Rabu, 08 November 2023

Happy Birthday Saladin, 11 Tahun Bersenang-senang jadi Bundamu

Alhamdulillah tanggal 8 November 2023 anakku Saladin Al-Ayyubi berusia 11 tahun. Rasanya waktu cepat sekali berlalu. 

 


 Dia yang dulu lahir dengan berat 3,1 kilogram sekarang tumbuh jadi anak yang sehat, meninggi, dan masih sangat-sangat lengket dengan bundanya.

 


Eits bukan berarti manja lho karena daku mengajarinya untuk mandiri, bahkan belajar masak sendiri. Ini daku pernah nulis tentang anak laki-laki yang belajar masak.

Baca: anak laki-laki juga bisa masak.

Kembali ke Saladin. Selama 11 tahun ini rasanya betul-betul PERJUANGAN untuk jadi bundanya. Bukan karena kondisi fisiknya tetapi emosinya yang masih bagaikan roller coaster. Sampai daku curiga apa dia tipe Feeling kayak bundanya? 


 

Yang jelas dia introvert sih yaa (niru ayahnya).

Baca: cerita tentang mengasuh anak introvert.

Kekuatan Saladin

Saladin dianugerahi kekuatan fisik yang melebihi anak seusianya, dan udah kelihatan sejak bayi kalau dia tipe kenistetik. Di usia sebulan sudah bisa menyepak dan membuka box bayi dengan kaki, di usia 2,5 bulan dia sudah bisa tengkurap. Usia 7 bulan bisa merangkak lalu naik dan turun tangga dengan lancar. Begitu usia 1 tahun dia bisa berjalan lalu LARIIII…

Sampai kabur dari rumah, baca ceritanya di sini ya.

Bagaimana tidak pusing kalau di usia 2 tahun setengah dia sudah pandai memanjat apa saja. Mulai dari naik sepeda motor yang sedang diparkir di ruang tamu (sampai hampir kejatuhan motor), manjat lemari, naik ke atap mobil, manjat pohon.


 

Bahkan waktu balita dia juga kuat mengangkat gallon kosong dan menarik kasur kapuk dengan kedua tangannya, dari kamar sampai ruang tamu. Kalau manjat pohon turunnya juga langsung loncat gitu aja.


 

Kekuatan Saladin tidak boleh disepelekan atau disesalkan. Bukankah dulu (waktu daku masih kecil) ingin jadi gadis yang fisiknya prima dan lihai memanjat pohon? Ternyata doaku didengarkan Tuhan dan akhirnya kekuatan itu diberikan kepada anakku.

Saladin dan Aksara

Namun daku patut bangga karena Saladin juga berbakat di bidang literasi. Di usia 3,5 tahun dia sudah hafal alphabet sehingga waktu TK A sudah bisa membaca. Sampai di kelas sering ketiduran karena bosan, wkwkkw. Untung aja gurunya tuh temen sekelasku waktu SD jadi pengertian banget.


 

Minatnya di bidang aksara tumbuh ketika dia senang menonton kartun dari Rusia dan akhirnya belajar aksara Rusia sampai hafal. Lanjut ke huruf hijaiyah, hanggul Korea, huruf China, Ibrani, dan beberapa huruf lain. 


 

Semoga kelak dia beneran bisa belajar tentang aksara dan literasi di luar negeri, karena memang mother language-nya English.

Saladin dan Geografi

Kalau sekarang Saladin suka belajar Geografi, membaca peta, menghafal bendera negara-negara, dll. Semoga kelak beneran kami bisa traveling ke luar negeri ya. Daku senang karena dia suka belajar geografi tanpa dipaksa dan memang dia tipe self study.

Tantrum yang Semakin Jarang

Nahh di masa pre teen Alhamdulillah tantrumnya Saladin semakin jarang. BTW ini tulisanku tentang punya anak usia pra remaja yang takut gemuk, baca di sini.

Kalau dia ngambek juga sudah bisa dikendalikan, tidak seperti masa balita dulu yang sampai gulung-gulung di lantai sambil nangis histeris. 


 

Intinya adalah mengajarinya untuk berkomunikasi dan menyampaikan perasaannya.

Semoga di usia 11 tahun ini Saladin tambah sayang ke ayah dan bundanya, semakin punya empati, bisa mengendalikan emosi, dan terutama bisa memaafkan tanpa mendendam.

 

 

 

16 komentar:

  1. Aamiin semoga doa bunda terkabul semua. Happy birthday saladin. Semoga sehat selalu, sukses dunia akhirat dan bisa kuliah di luar negeri seperti harapan bunda. Aamiin

    BalasHapus
  2. Happy birthday Saladin. Semoga tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas dan taat beribadah serta berbakti pada orangtua ya, amin

    BalasHapus
  3. Sama kayak aku juga nih, anakku tipe kinestetik juga. Usia 1 tahun, meskipun belum bisa jalan tapi segala macam isi rumah selalu diberantakin sama dia. Belum lagi dia bisa ngangkat berbagai hal yang kadang kita pun ga paham kok bisaaa ya keangkat, gitu.

