Senin, 16 Oktober 2023

Quote Tentang Keuangan yang Viral Tapi Sayangnya Kurang Benar

 

Siapa hobi scrolling sosmed? Suka nonton konten tentang keuangan?

Belakangan banyak konten mengenai keuangan dan muncullah berbagai quote. Memang bagus sih karena artinya masyarakat sudah aware tentang cara mengatur uang dan mendapatkan cuan tambahan. 


 

Tapiii ternyata gak semua quote itu 100% benar, karena tergantung dari kondisi keuangan dan kehidupan masing-masing netizen.

Ini nih beberapa contoh quote keuangan yang menurut daku kurang benar. Kalau menurut klean benar yaa terserah dah, sepakat untuk tidak sepakat.

Uang Jangan Diirit-Irit, Boroskan Saja

Ini salah satu quote yang viral. Emang benar kalau boros malah bikin kaya? Bukannya rajin pangkal pandai hemat pangkal kaya?

Sebenarnya ungkapan ‘uang jangan terlalu diirit-irit’ itu maksudnya untuk mengatur perasaan manusia saat berbelanja. 


 

Kalau habis beli beras lalu mikir ‘aduh beras mahal amat?’ lalu ada perasaan takut mengeluarkan uang itu yang dianggap tidak baik karena menjadi vibrasi negatif. Nantinya kita jadi fokus mengirit, bukannya fokus mencari uang.

Tapii untuk masalah boros ya gak boleh kebablasan. Menurut daku sewajarnya sajalah. Kalau suka shopping dan punya vibrasi positif saat bayar belanjaan di kasir ya bagus. Tapi kalau terlalu sering belanja, boros, lalu gaji habis padahal masih tengah bulan yaaa nangis sendiri.

Frugal Living = Cara Jadi Cepat Kaya

Istilah frugal living lagi viral ya. Intinya adalah hidup hemat dan  sewajarnya. Malah banyak orang yang berpendapat kalau kita frugal living bisa cepat kaya karena tabungannya segunung.

Tapi benarkah seperti itu?


 

Memang benar sih hemat bikin kita bisa punya uang lebih. Namun bukan berarti otomatis kaya-raya. Jalan ninja jadi kaya ada banyak, misalnya dengan berinvestasi, berbisnis, nikah ama orang kaya (eeh, bercyandaaa wkwkkwk).

BTW daku pernah nulis tentang frugal living yang bisa bikin anak stunting di sini:

Baca: frugal living bikin stunting

Kalau Mau Kaya Harus jadi Pengusaha

Sekitar 10-15 tahun lalu sedang booming seminar-seminar bisnis tentang ‘cara jadi pengusaha’, ‘kalau mau kaya harus resign’, dll. Memang ada banyak pebisnis yang kaya-raya (cek sendiri ah di mbah Google). Namun benarkah harus jadi pengusaha agar banyak cuan?

Hemmm, IMHO gak gitu juga sih. Ada orang yang sudah terlanjur keluar dari pekerjaan demi membuka bisnis sendiri, tetapi malah gagal-total. Bisa jadi ia memang kurang berbakat dalam bisnis.


 

Dari banyak pengalaman orang-orang di sekitarku ternyata ada 2 jenis manusia: yang lebih berbakat untuk jadi pengusaha dan yang lebih cocok jadi karyawan. Jadi jangan ngomporin orang lain untuk resign apalagi dengan embel-embel ‘biar cepat kaya’.

Faktanya ada banyak orang yang ‘hanya’ jadi karyawan tetapi hartanya banyak. Bisa jadi karena ia punya pengelolaan uang yang bagus.

Buka Bisnis Harus Punya Modal Besar

Ini quote yang paling sering beredar sejak puluhan tahun lalu. Memangnya buka bisnis harus punya modal sampai puluhan juta?

Eww sebenarnya ini mindset yang sangat sangat kuno (sorry to say) . Di era teknologi informasi, kalau mau jualan dengan modal minimalis juga bisa. Yang penting tekun dalam berbisnis, mencari inovasi baru, dan ramah kepada para pelanggan. Juga update sosmed biar bisa berinteraksi dengan para (Calon) customer.


 

Malah beberapa tahun ini banyak pebisnis yang awalnya jadi reseller dan modalnya ‘hanya’ kuota internet. Mereka mempromosikan barang-barang dan paket dikirim dari gudang supplier. Nanti reseller mendapatkan fee sesuai dengan kesepakatan.

Jadi yang penting yakin lah dalam berbisnis. Jangan apa-apa minta enak, minta modal besar, apalagi dari hasil ngutang! Nanti bukannya fokus cari keuntungan malah bingung saat harus bayar cicilan.

