Kamis, 23 Maret 2023

Manfaat Main Game untuk Anak dan Kegunaan Internet Cepat untuk Gaming

 

Jari-jemarinya lincah menari di atas layar. Matanya terkesima ketika melihat tampilan grafis yang indah.Yak, Saladin yang berusia 10 tahun itu sedang main game di HP dan ia sangat menyukainya, dan menikmati waktu libur dengan gembira. Berkat akses Internet Cepat main game jadi makin lancar.

Ada yang anaknya sama dengan anakku yang suka main game di ponsel? Rasanya nyaris semua anak sudah akrab dengan gadget dan menggunakannya untuk gaming. Apalagi jenisnya juga macam-macam, mulai dari game memancing, belajar memasak dan mengelola kafe, sampai game edukasi.

Internet Cepat

 

Jangan khawatir dulu teman-teman jika anak-anak suka main game. Sebenarnya gaming sangat bermanfaat lho untuk hidup mereka dan bukan sekadar hiburan. Berikut ini beberapa kegunaan main game untuk anak-anak.

1. Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

Game yang diakses di HP atau laptop memakai English sebagai bahasa pengantar. Anak-anak jadi paham vocabularies dan mereka belajar bahasa Inggris. Tujuannya agar memahami apa saja yang dikatakan oleh para tokoh dalam game itu.

Dengan bantuan akses Internet yang cepat dan stabil maka main game jadi makin lancar dan bisa sekalian belajar bahasa Inggris. Anak-anak akan buka kamus atau bertanya pada ibunya jika ada kata dalam bahasa Inggris yang belum diketahui artinya, saat sedang gaming. Main game bisa bikin cerdas lho dan jangan dilarang saat anak gaming di akhir minggu.

2. Melatih Konsentrasi

IndiHome

 

Jika anak-anak suka main game dan mabar maka mereka lebih konsentrasi karena gaming butuh fokus yang tinggi. Konsentrasi ini butuh dilatih lho karena diperlukan saat belajar matematika atau materi lain. Dengan bantuan provider internet IndiHome maka gaming makin lancar dan anak-anak lebih fokus lagi.

3. Anak-Anak jadi Belajar Strategi

Ada banyak game yang temanya peperangan dan petualangan dan ketika anak-anak main ini, jangan serta-merta dilarang. Yang penting dilihat apakah gamenya sesuai dengan umur (ada rating usianya yang tertera).

Kegunaan dari main game jenis ini adalah anak-anak belajar strategi dan ini penting banget lho karena mereka punya kemampuan berpikir yang tinggi. Nantinya anak-anak bisa dilatih juga untuk punya strategi bisnis dan jadi entrepreneur muda.

4. Memberikan Pengetahuan

Internet cepat dan internet stabil yang dipakai saat gaming akan membantu anak-anak untuk menambah pengetahuan. Misalnya saat main game memasak, mereka jadi paham apa bahan-bahan untuk bikin hidangan tertentu. Saat anak-anak main game tentang peternakan, mereka belajar mengelola hewan secara virtual.

Manfat Internet Cepat untuk Gaming

Kalau mau main game pasti butuh akses internet dari wifi dan berikut ini beberapa manfaat internet yang cepat dan stabil untuk gaming:

1. Loading Game jadi Cepat

Ketika pakai internet cepat maka otomatis loadingnya juga cepat. Teman-teman ngebayangin gak kalau mau buka game tapi lola alias loading lama dan jadinya BT. Oleh karena itu butuh banget wifi agar gaming makin lancar. Oh ya, ada juga tips dari situs teknologi untuk mempercepat speed internet, salah satunya dengan melihat spesifikasi gawai yang digunakan.

Internet cepat dan internet stabil

 

2. Mempercepat Respon Game dan Memenangkannya

Kalau mau menang kudu pakai wifi kenceng dan gaming makin lancar. Respon game akan lebih cepat karena didukung oleh akses internet yang berkualitas tinggi. Anak-anak pasti senang karena gamingnya menang terus.

