Minggu, 21 Mei 2023

Tips Mengasuh Anak Introvert Dariku yang Ekstrovert

 

“Tadi sekolahnya gimana?” Eh ni bocah malah ngeluyur ke kamar. Setelah ganti baju dia cuek aja di dalam. Dia baru mau keluar saat mau makan siang. Daku sebagai bundanya pun bingung karena saat itu belum tahu trik dan tips mengasuh anak introvert.

Yak, anakku Saladin yang sekarang berusia 10 tahun ternyata anak introvert saudara-saudaraaa! Sebenarnya sudah kelihatan sejak dia balita karena cenderung diam saja (sedikit omongannya). Saladin juga jarang main bareng teman-temannya (bergerombol). Kalau main pun hanya dengan sedikit teman yang itungannya deket.


 

Gak heran lah kalau ni bocah introvert karena niru ayahnya. Jadi diriku yang ekstrovert berusaha memahami para introvert yang ada di rumah ini. Awalnya bingung tapi yaa sudahlah. Memang adil kalau Saladin wajahnya mirip sang bunda sedangkan sifatnya niru sang ayah.

Nah, ini beberapa tips mengasuh anak introvert berdasarkan pengalamanku yaa:

1. Biarkan Dia Berdiam Diri Setelah Beraktivitas di Luar Rumah

Salah satu ciri orang introvert adalah ketika habis ketemu dengan banyak orang atau setelah beraktivitas di luar, butuh waktu untuk mengisi ‘baterai’. Jadi kalau anak introvert masuk rumah lalu diam saja di kamar sambil rebahan, biarkan saja. Itu caranya buat isi energy.

2. Jangan Paksa untuk Bercerita

Biasanya nih mama-mama pada pengen tahu, anaknya di sekolah ngapain aja? Namun khusus untuk anak introvert jangan diberondong dengan pertanyaan. Dia malah malas cerita kalau ditanya melulu, apalagi dipaksa.



 

Santai aja kalau memang anak belum mau jawab pertanyaan, mungkin emang belum keluar mood bagusnya. Semakin ditanya biasanya makin mingkem (diam) kalau emang dia BT.

3. Ngobrol Dari Hati ke Hati

Gimana bisa ngobrol dengan anak introvert kalau dia diaaam aja? Nih daku kasih tahu salah satu tips mengasuh anak introvert: ngobrolnya bisa dari hati ke hati. Mood-nya dibagusin dulu.


 

Misalnya anak tuh dikasih makan atau cemilan dulu. Kalau sudah kenyang baru diajak ngobrol. Atau, coba bacain buku, puk-puk punggungnya, berpelukan saat malam. Ketika merasa nyaman maka anak introvert akan bercerita dengan sendirinya.

4. Ajak Beraktivitas di Luar dan Kenal dengan Banyak Orang

Meski introvert kudu didorong agar tidak jadi anak yang pemalu. Saladin gak terlalu pemalu sih tapi tetap aja selalu kuajak untuk beraktivitas di luar. Misalnya saat ada arisan, PKK, atau acara apapun dia hampir selalu diajak. Kecuali kalo bundanya liputan yang gak boleh bawa anak.


 

Kemudian, anak introvert juga bisa didorong untuk keluar rumah biar gak mager di kamar aja. Misalnya dengan les renang, martial art, atau minimal main di taman, playground, dan lari-lari di lapangan. Dengan aktivitas-aktivitas ini maka mereka akan tambah percaya diri.

5. Dorong untuk Selalu Bilang Kalau Terluka/Sakit

Pernah gak sih kesel karena tiba-tiba anak punya bekas luka atau kakinya berdarah tapi dia gak bilang-bilang? Apalagi kalau anaknya introvert, hmmmm rasanya pengen njarnahflshjfijf8riawiosfh.

Anak introvert wajib didorong untuk selalu bilang kalau dia sakit. Jangan dibiarkan diam dan diaam terus. Namun tahu-tahu sakitnya parah, sedih deh. Semua demi kebaikannya.

