Jumat, 14 April 2023

Gigimu Infeksi? Bisa Sebabkan Sakit Gusi Lho, Ini Cara Mengatasinya

 

Pernah gak sih ngerasain gigi sakit, kepala senut-senut, dan gusi bengkak? Pengen nangis rasanya karena buat buka mulut aja susah. Mau makan juga sulit karena kesusahan mengunyah, dan kamu akhirnya minum susu aja ketika lapar. Gusi dan gigi yang nyeri memang menyiksa, dan ada beberapa penyebab sakit gusi. Salah satunya karena kurang konsumsi vitamin C.

Infeksi Pada Gigi Bisa Menyebabkan Rasa Sakit Pada Gusi

Saat infeksi gigi dan sakit gusi, enggak boleh disepelekan lho! Karena bisa berakibat buruk pada kesehatan mulut, dan gusi juga akan sakit. Selain membuat susah makan juga bikin susah tidur. 

                            sumber gambar: Freepik
 

Oleh karena itu yuk jaga kesehatan tubuh, terutama mulut dan gigi. Kalau bersih dan sehat pasti gak bakal sakit gusi dan infeksi gigi. Kalau gigi dan gusi sehat selain makannya enak juga enggak susah lagi untuk buka mulut saat mau bicara di depan umum.

Mengapa Infeksi Gigi Bisa Sebabkan Rasa Sakit Pada Gusi?

Kalau giginya sakit sampai infeksi mengapa ya gusinya juga ikutan sakit? Gigi yang infeksi menjadi penyebab sakit gusi karena ketika kondisi gigi kotor sampai infeksi, terjadi penumpukan plak (kotoran). Plak tersebut akan membuat gigi dan gusi sakit, karena terdapat bakteri streptococcus mutans dan lactobacillus.

                                    Sumber gambar: Freepik
 

Selain itu, gusi merupakan tempat tumbuhnya gigi. Kalau giginya infeksi, otomatis gusinya juga ikut sakit. Oleh karena itu kita wajib untuk mencegah infeksi pada gigi dan gusi dengan jaga kebersihan dan pola makan.

Cara Mengatasi Infeksi Gigi agar Tidak Sakit Gusi

Nah kalau kamu sudah terlanjur infeksi gigi, jangan nangis dulu. Masih bisa diatasi dengan cara-cara ini ya:

1. Rajin Gosok Gigi

Penyebab sakit gusi yang pertama adalah kondisi gigi yang kotor. Kalau malas gosok gigi, kotoran menumpuk dan jadi plak, lalu gusi bisa bengkak dan sakit. Jadi kamu wajib rajin membersihkan gigi ya! Pastikan rajin gosok gigi dengan pasta gigi ber-flouride. Sehari minimal 3 kali, saat mandi pagi, sore, dan sebelum tidur.

                                       Sumber gambar: Freepik
 

2. Mengurangi Konsumsi Gula

Hayo, siapa suka makan kue manis? Sudah makan yang manis, minumannya juga mengandung gula seperti es teh atau es jeruk.

Makanan dan minuman manis memang enak di mulut. Namun sayangnya gula di dalamnya mengandung bakteri streptococcus mutans. Gara-gara bakteri ini gigi dan gusimu sakit karena ada penumpukan plak pada gigi. Jadi coba kurangi ya kebiasaan makan atau minum yang manis-manis.

3. Banyak Minum Air Putih

Kalau kamu sudah berhasil mengurangi kebiasaan minum manis, saatnya untuk minum air putih. Sudah minum 8 gelas air putih hari ini? Selain mencegah dehidrasi, mengkonsumsi air putih juga bisa mencegah sakit gigi dan gusi, lho!

                                    Sumber gambar: Freepik
 

Dengan minum air putih secara teratur maka akan membuat produksi air liur di mulut. Air liur ternyata berguna lho untuk melindungi enamel gigi. Penyebabnya karena air liur mengandung fluoride, phosphate ion, dan juga kalsium. Jika enamel gigi terproteksi maka gigi akan sehat dan gusi tidak mudah bengkak.

4. Rajin Mengkonsumsi Vitamin C

Gusi yang sakit dan berdarah karena infeksi bisa juga dicegah dengan rajin mengkonsumsi vitamin C. Kamu bisa makan buah jeruk dan stroberi yang mengandung vitamin C, enak, segar, dan berkhasiat. Dengan vitamin C yang cukup maka gusi sehat dan tak mudah sariawan.

5. Rajin Periksa ke Dokter Gigi

Siapa yang baru mau datang ke dokter gigi kalau gigi dan gusinya sudah terlanjur sakit? Sebenarnya ada anjuran untuk datang ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Jadi, walau gigi atau gusinya enggak sakit, periksa aja ke sana.

Nanti dokter gigi akan memeriksa apakah gigi dan gusinya sehat? Dengan pemeriksaan maka akan dilihat apakah ada plak pada gigi, dan bisa dibersihkan agar gusimu juga tidak sakit.

Mengatasi Sakit Gusi dengan Cooling5 Plus

Sakit gigi dan gusi bisa diatasi dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Saat gigi dan gusimu sakit jangan khawatir ya. Ada Cooling5 Plus yang bisa mengatasinya.

 


Cooling5 Plus adalah obat semprot yang bisa mengatasi sakit gigi dan gusi. Kalau gusimu bengkak, semprot saja dengan Cooling5 Plus. Sangat praktis karena tinggal semprot lalu gusi yang sakit akan cepat sembuh.

