Selasa, 28 Februari 2023

Tiga Hari Tanpa HP, Rasanya….

 

Pagi ini kucari-cari benda pipih hitam di ruang tamu, tapi dia tak ada. Ke mana HP kesayanganku? Oh ternyata aku lupa. Dia sedang masuk kamar perawatan di Kang servis langganan. Entah apa yang rusak, baterai atau IC-nya, karena gawai yang baru kumiliki beberapa bulan ini susah sekali diisi dayanya.

Segera kumulai pagi dengan cepat, membersihkan diri lalu menyiapkan anakku untuk sekolah. Beres, dia berangkat jam 6:40 pagi, diantar oleh ayahnya. Aku masuk rumah lalu lupa lagi kalau tidak ada gadget yang biasanya kubelai tiap pagi.

Akhirnya aku mengambil tas belanja dan dompet, tak lupa mengenakan jaket karena udara Malang sedang dingin-dinginnya. 


                                  Sumber gambar: Unsplash

Baca: Seperti Winter di Malang

Aku berjalan sekitar 200 meter menuju lapak tukang sayur langganan. Setelah belanja lantas menuju lapak pecel untuk membeli sarapan, lalu bergegas pulang.

Setengah Masalah Terselesaikan Ketika Ada Laptop dan Modem

Sampai di rumah aku membuka laptop untuk membuka aplikasi chatting dalam versi desktop. Syukurlah ada perbaikan pada aplikasi ini karena bisa dibuka via laptop/PC walau HP-nya dalam keadaan mati. 


                                        Sumber foto: koleksi pribadi

Setengah masalah selesai karena aku masih bisa buka dua aplikasi chatting versi desktop. Aplikasi-aplikasi ini penting buanget soalnya berhubungan dengan pekerjaan. Aku beberapa tahun ini work from home jadi koordinasi kerjaan via chating dan hasilnya dikirim via email.

Tapi kok Kangen?

Tapi aku kangen pegang HP karena ada aplikasi sosial media yang gak bisa dibuka via laptop. Memang sengaja kusetting, ada 2 sosmed yang hanya bisa dibuka via HP, ada yang bisa via laptop. 

                                         Sumber foto: Unsplash
 

Aku juga kangen baca ebook di HP dan pinjam ebook di aplikasi perpustakaan. Begitu coba balik baca buku fisik eh speed baca kok melambat? Mungkin karena kebiasaan baca ebook yang tinggal scroll aja.

Hikmah Tiga Hari Tanpa HP

Sebenarnya hidup tanpa HP itu ngeri-ngeri sedap. Ada orang yang sengaja men-detoks pikiran (dan perasaannya) dengan sengaja mematikan HP selama beberapa hari. Namun kupikir aku gak bisa kayak gitu, atau jangan-jangan sudah terkena nomophobia alias fobia ketika tidak bisa memegang ponsel?

Namun tiga hari tanpa HP nyatanya membuat pagiku bergerak lebih cepat. Biasanya setelah Saladin berangkat sekolah, aku buka sosmed dulu, baru beberapa puluh  menit kemudian belanja. Otomatis ketika ponsel diservis, jam sarapanku maju karena aku langsung cuss ke pasar kaget dekat rumah, tanpa rempong buka-buka HP dulu.

Sebenarnya HP dan sosmed itu distractor utama gak sih? Well, sebenarnya tergantung pemakainya kok. Sebagai orang yang bekerja menggunakan internet rasanya gak bisa lah hidup tanpa HP. Tapi kudu mengendalikan waktu scroll sosmed dan platform video. Kita, sebagai pemilik smartphone, yang mengendalikannya, bukannya dikendalikan oleh gadget lalu lupa waktu dan lupa segalanya.

Gimana gaees pernahkah stress ketika HP rusak?