Gimana gaeees? Ada lagi quote tentang keuangan yang tidak klean setujui?

15 komentar:

  1. "ingin punya bisnis harus punya modal besar", quote ini kayak nancep di kepalaku. Jadi, mereka yang merasa nggak punya modal besar, udah merasa down duluan.
    Sekarang banyak pola bisnis juga untuk mulai berbisnis dengan modal nggak besar, kayak jadi reseller. Dan niat yang penting, aku aja cuman ngimpi terus dan niat, tapi niatnya kurang gede hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting belajar dulu mbak, investasi leher ke atas.

      Hapus
  2. quotes ini "Buka Bisnis Harus Punya Modal Besar" yang selalu bikin aku maju mundur untuk jadi pengusaha :') ternyata tergantung strategi aja sebenernya

    BalasHapus
  3. Paling sebel memang Ama quote frugal living bikin cepet kaya 🤣🤣🤣. Ga akan pernah aku terapin itu. Terkadang hidup yg terlalu dihemat malah lebih menderita ntr. Mau sesuatu aja mikirnya lamaaaaa, padahal bisa mendapatkan barang yg di mau, itu pasti bikin hati senang.

    Kalo aku , yg penting planning keuangannya . Udah tau income segini, post alokasinya kemana aja. Udah cukup. Kalo masih kurang, ya cari side hustle . Jangan terlalu ngirit cyiiiin 😂. Mending nikmatin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu ngirit lalu sakit dan barang2nya malah dipake orang lain, uuuu nyaho

      Hapus
    2. Bener mba. Kita udh capek kerja, rugi aja kan kalo ga dinikmatin. Masa dikumpulin Mulu. Tapi aku salut Ama pekerja yg memang mengabdi banget Ama kerjaannya. Kayak adikku yaa, kan dokter spesialis THT. Nah itu bisa dibilang tiada hari tanpa kerja. Aku pernah ajakin traveling bareng sesekali, tapi emang jdwalnya padat bgt, samasekali ga bisa.

      Kadang aku pikir, kalo aku JD dia stress mungkin, ga bisa nikmatin hidup. Tapi bisa jadi bagi dia, mengabdi Ama kerjaan dan masyarakat udh kayak kenikmatan hidup kali ya 😅.

      POV ku sebagai non dokter, sayang amat uangnya dikumpulin Mulu tp ga dinikmati 😂.

      Hapus
  4. Mau kaya harus jadi pengusaha hehe.. Sebenernya intinya pengelolaan keuangan sih. Klo ga bs kelola duit, mo jd pengusaha maupun karyawan, ttp aja buntung

    BalasHapus
  5. naaahhh ini dia banyaaakkkk bgt jebakan quotes ya.
    moga2 semua pd makin bijak untuk memahami apa makna tersurat dan tersirat dari aneka quote ituuu

    BalasHapus
  6. Edukasi tentang finansial emang bagus tapi saya baru ngeh ternyata banyak quotes yang kurang tepat berseliweran ya. Saya sependapat dengan Mbak. Quotes di atas memang kurang tepat dan malah bisa bikin kita jadi "tersesat" dalam mengelola keuangan

    BalasHapus
  7. tujuan frugal living ngga lah bikin cepet kaya. Kalau mau cepet kaya harus punya sumber cuan yang gede dong hehehe. Frugal living suka disalah artikan padahal ada tujuan yang lebih baik sebenarnya

    BalasHapus
  8. Waah iya sih, Mbak ... memang ad aorang yang lebih cocok jadi karyawan dan ada yang lebih cocok jadi pengusaha. Kasihan kalau yang lebih cocok jadi karyawan dikomporin buat jadi pengusaha lalu gagal.

    BalasHapus
  9. Akhir-akhir ini aku sering liat konten tentang frugal living juga kak. Sampai aku mikir kok enggak bisa sehemat itu. Apa aku bakal butuh waktu ama buat kayanya hehe.
    Tapi aku sadar kalau kebutuhan masing-masing orang berbeda. Sebenarnya aku enggak boros yang banget nget, tapi ya itu tadi. Kalau lihat orang lain kadang jadi membandingkan ini itu.

    BalasHapus
  10. Frugal living nih banyak pro dan kontra ya tapi kembali ke masing-masing orang sih bagaimana menjalankan paham ini dan bagaimana mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  11. Ada quote yang aku inget juga nih.. sesat banget!
    "Hutang itu bikin hidup lebih hidup"

    Agak gila yaa..
    Kenapa kudu ngutang dulu kalo bisa gak ngutang?!?
    Agak kesel sama oknum-oknum begini. Ini yang bikin orang bermudah-mudah meminjam uang ke pinjaman online tuh..

    BalasHapus