Dalam satu botol Cooling5 Plus isinya 15 mililiter. Cooling5 Plus mengandung Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg. Khasiat dari kedua zat ini adalah meredakan nyeri di gigi dan gusi dan mengatasi sariawan. 


 

Ini nih rekomendasi obat sakit gigi yang ampuh, termasuk Cooling5 Plus, klik ya. Nah kalau kamu merasa nyeri karena tumbuh gigi geraham bungsu, juga bisa diatasi dengan semprotan Cooling5 Plus. Anak-anak di atas usia 6 tahun juga boleh kok disemprot Cooling5 Plus jika sedang sakit gigi, sariawan, atau sakit gusi karena tumbuh gigi dewasa. Kamu bisa dapatkan Cooling5 Plus di apotik-apotik terdekat.

Jangan khawatir karena Cooling5 Plus bisa dibeli bebas tanpa resep dari dokter. Cooling5 Plus wajib disimpan di kotak P3K karena khasiatnya bagus untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan bisa mengatasi berbagai penyebab sakit gusi. Yuk beli Cooling5 Plus agar mulut segar dan mengatasi sakit gigi serta gusi.

18 komentar:

  1. Pernah gusi bengkak, rasanya nggak karuan. Mau makan susah ngunyah. Daripada sakit masuk angin, mending paksain aja makannya. Ternyata Cooling 5 bisa mengurangi pembengkakan pada gusi ya.. very nice sharing 👍👍

    BalasHapus
  2. Sakit gigi itu memang tidak enak, Mbak. karena mata ikut sakit, kepala pun ikut pusing. Makanya saya menghindari makanan asem, termasuk tidak minum air dingin setelah makan makanan pas. Misalnya habis makan bakso, minum es teh atau es jeruk.

    BalasHapus
  3. Sakit gigi dan gusi bengkak itu cepet banget nurunin berat badan saking nggak bisa makan karena cenat-cenut nggak keruan :'( Tapi ya siapa juga yang mau sakit gigi.

    Cooling 5 mesti masuk item yang harus ada di rumah nih.

    BalasHapus
  4. memang kalau gigi infeksi itu berbahaya ya kak, kalau saya biasanya langsung ke dokter gigi tapi biasanya sih nggak bisa dikasih tindakan langsung ya. mesti kudu nunggu dulu gitu

    BalasHapus
  5. Pernah sakit gusi dan sakit gigi duh, nyerinya ampuuun deh. Berobat malah jadi ke sakit lambung karena ga cocok sama obatnya huhu

    BalasHapus
  6. Konsumsi vitamin C yang cukup sesuai dosisnya bisa membantu agar gak gampang sakit gigi. Apalagi kalau makan manis udah harus banget deh lepasnya itu rajin sikat gigi

    BalasHapus
  7. Kalau sudah ngobrolin tentang sakit gigi, memang menyiksa banget dah rasanya. jadi lebih baik preventif ya dengan menjaga agar gigi tetap sehat dari pada harus guling-guling merasakan sakitnya yang aduhai

    BalasHapus
  8. Bisa di coba nih pakai cooling5 plus kalau gusi sakit. Tp semoga ga sampai sakit dan lebih baik untuk mencegahnya dgn cara rajin gosok gigi terutama.

    BalasHapus
  9. wah kok menarik yaa, cara pakenya juga praktis tinggal semprot, dan aman juga nih buat anak-anak

    BalasHapus
  10. Makainya mudah banget ya, tinggal disemprot aja bisa meredakan sakit gusi. Cocok juga untuk anak-anak dan bisa dibeli bebas tanpa resep dokter.

    BalasHapus
  11. Ternyata minum air putih bukan hanya membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh ya, tapi juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi kita. baru tahu tentang ini.

    BalasHapus
  12. wah baru tau neh tentang cooling 5, periksa gigi memang perlu rutin untuk menghindari infeksi. jadi ingat kakakku dulu giginya infeksi ampe bengkak pipinya

    BalasHapus
  13. kenapa artikel ini muncul ketika kebetulan saya lagi sakit gigi dan gusi bengkak!! hiks. harusnya sih di cabut karena sakit gigi ini akibar gigi geraham. tapi dempaknya ya si gusi ikut bengkak. obatnya apa? ya obat sakit gigi pada umumnya. ilang gak? ilang sebentar terus dateng lagi. hiks. mau nyobain Cooling5 Plus ah, tinggal semprot aja. praktis ya.

    BalasHapus
  14. Ah pas banget
    Mau coba produk ini ah
    Kalau soal gigi enggak mau tunda tunda

    BalasHapus
  15. Sebagai orang yang sangat concern pada pergigian, info ini sangat berguna mba, karena saya baru tau ada produk ini 😆 Jadi sepertinya perlu saya pelajari lebih lanjut untuk disimpan di kotak P3K jika memang dibutuhkan. Hihi, thanks for sharing mba Vina 🧡

    BalasHapus
  16. Anakku pernah infeksi gigi dan iya gusinya sampai bengkak dan hitam huhu.

    BalasHapus
  17. Saya kemarin baru aja sakit gigi karena gigi bungsu tumbuh sampai bengkak di gusi, seminggu lebih baru sembuh. Mau ke dokter takut😅

    BalasHapus
  18. semoga gigi dan gusi kita selalu sehat. duh g bisa bayangin kl sakit.. menderita sendiri huhuhu

    BalasHapus