Minggu, 07 Mei 2023

Mengatasi Kerewelan Anak di Tengah Cuaca Panas

 

Akhir-akhir ini lagi panas banget ya?  Di Malang aja yang biasanya sejuk eh suhunya bisa sampai 32 derajat celcius. Kalo baca-baca berita sih penyebab cuaca panas ini adalah fenomena gerak semu matahari, ditambah lagi gak ada awan yang menaunginya.

Kalau lagi panas kayak gini anak-anak jadi rewel. Mereka kan ada aja ulahnya, yang lari-larian, jumpalitan, dan kegerahan, ditambah cuaca hot, jadi oek oek. Widih, gimana cara ngatasinnya? Nih daku kasih ide:

1. Pasang Kipas Angin atau AC

Jurus pertama biar anak gak rewel: setel kipas angin atau AC. Beneran nih selama bertahun-tahun tinggal di Malang, baru kali ini pengen beli kipas angin agar Saladin gak rewel. Karena cuacanya emang sepanas itu.

                                                 Sumber foto: Pexels
 

Tapi hati-hati ya kalau anaknya masih balita, kudu diajari dan diawasi. Jangan sampai ada yang iseng masukin jarinya ke dalam kipas angin. Cek juga kabelnya, jangan sampai terkelupas. Lalu untuk remote AC juga wajib disimpan biar gak dimainin anak.

2. Mandikan

Anak yang rewel jangan dimarahi lah. Kita yang orang dewasa kalau kepanasan aja kadang mengeluh. Jika ia mewek coba ajak untuk mandikan, eits tapi pastikan keringatnya sudah kering.  Sekalian anak-anak diajak keramas biar rambutnya juga bersih. Habis mandi segaar lagi, jadi minimal mandikan sehari 3 kali, dengan air dingin.

                                  Sumber foto: Pexels
   

3. Pakaikan Baju yang Menyerap Keringat

Sebagai ortu, wajib milihkan baju berkualitas terbaik untuk anak. Di tengah cuaca hot seperti saat ini, bagusnya sih pakai baju berbahan kaos, katun, atau bahan lain yang menyerap keringat. Anak-anak pun jadi berkurang rewelnya.

4. Renang yuk!

Di akhir minggu daripada goleran di rumah lalu anak-anak cuma main game di HP, ajak mereka untuk berenang. Sambil nyebur dan menyejukkan diri, sambil olahraga juga. Berenang juga bagus banget biar stamina anak makin kuat di tengah cuaca yang hot.

                                 Sumber foto: Pexels
 

Kalau  memang kolam renang jauh atau full banget, pasang aja kolam renang plastik di teras dan diberi air. Walau di rumah aja, cibang-cibung di kolam mini asyik juga, dan gak gerah lagi deh.

5. Ajak ke Kedai Es Krim

Ini nih jurus terakhir kalau anakku rewel karena kepanasan: ajak aja ke kedai es krim terdekat. Di sana sejuk karena memang ada AC-nya. Terus harga es krim juga terjangkau, mulai 8.000 rupiah aja. Setelah makan es krim atau es boba baru deh mood-nya membaik dan dia gak mewek lagi.

Nah ini beberapa hal yang bisa klean lakukan kalau anak rewel karena kepanasan. Segera lap keringatnya, ganti bajunya, atau kalau sudah kering mandikan sekalian. Setelah itu kasih minum dan dia akan senyum lagi karena badannya sudah gak kegerahan. Kalau anak klean kepanasan biasanya ngapain aja nih?

7 komentar:

  1. Ajak ke kedai es krim pastinya senang, boro2 anak2 yang dewasa saja suka

    BalasHapus
  2. setujuuuu, makan eskrim bisa meredakan panas sejenak :D

    BalasHapus
  3. Sepertinya cara terakhir ini akan menjadi cara favorit anak-anak niih.. Lha orang dewasa saja suka, apalagi anak-anak kan yaa..hehe.. Terimakasih sharing tips nya mbaa.. insyallah banyak berguna bagi pembaca nih

    BalasHapus
  4. Setuju banget kalau Malang akhir akhir ini panas banget, anak anak jadi banyak rewel sekarang. Emang paling enak kalau cuaca nya begini makan es krim di kedai dekat rumah, terimakasih ya mbak sharing tips nya, menjadikan ibu ibu enggak mati gaya kalau anak kegerahan.

    BalasHapus
  5. BTW di tempatku suhunya juga sama mbak,
    puanas banget, pernah juga sampai 32 derajat ya ampun, sampai nyalain 2 kipas sangking panasnya

    Kalau dengar cerita teman, di cuaca seperti sekarang ini, anaknya dipakaikan baju tanpa kaos dalam gitu, jadi biar tetap sejuk di tengah panasnya cuaca gini

    BalasHapus
  6. -ima

    Bener banget nih semua tipsnya. Ngadem di ruangan berAC kalo pas cuaca panas rasanya nggak mau ke mana-mana. Pergi pun kalo bisa nyari tempat yang berAC juga. Renang juga seger banget, tapi kalo pas lagi panas-panasnya bisa gosong 😅 kecuali cari ruangan yang indoor.

    BalasHapus
  7. Belakangan udara emang mulai panas lagi dan bikin anak anak cenderung rewel karena kegerahan. Ajakin berenang emang ide yang pas sih selain mandiin atau ajak ngadem di ruangan ber-AC. Nah, biar nggak gosong, berenangnya cari yang indoor deh.

    BalasHapus