Rabu, 22 Maret 2023

Ide Aktivitas untuk Anak Saat Ramadhan, Mudah Banget!

 

“Mama!”

Hai moms, sadar gak sih kalau sedang bulan puasa, anak-anak jadi lebih sering manggil mamanya? Biasanya mereka bosan lalu merengek-rengek dan ending-nya, minta puasa beduk. Atau paling parah adalah mokel alias minta berbuka sebelum waktunya. Moms jadi mencari ide aktivitas anak saat ramadhan agar mereka tidak bosan di rumah saja sambil menunggu maghrib tiba.

Sebenarnya bikin aktivitas untuk anak tuh enggak butuh biaya besar. Yang paling penting adalah kreativitas. Nah, daripada pusing menghadapai rengekan bocah, yuk lakukan ide-ide ini bersama-sama. Oh ya ini untuk anak usia 5 tahun ke atas ya.

1. Belajar Membuat Tie Dye

Pernah dengar tie dye kan? Bahasa Indonesianya jumputan. Nah caranya gampang dan bahannya adalah kaos polos, kalau bisa warna putih. Kalau memang gak ada bisa pakai seprai atau sarung bantal yang warna putih atau warna lain (yang muda), biar gampang dicelup.


 

Bahan lainnya adalah karet gelang. Sebenarnya untuk tie dye yang asli pakai bahan-bahan kimia seperti garam diazol. Tapi karena untuk anak-anak, cukup pakai pewarna tekstil.

Caranya, kaos diikat-ikat dengan karet gelang (seperti mengikat rambut) lalu dicelupkan ke air yang sudah dicampur pewarna tekstil. Setelah itu jemur hingga kering dan lepaskan karetnya. Jangan sampai masih lembab tapi diangkat ya karena bisa berjamur.

Nah ini ceritaku waktu belajar bikin tie dye bersama Hamparan Rintik, baca di sini ya.

2. Mengumpulkan Barang yang Tak Dipakai di Dalam Rumah

Siapa yang sudah sumpek lihat tumpukan barang-barang di rumah? Nah biasanya kan anak-anak dapat libur awal ramadhan. Mumpung banyak bala bantuan, yuk pekerjakan ehh maksudnya mereka diajak untuk beberes barang yang sekiranya sudah tidak dipakai lagi di dalam rumah. Misalnya koran bekas, baju yang udah belel, dll.

Coba nih lihat di dapur, siapa yang suka ngumpulin plastic makanan (thinwall), sendok plastic, dll? Kalau emang udah numpuk dan gak dipakai dalam 6 bulan ini, Cuma menuh-menuhin aja! Segera kumpulin bareng anak-anak lalu masukkan ke kresek besar. Langsung bawa semua ke bank sampah atau ke pengepul sampah dan bisa ditimbang lalu dapat duit wkwkw. Kalau mamanya rajin decluttering nanti anak-anaknya pasti meniru.

3. Membuat Play Dough Sendiri

Salah satu ide aktivitas anak saat ramadhan adalah bikin play dough sendiri. Cukup dengan 250 gram tepung terigu, pewarna makanan (cair), 2-3 sendok makan minyak, dan air hangat secukupnya. Aduk semua bahan hingga kalis lalu jadi deh play dough-nya.

4. Mewarnai Kaligrafi Sederhana

Daripada anak-anak bosan saat ngabuburit, diajak mewarnai, yuk! Ada banyak printable kaligrafi yang bisa diunduh lalu dicetak. Dengan mewarnai maka sekalian mereka belajar memperlancar baca huruf hijaiyah.

Gimana, Bun? Yuk coba ide aktivitas anak saat ramadhan agar mereka gak bengong, nonton video, atau mabar melulu saat ngabuburit. Dengan bermain sambil belajar atau beres-beres barang di rumah, nunggu azan maghrib pun tidak terasa. Selamat mencoba ya!

33 komentar:

  1. Tie dye ini kalau g salah juga dikenal sebagai teknik shibori ya kalau orang Jepang jadi warna lainnya bisa unik gitu, dulu pernah belajar pas ada acara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul kak, shibori, tahun lalu sempat viral baju shibori.

      Hapus
  2. Semua kegiatannya seruuu, bisa nih jadi ide buat adik-adik sepupuku kalau lagi libur puasa main ke rumah, daripada main henpon mulu ya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, perlu dialihkan biar gak HP-an melulu.

      Hapus
  3. bisa bener dipraktekkan langsung untuk mengisi waktu anak menunggu berbuka puasa. beneran melatih kecerdasan dan kreatifitas. mari kita cobaaaaa dari pada ngantuk mulu

    BalasHapus
  4. Tx utak beberapa rekomendasi mba. Aku tertarik tie dye sih. Anak2 juga lebih suka yang begitu.

