Minggu, 02 Juli 2023

Ide Kegiatan saat Liburan untuk Anak yang Murah Meriah

 Libur telah tiba, hore!

Siapa yang bacanya sambil nyanyi? Ketika anak-anak libur sekolah tentu senang dong, apalagi lumayan lama dan mereka baru masuk di pertengahan Juli nanti. Namun bingung ya, enaknya ngapain aja? Bunda (dan ayah) pun cari ide kegiatan saat liburan, agar anak-anak gak bosan di rumah.

Dampak buruk dari liburan yang cukup lama adalah BOSAN. Ada gak yang anaknya tiap hari molor, bangun siang, lalu malas-malasan di atas kasur, buka HP, main game, dan baru keluar kamar kalau diteriakin? Atau mereka pamitan keluar, ternyata untuk nongkrong berjam-jam di rental konsol game. Alasannya adalah bosan kalau di rumah aja.

anak bosan saat liburan di rumah


Sebagai orang tua emang kudu kreatif ya dan mencarikan kegiatan agar anak-anak gak mager lalu rebahan aja di kamarnya saat liburan. Ini nih daku kasih contoh beberapa aktivitas yang bisa dicoba, dan sangat-sangat low budget, wkwkkw.

 

1. Masak Bareng

Anak-anak daripada hanya nonton video atau ngelamun di kamar, lebih baik ajak untuk masuk dapur. Bisa bikin masakan atau kue-kue. Kalau memang dana terbatas bisa disesuaikan, misalnya bikin samosa isi kentang (bukan daging sapi), masak capcay sayuran, pancake, dll.

 

masak bareng anak

Masak bareng adalah salah satu ide kegiatan liburan untuk anak yang bisa dicoba dan jangan lupa kalau ini adalah basic skill. Jadi, anak laki-laki maupun perempuan wajib bisa masak, minimal menanak nasi, bikin mie instan, telur ceplok. Masak bareng, asyiik!

 

2. Decluttering Kamar

Anak-anak punya koleksi baju, boneka atau mobil-mobilan yang menggunung? Mumpung liburan, yuk mereka diajak beres-beres kamar sekaligus decluttering. Anak-anak bisa diajari untuk tidak menyimpan barang terlalu lama sampai kucel (misalnya mainan yang usianya sudah lebih dari 6 tahun).

 


Sambil decluttering bisa sambil memilah. Misalnya baju yang sudah sobek bisa dijadikan lap dapur. Mainan yang rusak dibuang saja. Setelah semuanya beres, baru kamar disapu, pel, dan jadinya nyaman.

 

3. Bikin Barang-Barang DIY

Bikin barang (craft) DIY alias do it yourself juga jadi salah satu ide kegiatan liburan untuk anak. Nah, habis decluttering kan ada barang-barang yang nanggung kalau dibuang, tapi kalau dikasihkan orang juga gak pantes. Lebih baik barangnya di-recycle agar berguna lagi.

 

Contoh barang-barang DIY yang bisa dibuat adalah sarung bantal dari kaos bekas, tirai kamar dari keeping DVD, dll. Cari di internet, pasti banyak idenya. Anak-anak juga senang karena menambah kreativitas mereka sambil mengisi waktu liburan di rumah.

 

4. Olahraga Bersama

Jurus anti mager saat liburan: ajak anak untuk olahraga bersama. Bisa lari pagi, jalan-jalan sore, atau berenang. Badan sehat, hati riang. Hemat kuota karena mereka gak megang gadget wkwkkw.

5. Belajar Berjualan

 Anak-anak bisa belajar cari uang saat liburan dengan cara berjualan. Misalnya nih dengan jualan kue, minuman, atau craft. Banyak tuh contohnya di YT dan bisa dipraktekkan lalu jualan deh. Dengan belajar jadi pebisnis sejak dini maka mereka juga belajar untuk menghargai uang, karena tahu kalau cari uang tuh butuh proses.


Nah, gimana, udah siap liburan bareng anak-anak? Walau di rumah saja, pastikan mereka tetap aktif dengan cara jualan, olahraga, atau masak bareng. No mager-mager club yaa.

5 komentar:

  1. Liburan THN ini aku memang udh planning lama ngajakin anak2 liburan ke Penang nanti. Walopun sbnrnya kuatir juga apa mereka bisa kuat mengingat Penang panaaaas 😂. Anak2ku lebih ga kuat Ama panas soalnya mba. Sering sakit kalo kelamaan kena panas.

    Tapi ide2 di atas nantinya bisa aku pake kalo sedang ga ada planning traveling Ama anak2. Kadang aku suka bingung enaknya mau ngapain lagi bareng mereka kalo sdg libur 😄. Apalagi nih krucils bisa dibilang lebih suka di rumah aja main Ama gadgetnya 😅

    BalasHapus
  2. kalo rumah kami udah jadi, saya pengen banget bisa masak-masak sama anak. membayangkannya aja udah seru. ahh, semoga rumah kami cepat jadi agar keinginan saya ini bisa segera terwujud

    BalasHapus
  3. Belum punya anak sih mbak, tapi paling senang kalau bisa ngajak keponakan terlibat dalam beberapa aktivitasnya seperti di atas, kadang selain ngajak maen, juga bebersih rumah gitu, trus kadang masak juga bikin seru loh karena mereka bisa Explore untuk membuat bentuk bentuk makanan yang sesuai mereka mau

    BalasHapus
  4. Liburan memang bikin gengges sii, kalo dirumah aja.
    Tapi anakku di rumah punya geng buat main. Jadi kalo liburan, kesempatan doi buat kumpul ama gengnya. Kadang main dirumahku, kadang main di rumah temennya, kadang di taman.

    Explore daerah perumahan sini aja sii.. ntar pulang-pulang, siap-siap dapet "oleh-oleh".
    "Sampah" yang mereka anggep sebagai hidden treasure.

    Fyuhh~

    BalasHapus
  5. Pilihan menghabiskan liburan di rumah itu seru semuanya. Terutama baking atau bikin baru lagi baju atau celana yang gak pernah dipakai. Karena untuk olahraga kami biasanya melakukan seminggu sekali jadi hal biasa, meski liburan juga tetep dilakukan sambil kulineran, hahahaa

    BalasHapus