Minggu, 18 Juni 2023

Apakah Aku Terlalu Membebaskan Anakku?

 

Kalau ditanya Saladin apa pernah dilarang makan jajan atau lauk tertentu, maka aku bilang TIDAK. Syukurlah dia tidak alergi lactose atau alergi yang lainnya. Makanan ya masuk aja, bablas, kecuali kalau makanan pedas yang memang dia belum kuat mengkonsumsinya.

Begitu pula jika ada yang tanya bagaimana caraku mendidik Saladin yang saat ini berusia 10 tahun. Maka aku menjawab “biasa aja dan cenderung bebas’. 


 

Haa? Jangan kaget dulu. Maksudnya bukan membebaskan dia untuk bolos sekolah sembarangan atau jajan seenaknya.  Bebas versiku adalah dia boleh mengekspresikan emosi dan perasaannya sendiri. Dia tak harus kuomeli tiap hari, diberi perintah, disuruh les ini dan itu sampai kelelahan, dll.

Pengasuhan yang Cenderung Bebas

BTW daku mau cerita. Pola pengasuhan ke anak yang cenderung bebas kulakukan karena selama jadi anak(nya ortuku) cenderung wakrkalfjsjfwsfjwi. My mommy adalah ibu yang cenderung konservatif dan perfeksionis.

Daku ingat dulu dilarang ikut kegiatan ini dan itu. Yang paling nyesek tuh saat mau ikut camping malah ditanya ama siapa? Orang dewasanya siapa? Padahal kala itu aku sudah berusia 22 tahun! Menurut hukum di Indonesia sudah dewasa dong, tapi dianggap masih anak kecil oleh blio L


 

Dengan pola asuh yang seperti ini maka aku melakukan yang sebaliknya ke Saladin. tekadku kalau punya anak harus dekat secara batin. Kemudian dia kubebaskan mau mengambil jalan apa, selama masih taat aturan agama dan negara.

Contoh pengasuhan gaya bebas adalah ketika Saladin belajar pakai kaos sendiri. Seperti yang kalian lihat di foto ini, Saladin memakai kaos yang terbalik (karena memakainya sendiri). Daku bebaskan dia pakai kaos itu (selama masih di dalam area rumah) dan menghargai usahanya yang ingin mandiri.


 

Saladin juga boleh mencoret buku bacaan. Lah kan daku beli buat dia, mengapa harus dilarang untuk mencoretinya? Namun tetap harus ada pengertian. Kalau bukunya pinjam dari sekolah atau sewa dari library, tidak boleh dicoreti karena milik orang lain.

Bebas yang Terbatas

Saladin adalah anak tunggal dan pola pengasuhannya tentu beda dengan keluarga lain yang punya lebih banyak anak. Walau anak tunggal aku berusaha tidak terlalu memanjakannya dan mengabulkan semua permintaannya. Misalnya ketika dia minta beli puzzle maka harus menabung dulu sampai terkumpul, baru pesan dan menerima paket puzzle tersebut.


 

Dengan status anak tunggal bukan berarti dia bebas check out barang sembarangan di marketplace atau bebas beli makanan di aplikasi tiap hari. Dia perlu tahu dunia punya aturan-aturan tersendiri. Bebas di sini bukan berarti tidak disiplin ya. Tetap ada aturan-aturan di rumah

Dengan kebebasan yang kuberi maka Saladin bisa belajar untuk memilih, baju mana yang akan dipakai hari itu? Kebebasan dan kepercayaan ini penting lho. Anak akan belajar memutuskan sendiri dan tidak mudah disetir oleh orang lain atau plin-plan.

Kalau kalian gimana?

5 komentar:

  1. Kita sama nih didikannya dulu dengan ortu mba. Aku pun dididik keras Ama papa. Disiplin banget. Walopun aku tau itu Krn mereka peduli. Tapi terkadang papa ga mau tau keinginan anaknya apa.

    Dan dari 4 orang, aku yg paling pemberontak waktu itu. Ga tahan Krn dilarang Mulu. Aku kuat di bidang IPS, udah diterima masuk IPS, tapi papa malah DTG ke sekolah dan ntah gimana aku dipindahin ke IPA, yg jelas2 aku benci. Gantinya, aku sengaja ga mau belajar serius. Bukan bidang yg aku mau soalnya.

    Dan aku JD ga Deket Ama ortu. Sampe skr.

    Tapi kalo mba malah kepengen mendidik Saladin dengan cara sebaliknya, aku malah jadi ga pengen punya anak mba. Akhirnya jadi punya hanya Krn suami mau, dan aku lebih sayang dia soalnya.

    Jadi anak2 jujurnya banyak diasuh Ama babysitter mereka dan papinya. Aku mulai Deket Ama mereka skr ini, sejak babysitter ya resign.untungnya mereka udh gede, jadi ga susah untuk diajarin lagi 😄.

    Dan aku pun cendrung bebas juga. Kalo si Kaka ga suka matematik, aku ga terlalu paksa dia buat suka. Lah akunya juga benci 🤣. Dia sukanya ttg fotografi, video, jadi aku ga keberatan dia install dan beli beberapa aplikasi premium yg relate Ama video editing.

    Tapi aku saklek soal etika mba. Aku bakal marah besar kalo sampe tahu mereka ga sopan terhadap orang lain atau kasar ke hewan.

    BalasHapus
  2. Lucu ya, kalo sepenglihatanku rata-rata parenting itu macem kayak yoyo.
    Maksudnya gini, orang yang dulu waktu kecilnya punya orang tua yang strich, biasanya bakal lebih bebas ke anak-anaknya. Sementara yang dulu ortunya terlalu bebas, biasanya bakal lebih strich ke anaknya.

    Aku dan istriku begitu. Aku pengen anakku lebih bebas, soalnya ortuku tuh disiplin banget. Eh, istriku malah pengen lebih disiplin, soalnya dulu dia pas kecil tuh dibebasin banget. Wkwkwk

    BalasHapus
  3. Saya sepakat sih, orang tua perlu memberikan pengertian dan arahan, anak dibiarkan bebas memilih dengan aturan. Sesederhana si anak mau pakai baju apa, biarlah anak yang memilih. Tapi dari sisi orang tua, terkadang 'memaksakan' pilihannya juga bukan karena betul-betul ingin memaksa, karena memang ingin memberikan yang terbaik saja untuk anak-anaknya.

    BalasHapus
  4. Gaya mengasuh anak setiap orang punya versi sendiri ya. Ku belum punya pengalaman tentang ini. Di posisi sebagai anak, orang tuaku cenderung bebas dan disiplin jadi kayaknya bakal membebaskan juga asal ada batasannya ya. Hehe.

    BalasHapus
  5. aku pun cenderung begitu kayaknya mba sejak usia 5 tahun packing baju, milih baju sampe matchingin itu semua dia. aku bebasin aja. tapi belakangan aku kadang suka gatel kadang kalau ga sabar ya protes kalau pakeannya ga matching wkwk tapi terusan debat panjang banget ttg kebebasan, terus dia jadi sering nanya 'emangnya ga boleh? kan bagus2 aja. aku jadi sering ngalah karena boleh2 aja sbnrnya yaa, haha

    BalasHapus