Selasa, 28 Juni 2022

4 Tips Saat Hamil agar Tetap Sehat dan Bugar

 

“Hati-hati, ibu hamil kalau jalan kudu pelan!”

Teman-teman yang hamil pernah mendengar kalimat ini? Ibu yang sedang mengandung memang istimewa karena membawa janin di rahimnya. Orang-orang di sekitarnya pun ikut menjaga dengan segala cara. Mereka juga memberi tahu banyak tips saat hamil, apalagi kalau hamilnya anak pertama, wejangannya makin panjang dan lebar.

kehamilan sehat


Sumber foto: koleksi pribadi

Saya jadi ingat ketika hamil Saladin beberapa tahun lalu. Beragam nasehat muncul dari para tetua. Mulai dari dilarang capek, jangan naik tangga, sampai larangan untuk mengkonsumsi makanan mentah. Ibu hamil juga wajib makan yang bergizi. Bagaimana sih cara menjaga kehamilan sehat? Ini beberapa kiatnya yang saya dapat dari Obgyn:

1. Minum Air Putih

Ibu hamil wajib minum air putih agar tetap sehat. Pengalaman saya, pas trimester awal rasanya lemas karena tensi rendah. Untuk mengatasinya, selain minum suplemen yang diberikan dokter, juga rajin minum air putih minimal 8 gelas sehari. Selain itu, dengan air yang cukup maka air ketuban di dalam rahim juga mencukupi.

2. Makan Sayur dan Buah-Buahan

Siapa yang masih susah makan sayur? Kalau lagi hamil usahain makan sayur ya, demi janin yang sehat. Saya sih ngakalinnya masak sayur dengan bumbu kesukaan. Misalnya tumis wortel dan buncis dengan saus tiram. Untuk buahnya bisa diolah jadi jus minim gula atau smoothies. Tips saat hamil ini penting banget untuk dipraktikkan karena wajib untuk memenuhi gizi janin.

3. Tidur yang Cukup

Ibu hamil wajib tidur minimal 7 jam dalam sehari. Bisa ditambah dengan tidur siang karena waktu trimester pertama dan kedua jadi mudah mengantuk. Hal ini wajar karena tubuh bumil perlu istirahat yang lebih lama. Kalau sudah trimester ketiga biasanya waktu malam susah tidur karena kegerahan. Jadi durasi tidur siang perlu ditambah.

4. Jaga Mood

Jangan lupa untuk menjaga mental selain jaga fisik ibu hamil. Mood bumil biasanya emang berubah-ubah ya, dan wajar banget karena faktor hormonal. Biar mood bagus terus, coba untuk nonton film komedi, minta dipeluk suami, dan mandi air hangat.

Kehamilan yang Sehat dan Bahagia

Lantas bagaimana cara menjaga kehamilan yang sehat dan bahagia? Beberapa hari lalu saya berkesempatan menyimak sesi Zoom bersama Bapak Agus Jatmika Soegiarto. Beliau adalah CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera.

Pak Agus Jatmika Soegiarto menjelaskan bahwa untuk menjaga agar ibu hamil tetap sehat, wajib untuk kontrol ke dokter spesialis kandungan. Apalagi jika hamilnya anak pertama. Faktanya, jika baru hamil anak pertama maka literasi medisnya rendah.

Agus Jatmika Soegiarto


Sumber foto: situs Kehamilan Sehat

Para bumil jangan asal membuka informasi di internet karena kondisi hamil tiap ibu berbeda-beda. Untuk konsultasi via media sosial juga tidak bisa karena harus periksa langsung ke dokternya. Tujuannya untuk melihat kondisi fisik sang ibu.

Periksa ke dokter kandungan selama hamil emang wajib dan WHO serta Kementerian Kesehatan menyarankan untuk 4 kali USG. Sekali saat trimester pertama, lalu sekali di trimester kedua, dan di trimester ketiga dua kali. Namun jika mampu (dalam kondisi finansial) sebaiknya USG sampai 4 kali di trimester ketiga, karena persiapan melahirkan.

Pencegahan Stunting dengan Kehamilan Sehat

Teman-teman pernah dengar istilah Stunting? Ngeri banget kalau anak Stunting alias kurang gizi karena tinggi badannya kurang, tubuhnya pun kurus kering, pertumbuhannya juga lambat. Untuk mencegah Stunting maka harus sejak dini yaitu saat hamil.


Oleh karena itu sebelum hamil harus sehat dulu calon ibunya. Program wajib dilakukan dengan seksama. Jadi  kalau nanti ada yang promil anak pertama, kedua, dan seterusnya, calon ibu harus makan yang bergizi untuk mencegah Stunting.