Nah, gimana, sudah tahu trik dan tips mengasuh anak introvert? Memang kudu sabar dan telaten agar dia tidak diam seribu bahasa (sampai bikin gemes yaaa). Yuk semangat! Gimana, anak di rumah tipe introvert atau justru ekstrovert?

22 komentar:

  1. Sebagai introvert , aku ngerti sih cara2 di atas memang cocok buat handle anak introvert 😁. Rasanya kalo udah capeeek ketemu orang, aku langsung butuh diem di kamar mba. Tutup pintu, idupin AC, ga mau diganggu. Sampe mood ku balik lagi.

    Cuma aku blm yakin nih anak2ku introvert atau ekstrovert, atau ditengah2 🤣.berubah2 gitu mereka, jadi aku sendiri ga yakin. Sbnrnya sih aku pengen mereka kayak papinya yg ekstrovert 😄. Biar ga banyak drama di rumah ini hahahaha. Kasian si papi kalo ngadepin 3 introvert 🤣

    BalasHapus
  2. Ini kayak aku dulu yang cenderung ekstrovert, tapi sekarang lebih ke introvert sih, sama suami yang dominan introvertnya
    Awalnya bingung kok suka ambil jeda dan menarik diri setelah dari tempat ramai
    Oh ternyata dia sedang merecharge baterai hehee

    BalasHapus
  3. Ih ini sikonnya kebalikan dari aku nih, aku introvert justru kaget punya anak ekstrovert. Saat sama-sama dari luar rumah, akunya pengen isi energi dulu, eh udah diberondong pertanyaam sama bocil 😆😆😆
    Ya emang harus gitu kali ya, kayak hubungan AC-DC

    BalasHapus
  4. Sebagai anak yang penyendiri, aku sangat mengerti sekali. Ahaha ... pokoknya kalau sudah lelah bersosialisasi, biasanya bakalan nge-charge energi dengan menikmati waktu sendiri aja sesederhana cuma rebahan sambil baca atau coret coret apalah gitu di kamar. Bahkan nih, kalau minggu lalu sudah keluar rumah, walaupun diajakin jalan ke sana ke mari di minggu selanjutnya, biasanya aku menolak soalnya merasa pengen sendiri aja udah.

    BalasHapus
  5. Akutu ngerasa introvert, tapi pas di tes MBTI ternyata aku ekstrovert.
    Wkkwkw.. kek gak ngerasa.
    Dulu sebelum nikah mah seneng banget ketemu orang. Sekarang kalo gak penting-penting amat, uda nyaman di rumah keongku ajaa..

    Dan ternyata mengasuh anak dengan kepribadian jauh berbeda itu membutuhkan ilmu baru, pemahaman baru dan hati yang seluas samudra ya... Agar tidak mudah judgement.

    Nuhun, kak Avi uda berbagi pengalaman.

    BalasHapus
  6. Bener banget. Kamar atau apapun tempat yg bisa buat benar-benar menyendiri adalah tempat terbaik seorang introvert

    Tenang deh, kalo batre sdh banyak lagi, bakal keluar sendiri koq. Dan siap lagi buat haha hihi rameeee..

    BalasHapus
  7. Tooossss Bun! si bontot nih introvert - entah dari mana keturunan wkwkwkkw soalnya bapak ibunya bawel dan hobi menyapa orang
    dan dia waktu kecil tuh juga outgoing gitu

    semoga aja karena puber dan dia sedang mencoba memahami dirinya dulu yaa

    BalasHapus
  8. aku introvert dan adekku yg paling kecil juga introvert. karena sesama introvert jadi ngerti sih pendekatannya kudu gimana hehe. emang harus pelan-pelan banget sampe dia ada di frekuensi yg pas buat cerita.

    BalasHapus
  9. bisa mix ngga sih mbak? introvert sama ekstrovert? soalnya ada masanya aku beneran butuh waktu sendiri dan ngga pengen diganggu, ini bisa sampe beberapa hari lho. Setelah aku puas, bakal kembali ceria dan bersosialisasi lagi

    BalasHapus
  10. Jadi intinya, kasih ruang buat dia sendiri tapi kasih pengertian juga kalo dia harus terbuka tentang yg memungkinkan bisa menyakitinya, terlebih buat cerita sama orang tuanya.

