Senin, 09 Januari 2023

Bikin Brownies Praktis dengan Pondan Tepung Premix

 

Siapa suka makan brownies?

Daku sekeluarga suka banget ngemil terutama yang manis-manis. Etapi kalau beli ya boncos jugakk. Jadi seringnya sih bikin sendiri dan syukurlah sekarang ada tepung premix yang sangat memudahkan acara baking-baking di akhir minggu.

Syahdan di minggu pagi daku shopping (halah!) maksudnya nongki-nongki cantik sambil ngiderin minimarket. Ketemulah Pondan tepung premix brownies. Wah, beli langsung untuk dicoba di rumah.

Bikin Brownies Praktis dengan Pondan Tepung Premix

Setelah sampai di rumah langsung istirahat bentar dan baru siangnya persiapan bikin brownies. Sekalian nganyari oven listrik nih ceritanya. Oven yang dibelikan oleh kakak cantik ini sudah ngendon beberapa bulan di dapur tapi belum sempat dicoba.



Yuk kita lihat cara masaknya. Di bagian belakang kemasan ada instruction plus expired-nya (dijamin masih lama). Caranya gampil bingit, buat newbie pun mudah. Enggak usah nimbang gula pasir, ayak terigu, lelehin coklat blok, dll. Namun tinggal ikuti instruksinya saja.

Cara Membuat Brownies Pondan

Caranya gampil bin mudah. Pertama, siapkan perangkatnya seperti mangkuk besar (atau baskom plastik), balloon whisk  atau garpu biasa, loyang brownies, dan oven.

Panaskan oven, bisa oven tangkring (yang di atas kompor) atau oven listrik. Suhu kira-kira 200 derajat celcius, selama 10 menit. Lalu turunkan suhunya jadi 175 derajat celcius.



Tambahkan bahan lain: sebutir telur ayam dan margarin (untuk dilelehkan dan dicampur tepung plus untuk mengoles loyang). Tambahkan juga 5 sendok makan air matang.

Buka bungkus tepung Pondan premix brownies yang beratnya 230 gram. Campurkan dengan air. Di tempat lain, lelehkan 100 gram margarin dan setelah agak dingin campur dengan tepung premix. Sementara itu kocok telur dengan balloon whisk lalu campur dengan adonan coklat.

Kalau klean gak ada margarin bisa pakai minyak goreng biasa, 100 cc aja ya atau kira-kira setengah gelas. Adonannya agak kental jadi nuangnya kudu hati-hati. Di dalamnya sudah ada choco chip yang menambah kenikmatan.



Loyang dioles margarin baru diberi adonan dan siap dipanggang selama 30 menit. Kalau klean pengen brownies kukus juga bisa dikukus tapi pastikan apinya sedang dan air di kukusan setengah aja. Tutup panci wajib dialasi serbet (sampa 2-3 lapis) agar tidak menetes airnya ya, bikin permukaan brownies kurang cantik.

Rasanya Gimana?

Setelah matang woow enak bingit. Browniesnya manis, nyoklat, dengan sedikit aroma vanila. Namun bagi klean yang kurang suka manis ini termasuk manis bingit (semanis janjinya padamu). Ciyus, ini lebih manis daripada merek N. Apalagi harganya cuma 15.000 astagaa hari gini, murahnya!

Nah daku sempat salah manggang karena suhu terlalu rendah (hanya 150 derajat celcius) jadi durasi pemanggangan sampai hampir 50 menit. Akibatnya bagian atas retak-retak. Mana naruh adonan di mangkuk aluminium foil (karena belum punya loyang wkwwk). Dahlah yang penting enak.

Selama ini Pondan terkenal dengan premix eskrimnya tetapi yang brownies juga enak. Makin penasaran dengan varian lain. Ada sponge cake, blackforest, brownies ketan item, bahkan terang bulan juga ada premixnya (martabak manis). Mudahnya jadi ahli perkuean berkat Pondan.

 

22 komentar:

  1. Naaah biasanya Pondan ini memang maniiis sih, terlalu manis buatku. Pernah coba yg eskrimnya, kalo browniesnya blm mba. Soalnya LBH suka beli drpd yg instan 🤣. Aku prefer brownies yg ada pait2nya sih, drpd yg kemanisan.

    Tapi memang bagi yg suka manis sih, mungkin cocok kali yaaa. Apalagi gampang banget bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak kalo gitu bikin sendiri dan pilih coklat blok yg dark heheh bukan yg milk.