3. Download Game jadi Lancar

Kebayang gak sih kalau mau dowonload game tapi nunggunya lama? Teman-teman gak usah khawatir lagi karena ada wifi IndiHome dari Telkom Indonesia. Kecepatan internet yang tinggi bikin download game makin cepat dan lancar, lalu anak-anak bisa mabar dengan gembira.

IndiHome dari Telkom Indonesia

 

Ternyata ada banyak ya manfaat dari main game sehingga anak-anak makin lancar berbahasa inggris dan pengetahuan mereka bertambah banyak. Kalau mau lancar gaming pasti butuh wifi dan di sini pakai provider internet IndiHome yang kecepatannya memukau. Karena ada paket layanan internet IndiHome Game yang speed-nya mulai 30 MBPS.

Mantap banget dengan paket gaming dari IndiHome dan mabar atau main game sendiri pasti lancar. Harga langganan juga terjangkau. Teman-teman pasti di rumahnya pakai IndiHome juga kan?

31 komentar:

  1. Game juga banyak manfaatnya asal dipilih yang edukatif dan bijak memainkannya

    BalasHapus
  2. Setuju banget kak. Setidaknya si kecil mulai mengerti angka dan huruf dalam bahasa Inggris. Dan beberapa kata mulai bisa dilafalkan dgn benar. Meski kadang ga selalu via game, si kecil emang demen banget nonton video. Pokoknya yg penting internetnya cepet. Kalo lemot, bakal dibanting deh hpnya. Untung aja di rumah pake IndiHome.

    BalasHapus
  3. anakku juga suka ngegame nih kalau di tab mereka. aku nggak ngelarang asal gamenya juga yang bermanfaat dan mengasah skill mereka

    BalasHapus
  4. Wah anak-anak mah identik ama ngegame yah apalagi anak cowo demen banget mabar. Bisa jadi atlet e-sport juga kalau bakatnya dikembangkan. Apalagi kalau didukung internet cepat dari IndiHome.

    BalasHapus
  5. Wah anak sekarang memang suka ngegame ya. Di sisi positifnya, anak bisa lebih kreatif juga. Dan banyak belajar.

    BalasHapus
  6. Main game tapi internet lola itu bener-bener ngerusak mood. Lagi seru-serunya, eh tau-taunya nge-lag karena sinyal internetnya lelah.

    BalasHapus
  7. Anak saya juga suka main game, Mbak. Memang ada sisi positif dan negatifnya kalau anak main game. Positifnya, kosa kata anak dalam Bahasa Inggris jadi bertambah dan dia bisa belajar berstrategi. Pokoknya harus tetap didampingi jangan sampai kelamaan main gamenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, kalau main game jadi puter otak buat ngatur strategi ya mba. Makanya aku juga biarin anak2 main game asal saat weekend kwkwk. Oh ya jangan lupa pake internet cepat.

      Hapus
    2. Dulu aku main game juga kwkwkwkw dan sampe skrg andaaai ada waktu kayaknya bakal main game juga nih.. btw emang gabisa sih ya kita larang2 anak main game, soalnya di sana anak2 justru bisa belajar banyak lho, cuma dibatasi aja waktunya tuh

      Hapus
  8. Main game memang banyak juga manfaatnya, jadi ga selalu berkonotasi negatif. apalagi sekarang dah merambah dunia game online, untung ada IndiHome yang mendukung internet stabil

    BalasHapus
  9. Dunia game sudah sangat berkembang ya, bahkan ada yang jadi profesi. Bermain game tentu memerlukan internet yang cepat dan stabil, IndiHome menjawab keperluan tersebut.

    BalasHapus
  10. Iya sih Mba, aku pun ketika bermain game jadi ikut memikirkan strategi apa saja nih yang harus kupilih biar bisa menang dan naik level.

    BalasHapus
  11. Ternyata gaming banyak sekali manfaat positif kalau dilakukan secara bijak ya. Apalagi kalau didukung internet cepat, makin terasa manfaatnya

    BalasHapus
  12. ternyata byk juga ya manfaat game untuk anak-anak, meskit bgitu, menurutku ttp harus ada pengawasan dari lingkunan supaya tdak disalahgunakan,

    BalasHapus
  13. Game tidak melulu hal negatif, ya. Banyak manfaat juga yang bisa diambil dari sebuah game. Terutama soal bahasa dan penemuan solusi ketik dapat masalah.

