Sabtu, 03 Juni 2023

TOLONG! ANAKKU KABUR DARI RUMAH

 

Judul emang sengaja dibikin gede semua biar kerasa paniknya saat anakku, Saladin, kabur. BTW ini kejadiannya sudah cukup lama (waktu dia masih TK dan sekarang sudah SD) tapi baru kali ini daku punya nyali untuk menuliskannya.

Suatu siang, aku bermain bersama Saladin tetapi fokusku tidak 100% ke dia. Mungkin dia cari perhatian lalu keluar rumah (dan kesalahan saat itu adalah tidak mengunci pintu). Seperti biasa dia usil dengan naik ke atas mobil milik kakeknya.

Pelarian Awal Saladin

Daku bujuk untuk masuk rumah lagi tetapi ia tidak mau. Neneknya datang dan ingin menggendongnya tetapi dia malah loncat dan berlari………………………


 

Paniklah aku, mana bisa mengejar bocil yang super aktif ini? Akhirnya aku balik ke rumah dan membawa dompet, jaga-jaga kalau Saladin hanya ingin jalan-jalan ke minimarket di sebrang perumahan.  Kakeknya Saladin memboncengku dan meminta untuk bersabar menghadapi anak yang memang menggemaskan sampai bikin bundanya nyaris jantungan.

Namun ketika sampai di sana, tidak ada. Di mana anakku? Ya Tuhan….

Si Paling Hobi Jalan-Jalan Sendiri

Sejak balita sepertinya Saladin emang suka jalan-jalan sendiri tetapi daku jarang memberi izin. Pertama, makin banyak kendaraan bermotor, bahkan di dalam perumahan. Kedua, ada berita penculikan anak. 


 

Ketiga, beberapa tahun lalu ada kejadian mengerikan saat ada anak kecil yang main pasir di depan rumah. Neneknya sedang di dalam lalu ada mobil yang lewat dan menabrak anak tersebut sampai me ning goy. Ternyata pengendaranya m a b u k.

Namun Saladin itu tipe anak yang makin dilarang makin berontak (kayak siapa hayo? Uhuk-uhuk). Beberapa kali ia pulang sendiri (dan untung gedung sekolah TK-nya dekat, hanya sekitar 700 meter dari rumah neneknya). Akan tetapi tetap saja aku deg-degan ketika dia pulang sendiri, bahkan kabur seperti ini.

Belum Ketemu Juga

Kembali ke cerita pelarian Saladin. Kami (aku dan kakeknya) melanjutkan pencarian dengan naik sepeda motor. Bahkan sampai menengok ke dalam got, takut dia sembunyi di sana.


 

Namun nihil.

Kesalahanku saat itu adalah keluar bawa uang tapi gak bawa HP. Ternyata di FB banyak yang mention, inbox, ngetag, ada yang WA juga. Mereka melihat Saladin! Di mana dia sebenarnya?

Akhirnya Dia di Sana

Kami pun pulang dan belum sempat masuk rumah, ada tetangga yang memberi tahu keberadaan Saladin. Katanya, saudara sepupunya (yang tinggal di perumahan sebelah) bingung karena ada anak kecil nyasar. Dia lihat lalu mengenali Saladin.


 

Ternyata! Saladin akhirnya ditemukan di rumah seseorang. Mbak cantik yang dulu pernah kudatangi rumahnya (bersama Saladin), sekitar setahun lalu. Kala itu daku ikut kursus baking dan membayar ke sang mbak (yang jadi penyelenggara kursus).

Daku bengong, kok bisa Saladin ingat pernah ke rumah itu? Eh Saladin ngeluyur ke sana karena menghirup aroma kue. Di sana memang produsen kue kering dan kue-kue lain.

Ealah! Lapar ceritanya. Setelah kami pulang, daku baru sempat lihat HP dan melihat banyak tean online yang mengenali wajah Saladin, ketika si mbak cantik bikin status mengenai penemuan anak kecil di rumahnya.


 

Di situlah daku bersyukur karena gak pernah nutupin wajah anak pakai stiker, saat diupload di medsos. Wkwkkwkw.

Tentang Saladin  

Oh ya, Saladin bukan autis bukan hiper aktif ya. Dulu sudah pernah konsultasi ke psikolog anak dan kata beliau tak masalah karena hanya over aktif. Perbedaannya, Saladin masih bisa diajak bicara dengan menatap mata dan ketika dia memanjat ada tujuannya (misalnya mengambil kue di atas lemari).