    BalasHapus
  11. Terima kasih tipsnya, Mbak. Kalau saya malah sama-sama introvert. Jadinya kalau ketemu diem-dieman. Wah ambyar itu hahaha

    BalasHapus
  12. berarti kudu pintar juga ya melihat karakter si anak ini tipenya ke yang mana, biar tepat juga cara mengasuhnya. Kalau di rumah ponakan daku extrovert semua hehe. siip kak sharingnya, pasti bermanfaat ini

    BalasHapus
  13. wah tipsnya bagus niy mba jadi inspirasi buat saudara saya yang ekstrovert tapi anak-anaknya malah introvert, kadang mereka suka jomblang gitu kalau udah berkumpul

    BalasHapus
  14. Baca tipsnya berasa lagi dinasehatin sama Ibu sendiri🤣
    Hiii, saladin, salam kenal dari aku yang juga introvert.

    Poin no 2 iya bangeeet. Makin dipaksa tuh malah makin ogah buat cerita. Kayak kalau udah siap dan mau pasti akan cerita panjaaaaaang tanpa perlu diminta.

    Baca ini cuma aku jadi makin salut sama para Ibu. Meski berbeda karakteristik dengan anak tetap harus memberikan kebutuhan yg terbaik bagi anak-anak. Harus kreatif juga untuk bisa paham metode yang cocok diterapkan bagi anak-anak sesuai karakternya juga.

    BalasHapus
  15. Cukup menantang juga ya mbak kalau punya anak berbeda karakter dengan orang tuanya. Pada satu sisi ortunya seneng cerita, tapi pada sisi yang lain punya anak yg cenderung pendiam. Makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  16. Dari wajahnya udh kelihatan bgt sih introvert. Aku jg introvert kok dulu. Kalo aku sih dulu ngeberaniin mencoba sesuatu, termasuk ikut ekskul2. Dari SD hingga SMP dulu cmn sekolah trs pulang, hbs itu jg ga kmn2. Pas SMA, baru tdr di sanggar pramuka. Introvertku agak terbuka. Mulai bs ngomong dgn org lain.

    BalasHapus
  17. Putra saya termasuk introvert. Makanya saya seperti cuek saja sama dia padahal dia emang maunya digituin... Bukan berarti kita cuek atau tidak memerhatikan dia

    BalasHapus
  18. anak introvert biasanya mereka punya "dunia sendiri" yang membuat mereka nyaman kalo jauh dari keramaian, dan benar tugas ortu untuk mengajarkan mereka untuk keluar dari zona nyamannya, tapi ya gitu, butuh kesabaran

    BalasHapus
  19. kalau mamaknya ekstrovert, ternyata tetep bisa aja ya keturunannya introvert, Dan ternyata mamakku Dan aku pun demikian, (baru sadar juga, ahhahah). Tapi lama-lama Karena aku banyak ikut kegiatan organisasi Sama komunitas, pelan2 jadi ambivert sih ya mba. Emang mungkin perlu adaptasi Sama penyaluran kegiatan yang tepat

    BalasHapus
  20. Anakku kemarin uda aku minta buat tes MBTI.
    Dan gak nyangka ternyata selama ini si kakak yang moody adalah seorang ekstro.
    Malah adeknya yang menurutku lebih cepet nyambung ama temennya, intro.

    Oh.. jadi kuncinya adalah kenali karakter anak si ya..
    Dan masing-masing punya "bahasa" penyampaian berbeda. Memang pengasuhan ideal adalah yang berproses, tidak tergesa-gesa.

    BalasHapus
  21. masyaAllah, terimakasih sharingnya ya bun.. aku kadang masih mendesak anak untuk cerita xD mungkin bagi mereka kurang nyaman yaa.. harusnya memang diajak ngobrol aja sih layaknya teman, nanti juga dia akan terbuka ya kalau nyaman :D

    BalasHapus