    Oya, Happy Birthday ya Saladiiin. Semoga sehat dan panjang umur selalu!

    BalasHapus
  4. kecilnya Saladin lucukkk banget mbak, dan gemesin gitu
    sapa sangka ya masih kecil udah bisa naik lemari, kalau liat fotonya gini pasti keinget lagi di waktu itu ya mbak, memorable banget
    Memang sih kalau bisa tumbuh kembang anak ada dokumentasinya, apalagi sekarang udah zamannya hape plus kamera.

    zaman aku dulu terbatas sama kamera dan foto foto waktu kecil nggak punya banyak

    yang pasti selamat ulang tahun Saladin, panjang umur, sehat terus, sekolah yang rajin dan pinter

    BalasHapus
  5. Happy birthday Saladin πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰. Bersyukurlah punya ibu yang sabaaar , suportif, dan sangat komunikatif dalam mengajarimu ❤️.

    Saluut dengan cara mba Vina mengajari Saladin. πŸ‘. Semoga semua doa2 mba untuk Saladin bisa terkabul yaa. Saladin bisa sekolah di LN, dan menjadi ahli bahasa. ❤️

    BalasHapus
  6. Kalau ndak baca ini, saya ndak tau anaknya mbak Avi namanya Saladin hihi.
    Keren betul mother languange nya abang Saladin bahasa Inggris.
    Yaumul milad abang Saladin. Semoga selalu sehat, terus aktif, dan kelak jadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Aamiinn..

    BalasHapus
  7. Masya Allah 11 tahun. Semoga semakin sholeh dan jadi anak kebanggaan orang tua ya! Pasti sebagai bundanya, rasanya campur aduk, senang sekaligus makin mempersiapkan diri buat punya anak remaja. Hoho..

    BalasHapus
  8. Masya Allah, selamat ulang tahun anak ganteng, Saladin.
    Sehat selalu dan tumbuh bahagia, bersenang-senang dengan bundanya yang luar biasa :)
    Punya anak laki yang makin beranjak gede itu, campur aduk banget rasanya ya :)

    BalasHapus
  9. Memafaakan tanpa mendendam, di noted ya Saladin, banyak yang ikut merasakan kebahagiaanmu, sehat selalu sayang ayah ibu ya.

    BalasHapus
  10. Saladin Al-Ayyubi nama yang bagus. Happy birthday ya. Sekarang sudah teenager. Semoga doa ibunya dikabulkan Allah SWT. Btw itu foto lagi naik lemari hehheh aktif srkali ya pas kecilnya

    BalasHapus
  11. Barakallah fii Umrik Dek Saladin, semoga menjadi anak soleh, cerdas serta bahagia aamiin.
    Turut bahagia baca perkembangan Saladin yang luar biasa, punya banyak kelebihan dan salut sama Bunda nya sangat pandai mengimbangi Saladin.
    Saladin suka manjat-manjat mungkin nanti diarahkan juga untuk jadi pendaki gunung ya serta pecinta alam

    BalasHapus
  12. MasyaAllah tabarakallah Saladin, tetep sehat dan kuat ya. Barakallah fii umrik, semoga jadi anak soleh dan kebanggaan keluarga. Aamiin

    BalasHapus
  13. Baarakallaah fii umrik ya Saladin, semoga menginjak 11 tahun ini makin berkah umurnya. Senang deh baca cerita singkat bundanya tentang perjalan singkat Saladin yang dari usia sekian bulan udah tampak kuat fisiknya, udah kelihatan juga bakatnya di bidang literasi. Keren deh.

    BalasHapus
  14. Saladin udah besar ajaa, selamat ulang tahun ya Kak semoga panjang umur dan bahagia, aktif banget, cerdas pulaaa

    BalasHapus
  15. Barakallahu fii umriik, anak sholiihnya Bunda Aviii..
    Seneng banget ananda tumbuh sehat, kuat dan hingga saatnya nanti.. bunda yang merasakan kenangan indah saat mengenang Saladin kecil yang menggemaskan.

    Btw, tau intro sama ekstro, apakah sudah tes, ka Avi?
    Soalnya anakku ikutan tes MBTI itu dan hasil akhirnya diluar dugaanku banget. Kupikir intro, tapi ternyata ekstro.

    Ini penting buat dia ngenalin lebih dalam lagi dirinya sendiri dan biar jadi lebih percaya diri kalau melakukan sesuatu yang ada hubungannya dengan bersosialisasi.

    BalasHapus
  16. Masya Allah, pinter sekali anaknya bun..
    Apalagi klo diarahkan oleh bunganya dgn baik, pasti bakat anak semakin terasah jadinya. Semoga sehat dan bahagia selalu yaa

    BalasHapus