Rabu, 26 April 2023

Mau Servis Sepeda Motor? Perhatikan 8 Hal Ini

 

Siapa yang tiap hari naik motor?

Mengendarai sepeda motor sendiri memang praktis ya. Namun motor jangan dipakai gitu aja karena kudu dirawat di bengkel. Walau belum ada kerusakan, minimal kudu rutin ganti oli, memeriksa kondisi ban dalam dan luar, dll.


 

Sudahkah teman-teman menserviskan sepeda motornya? Jangan sampai lalai dan lupa servis, tahu-tahu mesinnya bermasalah. Sebagai kendaraan utama, sepeda motor wajib diservis dan ada 8 hal yang wajib diperiksa, seperti ini:

1. Oli Mesin

Waktu baru pertama bisa naik motor, pelajaran pertama dalam perawatan yang kudapatkan adalah wajib ganti oli secara teratur. Jangan sampai telat ganti oli ya teman-teman karena bisa berpengaruh negatif ke sepeda motor. Saat sepeda motor sudah mencapai jarak tempuh total 2.500 KM wajib ganti oli, biasanya tiap 2-3 bulan sekali. Catat tanggal servis berikutnya agar ingat terus.


 


 

Mengapa sih wajib ganti oli saat servis? Oli harus diganti secara teratur karena fungsinya untuk melindungi, melumas, dan mendinginkan mesin. Biayanya juga cukup terjangkau, karena tinggal beli oli baru (harga tergantung merek) dan bayar jasa mekanik.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Busi

Busi juga wajib diperiksa saat servis sepeda motor karena jika busi rusak, mesin tak bisa menyala. Fungsi busi adalah mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin motor bisa dijalankan. Jangan sampai terlewat ya, wajib cek busi agar ketika sudah tidak berfungsi bisa segera diganti.


 

3. Oli Gardan

Teman-teman ada yang pakai motor matic? Saat servis rutin ganti juga oli gardan, karena ia berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

4. Kampas Rem

Saat servis motor maka kampas rem juga wajib diperiksa demi keamanan berkendara. Ketika kampas rem sudah makin menipis maka ngeremnya susah dan bahaya banget. Oleh karena itu kondisi kampas rem perlu dicek secara berkala agar teman-teman bisa berkendara dengan aman.

5. Filter Udara

Filter udara harus dicek dan biasanya mekanik memeriksa, apakah hanya perlu dibersihkan atau diganti yang baru. Fungsi dari filter udara adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

6. Ban

Siapa nih yang rutin ganti ban sepeda motor? Jangan sampai ban sudah nyaris gundul dan tidak diganti, karena sangat berbahaya. Pemeriksaan ban juga penting lho dan gak boleh dilewatkan saat servis rutin.

Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor dan wajib dilihat baik-baik. Namun pada saat servis enggak serta-merta langsung diganti ya, karena sang mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dll.

7. Aki

Kalau motor error coba dilihat akinya. Aki  motor yang sudah rusak harus segera diganti agar teman-teman tetap bisa menggunakan motor dengan lancar.

Tegangan pada aki sepeda motor idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.

8. Tune Up Motor dengan Teratur

Terakhir, saat servis juga wajib tune up motor. Tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya dilakukan pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Kadang ketika tune up juga perlu ganti oli garden, ganti oli mesin, atau ganti onderdil motor. Namun enggak usah khawatir karena biasanya sang mekanik bakal kasih tahu sebelum ganti sparepart atau oli.

Bengkel Motor Servis Terbaik, ya Planet Ban

Teman-teman masih bingung cari bengkel untuk ganti oli atau servis rutin? Tak usah khawatir karena ada bengkel terbaik yakni Planet Ban.


 

Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

 

Manfaat Servis Kendaraan Bermotor di Planet Ban

Ternyata Planet Ban punya banyak keunggulan lho, di antaranya:

·         Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

·         Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

·         Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

·         Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Teman-teman pernah servis di bengkel lain? Jika servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Akan tetapi jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Mantap!


 

Ya, servis motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini, dan murah banget. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sekarang kamu sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu ke bengkel untuk servis motor? Kalau perlu servis motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

38 komentar:

  1. Penting banget emang servis motor apalagi matic ya..soalnya kalo ga servis gak seimbang mesinnya malah bahaya..

    BalasHapus
  2. wah penting banget ini, melakukan servis berkala untuk kesehatan motornya

    BalasHapus
  3. Planet Ban di deket rumah ada beberapa, jadi banyak pilihan

    BalasHapus
  4. mb.. aku lupa 5 bulan belum service.. duh aman g ya?

    BalasHapus
  5. Setuju kalau punya sepeda motor jangan dipakai saja tanpa diservis. Wajib servis apalagi servis di bengkel Planet Ban lebih terpercaya ya.

    BalasHapus
  6. Yes tul! Sepedaku rutin servis mbak. Maklum sepeda e dipake tiap hari je. Biasanya sih suami yg ngurusin. Aku tinggal pake doang. Haha

    BalasHapus
  7. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  8. Seneng banget rasanya service motor di Planet Ban. Service motor pulang-pulang jadi kayak bawa motor baru yaaa.. Harganya terjangkau pula. Mantap banget lah

    BalasHapus
  9. superrrr bahagiaaa karena planet ban ada dekat rungkuttt yeayyy

    kyknya aku tar service k sini ajaaahh

    BalasHapus
  10. Planet Ban memang OK, pelayanannya ga kalah sama bengkel resmi motor apalagi harganya lebih terjangkau.

