi satu-satunya dan semoga datanya aman (berdoa aja deh). Ya gimana lagi, kalau enggak kayak gini gak bisa buka medsos. Anak medsos dong aku? Ya, bisa dibilang rajin mengecek sekadar refreshing atau buka fitur memories.

Yang Penting Adalah Datanya

Aku berdoa semoga akun medsos bisa terbuka lagi karena yang disayangkan adalah data-datanya. Notes di dalamnya yang meski fitur tersebut gak bisa dipakai untuk menulis, tapi masih bisa terbaca. Foto-foto Saladin sejak bayi sampai dia SD.

Ya, akun medsosku sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sampai ada yang tanya, “Ngapain masih main di medsos itu. Sudah kuno! Blablabla. Ya sudahlah, tiap orang punya medsos favorit masing-masing.

Akhirnya Terbuka Lagi

Sore ini aku cek email dan alhamdulillah ada kiriman dari medsos tersebut. Horee! Akhirnya bisa login (walau harus ganti password).

Bagaimana cara agar bermedsos aman jaya?

Pertama, bikin password yang suisah, kombinasi antara huruf dan angka, dan diakhiri oleh tanda seru. Kedua, (ini kesalahan yang kulakukan) jangan sembarangan klik notifikasi apalagi jika dari orang tak dikenal. Ternyata linknya ‘menjurus’ dan ini jadi celah hacker untuk mengambil akun medsos orang lain.

Ini cerita singkatku mengenai kejadian ‘nyaris kehilangan akun medsos’. Semoga teman-teman tetap aktif di dunia maya dan terhindar dari segala kejahatan siber.

8 komentar:

  1. Duh sereeem...

    aku pernah terkunci juga dan amit amit... masak ada yang share foto video porno ke FB! Hiiy....

    Aku sering ganti dan bikin password yang susah sekarang, meminimalisir celah hacker untuk mengambil akun medsosku

    BalasHapus
  2. Aku masih aktif di medsos, lbh sebagai pengisi waktu sih, tapi klo kena kasus gini yaa pasti dag dig dug juga hehe.. Oh jd skg caranya memverifikasi adlh dg kirim foto KTP ya mb? hm..agak riskan juga ya..tapi mudah2an data ttp aman. Trmksh sharingnya..

    BalasHapus
  3. Salah satu materi literasi digital yang sering diajarin di masa kini: Bagaimana harus bersikap kalau kita diinteraksi orang yang tidak kita kenal. Bentuk interaksi itu bisa berupa dikirimi pesan japri, dikomenin, di-tag, di-mention.

    Saya udah bertahun-tahun yang lalu diajarin itu, jadi selalu waspada kalau dijapri (atau di-mention) oleh orang yang nggak pernah saya tahu bau napasnya. Jangan pernah percaya mereka, apalagi sampai klik link yang mereka kirimkan secara sengaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak. Apalagi yang modelan ngetag teman secara brutal. Semua orang berasa ditag. Duh jangan sampai tuh ngeklik tautan yang mereka sematkan. Resikonya, kita bisa kehilangan akses ke akun sosial media yang kita punya. Kan serem kalau tiba-tiba akun kita kirim hal aneh yang kita nggak tahu...

      Hapus
  4. Aku juga masih buka FB kok Mbak, meski cuma sekedar refrash refresh. Bagiku yg kadang bosen lihat gambar, ya mending baca tulisan aja di FB. Alhamdulillah ya Mbak, kalau akunnya sudah tidak terkunci lagi

    BalasHapus
  5. kayaknya aku belum pernah sih akun medsos terkunci. seringnya lupa password. hihi. makasih infonya buat membuka akun media sosial yang terkunci ini

    BalasHapus
  6. Facebook emang ga ada matinya kok, hehehe

    Yang paling penting sih memang selalu jaga, jangan sampe asal klik link apapun dari orang yang ga dikenal. Tapi untungnya security makin kesini makin aman kok!

    BalasHapus