Tentang perbedaan lainnya silakan cari di buku ya.  


 

Kalau kata ayahnya wajar lah anak laki-laki aktif. Dan ternyata ketika beliau masih kecil juga persis kayak Saladin, hobi memanjat pohon. Like father like son.

Setelah kejadian ngabur itu, daku berusaha lebih mendekat ke Saladin. Mengajari dia untuk tidak impulsive. Keluar rumah harus pamitan. Kalau lapar bilang, jangan asal keluar rumah lalu cari toko.

Sekarang Saladin sudah berusia 10 tahun dan Alhamdulillah sudah bisa mengendalikan diri. Kalau keluar rumah pamitan. Jarang tantrum juga, kalau ngambek juga masih terkendali.

Resepnya apa?

Pelukan dan kasih sayang.

39 komentar:

  1. Semoga Saladin makin saleh, makin nurut, makin pinter, dan bisa berbahagia selalu.
    Duh ga kebayang klo aku di posisi ituuu

    BalasHapus
  2. mbak, aku jadi ingat drakor Kim Tag Gu King baker haha

    BalasHapus
  3. waktu kecil udah jago naik lemari buku ya mbak, aktif banget
    dan nggak nyangka sekarang udah umur 10 tahun, makin gede, makin pinter

    BalasHapus
  4. Yes, pelukan dan kasih sayang adalah terapi paling mujarab untuk kedekatan orang tua dan anak.

    BalasHapus
  5. Masha Allah. Kebayang gimana paniknya sampeyan waktu itu, Mbak. Saladin, anak pintar. Main boleh tapi minimal ndak buat panik bunda ya, sayang. Mau kemana-mana kudu pamitan dengan jelas ya, Boy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sejak saat itu dibiriefing lagi diaa.. Untuk selalu pamitan

      Hapus
  6. Jujur saya jadi ikut deg-degan baca tulisan ini. Jadi inget keponakanku yang juga pernah 'kabur' pas lagi nginep di hotel bareng orangtuanya, trus dia melipir naik lift, ya ampun. kebayang banget rasa khawatirnya. Sekarang Saladin sudah besar, semoga Saladin sehat selalu ya bun :)

    BalasHapus
  7. Ya Allah udh deg2an aja kalo anak kabur ya mbak alhamdhulilah bisa segera ketemu. Anakku juga termasuk aktif banget yg kecil jd ku bisa memahami oerasaan mamak2 yg anaknya ga bisa diem. Semangat ya mbak hehehe

    BalasHapus
  8. Cerita para orang tua menghadapi anak2nya memang luar biasa. Haha.. saladin ternyata pernah bikin mamaknya jantungan. Berarti saladin ini tipe petualang, krn rasa ingin tahunya gede banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa karena sejak dalam kandungan dipanggil si bolang

      Hapus
  9. Ampuuun, pasti panik banget lah saat itu ya Mbak, Alhamdulillah ketemu dan perginya juga ke tempat orang baik. Jadi orang tua emang harus punya ekstra sabar seluas samudera ya, MasyaAllah.

    BalasHapus
  10. Ya ampun mbak, kita punya pengalaman yang sama. Membaca ini dan mengingat pengalaman sendiri belasan tahun lalu, deg-degannya tetep sama. Hiks..
    Semoga nggak lagi-lagi dah ditinggal kabur anak. Aamiin ya Allah

    BalasHapus
  11. Ternyata tidak menutup wajah pakai stiker saat posting foto anak di medsos ada hikmahnya juga. Tapi kebayang pasti paniknya kayak apa. Apalagi dalam suasana yang diceritakan seperti penculikan anak dll, pasti sebagai orang tua khawatir.

    BalasHapus
  12. yaampun udah deg-degan sama ceritanya ternyata si adek lapar. aku juga sebenernya tipikal yang suka pergi sendiri tp nggak kabur dari rumah sampe bikin orang rumah panik juga 😅 ada-ada aja si adek

    BalasHapus
  13. Ya ampun Adiinnnn, kamu gemesin banget sii sampe bisa bikin bundamu jantungnya mau copot uyyy. Tapi emang itu tandanya anak kreatif ya kannn. Semoga kelak bisa nyasar sampe ke Sorbonne ya mass..

