Rabu, 01 November 2023

5 Penyebab Sakit Gusi dan Cara Mengatasinya

 

Siapa nih yang suka makan cemilan atau mengkomsumsi minuman manis? Makanan yang manis seperti roti, kue kering, emang enak ya. Apalagi minumnya juga manis seperti es krim atau es campur. Tapi hati-hati lho karena kebanyakan makan yang manis-manis bisa jadi salah satu penyebab sakit gusi.

Saat ini memang ada banyak godaan untuk makan cemilan atau minuman manis. Gerai yang menjualnya juga makin banyak, dan ada minuman super manis yang harganya juga murah banget. Namun ingat ya teman-teman, lebih baik mengutamakan kesehatan gigi dan gusi, jadi lebih baik dihindari, atau minimal dikurangi frekuensi untuk makan / minum yang manis.


 

Kalau sudah sakit gusi dan gigi rasanya perih dan sakit banget. Makan jadi susah karena gusinya bengkak, kesenggol dikit aja kepengen nangis rasanya. Mau tidur juga susah karena gusi nyut-nyutan dan sakit kepala.

Apa Saja Penyebab Sakit Gusi?

Sakit gusi memang nyeri banget dan bikin gak nyaman. Yuk kenali beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit gusi:

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Seperti yang sudah aku terangkan di atas, kebanyakan konsumsi gula bisa menjadi salah satu penyebab sakit gusi. Yuk pelan-pelan biasain untuk lebih sering minum air putih / air mineral daripada minuman yang manis. Selain lebih hemat juga lebih sehat dan gak bikin gigi dan gusi sakit. 

 


Begitu juga dengan makanan, batasin konsumsi camilan manis. Kalau bisa berhenti malah bagus. Selain bisa menyebabkan sakit gusi, kebanyakan mengkonsumsi makanan manis juga bisa bikin kamu terkena obesitas, enggak mau kan?

2. Rongga Mulut Kurang Bersih

Kamu sudah gosok gigi berapa kali sehari? Minimal kita harus gosok gigi sehari 4-5 kali. Saat mandi pagi dan sore, setelah makan, dan sebelum tidur. Gosok giginya juga harus benar-benar bersih ya agar rongga mulutnya terjaga.


 

Kalau gigi dan rongga mulut kurang bersih maka bisa menyebabkan gusi sakit. Kondisi gigi dan gusi yang kotor bisa memicu banyaknya bakteri sehingga gusi dan gigi jadi nyeri.

3. Mengkonsumsi Makanan atau Minuman yang Terlalu Panas

Penyebab sakit gusi yang selanjutnya adalah terlalu banyak konsumsi minuman dan makanan panas. Jangan nekat nyeruput kopi atau teh panas ya. Kalau mau makan juga jangan dikunyah panas-panas, tapi tunggu sampai agak dingin. Kalau kebanyakan makan  atau minum yang panas bisa sariawan dan gusi jadi sakit.

4. Terlalu Banyak Makan yang Rasanya Pedas

Siapa yang suka makan dengan ekstra sambal pedas atau camilan yang rasanya pedas membara? Memang enak ya tapi hati-hati juga karena kebanyakan makan yang pedas malah bikin sariawan dan sakit gigi. Gusi juga bengkak dan sakit banget. 


 

Kurangi aja kebiasaan ngemil snack pedas dan setelah itu gosok gigi dan kumur sampai bersih.

5. Kurang Asupan Vitamin C

Kalau kurang konsumsi vitamin C, kamu jadi mudah kena sariawan lho. Selain itu gusi juga jadi mudah sakit. Jadi, pastikan konsumsi vitamin C dari buah jeruk atau jus jeruk. Tubuh jadi sehat dan gusi juga kuat.

 
Hubungan antara Penumpukan Plak dengan Sakit Gusi

Jangan remehkan penumpukan plak (kotoran) di antara gigi ya. Dalam istilah medis namanya interdental. Kalau ada interdental bisa jadi penyebab sakit gusi.

Kalau kita malas gosok gigi sedangkan hobinya ngemil yang manis-manis bisa menyebabkan plak di antara gigi-geligi. 



Banyaknya plak bisa menyebabkan infeksi gusi atau periodontitis. Kondisi ini bahaya banget karena jaringan lunak di sekitar gusi jadi rusak dan menyebabkan kesakitan di dalam rongga mulut.

Gusi yang sakit bisa berakibat negatif dan menyebabkan gigi mudah keropos, bahkan lepas. Enggak mau kan jadi ompong seperti nenek-nenek?

Atasi Sakit Gusi dengan Cooling5

Kalau sudah sakit gusi jangan dibiarkan saja karena bisa menyebabkan susah makan dan susah tidur. Namun jangan khawatir karena sakit gusi dan gigi bisa diatasi dengan Cooling5 Plus.

