Kamis, 15 Desember 2022

Asus Zenfone 9, HP yang Compact Size Big Possibilities, Wujudkan Cita-Cita Saladin Jadi Multi Language Content Creator

 You should change your handphone!

Komentar netizen bagai menghujam dada, saat daku membaca kolom komentar. Video yang diunggah ke channel Youtube-ku jarang mendapat komentar tetapi sekali ada netizen yang datang, perkataannya terngiang-ngiang. Well, sebenarnya bukan daku yang membuat video itu tetapi Saladin, anakku yang berusia 10 tahun.



Bagaimana bisa kerja kerasnya mendapat komentar seperti itu? Untungnya ia tipe anak yang cuek-bebek. Ekspresinya tetap sama setelah membaca komentar buruk, tersenyum tanpa ada raut kesedihan. Ia tetap asyik mempersiapkan video selanjutnya.

Saladin tetap membuat konten berisi huruf-huruf dari negara lain, seperti huruf cyrillic (yang digunakan di Rusia dan negara-negara Eropa Timur lainnya). Ia juga membuat video berisi mainan yang dibuat seolah-olah jadi hidup dan membuat cerita sendiri. BTW ia meminjam channelku karena masih di bawah umur dan belum punya email sendiri.

Saat melihat Saladin yang asyik syuting rasanya campur-campur. Daku senang karena ia terus berusaha mewujudkan cita-citanya menjadi multi language content creator. Ia memang suka belajar berbagai bahasa mulai dari English, bahasa Jepang, Rusia, dll. Selain bahasa, ia juga menghafalkan huruf-hurufnya. Setelah hafal ia membuat konten berisi jenis-jenis huruf tersebut agar lebih banyak orang yang mengetahuinya.



Namun daku juga sedih karena baru bisa meminjamkan HP dengan kualitas yang ala kadarnya, sehingga ‘dirujak’ netizen alias mendapat komentar negatif. Mereka tak puas dengan kualitas video karena memang warnanya kurang menarik dan kameranya agak buram.

Perjalanan Mencari HP Terbaik untuk Content Creator

Lalu HP apa yang cocok untuk content creator? Pertama yang dilihat tentu kualitas kameranya,  ketahanan baterainya, dan juga RAM-nya. Setelah mencari informasi di berbagai situs tekno akhirnya aku mendapatkan jawabannya: Asus Zenfone 9 yang baru saja rilis di tanggal 17 November  2022. Daku pun mencari-cari spesifikasi Zenfone 9 karena makin penasaran.



Mengapa harus Asus? Well, sebenarnya daku sudah pakai laptop Asus dan berpikir mengapa tidak sekalian memakai HP Asus? Lagipula Zenfone 9 sangat cocok untuk mendukung kinerja content creator seperti Saladin. Beratnya juga hanya 169 gram dan dimensinya 146,5x68,1x9,1 milimeter. Ukuran yang compact dan enggak terlalu berat jika dibawa oleh seorang anak SD seperti Saladin.

Kemudian, Zenfone 9 dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 8+ gen 1 yang membuat performanya makin cepat. Dengan Android 12 maka HP ini cocok dipakai buat youtuber maupun pekerja di bidang lain. Warnanya juga banyak pilihan, mulai dari midnight black, monlight white, sunset red, dan starry blue.



Fitur apa lagi di HP Zenfone 9 yang bikin penasaran? Mari kita kupas apa saja spesifikasi lengkapnya.

RAM dan Memori

Pernah enggak sih lagi asyik syuting eh memorinya habis! Dengan Asus Zenfone 9 enggak usah khawatir lagi karena HP ini punya pilihan RAM 6, 8, dan 16. Sedangkan pilihan memorinya ada 128 dan 256.



Aslii daku penasaran dengan spesifikasi Zenfone 9, terutama di bagian RAM dan memori. HP yang RAM 6 aja sudah bagus, bagaimana dengan yang RAM 16? Pasti lebih kece badai dan memuat berbagai video untuk nanti di-upload ke channel Youtube. Ada lebih banyak video edukasi mengenai huruf-huruf yang dibuat oleh Saladin.

