Senin, 09 Januari 2023

Bikin Brownies Praktis dengan Pondan Tepung Premix

 

Siapa suka makan brownies?

Daku sekeluarga suka banget ngemil terutama yang manis-manis. Etapi kalau beli ya boncos jugakk. Jadi seringnya sih bikin sendiri dan syukurlah sekarang ada tepung premix yang sangat memudahkan acara baking-baking di akhir minggu.

Syahdan di minggu pagi daku shopping (halah!) maksudnya nongki-nongki cantik sambil ngiderin minimarket. Ketemulah Pondan tepung premix brownies. Wah, beli langsung untuk dicoba di rumah.

Bikin Brownies Praktis dengan Pondan Tepung Premix

Setelah sampai di rumah langsung istirahat bentar dan baru siangnya persiapan bikin brownies. Sekalian nganyari oven listrik nih ceritanya. Oven yang dibelikan oleh kakak cantik ini sudah ngendon beberapa bulan di dapur tapi belum sempat dicoba.



Yuk kita lihat cara masaknya. Di bagian belakang kemasan ada instruction plus expired-nya (dijamin masih lama). Caranya gampil bingit, buat newbie pun mudah. Enggak usah nimbang gula pasir, ayak terigu, lelehin coklat blok, dll. Namun tinggal ikuti instruksinya saja.

Cara Membuat Brownies Pondan

Caranya gampil bin mudah. Pertama, siapkan perangkatnya seperti mangkuk besar (atau baskom plastik), balloon whisk  atau garpu biasa, loyang brownies, dan oven.

Panaskan oven, bisa oven tangkring (yang di atas kompor) atau oven listrik. Suhu kira-kira 200 derajat celcius, selama 10 menit. Lalu turunkan suhunya jadi 175 derajat celcius.



Tambahkan bahan lain: sebutir telur ayam dan margarin (untuk dilelehkan dan dicampur tepung plus untuk mengoles loyang). Tambahkan juga 5 sendok makan air matang.

Buka bungkus tepung Pondan premix brownies yang beratnya 230 gram. Campurkan dengan air. Di tempat lain, lelehkan 100 gram margarin dan setelah agak dingin campur dengan tepung premix. Sementara itu kocok telur dengan balloon whisk lalu campur dengan adonan coklat.

Kalau klean gak ada margarin bisa pakai minyak goreng biasa, 100 cc aja ya atau kira-kira setengah gelas. Adonannya agak kental jadi nuangnya kudu hati-hati. Di dalamnya sudah ada choco chip yang menambah kenikmatan.



Loyang dioles margarin baru diberi adonan dan siap dipanggang selama 30 menit. Kalau klean pengen brownies kukus juga bisa dikukus tapi pastikan apinya sedang dan air di kukusan setengah aja. Tutup panci wajib dialasi serbet (sampa 2-3 lapis) agar tidak menetes airnya ya, bikin permukaan brownies kurang cantik.

Rasanya Gimana?

Setelah matang woow enak bingit. Browniesnya manis, nyoklat, dengan sedikit aroma vanila. Namun bagi klean yang kurang suka manis ini termasuk manis bingit (semanis janjinya padamu). Ciyus, ini lebih manis daripada merek N. Apalagi harganya cuma 15.000 astagaa hari gini, murahnya!

Nah daku sempat salah manggang karena suhu terlalu rendah (hanya 150 derajat celcius) jadi durasi pemanggangan sampai hampir 50 menit. Akibatnya bagian atas retak-retak. Mana naruh adonan di mangkuk aluminium foil (karena belum punya loyang wkwwk). Dahlah yang penting enak.

Selama ini Pondan terkenal dengan premix eskrimnya tetapi yang brownies juga enak. Makin penasaran dengan varian lain. Ada sponge cake, blackforest, brownies ketan item, bahkan terang bulan juga ada premixnya (martabak manis). Mudahnya jadi ahli perkuean berkat Pondan.

 

4 komentar:

  1. Naaah biasanya Pondan ini memang maniiis sih, terlalu manis buatku. Pernah coba yg eskrimnya, kalo browniesnya blm mba. Soalnya LBH suka beli drpd yg instan 🤣. Aku prefer brownies yg ada pait2nya sih, drpd yg kemanisan.

    Tapi memang bagi yg suka manis sih, mungkin cocok kali yaaa. Apalagi gampang banget bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak kalo gitu bikin sendiri dan pilih coklat blok yg dark heheh bukan yg milk.

      Hapus
  2. Sekarang serba praktisya, ananda. Pondan hadir dengan berbagai varian. Terima kasih telah berbagi. Selamat sore.

    BalasHapus