Materi ini saya dapat saat sesi zoom bersama CEO PT Kehamilan Sehat Sejahtera, Bapak Agus Jatmiko Soegiarto. Pemateri lain yakni dokter spesialis kandungan, dr. Eko Setiawan, Sp.OG, dokter spesialis anak dr. Yoga Yandika, Sp.A, Bidan Diah Kusuma W, A.Md, dan konselor laktasi dr. Adnina Hariningrum, CIMI.

Periksa Hamil di Klinik Kehamilan Sehat

Teman-teman yang masih bingung mau periksa ke mana, yuk cuss ke Klinik Kehamilan Sehat. Di sana dokter-dokternya sabar dan memeriksa dengan seksama. Dokternya juga pro normal.

program hamil


Sumber gambar: akun Youtube Kehamilan Sehat


Klinik ini sudah ada 15 cabang di seluruh Indonesia dan bisa dilihat di akun Instagramnya @kehamilansehat untuk cabang terdekat.

tips saat hamil




Sumber gambar: Instagram @Kehamilansehat


Lihat nih, kondisi kliniknya bersih dan petugasnya mematuhi protokol kesehatan. Tempatnya juga terlihat nyaman.

PT Kehamilan Sehat Sejahtera


Sumber gambar: Akun Youtube Kehamilan Sehat


Kalau sudah ketemu dokter rasanya lega. Teman-teman yang mau program hamil juga bisa periksa dan konsultasi ke Klinik Kehamilan Sehat. Juga bisa bertanya bagaimana tips saat hamil agar tidak lemas karena sering mual-mual. Saya jadi pengen ke Klinik Kehamilan Sehat untuk konsultasi kesehatan rahim. Yuk jaga kesehatan agar ibu hamil dan calon ibu hamil tetap bugar.

31 komentar:

  1. Ihh jadi Inget masa hamil dulu 😁. Tapi hamil pertama buatku yg paling ga nyusahin mba. Ntah kenapa bawaan itu selalu semangat, malah aku masih rutin jalan2 pas hamil fylly. Sampe 7 bulan aja masih ke Malaysia dan singapur.

    Tapi pas adeknya, bawaan males 🤣🤣. Untungnya ga mual2. Hamil mereka aku ga pernah mual, Alhamdulillah. Cuma pas adek jadi males kemana2.

    Tapi kalo utk vitamin hamil dll, aku rutin sih. Ga pernah skip, minum aja apa yg disaranin dokter. Termasuk susu hamil yg dalam kondisi biasa, aku ga mungkin minum susu 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah banget Mbak Fanny hamilnya lancar tanpa mual-mual. Kalau istri saya kebetulan setiap hamilnya mengalami morning sick yang parah, sampai harus beberapa kali opname ke rumah sakit karena asupan makannya yang susah sekali. Tapi bersyukur proses kelahirannya lancar dengan penuh perjuangan sang istri yang luar biasa

      Hapus
  2. Kehamilan pertama memang banyak waswasnya, ya. Padahal salah satu tips agar kehamilan tetap sehat adalah jaga mood

    BalasHapus
  3. Kehamilan pertama selain kebahagiaan baru, juga memang harus dijaga baik-baik. Soalnya kan ibaratnya belum pernah. Jadi masih seperti meraba. Selain nasihat ini itu, juga berbagai pantangan ini itu alias pamali yang harus dihindari. dan pastinya rutin memeriksakan kondisi si jabang bayi ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Klinik Kehamilan Sehat ini ada di kota mana aja ya kak? emang penting banget menjaga kesehatan selama hamil, selain makan yang sehat dan tidur cukup , menjaga stress juga sama pentingnya

    BalasHapus
  5. Kehamilan pertama memang kadang sangat dinanti dan dijaga. Apalagi memperhatikan asupan gizi dan nutrisi karena selama kehamilan juga masuk di 1000 HPK anak. Jadinya wajib banget menjaga kehamilan sesehat mungkin

    BalasHapus
  6. Memeriksakan diri dan kehamilan di klinik terpercaya itu memang pilihan tepat. Saya pernah memeriksakan kandungan tapi bisa dibilang tidak cocok. Pindah klinik lagi langsung deh merasa cocok dan semua pemeriksaan dilakukan dengan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kudu cari klinik yang cocok ya Kak kalau periksa hamil

      Hapus
  7. Jaga mood ini yang paling susah. Kadang suka melow sendiri pas hamil. Overthinking juga. Bersyukur sekarang bayinya dah lahir dan sehat.