      Hapus
  2. Sekarang serba praktisya, ananda. Pondan hadir dengan berbagai varian. Terima kasih telah berbagi. Selamat sore.

    BalasHapus
  3. Brownies tuh salah satu makanan kesukaan anak-anak, biasanya kami beli. Jadi pengen nyoba pake Pondan, kayanya ga ribet ya bikinnya, sekalian anak-anak belajar di dapur

    BalasHapus
  4. Hemmmm, apa itu merek N?? Jadi penasaran hahaha... Ternyata caranya nggak rumit ya, tinggal tuang dan ikutin instruksinya aja. Kayaknya saya bisa juga sih bikinnya, tapi kalo oven nangkring, gimana cara ngeliat suhunya?? Cocok banget untuk camilan sore hari sambil ditemani secangkir teh hangat tawar sambil nulis artikel deh, 😅

    BalasHapus
  5. Kayaknya mau beli Oven Tangkring aja buat bikin Brownies mekrok ini
    Soalnya oven listrik masih ga muat dayanya
    Kalau pasang njeglek semua haha

    BalasHapus
  6. Nah, di rumah juga sering bikin brownies pondan, Mbak. Dulunya sering peke yang kemasan kotak, yang bisa bikin kue cokelat juga. Dan itu bisa jadi 2 loyang. Nah, pas nemu ini di minimarket, ini pas, karena jadi 1 loyang. Pernah ada promo di minimarket harganya 11.500. langsung saya borong hehehe.

    BalasHapus
  7. Bulan puasa telah tiba, pasti banyak yg nyari resep kayak gini y mbak hehe

    BalasHapus
  8. I love brownies so much much much mbak 😍 pengen nyobain pakai tepung instan seperti itu belum kesampaian karena lambungnya masih rewel. Nanti deh coba recook ya

    BalasHapus
  9. sering lihat pndan brownies ini di minimarket tapi belum kepikiran untuk buat sendiri.. kapan2 mau deh kalau lagi selow dan ngajak anak bebikinan juga

    BalasHapus
  10. Widih harga pondannya 15rb-an yak.
    Leh uga nih buat dicoba.
    Soalnya daku suka brownies, tapi adakalanya malas buatnya, maunya yang praktis aja haha

    BalasHapus
  11. Wah ini bisa jadi solusi ujan2 gini dan nga punya stok kue di rumah sementara anak suka banget nyemil hahaaha

    BalasHapus
  12. Praktis banget nih, bikin brownies semudah ini, dulu suka bikin eskrim cup pakai produk pondan jd

    BalasHapus
  13. Belum pernah nyoba bikin brownies, dan kue-kue lainnya. Mungkin aku yang memang lemah akan dunia percamilan manis.

    Tapi kalau bahannya praktis gini dari Pondan,.mau nih kapan-kapan mencobanya.

    BalasHapus
  14. Ini harganya murah dan bikinnya juga mudah, siapapun mah bisa ya bikin brownies sendiri kalau gini. Anti ribet pokoknya.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah,
    Oven listrik jadi bermanfaat untuk leboh produktif baking sehingga menyajikan makanan nikmat dan sehat untuk keluarga.

    Aku diajarin Ibukku bikin brownies.
    Dan setelah berhasil di percobaan pertama, jadi nagih, bebikinan lagi dan lagi.. Kalau bikin sendiri dengan resep, bisa dimodif jadi brownies lumer yang lagi happening itu..

    BalasHapus
  16. pondan emang punya banyak varian bikin kue sekarang mba, aku biasa pake pondan kalo pengen bikin kue simple, hehe. iya dulu emang terkenalnya dengan bikin es krim ya dan itu enak banget.

    BalasHapus
  17. Aku pernah buat varian ini gara-gara ponakan minta dibuatin brownies. Hihii. Emang enak banget dan bikinnya mudah pol, hahaha. Yg varian eskrim juga enak banget dan mudah juga buatnya bagi para newbie 😁

    BalasHapus
  18. Pondan ini memang praktis ya. Bikin adonan brownies gak ribet lagi deh. Pengen nyoba karena katanya enak.

    BalasHapus
  19. Emang praktis banget bikin brownies pake Pondan ini tinggal sat set langsung jadi. Rasanya juga gak kalah nikmat dengan brownies yang dibuat sendiri.

    BalasHapus
  20. kayanyaaa gampang yaa bikinnya? kayanya loh ya, abis aku paling ga bisa nih masak kue-kuean, tapi penasaran pengen cobaain bikin brownies pondan, sekalian coba rice cooker digital yang bisa masak kue kali yaa

    BalasHapus