20 komentar:

  1. Nggak kebayang deh kalau hariku tanpa HP say, tapi pernah mengalami sih ketika mudik ke rumah ortu. Dulu di sana susah sinyal banget. Jadinya setiap mudik saya nggak pernah buka internet, males banget udah keburu kesal karena marahan ama sinyal wakakkaka.

    Dan memang iya sih, kalau tanpa HP itu, semua kerjaan cepat diselesaikan, waktu tidur jadi tercukupkan.
    Masalahnya cuman 1, akoh kerja pakai internet. Nggak ketemu hape dan internet, means nggak punya pemasukan hiks

    BalasHapus
  2. Aku pernah loh mbak puasa gadget dan sosmed sebulan penuh!
    Ya nekad nekad gimanaaa gitu yaaa... tapi aku tekadkan, menerima telpon masuk saja, selebihnya pada sibuk kontak... pak suami hahahhaa

    tapi emang enak sih hidup tanpa ketergantungan hape sesekali, kalo disuruh ngulang puasa gadget... nggggg... ntar dulu!

    BalasHapus
  3. saya setuju dengan poin kalo sosmed bisa jadi distractor dalam kehidupan sehari2. tapi kalo hidup tanpa HP lama2 (lebih dari 3 hari) kayaknya ga sanggup juga secara pekerjaan banyak diakses dari hp hihi

    BalasHapus
  4. Pengennya sih sesekali puasa hp, tp kok angel yo. Apa2 sekarang ada di hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, dari kerjaan sampai hiburan pake HP.

      Hapus
  5. Saya pernah juga hp rusak dan jadi nggak pegang hp selama beberapa hari. Mana nggak ada cadangan tab atau ponsel lain. Repotnya kerjaan saya dikoordinasikan via WA, karena hp mati jadi nggak bisa buka WA via web juga. Duh, susah banget karena satu-satunya jalur komunikasi buat kerjaan ya di situ, sih. Jadi dikira saya ghosting beberapa hari.

    BalasHapus
  6. As long as ada laptop, aku lebih seneng remote job pake laptop sih..
    HP di rumah juga kepakenya sama anak-anak karena butuh untuk mengerjakan tugas.

    Tapi gak tau lagi ya...
    Kalau HPnya modelan iphone 12 pro max, hahaha..mungkin bakalan lebih banyak ngelus Hp dah..

    BalasHapus
  7. Pernah karena ujung ujung jari sakit efek kebanyakan ngetik. Harus puasa gak buka media sosial, alhamdulilah bisa karena udah niat pengen sembuh. Kalo gak salah tahun 2015/ 2016.

    Hati jadi ringan, gak mikir kehidupan dunia maya yang katanya dunia tipu tipu, hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tapi sekarang sakitnya gak kumat lagi kn?

      Hapus
  8. Setuju sih hp dan medsos ini menjadi distraktor utama, Mbak, haha. Aku ingat juga pas masa hp rusak dan belum ada hp cadangan. Meski berasa hidup di planet lain karena agak ketinggalan info, tapi cukup nyaman dan lebih fokus di pekerjaan nyata sih :D

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah coba nih hidup tanpa hape, rasanya gak kebayang aja gitu tapi saya yakin pasti bisa kok hidup tanpa hape dan semuanya pasti akan tetap baik-baik aja. Masalahnya adalah apakah kita mau melakukannya? Karena kan ada juga yang sumber pendapatannya berasal dari handphone, sepertinya ini yang agak susah untuk berpisah dari hape

    BalasHapus
  10. Hp rusak sih ga pernah ngalamin, tapi aku pernah ngerasain tanpa hp pas ke Korut 5 hari. Itu the best time moment sih dalam hidup. Gilaaa , enaaak bgt 5 hari ga bisa berhubungan dengan siapapun, hidup kayak dalam bubble, tenang, tanpa kuatir Ama apapun 🤣🤣🤣. Jadi lebih Deket Ama temen2 peserta trip. Hidup tenang banget mba 😁

    BalasHapus