    BalasHapus
  8. walau disarankan cuma 4 kali kayaknya emak-emak di Indonesia hampir tiap bulan USG-nya karena penasaran sama ukuran bayinya. hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku pernah menemani kakak USG, Alhamdulillah-nya gak tiap bulan, wkwkkw.
      Kalau tiap bulan lumayan juga, karena kan ngantre yak

      Hapus
  9. Jaga mood sepanjang menjalani masa kehamilan sih ya salah satu poin yang kudu banget diperhatiin, bukan hanya sama si bumil tapi juga suami. Soalnya jaga mood tetap happy itu beneran nggak mudah. Paling gampang sedih kalau tiba tiba dapat omongan yang nggak enakin hati.

    BalasHapus
  10. Aku juga kalo dikasih hamil lagi nggamau sembarangan ke klinik mana aja sih, bener2 milih yang dokter dan tenaga kesehatannya komunikatif biar ngga gondok jg nih lama2 di sana wkwkk

    BalasHapus
  11. Wah, sudah ada 15 cabang, ya, Mba. Jadi pengen jalan-jalan ke akun medsosnya. Siapa tahu ada di kota saya juga, nih.

    BalasHapus
  12. Benar sekali, saat hamil itu tetap harus jaga kesehatan agar tetap aktif
    Yang susah adalah jaga mood ya

    BalasHapus
  13. Minum air putih yang banyak ini memang ampuh. Dulu pas hamil, saya juga disarankan untuk minum air putih yang banyak dan jalan kaki.

    BalasHapus
  14. Kalau lagi hamil memang wajib banget buat jaga nutrisi, karena bukan hanya untuk si ibu, tapi juga untuk si kecil di dalam perut. Kalau nutrisi terjaga, insyaallah bunda dan janin pasti sehat.

    BalasHapus
  15. Kehamilan pertama nih karena spesial jd banyak banget ya wejangannya. Bikin selalu was was.

    BalasHapus
  16. Bener tuh kak. USG ini jg bs ngecek si jabang bayi apakah ada kelainan/tdk. Jadi bisa dilakukan tindakan segera kalo amit2 ada sesuatu. Jadi ga akan telat penanganannya.

    BalasHapus
  17. Nah iya, untuk ibu hamil jangan sembarang cari info tentang kehamilan diinternet ya, karena kondisi masing-masing berbeda. Lebih aman konsultasi langsung dengan dokter kandungan.

    BalasHapus
  18. Thank you infonya mba... kebetulan aku lagi hamil jalan 6 bulan.. jadi tipsnya sangat bermanfaat buat saya... doakan lancar sampai lahiran ya :)

    BalasHapus
  19. Istriku sekarang masuk umur 14 minggu, semoga diberi kelancaran ya.. Aminnn.. tipanya sangat berguna mbak, sekarang jd lebih hati hati

    BalasHapus
  20. betul banget mbak.. dan kadanga gak risih sih soale seringkali orang hamil mirip orang sakit perlakuannya hahaha padahal itu tanda sayang mereka ya. dan aku sangat setuju kalo habis ketemu dokter rasa was was mereda..tahu kondisi janin sehat

    BalasHapus
  21. Masya Allah, baru selese masa hamil hihi.. jadi inget pesan dokter spog, kalu hamil itu bukan sakit, jadi ya makan apa aja gak masalah asal gak berlebihan :) dan aktivitas tetap bisa normal, asal sesuai kemampuan :)

    BalasHapus
  22. Aak semoga nanti aku pas hamil aman-aman dan lancar ya mbaaa. Etapi cari jodohnya dulu baru hamil, sekarang hamil online aja liat jodoh lagi konser kpop.

    BalasHapus
  23. olahraga penting banget ya ternyata, haduh hayo semangat semangat haha

    BalasHapus
  24. Note banget nih, Ka. Bumil jangan asal serap ingormasi berhubungan dengan kehamilan begitu saja dari internet. Harus diperhatikan sumbernya juga biar ga jadi informasi yang salah.

    BalasHapus
  25. Baru tahu aku lho, ternyata kalau mau hamil tuh dipengaruhi dengan mood dan perasaan gitu ya. Bagus nih informasinya untuk para istri yang lagi nunggu-nunggu bisa hamil dan punya anak pertama

    BalasHapus
  26. Jadi inget waktu hamil dulu. Oh ya, mau cek, daerahku ada enggak Klinik Kehamilan Sehat, ya buat jaga-jaga kalau hamil nanti.

    BalasHapus
  27. penting banget memeriksakan kesehatan bayi saat dalam kandungan ya mba, agar bayi dan ibu tetap sehat sampai lahir nanti

    BalasHapus