    BalasHapus
  14. Kalau untuk main game memang wajib banget punya internet cepat plus spek komputer yang tinggi soalnya biasanya game ini grafisnya tinggi gitu

    BalasHapus
  15. Dulu aku pikir main game online itu nggak ada gunanya sama sekali. Ternyata banyak banget manfaatnya ya mbak.

    BalasHapus
  16. Saya gak melarang anak main game, cuma dibatasi ajaa waktunya. Wah ternyata IndiHome ada paket game ya

    BalasHapus
  17. untuk anak, bisa pilih game yang sesuai dan mendidik ya. paling penting spek gadget atau spek komputer sesuai dengan kebutuhan. jangan lupa internet kudu cepat dan stabil

    BalasHapus
  18. Main game nya jelas yang bermanfaat ya..dan yang pasti internet harus lancar jaya

    BalasHapus
  19. Main game nggak selalu negatif ya mbak
    Aku pun memperbolehkan anak anakku bermain game
    Selama gamenya bersifat esukatif dan mengasah skill mereka

    BalasHapus
  20. Banyak game bagus nan edukatif yang bisa jadi andalan anak-anak ya kak, sehingga bisa berdampak positif juga buat dia

    BalasHapus
  21. Tidak semua internet buat anak2 negatif asal sebagai orang tua mengarahkan untuk mengerjakan hal positif pasti bermanfaat bagi anak.2

    BalasHapus
  22. Kaya saya nih, yg main game anak tapi yang pusing mikirin trik dan langkah ya saya. Hehehe...
    Bermain game bersama anak sebenarnya bisa jadi sarana edukasi. Apalagi kalau game nya amg game yang mendidik juga

    BalasHapus
  23. Betul sebenarnya banyak manfaat dari bermain game, utk poin 1 sampai 4 saya juga setuju. Karena saya sendiri pun pernah mengalami, salah satunya lebih mudah belajar bahasa Inggris dari game,

    Sekarang berkat adanya teknologi cloud gaming, hp kentang pun bisa bermain game hd dengan lancar asalkan internet nya stabil dan cepat seperti IndiHome

    BalasHapus
  24. Anakku juga karena game jadi tahu English dengan sendirinya, kebetulan di rumah emang pakai internet cepat dan internet stabil punya IndiHome, dia jadi bisa bermain sambil belajar juga tapi tetap ada batasan waktu biar gak bablas.

    BalasHapus
  25. Sebagai pensiunan gamer online, aku ngerasain sebelnya sih kalau internet mulai lemot, leveling dan hunting jadi males banget yekan. Tapi emang sih jujur, gaming pake IndiHome itu gada lawaaan lancarnya

    BalasHapus
  26. Ingat banget sih, aku, kemudian anakku, bisa bahasa Inggris malah dari game duluan. Cuma memang tetap mesti diatur ya kalau anak main game, jangan sampai berlebihan. Setahu aku, pakai IndiHome ada kontrol untuk parent lho.

    BalasHapus
  27. Setuju banget untuk tetap memberikan ruang dan waktu bagi anak yang memiliki hobi. Semoga hobinya selain bisa memberikan manfaat juga bisa mengalirkan stres yang mungkin dirasakan anak-anak ketika bersekolah.

    BalasHapus
  28. Hobi itu seperti pengalihan dari kegiatan yang tidak menyenangkan.
    Jangankan anak-anak, orang dewasa pun kalau uda main game juga pasti berasa dunia sendiri wkwkwk
    Apalagi kalau internetnya lancar banget, main gamenya makin seru itu

    BalasHapus
  29. Dari awal nikah Ampe skr, aku msh pake indihome 😄. Ga tertarik ganti. Berkali2 rumahku didatangin agen provider internet lain, tapi ga tertarik. Apalagi reputasi si provider kacau banget. Udh paling bener indihome

    Anakku juga doyan banget nge-game di hp mba. Dan jago pula. Aku pernah mau ikutan gamenya, ga mudeeeeng blaaas game mereka 🤣🤣. Udahlaah, emaknya main di candy crush aja 😄

    BalasHapus