Minggu, 11 Juni 2023

Gini nih Rasanya Mengasuh Anak Laki-Laki

 

Gimana sih rasanya punya anak laki-laki?

Suatu hari seseorang tanya begitu ke daku. Rasanya kaget, yaa karena beliau punya anak perempuan dan rupanya terkejut ketika melihat foto Saladin sedang memanjat lemari.

Saladin, anakku, sejak usia 3 tahun memang hobi naik lemari. Alhamdulillah di usia 9 tahun sudah berhenti sendiri, capek mungkin? 


 

Kembali ke pertanyaan, “gimana rasanya punya anak laki-laki?” Daku sih cengar-cengir aja waktu ditanya. Rasanya punya anak laki-laki tuh campur aduk. Antara senang, gemes, dan sebagainya.

Ketika Saladin lahir tahun 2012 lalu, rasanya senang banget. Akhirnya punya anak laki-laki!  Dulu selalu berdoa punya anak laki-laki yaa karena sudah biasa aja mengasuh 3 adik laki-laki (daku sulung). Pas ngajar pun kebanyakan muridnya laki-laki (dulu daku ngajar di playgroup).

Mengasuh Anak Laki-Laki Kok Gini?

Karena punya pengalaman ngasuh adik dan murid laki-laki, rasanya PD berat saat dikaruniai anak laki-laki. Bakalan gampang nih, tinggal distimulasi, diberi ASI dan kasih sayang, dll.


 

Namun ternyata beda banget ya ngasuh anak sendiri ama anak orang lain (walau itu adik sendiri). Momong anak laki-laki tuh woow. Bisa dibilang menguras perasaan, pikiran, tenaga, waktu, perhatian, dan terutama uang. Apalagi kalau anaknya macam Saladin.

Emang dia kenapa?

Saladin dulu pernah kubawa konsultasi ke psikolog anak. Katanya aman aja kok, tipe kinestatik dan super aktif.


 

Yaa namanya anak laki-laki lari-larian dan manjat kan wajar. Justru orang di sekitarnya yang khawatir dan takut. Kalau dia manjat pohon malah diteriakin, disurui turun, dll. Memang sih akhirnya turun tapi dengan cara lompat hahahaha.

Bundanya malah seloww, udah biasa lihat dia kayak gitu. Apalagi ayahnya. Justru ayahnya yang ngajari cara dia turun yang benar, biar gak asal lompat.

Tips Mengasuh Anak Laki-Laki

Berikut ini daku kasih tips beberapa cara mengasuh anak laki-laki biar gak shock dan lelah mental:

1. Memang Mereka Lebih Aktif

Anak laki-laki (rata-rata) memang lebih aktif daripada anak perempuan. Jadi kalau ada boy yang sukanya lari, manjat, jungkir balik, biarkan saja. Jangan sembarang self judge lalu bilang kalau dia itu hiperaktif, sebelum benar-benar ketemu ama psikolog anak atau psikiater.

2. Sediakan Banyak Makanan dan Camilan


 

Kalau punya anak laki-laki memang kudu rajin ke dapur buat sekadar bikin pancake, pudding, atau salad buah. Siapkan makanan dan camilan yang banyak karena memang porsi makannya lebih banyak. Kalau masih lapar mah susah tidur jadinya.

3. Hati-Hati Sugar Rush

Namun harus hati-hati saat memberi makan anak karena bisa kena sugar rush alias kelebihan gula dan bikin tingkahnya makin gak bisa diam. Jangan terlalu sering kasih camilan atau minuman manis. Usahakan anak-anak makan snack berupa buah segar.

4. Beri Rasa Tanggung Jawab


 

Anak laki-laki adalah calon pemimpin rumah tangga. Oleh karena itu, wajib diberi tanggung jawab, ya dimulai dari hal yang kecil dulu. Misalnya dilatih makan sendiri sejak balita, menyiapkan peralatan sekolah, mencuci piring sendiri, dll.

5. Jangan Main Tangan

Daku selalu pesan ke pembaca blog catatan bunda Saladin kalau JANGAN PERNAH MAIN TANGAN ALIAS MUKUL  / NYUBIT KE ANAK . Mereka hanya anak kecil dan sebagai orang tua kita harus sabar.

Gimana, sudah siap mengasuh anak laki-laki? Sabar yaa. Tapi nyenengin banget kok momong anak laki-laki itu. Siap-siap aja lihat kejutannya, hehhhehehe.

6 komentar:

  1. Anakku cewek semua hehehe. Tapi semua karakternya beda semua. PR buat ortunya

    BalasHapus
  2. MasyaAllah keren banget mbaj avi.. aku tiga anak cowok aja rasanyaaaaaa wkwkwkkw ga bisa diungkapkan dengan kata2..

    BalasHapus
  3. Saya malah ga tau rasanya punya anak cewek itu gimana? tapi katanya ada juga anak cewek yang super aktif hahaha.
    Kalau saya sejak punya 2 anak, makin susah sabar. Jadi nakanak selalu kena larangan.
    Meskipun demikian, selalu ada momen di mana maminya minta maaf dan jelasin maksud kegalakan mamaknya.
    Ngurus anak 2 sendirian itu, mamaknya ga gila aja udah Alhamdulillah, hahaha

    BalasHapus
  4. Meskipun sy masih single, tapi dulu sering ikut bantu ngasuh sepupu dan ponakan cowok, dan rata-rata hiperaktif semua, jadi bawaannya pengen ngomel2 dan ngejitak mulu kalau lagi rusuh.
    Tapi dari mereka saya juga belajar lebih sabar dan belajar untuk memposisikan diri tidak hanya sebagai orang dewasa tapi juga teman bermain mereka. Jadinya mereka sekarang lebih akrab sama saya, meski sudah lama tidak ketemu.

    BalasHapus
  5. Saudaraku 3 laki semua.
    Tapi karena aku paling bungsu, jadi gak tau kecilan mas-masku.
    Emm, kalau aku pribadi yang lebih seneng gaulnya sama emak-emak beranak laki, biasanya emaknya itu lebih cuek. Ini aku suka sih... jadi gak gampang ghibah. Hihi..

    Mungkin ini juga vibes punya anak laki ya..
    Gak perlu banyak kata, tapi lebih ke teladan sehari-hari.

    BalasHapus
  6. anak laki-lakiku malah susah banget makan dikasih camilan juga kadang cepat bosan. mana dia tahan banget lagi nggak makan seharian. huhu sampai bingung gimana lagi caranya biar dia mau makan

    BalasHapus