Sabtu, 18 November 2023

Jadi Pahlawan UMKM, BRI Berikan Pendampingan untuk Pengusaha Kecil dan Menengah

 

Hai sobat Bunda Saladin, siapa nih yang punya bisnis? Memiliki usaha sendiri sangat menyenangkan karena waktu kerjanya lebih fleksibel. Selain itu pendapatannya juga bisa berkali-kali lipat UMR dan cuannya berlimpah.

Daku merintis bisnis dengan level UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan dimulai di akhir tahun 2011. Usaha percetakan dan jasa pembuatan logo berjalan selama bertahun-tahun. Namun suami berpikir agar bisnis lebih maju lagi dan ingin membeli mesin cetak sendiri.

                                            Sumber foto: Pexels
 

Akan tetapi mesin cetak harganya (saat itu) 35 juta rupiah dan kami belum punya uang yang mencukupi. Akhirnya kami datang ke BRI untuk mengajukan pinjaman (dengan jangka waktu kredit selama 5 tahun) dan di-ACC. Mesin baru pun mendukung performa kerja dan membuat usaha makin berjalan dengan lancar.

BRI untuk Indonesia

Mengapa harus ke BRI? Pertama, BRI adalah bank yang sangat familiar dan seluruh anggota keluargaku punya rekening di sana. Kedua, cabangnya di mana-mana sehingga bisa dengan mudah konsultasi sebelum mengajukan kredit. 


 

Ketiga, BRI berkomitmen kuat untuk kemajuan Indonesia, terutama di bidang keuangan. Bank BRI selain punya kantor cabang yang banyak, jumlah ATM-nya juga banyak. Para pengusaha bisa dengan mudah untuk mentransfer pesanan, memeriksa uang hasil penjualan, maupun menarik uang.

Digitalisasi BRI juga berjalan lancar karena untuk memeriksa mutasi rekening bisa melalui aplikasi BRIMO. Selain itu juga bisa transfer ke rekening sesama BRI maupun Bank lain dengan cepat. Teman-teman juga bisa pakai mesin EDC BRI saat belanja, untuk membayar dengan kartu debit BRI. Dengan sistem digital yang terintegrasi maka bisnis makin dipermudah.

BRI Sebagai Pahlawan UMKM

Daku pernah baca di sebuah jurnal kalau UMKM adalah tulang punggung dari finansial negara. Penyebabnya karena mayoritas (90%) pengusaha di Indonesia berada di level kecil dan menengah.

Oleh karena itu BRI berkomitmen kuat untuk jadi pahlawan UMKM. Jika UMKM maju maka Indonesia juga akan maju.

Dengan tekad BRI untuk Indonesia maka Bank BRI tidak sekadar menjadi lembaga keuangan yang menyalurkan kredit bagi pengusaha kecil dan menengah.  Namun juga ada pendampingan untuk para pengusaha UMKM.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan bahwa Bank BRI memiliki cita-cita untuk menjadi The House Bank for SMEs (Small and Medium-Sized Enterprises) in Indonesia. Dilakukan dari unit, kantor cabang, kantor wilayah, hingga kantor pusat.

 Dalam artian, yang membutuhkan pendampingan bukan hanya pengusaha kelas menengah tetapi juga pengusaha kecil. Pendampingan oleh BRI juga dilakukan di seluruh unit, kantor cabang, kantor wilayah sampai ke pusat, sehingga merata di seluruh Indonesia.

Pendampingan UMKM Sebagai Persembahan BRI untuk Indonesia

Sebagai komitmen untuk menjadi pahlawan UMKM maka BRI mengadakan beberapa program. Growpreneur (program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi UKM), BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, pendampingan dan pemberdayaan melalui Rumah BUMN, hingga Pengusaha Muda BRILian.

1. Growpreneur

Growpreneur adalah program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi pengusaha UMKM yang bekerja sama dengan Smesco Indonesia. Lewat Growpreneur, BRI menghadirkan berbagai program, baik reguler, komunitas, maupun mini-inkubasi.

Program Growpreneur sendiri diresmikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki. Menteri Teten mengatakan, berbagai aktivitas pemberdayaan dapat dimanfaatkan oleh UMKM anggota Growpreneur, seperti diskusi panel, networking and strategic partnership, local brand showcase, creative corner, mentoring, serta business matching. Misi Growpreneur adalah untuk menginspirasi, berinovasi, serta menghubungkan jaringan antara UMKM dan industri kreatif.

Jadi, kalau teman-teman daftar program Growpreneur akan mendapatkan banyak keuntungan. Saat sudah mendapatkan pinjaman uang sebagai modal, maka ada pendampingan untuk memperkuat strategi bisnis. Selain itu juga bisa berjejaring ke sesama pengusaha UMKM sehingga bisa berkolaborasi.

2. BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR

Jika teman-teman punya bisnis UMKM maka bisa juga mengajukan ke program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Syaratnya adalah usaha yang berdaya jual tinggi dan bisa dibawa ke tingkat global.


