Minggu, 25 Juni 2023

Ketika Ibu Sedang Lelah

 

Capek…

 

Itu yang daku rasakan belakangan ini. Bentar, mau disclaimer dulu. Ini postingan curhat ya. Biasanya kan daku nulis parenting dan tentang anak, anak, dan anak. Namun kali ini ubah POV dari sisi ibunya.

 

Jadi ibu itu emang pekerjaan yang paling melelahkan, baik ibu rumah tangga, ibu pekerja, maupun ibu freelancer sepertiku. Sepertinya waktu berjalan dengan cepat, tau-tahu sudah jam 7 malam. Kudu siapin makan malam, habis itu cuci piring, buang sampah, bersihin dapur, ajarin anak belajar, bacakan dia buku cerita, bla bla bla.


                            Source: Pexels

 

Umpanya bisa tidur 7 jam sehari itu sudah bersyukur banget. Apalagi bagi ibu yang masih punya baby dan batita. Tidur pun susah lelap karena pas malam kudu kasih ASI. Enggak mengeluh kok, Cuma bilang emang jadi ibu, apalagi busui, emang capek.

 

Bagaimana Jika Ibu Kelelahan?

 

Rasa lelah itu sangar wajar dan manusiawi. Ibu bukanlah wonderwoman yang wajib untuk memenuhi berbagai tuntutan: mengurus keluarga, membantu suami cari nafkah, menjadi anak dan menantu yang baik, dll. Jika memang ada missnya, jika ada capeknya, ya wajar banget.

 

Jadi jangan kaget kalau di sosmed ada ibu yang bikin status sedang kelelahan. Jangan dibully, bisa jadi emang dia capek banget dan enggak punya teman di dunia nyata untuk berkeluh kesah. Justru ia harus dibantu, minimal didengarkan sehingga perasaannya membaik.

 

Apa sih Penyebab Kelelahan pada Ibu?

 

Rasa lelah pada ibu bisa bertumpuk-tumpuk karena banyak hal. Pertama karena overload kerjaan di kantor, masih ditambah lagi di rumah gak ada ART.



 

Kedua karena lelah secara psikis. Kalau kerjaan lagi ruwet, anak rewel, dan hal-hal lain yang bikin stress. Rasa lelah di pikiran bisa bikin lelah fisik juga lho. Gak heran kalau penyakit kurang piknik itu berbahaya banget.

 

Cara Mengatasi Kelelahan

 

Namun sebaiknya rasa lelah jangan dibiarkan berlarut-larut ya karena tidak baik. Terutama jika ibu masih punya bayi, balita, atau anak di bawah usia 12 tahun.

 


Seorang ibu yang lelah kusebut berbahaya karena pertama: kurang tidur atau lelah pikiran bisa menyebabkan kurang konsentrasi. Akibatnya masakan keasinan, lupa tidak mematikan kompor, mengantuk lalu kejatuhan HP di wajah, sering kepleset, dll.

 

Kedua, ibu yang lelah dan stress bisa tidak bahagia dan akhirnya berimbas pada anak-anak. Mereka diomeli melulu, diingat-ingat terus kesalahannya, dimarahi sampai dicubit. Aduuuh, kasihan!

 

Jadi, kelelahan itu efeknya enggak main-main ya dan harus segera diatasi. Untuk menangani lelah fisik ya jangan memaksakan diri. Kalau capek masak ya beli aja, atau pesan ke catering. Kalau capek mencuci ya bawa aja ke laundry. Lebih bagus kalau di rumah ada ART jadi semuanya bersih, rapi, dan wangi.

 


Kalau lelah pikiran gimana? Usahain deh jalan-jalan minimal sebulan sekali. Refreshingnya gak harus ke luar pulau atau luar negeri. Jika lagi bokek, jalan-jalan aja ke taman lalu bawa bekal untuk piknik.

 

Yang paling penting itu: komunikasikan ke suami kalau sedang lelah. Jadi ketika ngantuk banget, bisa gentian jaga bayi atau balita, atau untuk sementara dititipkan pada neneknya. Saat capek ya udah, gentian suami yang sapu teras, bakar sampah, atau sekalian setrika.

 

Peluk erat kepada para ibu yang sering merasa kelelahan. Ingat ya, jangan dipaksa untuk menjalankan semuanya dengan sempurna. Karena anak-anak hanya butuh ibu yang bahagia, bukan ibu yang menuntut diri sendiri untuk jadi sempurna tetapi menangis karena kelelahan fisik dan psikis.

6 komentar:

  1. bener banget. sampe sini deh rasa lelahnya xD
    ibu harus aware atas tubuh dan pikirannya, jika indikator rasa lelah suka mulai memunculkan sinyal, segera ambil tindakan. cek, apakah lelah fisik? lelah pikiran? lelah hati? *eh :D support system juga penting. kerjaan domestik numpuk, delegasikan, yang penting anak2 tidak terbengkalai. penuhi kebutuhan fisik dulu, misal rasa lapar. lalu bereskan sisanya. itu sih kalau aku yang mengatasi kelelahan dengan 3 bocil di rumah, hihi..

    BalasHapus
  2. Maklum kalau seorang Ibu mengalami kelelahan. Namanya juga manusia. Apalagi yang dikerjakannya banyak sekali dan non stop 24 jam seumur hidup. Itulah mengalami harus Ada istirahat yang maksimal dan juga bantuan dari suami. Harus berani speak up soal keletihan. Jangan ditahan tahan

    BalasHapus
  3. Bener, Banget! Vina aja yang belum jadi Ibu bahkan belum nikah aja lelah mengurusin rumah udah wakwaw banget.. Selain cape fisik cape fikiran juga, ya. Thats why mengapa buibu butuh banget buat me time. Semangat ya, Kak. Itulah mengapa peran ibu di rumah penting banget, dan kalau sakit, wah udah sih, kacau banget -_- Ga ada yang bener-bener bisa gantiin peran seorang ibu..

    BalasHapus
  4. Jadi ibu memang berat banget ya. Makanya me time buat para ibu tuh perlu banget.

    Selama ini kalau saya ketemu dengan teman2 atau saudara yg sudah jadi ibu, hal terbaik yg bs saya lakukan untuk mereka adalah mendengarkan cerita mereka sembari bermain dengan anak mereka. Setidaknya mereka bisa sedikit bersantai minum teh atau kopi sembari melepas penat..

    BalasHapus
  5. Peluuuuk para ibu yang lelah... Menjadi ibu di tengah suasana "indah" Aja berat apalagi ditambah jadi menteri keuangan, pasukan pembersihan, guru les calistung, matematika sekaligus chef...

    Kadang berpikir positif dengan fokus pada tumbuh kembang anak tak cukup. Perlu sejenak waktu setiap hari untuk recharge pikiran dengan segelas kopi di sudut ruang...

    Btw doodlenya masih menyisakan sedikit humor bun, which is good. Keep positive vibes yaaaa

    BalasHapus
  6. Punya pasangan yg bisa mengerti kalo istrinya capek dan butuh bantuan itu penting sih. Secapek apapun istri, kalo suaminya mau membantu sedikit aja, aku yakin kok lelah yg dia rasain ga akan berubah jadi marah atau stress. Tapi jadi merasa tertolong karena setidaknya ada suami yg mau mem-back up.

    Setidaknya wahai suami, kalo ga bisa bantuin istri, mbok ya sediain ART supaya istrinya ga stress ☺️

    BalasHapus