Minggu, 04 Desember 2022

Serunya Mengasuh Anak Tunggal

 

Anaknya kok cuma satu? Nambah dong!

Wkwkkw daku udah beribu kali dapat komentar kayak gini. Punya anak tunggal masih dianggap aneh bagi masyarakat yang rata-rata punya anak 2 (atau lebih). Padahal tuh ya daku 4 bersaudara. Paksuami malah 6 bersaudara. Namun kami punya 1 anak dan rasanya biasa aja.

Baca: Punya anak 1 memangnya kenapa?

Oh ya daku kasih bocoran nih: punya anak satu ini udah jadi cita-cita jauh sebelum nikah dan sebelum kenal suami. Plus ternyata pas pemeriksaan pra-nikah ada masalah kesehatan jadi bisa dibilang kami punya 1 anak aja udah bersyukur banget.



Justru punya satu anak itu seru banget. Ini beberapa ceritanya:

1. Enggak Ada Sibling Rivalry

Persaingan antar saudara bisa mengerikan. Daku masih lega karena kompak dengan adik-adik (walau tinggal di kota yang berbeda). Namun ada sibling rivalry yang memusingkan (kalau pas masih kecil) misalnya rebutan channel TV, rebutan HP, dll. Kalau gitu bundanya jadi pusing karena semua anak minta keadilan.

Kalau anaknya Cuma 1, mau rebutan ama siapa? Ama bundanya (kadang-kadang) wkwkwk. Saladin enak nih enggak punya adik jadi enggak pernah rebutan HP. Eh dia juga enggak mau bundanya hamil lagi, BTW.

2. Bisa Fokus ke Anak

Ada yang pusing kalau anaknya 2,3,4,5 dst lalu si sulung minta diajarin matematika, adiknya minta ditemenin beli kue ke warung, lalu bungsu minta digendong? Ya bisa dipecahkan masalahnya kalau ada baby sitter atau suster. Tapi kalau enggak?



Justru dengan 1 anak bisa fokus mendampingi kegiatannya. Eh kalau anaknya banyak kan enak, sulung bisa jagain bungsu, dll. Iya kalau mau, kalau enggak gimana? Kasian. Jangan maksa anak, ah.

3. Lebih Hemat? Relatif sih....

Kalau anaknya Cuma 1 berarti bayar SPP Cuma 1, uang sakunya hemat, dll. Hmm sebenarnya relatif karena Saladin sekolah di SD swasta. Kemudian, makannya bisa 2-3 kali lipat anak lainnya (karena dia banyak gerak jadi gampang lapar). Enggak selalu hemat.

4. Lebih Kompak

Anaknya Cuma 1 ya kudu kompak jadi tim yang hebat. Bisa berdua bareng bundanya ke mana-mana. Atau bertiga dengan ayahnya juga dan jadi The Three Musketeers.



Eits, daku enggak bilang klean yang punya anak 2-3-4-5 dst enggak kompak, enggak hemat, dll ya. Semuanya relatif dan kondisional. Yang mau punya anak 2 aja ya sesuai dengan saran pemerintah. Yang punya anak 3 atau lebih ya silakan.

Yang tidak boleh adalah membully ibu dengan anak tunggal wkwkwk.

Namun kadang serba salah sih. Punya anak 1 dibilang kurang. Anak 2 cewek semua dianggap  kurang juga karena butuh anak cowok buat pemimpin. Anak 2 cowok semua dianggap kurang juga karena anak cewek lebih care (katanya siih daku kan gak punya anak cewek). Namun kalau anaknya 3-4-5 dibilang banyak anak?

Ya, nuruti omongan orang memang tidak ada habisnya. Lebih baik kita fokus ya mau punya anak berapa saja, yang penting mereka bahagia.

20 komentar:

  1. Beneeer mba. Ga usah dengerin kata orang. Ga bakal selesai, apapun pasti salah di mata mereka. Yg tahu hidup kita, ya cuma kita. Kalo buat kita anak 1 udah cukup, ya sudah. Orang lain mau nyuruh tambah lagi Krn dianggab kurang, bilang aja, 'situ mau bayarin biayanya?'