 

Nantinya pihak BRI akan mengadakan Mini Showcase bagi UMKM yang terpilih. Seperti di acara G20 yang diadakan di Bali, akhir tahun lalu. BRI membawa beberapa produk UMKM dan dipamerkan sehingga para tamu delegasi dari luar negeri bisa membelinya. Bisnis UMKM jadi berkembang pesat karena menembus pasar internasional.

3. Pengusaha Muda BRILian

Di program Pengusaha Muda BRILian maka juga ada banyak keuntungannya. Selain pendampingan juga ada kelas-kelas yang bisa meningkatkan kemampuan para pebisnis dalam berdagang dan menaikkan jumlah penjualan.

Kalau teman-teman ikut program Pengusaha Muda BRILian maka asyik banget karena kelasnya diadakan secara non formal alias mayoritas dilakukan di taman atau di kafe. Dengan mengundang narasumber yang bermutu maka semua peserta akan lebih cerdas dalam mengelola bisnisnya. Acara seperti ini juga penting banget untuk meningkatkan networking.

BRI jadi pahlawan UMKM dengan memberikan berbagai program pendampingan seperti Growpreneur dan Pengusaha Muda BRILian. Ini adalah komitmen BRI untuk Indonesia agar perekonomian negara maju, dengan cara memajukan para pengusaha kecil dan menengah. Ayo semangat terus dalam berbisnis agar terus maju.

15 komentar:

  1. Saya angkat topi untuk BRI. Di Cianjur Selatan hanya BRI bank pemerintah yang punya kantor unit di setiap kecamatan. Bank lain semuanya numpuk di kota
    Wajar bri ada di hati semua masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  2. BRI memang sangat membantu buat orang yang mau memulai usaha tapi bingung midalnya belum ada BRI bisa jadi solusinya pinjaman modal yang memiliki bunga ringan

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah jadi punya mesin cetak yang baru ya kak. BRI pantas disebut sebagai pahlawan UMKM karena sangat mendukung para UMKM untuk maju dan mengembangkan bisnisnya. Sehingga perannya yang penting jadi sebagai tulang punggung perekonomian negara Indonesia. BRI keren yaa.

    BalasHapus
  4. BRI emang mantap sih, di kecamatan2 aja ada kantor cabang BRI. sangat membantu pelaku UMKM dalam pengajuan modal usaha

    BalasHapus
  5. Kalau saya lihat, BRI ini sangat serius dalam meningkatkan pemberdayaan terhadap UMKM di Indonesia. Ada Growpreneur dan juga BRIlianpreneur,. Semoga dengan program-program tersebut di atas, UMKM di Indonesia semakin kuat dalam menopang perekonomian Indonesia. Very nice sharing

    BalasHapus
  6. Keren ya BRI ini Mbak. Banyak banget programnya yang ngedukung UMKM Indonesia. Terus asyiknya, ada juga program untuk pengusaha mudahnya juga seperti BRILian.

    BalasHapus
  7. Dulu Ibukku juga sering dapat pinjaman dana dari BRI untuk meningkatkan usaha kue rumahannya. Prosesnya mudah, asal tanggung jawab buat ngelunasin

    BalasHapus
  8. BRI emg fokus banget melayani segmen UMKM ini. Bgm pun UMKM merupakan tonggak perekonomian negara kita. Di saat negara lain krisis, negara kita ttp bs tumbuh ekonominya. Itu ya krn UMKM kita yg berdaya.

    Tepat bgt kalo BRI sebagai pahlawan UMKM. Terus lanjutkan ya BRI utk membantu UMKM dlm negeri. Smg UMKM kita bs bersaing dgn negara lain.

    BalasHapus
  9. Nah, kabar baik buat UMKM yang ingin mengembangkan modal usaha, bisa menggunakan bantuan KUR dari BRI. Ini akan sangat memudahkan dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Mari gunakan kesempatan sebaik mungkin

    BalasHapus
  10. BRI makin keren ya ini, dan patut diapresiasi untuk support dan dukungannya bagi pemilik bisnis UMKM. Semoga nanti makin banyak program-program BRI yang bisa terus mendukung para pebisnis ya

    BalasHapus
  11. pendampingan kayak gini nih tepat sasaran, karena aku juga ngerasain kalau usaha tuh emang butuh banget mentor untuk kasih masukan dan bantu evaluasi

    BalasHapus
  12. Keren banget emang BRI euyy! Pendampingan yang dikasih tuh ngga hanya semacam umpan gitu ngga sih, jadi kayak incubator bisnis yang berkelanjutan

    BalasHapus
  13. BRI selalu bisa diandalkan karena hadir di tengah masyarakat Indonesia dengan semua program terbaiknya. Aku salut banget karena BRI mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  14. BRI memang top ni kalo soal melayani nasabahnya, apalagi buat dukung UMKM yah. Pasti selalu terdepan.

    BalasHapus
  15. BRI emang pahlawan UMKM banget ya! Langkah mereka yang gak cuma berhenti di ngasih kredit, tapi juga nunjukin komitmen bener-bener ngebantu pengusaha kecil dan menengah dari berbagai sisi. Semoga dengan dukungan kayak gini, UMKM di Indonesia makin maju dan berkontribusi besar buat ekonomi negara. 👏💼

    BalasHapus