Cooling5 Plus adalah obat semprot yang bisa mengatasi sakit gigi dan gusi. Kalau gusimu bengkak, semprot saja dengan Cooling5 Plus. Sangat praktis karena tinggal semprot lalu gusi yang sakit akan cepat sembuh.


 

Dalam satu botol Cooling5 Plus isinya 15 mililiter. Cooling5 Plus mengandung Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg. Khasiat dari kedua zat ini adalah meredakan nyeri di gigi dan gusi dan mengatasi sariawan.

Ini nih rekomendasi obat sakit gigi yang ampuh, termasuk Cooling5 Plus, klik ya. Nah kalau kamu merasa nyeri karena tumbuh gigi geraham bungsu, juga bisa diatasi dengan semprotan Cooling5 Plus. Anak-anak di atas usia 6 tahun juga boleh kok disemprot Cooling5 Plus jika sedang sakit gigi, sariawan, atau sakit gusi karena tumbuh gigi dewasa. Kamu bisa dapatkan Cooling5 Plus di apotik-apotik terdekat.

Jangan khawatir karena Cooling5 Plus bisa dibeli bebas tanpa resep dari dokter. Cooling5 Plus wajib disimpan di kotak P3K karena khasiatnya bagus untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan bisa mengatasi berbagai penyebab sakit gusi. Yuk beli Cooling5 Plus agar mulut segar dan mengatasi sakit gigi serta gusi.

 

29 komentar:

  1. Sakit gigi..
    sakit gusiiii biasanya disebabkan hal-hal yg sekilas nampak "sepele".

    padahal menjaga rongga mulut ttp bersih tuh pentiiingg ya mba

    BalasHapus
  2. Dulu aku suka pakai cooling5 ini. Sekarang lagi ga enak
    rongga mulut dan
    tenggorokan jadi kepikiran mau pakai lagi. Bikin adem soalnya

    BalasHapus
  3. waah aku dulu pernah ngalamin gusi bengkak padahal lagi ngga sakit gigi, ternyata masalahnya kau kuran vit C dan sering makan yang pedes. Sekarang adaCooling5 Plus yang bisa ngebantu penyembuhannya yah. kudu siapin dirumah

    BalasHapus
  4. Aku bersyukur blm pernah ngalamin sakit gigi atau gusi sih. Mungkin saking traumanya pernah harus ke dokter dari SD Ampe SMU, jadi begitu pengobatan gigi selesai dan udh rapi, kayak bertekad jgn sampe kesana lagi 🤣🤣. Makanya aku termasuk rutin bersihin gigi mba.

    Tapi kebayang itu kalo gusi sakit. Nyut2an bangettt kan. Mirip rasa gusi yang biusnya baru hilang mungkin 😂

    BalasHapus
  5. Aku pernah sakit gigi Mba.. Ya Allah sakitnya nggak ketulung, dan kambuhnya tuh tiap malam. jam 2 sampe nggak bisa tidur 😭 Aku smpe jedokin diri ke tembok sama nampar diri sendiri. wkwk 😂 parah sih..

    Pas periksa iya ada yang bolong, jadi dibersihin terus ditamball.. cuma skrang udah bolong lagi cuma nggk sakit.. hehe

    BalasHapus
  6. Sakit gusi termasuk sariawan kak? Bisa diobati dengan cooling 5 ya. Harus nyetok nih buat P3K

    BalasHapus
  7. Sakit gusi pernah banget ngalamin nih, rasanya menyiksa sekali dan aku akuin efek dari terlalu suka makanan dan minuman manis. Beneran mengganggu deh, ternyata kalau dikulik banyak banget ya yang bisa nyebabin sakit gusi, thank you sangat informatif. Kudu lebih aware sama kebersihan mulut dan gigi

    BalasHapus
  8. Auto ingat beberapa waktu lalu pernah sakit gigi plus sakit gusi yang rasanya aduhai luar biasa. Dan iya nih salah satu penyebabnya karena suka makan yang manis-manis dan dingin2. Noted nih mau cobain Cooling5 plus kalau sakitnya kambuh lagi eh tapi semoga aja nggak.

    BalasHapus
  9. Cooling5 ini bisa buat anak-anak usia 10 tahun gak yaa..
    Ini anakku beruntutan lepas gigi susu. Padahal kudunya antriannya dari usia 5 tahun kan yaa.. Tapi saking awetnya si gigi bayi ini, baru pada ganti di usia 10. Jadi kadang nyeri katanya.. karena yang goyang sekarang ada 5 gigi. Huhuhu.. sedih ngebayangin sulit mengunyah makanan.

