Selasa, 28 Juni 2022

4 Tips Saat Hamil agar Tetap Sehat dan Bugar

 

“Hati-hati, ibu hamil kalau jalan kudu pelan!”

Teman-teman yang hamil pernah mendengar kalimat ini? Ibu yang sedang mengandung memang istimewa karena membawa janin di rahimnya. Orang-orang di sekitarnya pun ikut menjaga dengan segala cara. Mereka juga memberi tahu banyak tips saat hamil, apalagi kalau hamilnya anak pertama, wejangannya makin panjang dan lebar.

kehamilan sehat


Sumber foto: koleksi pribadi

Saya jadi ingat ketika hamil Saladin beberapa tahun lalu. Beragam nasehat muncul dari para tetua. Mulai dari dilarang capek, jangan naik tangga, sampai larangan untuk mengkonsumsi makanan mentah. Ibu hamil juga wajib makan yang bergizi. Bagaimana sih cara menjaga kehamilan sehat? Ini beberapa kiatnya yang saya dapat dari Obgyn:

1. Minum Air Putih

Ibu hamil wajib minum air putih agar tetap sehat. Pengalaman saya, pas trimester awal rasanya lemas karena tensi rendah. Untuk mengatasinya, selain minum suplemen yang diberikan dokter, juga rajin minum air putih minimal 8 gelas sehari. Selain itu, dengan air yang cukup maka air ketuban di dalam rahim juga mencukupi.

2. Makan Sayur dan Buah-Buahan

Siapa yang masih susah makan sayur? Kalau lagi hamil usahain makan sayur ya, demi janin yang sehat. Saya sih ngakalinnya masak sayur dengan bumbu kesukaan. Misalnya tumis wortel dan buncis dengan saus tiram. Untuk buahnya bisa diolah jadi jus minim gula atau smoothies. Tips saat hamil ini penting banget untuk dipraktikkan karena wajib untuk memenuhi gizi janin.

3. Tidur yang Cukup

Ibu hamil wajib tidur minimal 7 jam dalam sehari. Bisa ditambah dengan tidur siang karena waktu trimester pertama dan kedua jadi mudah mengantuk. Hal ini wajar karena tubuh bumil perlu istirahat yang lebih lama. Kalau sudah trimester ketiga biasanya waktu malam susah tidur karena kegerahan. Jadi durasi tidur siang perlu ditambah.

4. Jaga Mood

Jangan lupa untuk menjaga mental selain jaga fisik ibu hamil. Mood bumil biasanya emang berubah-ubah ya, dan wajar banget karena faktor hormonal. Biar mood bagus terus, coba untuk nonton film komedi, minta dipeluk suami, dan mandi air hangat.

Kehamilan yang Sehat dan Bahagia

Lantas bagaimana cara menjaga kehamilan yang sehat dan bahagia? Beberapa hari lalu saya berkesempatan menyimak sesi Zoom bersama Bapak Agus Jatmika Soegiarto. Beliau adalah CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera.

Pak Agus Jatmika Soegiarto menjelaskan bahwa untuk menjaga agar ibu hamil tetap sehat, wajib untuk kontrol ke dokter spesialis kandungan. Apalagi jika hamilnya anak pertama. Faktanya, jika baru hamil anak pertama maka literasi medisnya rendah.

Agus Jatmika Soegiarto


Sumber foto: situs Kehamilan Sehat

Para bumil jangan asal membuka informasi di internet karena kondisi hamil tiap ibu berbeda-beda. Untuk konsultasi via media sosial juga tidak bisa karena harus periksa langsung ke dokternya. Tujuannya untuk melihat kondisi fisik sang ibu.

Periksa ke dokter kandungan selama hamil emang wajib dan WHO serta Kementerian Kesehatan menyarankan untuk 4 kali USG. Sekali saat trimester pertama, lalu sekali di trimester kedua, dan di trimester ketiga dua kali. Namun jika mampu (dalam kondisi finansial) sebaiknya USG sampai 4 kali di trimester ketiga, karena persiapan melahirkan.

Pencegahan Stunting dengan Kehamilan Sehat

Teman-teman pernah dengar istilah Stunting? Ngeri banget kalau anak Stunting alias kurang gizi karena tinggi badannya kurang, tubuhnya pun kurus kering, pertumbuhannya juga lambat. Untuk mencegah Stunting maka harus sejak dini yaitu saat hamil.


Oleh karena itu sebelum hamil harus sehat dulu calon ibunya. Program wajib dilakukan dengan seksama. Jadi  kalau nanti ada yang promil anak pertama, kedua, dan seterusnya, calon ibu harus makan yang bergizi untuk mencegah Stunting.



Materi ini saya dapat saat sesi zoom bersama CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera, Bapak Agus Jatmiko Soegiarto. Pemateri lain yakni dokter spesialis kandungan, dr. Eko Setiawan, Sp.OG, dokter spesialis anak dr. Yoga Yandika, Sp.A, Bidan Diah Kusuma W, A.Md, dan konselor laktasi dr. Adnina Hariningrum, CIMI.

Periksa Hamil di Klinik Kehamilan Sehat

Teman-teman yang masih bingung mau periksa ke mana, yuk cuss ke Klinik Kehamilan Sehat. Di sana dokter-dokternya sabar dan memeriksa dengan seksama. Dokternya juga pro normal.

program hamil


Sumber gambar: akun Youtube Kehamilan Sehat


Klinik ini sudah ada 15 cabang di seluruh Indonesia dan bisa dilihat di akun Instagramnya @kehamilansehat untuk cabang terdekat.

tips saat hamil




Sumber gambar: Instagram @Kehamilansehat


Lihat nih, kondisi kliniknya bersih dan petugasnya mematuhi protokol kesehatan. Tempatnya juga terlihat nyaman.

PT Kehamilan Sehat Sejahtera


Sumber gambar: Akun Youtube Kehamilan Sehat


Kalau sudah ketemu dokter rasanya lega. Teman-teman yang mau program hamil juga bisa periksa dan konsultasi ke Klinik Kehamilan Sehat. Juga bisa bertanya bagaimana tips saat hamil agar tidak lemas karena sering mual-mual. Saya jadi pengen ke Klinik Kehamilan Sehat untuk konsultasi kesehatan rahim. Yuk jaga kesehatan agar ibu hamil dan calon ibu hamil tetap bugar.

1 komentar:

  1. Ihh jadi Inget masa hamil dulu 😁. Tapi hamil pertama buatku yg paling ga nyusahin mba. Ntah kenapa bawaan itu selalu semangat, malah aku masih rutin jalan2 pas hamil fylly. Sampe 7 bulan aja masih ke Malaysia dan singapur.

    Tapi pas adeknya, bawaan males 🤣🤣. Untungnya ga mual2. Hamil mereka aku ga pernah mual, Alhamdulillah. Cuma pas adek jadi males kemana2.

    Tapi kalo utk vitamin hamil dll, aku rutin sih. Ga pernah skip, minum aja apa yg disaranin dokter. Termasuk susu hamil yg dalam kondisi biasa, aku ga mungkin minum susu 🤣

    BalasHapus