Rabu, 30 November 2022

Review Novel Proviso, Bikin Pengen Ngopi Terus

 

Siapa suka minum kopi?

Akuu, suka ngopi tapi sebatas minum kopi sachet wkwkk. Di novel Proviso by kak Suzie Rain, dijelasin tuh kalau sebenarnya ada minuman yang hanya berisi perisa kopi. Bukan terbuat dari kopi asli. Seperti ini kutipannya (semoga daku gak salah kutip ya).

“Kopi Itu digiling, bukan digunting!”

Kak Suzie Rain bikin novel Proviso yang bercerita tentang Ajeng, cewek yang masih kuliah dan punya passion besar terhadap kopi. Ayahnya pemilik perkebunan kopi di Jateng. Ia diberi tugas untuk mencari biji kopi terbaik.



Sambil puyeng dan menyelesaikan misi dari sang ayah, Ajeng ikut lomba barista. Padahal ia hanya pecinta kopi dan tahu cara bikin kopi dengan mesin, dengan belajar dari Youtube.

Akhirnya ia malah juara 1! Ajeng dan sahabatnya Dena bersorak gembira. Apalagi setelah itu ia mendapatkan pekerjaan di Kafe Omega, langsung dari ownernya, si Adit.

Di Omega, Ajeng enggak dilatih oleh Adit, tetapi oleh Gerry. Ia adalah sahabat kental Adit dan sama-sama jalanin bisnis ini berdua. Ajeng belajar cara jadi barista dan dalam sekejap menjadi favorit banyak pengunjung.

Termasuk Gerry yang diam-diam mencintainya.

Cinta Segi Empat yang Rumit

Sayangnya Adit diam-diam juga naksir Ajeng. Dia bingung karena sebenarnya naksir Gerry. Sementara Dena malah suka ama Adit. Jadi cinta segi empat yang rumit ya.

Ajeng berusaha jaga jarak kepada mereka, lalu malah dapat izin untuk datang ke acara di Bali (festival perkopian gitu deh). Di sana dia dan Gerry jadian, eh tapi ada bule yang juga naksir Ajeng, namanya Ian.

Dena tiba-tiba marah karena mengira Ajeng jadian dengan Adit, bukan Gerry. Adit dan Gerry bertengkar (rebutan Ajeng ceritanya). Di tengah kemelut, ia pulang kampung.

Di rumahnya, Ajeng merasa tenang. Lalu ia kecelakaan dan....Akankah ia selamat? Bagaimana nasib Gerry dan Dena? Baca yuuk.

Bikin Pengen Ngopi Terus

Ciyyus baca novel Proviso bikin pengen ngopi dan cobain kopi yang disebutin di buku ini. kopi asli yaa yang dibikinin ama barista di kafe. Eh daku pernah 2 kali sih nyicip kopi giling dan hasilnya ketika sudah selesai, enak bangeet.

Klean yang pecinta kopi pasti suka ama novel Proviso. Kalau belum suka ngopi, akan dapat pengetahuan tentang dunia perkopian.

Kesanku Setelah Baca Novel Proviso

Proviso ditulis dengan bahasa sehari-hari tetapi punya pesan menyentuh. Kisah cintanya juga enggak cheesy. Suzie Rain berhasil menuliskan novel ini dengan sangat apik. Ciyuus wajib banget dibaca! Udah daku mau ngopi dulu ya, wkwkw.

2 komentar:

  1. Menarik sih bukunya, apalagi aku memang suka kopi. Tapi ga harus yg giling mba, kopi sachet pun seneng 🤣. Soalnya ga secinta itu juga Ama kopi sih. Sekedar suka aja.

    Mba iparku yg barista.. dan dia jago ngeracik kopi enak. Kelebihan si mba, dia kalo niat belajar sesuatu, beneran serius sampe beli alat2nya yg mahal itu 😂. Tapi aku yg beruntung bisa nyicipin semua racikan dia 😄.

    Coba ah, ntr cari bukunya di ipusnas..semoga ada..😁

    BalasHapus