    BalasHapus
  10. Wah baru tahu sakit gusi tuh karena makanan panas, pedas dan kurang bersih ya mulutnya untung ada Cooling

    BalasHapus
  11. sepertinya saya lebih sering kekurangan vitamin C nya sebab yang lainnya aman saja, tapi saya baru ngeh gusi kalau kena pans atau dingin memang jadi sakit, pas abis makan es krim dan minum air panas, wah gusinya udah ngilu parah

    BalasHapus
  12. Wah sakit gigi, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Eh, kebalik yah? Pernah merasakan nyeri pada gusi akibat rajin minum minuman dingin, sakitnya tuh sampai di sumsum rasanya. Boleh deh siapkan obat sakit gigi Coolong5 ini untuk siap-siap.

    BalasHapus
  13. duh aku tuh dulu sering banget tuh sakit gigi dan gusi bengkak, tersiksa banget, coba dari dulu udah ada cooling5 kaya gini, pasti lumayan meredakan tuhhh

    BalasHapus
  14. Ternyata plak pada gigi juga bisa menjadi salah satu penyebab gusi sakit. Kalo saya biasanya karena kegigit sewaktu lagi makan. Langsung deh tuh gusinya sakit kayak sariawan gitu. Oooh pake Cooling 5 ya. Baru tau sih. Makasih banyak infonya yaaaa

    BalasHapus
  15. sakit gigi atau sakit gusi tuh nyerinya bikin aku nggak tahan. Seringnya nangis sampai mata bengkak. Kayaknya emang kudu sedia Cooling5 plus dah. Biar aman kalau pas sakit gigi.

    BalasHapus
  16. Cooling 5 bisa menjadi sahabat bagi mereka yang punya masalah dengan gigi. Apalagi kalau sedang di luar rumah dan tiba-tiba sakit gigi, cooling 5 akan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  17. Duh, sakit gusi nggak enak banget pastinya
    Untung sudah ada Cooling5 Plus buat atasi sakit gusi ini y

    BalasHapus
  18. Kapan hari aku merasakan sakit gusi, kayaknya gara-gara kurang vitamin C dan kurang minum. Next kudu sedia cooling 5 di rumah

    BalasHapus
  19. Makanan manis memang suka menggoda yah, haha.. Tapi memang sih ada ga enaknya kalo udah sakit gigi, haduuh.. Langsung aja deh disemprot² pake Cooling5 Plus yg super praktis ini.

    BalasHapus
  20. Sakit gigi itu rasanya luar biasa, makanya sejak aku kecil bapakku selalu mengingatkanku untuk tidak banyak makan-makanan yang manis-manis, terutama candy.

    BalasHapus
  21. Dulu sering banget gusi bengkak dan sakit gigi. Abis makan pedes dan panas, pasti deh, gak karuan.

    BalasHapus
  22. Bener jg ya kak. Aku sering minum bergula ama makanan panas. Sering bgt gusiku bengkak dan sakit deh.

    Kalo udh sakit, udh ga mood lg buat kerja tuh. Mknya ntr mau pindah pasta giginya deh. Kyknya yg lama kmrn ga cocok. Hrs pake Cooling5 Plus nih.

    BalasHapus
  23. Waktu kecil pernah merasakan bagaimana sakit tak terkiranya ketika gigi dan gusi cenat-cenut. Jadi pelajaran banget untuk menjaga pola makan, karena faktor terbanyak dari sakit gigi dan gusi itu dari makanan, ya

    BalasHapus
  24. Kalau udah sakit gigi rasanya mau nyerah banget deh. soalnya sakit banget sampai gak bisa tidur. kayaknya harus sedia Cooling5 Plus di rumah nih jikalau suatu waktu sakit giginya muncul.

    BalasHapus
  25. makan pedes tuh aku banget huhu!! tapi sulit tau buat gak makan pedes, tapi efeknya emang bikin sakit kadang

    BalasHapus
  26. ah ini.. minggu lalu tuh gigi sempet sakit, ga tau giginya, ga tau gusinya deh.. soalnya gusiku tuh turun gitu, erosi istilahnya.. dulu sempet pakai behel, mungkin efek jangka panjang dari itu juga ya

    BalasHapus
  27. Sekarang enak udah ada obat kayak cooling jadi nggak perlu ke dokter gigi. Meskipun begitu untuk gusi dan gigi memang harus ke dokter sih...

    BalasHapus
  28. Sakit gigi, ujungnya menangis..
    Huhu.. bener banget. Pokonya sakit yang paling sengsara deh.. Soalnya semua orang ga ada yang tau gimana rasanya, jadi kaya yang baik-baik aja. Padahal nyuutt-nyuutt..

    BalasHapus
  29. Pantesan mbak, aku kalau kebanyakan makan makanan manis atau pedas itu besoknya suka sakit gusi. Hiks. Wah kayaknya mesti sedia cooling5 plus juga nih saya

    BalasHapus