Daya Baterai

Sekarang, kalau mau beli HP tuh yang dilihat daya baterainya. HP Asus Zenfone 9 punya daya baterai 4.300 mAh dan diklaim bisa tahan sampai 1,9 hari. Itu kalau kondisi nyala dan hanya buka-buka WA ya. Kalau buat nonton Youtube full bisa tahan sampai 8 jam.



Dengan daya baterai sebesar ini cocok banget buat youtuber seperti Saladin. Dia bisa syuting, ngedit video, bikin shorts, selama berjam-jam. Kan lucu kalau HP-nya masih dicas dan kabelnya malah kerekam. Namun dengan Zenfone 9 baterainya awet, enak makenya dan enggak dikit-dikit ngecas.

Fast Charging

Kalian masih mencari lebih detail mengenai spesifikasi Zenfone 9? Nih daku kasih bocorannya lagi. Charger Asus Zenfone 9 tipe C dan termasuk fast charging, karena hanya dalam 1 jam bisa langsung full daya baterainya. Dengan daya sebesar 30 watt maka bisa ngecas sebentar saja, syuting jadi lancar, subscriber channel Youtube moga-moga nambah juga ya.

Kamera

Kalau mau jadi content creator, kamera HP juga berpengaruh. Zenfone 9 punya 2 kamera belakang dengan resolusi 50 mega pixel lensa wide, dan satunya 12 mega pixel dengan lensa ultra wide. Kamera depannya punya resolusi sebesar 12 mega pixel. Dijamin ciamik videonya kalau syuting pakai HP Asus Zenfone 9 karena hasil rekamannya sangat detail.



Kameranya juga kece buat foto-foto karena Zenfone 9 memberikan berbagai mode. Mulai dari night, pro, panorama, slow motion, sampai time lapse. Jadi, HP ini enggak hanya cocok untuk syuting tetapi juga asyik dipakai belajar fotografi. Cocok juga buat selfie wkwkwk.

6-Axis Hybird Gimbal

Istimewanya lagi, Asus Zenfone 9 dilengkapi dengan 6-Axis hybird gimbal. Kalau lagi syuting dijamin stabil, enggak goyang dan enggak ngeblur. Jadinya lebih fokus dan hasil rekaman bisa langsung  diunggah tanpa editing dulu.  Tanpa tambahan gimbal videonya sudah stabil lalu siap-siap syuting nih, “Hi guys!”

Audio

Salah satu poin penting dalam spesifikasi Zenfone 9 adalah fitur ozo audio noise reduction. Dengan fitur ini maka suara-suara di sekeliling HP, yang sekiranya akan mengganggu, akan jauh berkurang. Enggak ada lagi ceritanya lagi mau take gambar eh ada tetangga karaokean lagu, “Hanya dia dia dia diaa”.  Rekaman jadi lancar, Saladin senang dong.

Zenfone 9 juga punya speaker stereo ganda, yang khusus dirancang oleh Dirac. HP-nya benar-benar multifungsi, bisa buat rekaman, bisa juga buat hiburan. Saat menonton video hasil rekaman, suaranya bisa menggelegar tanpa bantuan speaker eksternal.

Layar

Layar Zenfone 9 kece banget karena sudah super Amoled, dan gambar dan video dan ditampilkan sangat jernih. Ukurannya 5,9 inchi dan cocok dibawa ke mana-mana dan memudahkan bagi para youtuber untuk syuting outdoor.

Teman-teman enggak perlu takut karena Asus Zenfone 9 layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus. Dengan proteksi ini maka dijamin anti retak atau pecah, meski jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Cocok buat yang punya anak balita karena HP-nya akan aman mesti enggak sengaja kebanting.

Anti Air

Sekarang sudah musim hujan ya? Enggak usah takut karena Zenfone 9 anti air dengan sertifikasi IP 68. Kalau kehujanan tinggal dilap aja dengan tisu. Kalau kecemplung? Tinggal ambil saja dan aman, asal kedalaman maksimal 1,5 meter dan dalam waktu setengah jam saja.

Wah, jadi makin pengen beli Zenfone 9. Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store. Daku rencananya mau beli di ASUS Store, biar praktis.