    BalasHapus
  14. Saladin.. Saladin... Karena menghirup aroma kue, jadi disangka kabur dari rumah. Tapi ini menandakan daya ingatan Saladin kuat, Mbak.
    Tapi zaman sekarang, dua barang penting dan wajib dibawa memang dompet dan hape, Mbak.

    BalasHapus
  15. Aduuuuh pasti bingung banget itu. Tapi sekarang Saladin gimana, Mbak? Tapi kalau udah gede pasti jadi cerita kenangan itu ya.

    BalasHapus
  16. Emang yang namanya pelukan, kasih sayang perhatian dan pengertian tu bisa banget bikin anak luluh ya mba. Meskipun tetap sekali-kali pasti ada ngereognya juga yak kalau saya. Hihi
    Soleh ya abang saladin. Kalo kata org dulu anak aktif tandanya pinter ya bang. Aamiin

    BalasHapus
  17. Lagi-lagi kuncinya adalah kasih sayang ya kak,
    karena kasih sayang dalam keluarga akan membuat harmonis suatu hubungan.
    Keren, makin dewasa ya Saladin. Sehat-sehat selalu ya dek

    BalasHapus
  18. MasyaAllah ikut deg-degan bacanya. Jadi ingat juga Bund, anakku juga pernah hampir ilang saat usianya 2 tahun gara2 akunya lagi teler karena sakit, aku titip ke bapaknya. Eh kebetulan lupa pintu belaknag gak aku kunci. Nggak ada yang sadar sampai aku dengar pintu rumah diketuk tetangga sambil gendong anakku. Aku bengong dong, lah ini bocah kenapa dibawa tetangga. Ternyata bapaknya ketiduran dan baru ngeh kalau anaknya kabur

    BalasHapus
  19. Ya Allah. Aku sampe kaget kalo ada anak kecil yg hilang. Untungnya, Saladin mampir ke rumah org yg pernah kita kenal dan baik. Itu yg bikin lega. Herannya, kok bs ya krn bau kue bs nyampe sono. Mgkn krn laper dan penasaran, dia kesitu. Tp yg pntg dia udh ktmu ya. Itulah gunanya CCTV tetangga. CCTV plg murah dan benar. Haha.

    BalasHapus
  20. Ya Allah, Saladin. Bikin jantungan aja. Anak laki-laki emang gitu apa ya, Mbak? Suka kabur-kaburan. Saya lagi merasakannya nih. Pintu kebuka dikit, anak udah keluar rumah aja.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah~
    Ikutan lega dan menjadikan banyak sekali pembelajaran bagi karakter anak yang unik. Bahwa anak-anak membutuhkan perhatian dan sentuhan cinta kedua orangtua.

    BalasHapus
  22. Ya ampun, Saladin. Aku tegang bacanya karena pernah mengalami juga anak semata wayangku ilang dari pandangan pas kecil. Luar biasa nih keinginannya untuk berpetualang. Anak istimewa sih, Kak, tinggal coba dibekali saja dengan pesan dan informasi penting yang wajib dia tahu, minimal hapal nomor telpon orang tua, nama kedua orang tua, atau alamat rumahnya. Selain itu, coba kasih wejangan saja mana yang boleh dan tidak.

    BalasHapus
  23. Bikin panik banget emang mbak kalau anak sampai pergi dari rumah tanpa pamit. Apalagi usia anak masih kecil banget. Untung gak kenapa-kenapa ya.. Ikutan tegang bacanya..

    BalasHapus
  24. Serius bikin panik sih baru baca judulnya aja, udah kayak SOS. Aduh, semoga Saladin nggka ngilang-ngilang lagi yah.

    BalasHapus
  25. Wah iya, aku baca artikel ini sambil deg deg an
    Semoga next Saladin nggak kabur kabur lagi ya

    BalasHapus
  26. Ya Allah bun membacanya ikut ketar ketir bikin spot jantung saben hari berarti lha tiba2 ngacir entah kemana.

    Alhamdulillah anak sholeh Saladin sekarang sudah menurut.

    BalasHapus
  27. ehh ternyata ada lagi yaa over active, ini baru denger. Apakah jadi karakter anak-anak jaman sekarang (atau jaman dulu juga?) kalau dilarang makin berontak buat ngelakuinnya malah. punya anak juga harus perhatian sama kondisi psikis sama karakter masing-masing anak ya

    BalasHapus