    Masih harus cari banyak kegiatan juga, supaya mereka bisa teralihkan lapernya. Tapi kalo si Kaka, malah seneng puasa. Soalnya dia tuh pada dasarnya ga suka makan 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  5. Patut dicoba nih ide-ide kreatifnya. Saya tertarik dengan mewarnai kaligrafi sederhana, mudah-mudahan anak-anak juga suka

    BalasHapus
  6. Nomor 2 tuh yang sering. Mumpung anak-anak libur sekolah kan, jadi bisa diminta decluttering harta benda mereka (yang berupa kertas-kertas, struk, potongan tiket, botol parfum lucu, bolpen lucu tapi udah nggak ada isinya, dll).

    BalasHapus
  7. Cara bikin play dough nya bisa dicoba nih. Anakku suka banget tapi kadang suka dicampur-campur warnanya, jadinya sekali pakai trus buang. Mending bikin sendiri yak biar bisa hemat dan tepung pun kalau dibuang ke tanah bisa jadi kompos

    BalasHapus
  8. Zaman saya dulu kecil, paling main ludo, ular tangga, halma, dan kwartet. Lalu lanjut tidur. Bangun, paling membaca hehehe.
    Tapi sekarang selama puasa bisa diisi aneka aktivitas keren dan seru ya, Mbak. Termasuk tie dye. Nah, saya pernah bareng krucil bikin. Pakai kelereng, jadi polanya bundar-bundar, Mbak.

    BalasHapus
  9. Si kecilku lagi ngambek skrg. Susah banget diajak bermain luar ruang. Senengnya main hp mulu. Skrg dia lg seneng gambar. Ya udh aku fasilitasi aja. Sesekali ya aku ajak masak2 sih. Yang paling dia suka ya bersih2 rumah, sambil pilah mainan yang udh ga dipake. Buat disumbangin aja katanya.

    BalasHapus
  10. Perlu di coba nih beberapa idenya. Kebetulan anakku ada yang minta dibeliin playdough, drpd beli mending bikin aja biar lebih hemat.

    BalasHapus
  11. Pengen banget aku buat Play Dough sendiri bareng anak gitu. Kayaknya seru ya.. tapi sukanya tepung terigu di rumah cepet abis buat dibikin mendoan. Hahahhaa..

    BalasHapus
  12. Bisa buat kegiatan pas nunggu buka puasa nih. Anak anak memang ahrus diselingi sama kegiatan biar mereka terbiasa. Nice tips mbak

    BalasHapus
  13. Aktivitas tersebut bakal bikin bahagia sih ya, karena anak-anak jadi gak bete nunggu waktu berbuka.
    Boleh juga idenya kak, buat coba praktekkan ke keponakan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kak mereka diajak main sambil belajar biar gak bosen

      Hapus
  14. wah seru banget bikin tye dye sendiri kak. tapi kayaknya itu agak ribet yaa haha kalau anak2ku pada main sendiri nih sukanyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya kalau bikin tie dye emang agak njelimet sih kak

      Hapus
  15. Iya, paling seru kalau Ramadan diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti ini ya mbak
    Aku biasanya beberes mainan saat puasa

    BalasHapus
  16. Bikin play dough nih yg seruuu. Jangankan anak2, aku pun demen 😆 anw, aku blm pernah bikin diy tie dye. Kayaknya menarik ya

    BalasHapus
  17. Anak saya yg kelas VII SMP ngerjain tugas bikin kaus tie dye Mba Avi, ketagihan dianya. Nah boleh nih diulangi lagi utk mengisi waktu di bulan Ramadan ini yaa. Selamat berpuasa, Bunda Saladin.

    BalasHapus
  18. Tie Dye ini lumayan bikin keringetan nih mba hihi.. tapi seru juga yaa, cobaa ahh kapan2 sama Isya

    BalasHapus
  19. Wah bisa saya coba niy kak di rumah bareng keponakan-keponakan tercinta, pasti seru banget niy main bareng sama mereka saat puasa dengan aktivitas bermanfaat ini

    BalasHapus
  20. wah bener nih, anak-anak memang harus disibukan kegiatan yang menarik gini ya di bulan puasa, tapi tetep effortless biar gak gampang capek hehe

    BalasHapus
  21. Seneng banget.. anak-anak tetap menjalankan ibadah shaum dan aktif melakukan hal-hal bermanfaat. Anakku seneng mainan lego. Jadi tinggal sediain base dan lego-nya, alhamdulillah.. anteng.
    Wkwkw... meski ada lah ya.. dikit-dikit rame-nya antar saudara.

    BalasHapus