    BalasHapus
  11. Penting nih servis mesin rasa baru. Apalagi buat yang sering lupa servis seperti saya. #eh
    Hahaha.

    BalasHapus
  12. Hu.. Hu.. Saya yang udah lama nggak pernah servis motor, palingan cuma ganti oli aja. Karena emang sepeda jarang dipakai semenjak nggak kerja. Tapi dulu aps masih kerja sering banget ganti oli, hampir tiap bulan. Penting banget sih servis motor itu apalagi kalau sepedanya dipakai tiap hari

    BalasHapus
  13. Beneran gak bikin kantong kering nih kalau servis di Planet Ban, udah gitu hasilnya sangat memuaskan. Memang ya, servis motor kudu rutin kalau pengen mesinnya awet

    BalasHapus
  14. Motor kalau rutin di servis malah mesinnya lebih awet walau sering dipakai ya

    BalasHapus
  15. Murah banget ya, pantesan Planet Ban di daerahku nampak rame terus..

    BalasHapus
  16. Iya servis motor berkala bikin mesin motor lebih awet.

    BalasHapus
  17. Makasih informasinya, Kak. Aku jadi tahu menjaga "kesehatan" motor itu penting banget. Apalagi, pada bagian yang telah disebutkan.

    BalasHapus
  18. Servis motor jadi semakin mudah ya, tinggal bawa ke Planet ban dan biarkan ahlinya yang melakukan. Servis berkala dan motor sehat saat digunakan berkendara.

    BalasHapus
  19. Pengalaman ganti oli di planet ban lumayan puas dengan harga yang reasonable dan pelayanan yang cepat dan profesional dari para karyawannya, bayarnya juga bisa langsung atau cashless, lebih variatif

    BalasHapus
  20. Punya kendaraan memang jangan sampai tahunya hanya dimanfaatkan untuk mobilitas doang, tapi paham juga kalau si kendaraan yang berjasa bawa kita kemana-mana itu butuh perawatan rutin. Ternyata rajin tune up itu penting ya. Selama ini masih agak abai kalau belum merasa perlu. Ternyata kurang tepat ya kalau begitu.

    BalasHapus
  21. Service motor di Planet Ban nyaman banget pelayanannya. Meskipun cowok mereka itu melayani dengan ramah, menanyakan, kemudian menginfokan kalau ganti oli mesin dan gardan sekian. Dikonfirmasi. Jadi good service lah

    BalasHapus
  22. Berbicara service motor, aku jadi ingat, motorku juga mulai ngadat. Hmm, aku belum pernah service di Planet Ban, nih. Kayaknya perlu dicoba, banyak yang bilang bagus, bahkan banyak diskonnya.

    BalasHapus
  23. Planet ban sudah langganan dari dulu, selain ganti ban, saya juga pernah service atau ganti oli, pelayanannya ramah dan bersih.

    BalasHapus
  24. baru kemarin aku service motor. rem kiri ku kayak blong gtu aku pikir kampasnya habis. ternyata tempat minyak remnya bocor. dan lumayan juga ya harganya 130k

    BalasHapus
  25. biasanya kalau service sudah langsung saya serahkan sama tukang servicenya sih kak hahah soalnya saya kurang tau mana2 aja bagian mesin motor

    BalasHapus
  26. aku taunya ban kempes aja yang harus segra diservis, soalnya urusan servis motor suami yang antar ke tempat servis

    BalasHapus
  27. ternyata banyak juga yaa yang harus dicek2 klo servis motor, maklum ai mbonceng aja sama Paksu hahahha

    BalasHapus
  28. Ban, rem, oli dan aki itu sih udah pasti yang jadi prioritas kalau mengecek kendaraan bermotor. Apalagi kalau ngeceknya di planet ban, pasti lebih detail ya

    BalasHapus
  29. Hal dasar yg di cek ketika service berapa kilometer, nahh kalau urusan kos saya serhakan ke tmn2nya toh dia sdh besar

    BalasHapus
  30. Jadi banyak tahu soal service apa saja ya g harus dicek saat service motor, dulu saya punya tapi yang service orang lain jadi ga tahu apa saja yang harus dicek

    BalasHapus
  31. Service dan ganti oli ini tuh wajib rutin. Dulu pernah telat ganti oli dan akhirnya motor aku rusak, huhuhu

    BalasHapus
  32. Kalau mau motor tetap awet dan lancar dikendarai, emang harus rajin servis rutin dan ganti oli ya mbak

    BalasHapus
  33. Sebagai pengguna motor aku melakukan semuanya kak, menjaga agar kondisi mesin tetap prima dan kendaraan nyaman dibawa kemana mana. kita ajadi aman dan selamat

    BalasHapus
  34. pernah sih aku service motor di planet ban, baru sekali itu aja dan puas. sekarang urusan service motor suami yang urus, hahaha. auto keinget reminder him buat service motor disini aja

    BalasHapus
  35. ya allah aku taunya cuma servis oli aja udah :')

    BalasHapus
  36. Langsung forward ke suami supaya makin menjaga motor peninggalan bapak mertua satu satunya

    BalasHapus