    Sebel memang Ama orang tipe kepo dan julid gitu. Emosi yg ada 😂. Aku termasuk yg ga pengen punya anak malah. Denger tangisan bayi aja aku ga suka. Tapi Krn cinta ke suami aja akhirnya ngalah, walo pake syarat, harus ada babysitter.

    Yg paling sebel, Ama komentar orang yg bilang hrs punya 2 anak, Krn takutnya kalo ada yg meninggal jadi ga ada 🤬. Pengen aku jejelin ceramah, umur itu ditangan tuhan. Mau punya anak 10 kalo tuhan mau ambil titipannya semua, mau bilang apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Kak wis cuekin aja fokus ama keluarga sendiri.

      Hapus
  2. Klo mau nuruti omongan orang mah nggak akan ada habisnya ya..hehe.. Dan aku setuju, jumlah anak 1,2 dst itu relatif masing2 punya plus minus sendiri2.. Jadi daripada menyesali lbh baik mensyukuri dan sebaik mungkin mengelola titipan Tuhan ini, berapapun jmlnya ya.. Thx 4 sharing mba..

    BalasHapus
  3. Hihi akupun anaknya 1 mbak. kenapa juga orang suka nanya, ngga nambah lagi? KB ya? dkk deh. Padahal kita sih ngga macam2 juga. Disyukuri aja ya Mbak. Semua sudah digariskan dan ditentukan-Nya

    BalasHapus
  4. Ngomongin jumlah ideal anak kayaknya hampir serupa sama ngomongin antara ibu bekerja dan tidak bekerja. ga ada habisnya hehe. yang pasti setiap pasangan berhak menentukan jumlah anak yang ingin mereka miliki. Daripada dengerin komentar orang yang ga tau apa2 soal kita lebih baik terapkan pribahasa anjing menggonggong kafilah tetap berlalu

    BalasHapus
  5. Ya itu mah pilihan masing-masing ya, dan kita juga yang menjalaninya. Mau 1 anak, 2 anak, berapapun jumlahnya, atau malah banyak juga yang menyampanyekan 'child free', ya sah-sah saja ya bun.

    And pengalaman sebagai anak 5 bersaudara, rebutan channel tv paling sering terjadi di masa kecil dulu. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iyaa karena jaman dulu hiburannya cuma TV ya blm ada HP android jadi rebutan channel TV

      Hapus
  6. Sepakat pake banyak.
    Nikmat dan syukur dengan apapun rezeki kita.
    Salam cium dan peluk buat Saladin. Mudah-mudahan bisa ngetrip sekeluarga ke Lombok, kita meet up dan juga main ke Rumah Literasi Tepi Dananunya Fatah ^^

    BalasHapus
  7. Benar, ada anak 1 atau berapa pun yang penting fokus sama mereka, baik mendidik, merawatnya dan bahagia mengasuhnya Mbak. Sebab ortu rumah pertama bagi mereka, buat ortu pasti anak2 selalu tetap jadi anak kecil baginya meski udah dewasa nanti pun, hehe

    BalasHapus
  8. Suka heran sama nyinyiran tetangga, kenapa pada hobi sekali mengomentari hidup orang lain ya? Semoga terus kompak mbak sama anak tunggalnya dan sehat-sehat.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah masih dikasih rejeki anak ya mbak. Orang-orang yang asal komen mah abaikan ajaaa. Kan mereka enggak ngerasain jadi kita yang ngurus anak satu aja kayak apa, hahaha. Kecuali yang nanya, "Kok gak nambah?" Juga bantu biayain, baru deh boleh pikir2 nambah anak. Btw, anak kan manusia, ada tanggung jawab berat dibaliknya. Enak bener yak yang komen suruh nambah

    BalasHapus
  10. Waktu anakku baru satu, banyak banget yang tanya kapan nambah anak. Beberapa tahun kemudian saya hamil anak kedua dan kemudian "kebobolan" hamil anak ketiga.

    Sampe sekarang masih ditanyain kapan nambah anak lagi karena ketiga anakku adalah laki-laki. Katanya hamil satu kali lagi, kali aja nanti dapat perempuan. Duh!

    BalasHapus