 Menurutku, tak ada HP yang harganya terlalu mahal, asal sesuai dengan kualitasnya. Kalau dengan Zenfone 9 Saladin bisa berkarya di Youtube, tidak masalah dengan harganya. Nanti dengan gadget idaman, akan makin produktif dalam membuat video huruf-huruf dunia, dan semoga viewersnya juga bertambah.

Seperti kata pepatah Jawa: Jer Basuki Mawa Beya. Di mana setiap keinginan dan cita-cita pasti butuh biaya. Asus Zenfone 9, compact size, big possibilities.  


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari.

28 komentar:

  1. Jadi seorang content creator harus tahan kritik, meski kritikan tajam sekalipun. Anggap aja penyemangat agar lebih bagus lagi dalam membuat konten. BTW, ini sih keren banget, Asus Zenfone 9, fitur canggih dan lengkap. Desain oke punya. Cocoklah untuk para kreator muda, termasuk Saladin.

    BalasHapus
  2. Wow...Asus Zenfone 9 dengan performa canggih dan lengkap bikin mupeng ya kak ingin memilikinya. Pastinya gawai ini mampu mendukung semua pekerjaan yang multitasking, termasuk cita-cita menjadi konten kreator.

    BalasHapus
  3. Keren banget ya Zenfone 9 ini. Pasti bisa mendukung para content creator untuk semangat bikin video. Netizen juga pasti bakal suka liat karyanya

    BalasHapus
  4. kereen Mbak, Saladin anak yang cerdas dan minat belajarnya tinggi ya untuk bisa belajar berbagai bahasa. Tidak mudah putus asa pula meski dapat hujatan dari netizen karena kualitas videonya yang kurang, semoga dengan ASUS Zenfone 9 kelak, video-video yang dihasilkan Saladin jadi pembuktian bagi para netizen itu bahwa Saladin juga bisa kok, hanya butuh sabar dan usaha ;)
    moga nanti jadi Content Creator yang andal ya, Saladin :)

    BalasHapus
  5. Daku mupeng nih sama fitur gymbal nya.
    Jadinya tuh kalau bikin konten video kan bisa lebih stabil banget ya.
    Apalagi juga didukung sama spek lainnya yang makin membuat ponsel ini ciamik buat dimiliki

    BalasHapus
  6. Desain compaq Zenfone 9 ini idaman banget disaat semakin gede2 smartphone saat ini. Speknya juga kelas high end sih ini

    BalasHapus
  7. Ah, jadi pengin beli Zenfone 9, nih. Kebetulan lagi butuh HP baru. Spesifikasinya cocok banget nih buatku yang suka edit foto dan bikin video juga.

    BalasHapus
  8. Anak sekarang memang kalau ditanya apa cita-citanya, pasti nggak jauh dari dunia digital ya mbak
    Termasuk menjadi content creator
    Dan kalau jadi content creator pasti butuh gadget yang mumpuni, contohnya ya ASIS Zenfone 9 ini

    BalasHapus
  9. Ukurannya boleh kecil, tapi fungsi dan fiturnya buanyaaaakkk banget. Sampe kepikiran ini gimana masukin berbagai program dan fiturnya ke hp compact kek gitu hehehe

    BalasHapus
  10. Keren banget ya Asus Zenfone 9 ini, spesifikasinya juga kuece badai. Bagua buat ngonten nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak soalnya memori dan RAM-nya besar jadi muat banyak foto plus video konten.

      Hapus
  11. Kalau mau dapat notice yg baik, content creator memang kudu memfasilitasi diri ya. Minimal dg penggunaan gadget yg sesuai dan fitur2nya top. Makanya Zenfone 9 sekarang lg diburu padahal baru aja launching kan

    BalasHapus
  12. Duluuuu sekali ku pernah punya juga ini hp asus, cuma agak kecewa karena fiturnya waktu itu kurang. Pengen lagi sih meminang HP Asus, pengen juga ngerasain fitur2 yang udah lebih baik daripada dulu-dulu

    BalasHapus
  13. keren kak, semoga bisa terwujud jadi content creator multi language. memang henponnya bagus dan compact, cukup tangguh untuk berbagai situasi

    BalasHapus
  14. ganteng banget Zenfone 9 ini yaa, bisa multi tasking cas ces cas ces

    BalasHapus