Jumat, 24 November 2023

6 Penyebab Kegagalan Bisnis, yuk Hindari agar Untung Terus

 

Pernah gak sih buka usaha lalu sepi dan akhirnya terpaksa ditutup? Atau sudah berjuang habis-habisan tetapi pembeli belum datang juga. Sebenarnya ada beberapa penyebab kegagalan bisnis. Klean bisa belajar dari pengalamanku dan juga pengalaman dari beberapa orang lain. Ini beberapa sebabnya:

1. Tidak Bisa Mengatur Keuangan

Siapa yang masih susah atur keuangan? Sebelum memulai bisnis coba deh disiplin dulu dengan keuangan pribadi. Nanti klean juga akan disiplin terhadap keuangan bisnis.


 

Kalau tidak bisa ya kacau-balau. Misalnya klean berhasil jual 1 baju eh malah beli 2 baju di toko lain. Boncos dong. Kapan bisa nikmatin hasil jualan kalau dikit-dikit shopping?

2. Kurang Promosi

Penyebab kegagalan bisnis yang selanjutnya adalah kurang promosi. Yaa namanya usaha butuh diiklankan, jangan hanya diam lalu menunggu pembeli. Saat ini kita udah diuntungkan dengan adanya berbagai akun sosial media yang bisa jadi tempat promosi.


 

Promosi di media sosial juga gak perlu tenaga berat (Seperti dulu yang harus keliling kampung buat menyebarkan brosur). Yuk manfaatin kuota untuk berjualan, jangan Cuma buat main game!

3. Tidak Memiliki Market yang Tepat

Kalau jualan itu hampir sama seperti ngeblog eeh maksudnya lebih enak punya niche market tertentu. Misalnya jual baju cewek ya jual itu aja. Atau, kalau jualannya baju juga jual yang lain. Misalnya sepatu, tas, karena masih sama-sama produk fashion.


 

Jika klean jual barang-barang yang target marketnya random maka hasilnya juga berantakan. Jangan jual makanan tetapi sekaligus jual racun tikus. Nanti pembelinya bingung banget.

4. Harga Terlalu Murah

Harga barang memang sensitif banget tetapi jangan dibanting sampai akhirnya rugi sendiri. Misalnya untuk makanan, pastikan harga jualnya 70-100% dari harga produksinya. Karena jual makanan (dan minuman) punya resiko lebih tinggi dari barang dagangan lain.

Kalau untuk barang fashion keuntungannya bisa 20-35%, tergantung target market klean. Ingat ya, jangan banting harga sampai akhirnya rugi sendiri.

5. Tidak Jaga Kualitas

Sudah berapa lama klean berjualan? Quality control tetap wajib dilakukan ya. Jangan sampai kualitas barang jualan menurun (misalnya baju dagangan ada yang sobek/cacat). 


 

Ini jadi salah satu penyebab kegagalan bisnis.

6. Terlalu Emosional

Nahh last but not least kalau klean berdagang jangan jadi kaum sumbu pendek alias terlalu emosional. Ada yang nawar eh marah-marah lalu dijadikan status. Nanti calon pembeli lain malah kabur karena takut dimarahi. Slow down, tenang gak perlu pakai emosi negatif. Jualan kudu sabarrr seluas samudera.

Salah satu cara agar bisnis berhasil adlaah dengan digital marketing via Tribelio.

Baca: bikin landing page dengan Tribelio

Gimana, klean udah paham apa saja penyebab kegagalan bisnis? Intinya tetap jaga kualitas (semurah apapun harga barang dagangan), layani pembeli dengan senyum dan sabar, dan teruslah berpromosi. Usaha yaa usaha biar makin banyak yang memborong jualannya. Nanti daku bikini lagi tulisan tentang cara mengatasi kegagalan bisnis, tunggu ya!

24 komentar:

  1. Paling sebel sama penjual yg marah-marah kalau kita menawar. Kan pembeli itu raja kan, kudu dilayani dengan baik gitu loh. Nah, kalau sikapnya penjual kayak begitu, bakalan pembeli lari dan tidak balik lagi. Maka bisnis bakal gagal deh.

    BalasHapus
  2. Satu lagi bu, yaitu terlalu banyak berbohong demi bisa keliatan 'wah' dimata orang-orang. Atau dalam bahasa kerennya, "fake it till you make it"

    Usaha baru jalan, udah ngambil cicilan mobil. Omset baru naik dikit, langsung dipake jalan-jalan ke bali. Katanya sih mesti flexing biar orang-orang makin yakin dan percaya. Eh, ujung-ujungnya malah nyungsep juga.

    BalasHapus
  3. Satu lagi Bun profesional, karena kadang berapa orang tuh nggak niat biasanya ini karyawannya bukan ownernya ketika kita belanja mereka malah sibuk scrolling Tik Tok waktu ditanya apa nggak terlalu antusias kepada pembeli jadi saya kalau udah kayak gini tuh udah males biasanya saya blacklist tempat itu, terus yang lain kasus ada yang motong antrian tapi dari pemiliknya si kasir atau penjualnya tuh nggak ngerespon apa-apa, saya juga blacklist nggak saya komen tapi langsung oh besok nggak datang lagi

    BalasHapus
  4. Haha no. 6 tuh kayak penjual di pasar yang protes sama adanya marketplace tapi mereka sendiri kalo jualan bikin orang ilfil karena judes dan suka nyindir orang yg gak jadi beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, kemarin lihat di IG ada beberapa netizen yg upload kalau pasar sekarang sepi, penyebabnya ya begitulah.

      Hapus
  5. Paling sering ngalami bisnis yg gak jaga kualitas sih mbak, jd uda kadung suka eh tiba2 pas rame atau viral kualitasnya menurun, mengsedih kalo ketemu yg gini

    BalasHapus
  6. Yang namanya bisnis tidak selamanya selalu untung pasti ada ruginya dan memang banyak faktornya seperti yang Bunda tulis di atas Itulah kenapa harus selalu Istiqomah dan juga memperbaiki segala kekurangan yang ada di dalam bisnis kita kecuali kalau memang sudah parah sekali mau tidak mau harus mulai mencari celah bisnis yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener Bang Aip, kudu evaluasi biar gak rugi.

      Hapus
  7. Keenam penyebab itu emang berdampak banget sama bisnis secara langsung, kemudian banyak juga pembisnis yang kurang evaluasi terhadap cara berbisnis yang dijalankan, enggan menerima masukan serta saran, jadi bisnis yang dijalankan sulit berkembang, stagnan bahkan merugi. Bisnis itu penuh ketidakpastian, maka harus bener-bener evaluasi demi kemajuan, brief pekerja lebih details dan pahami karakter setiap pekerja supaya posisi yang mereka tempati pun sesuai kemampuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, sayangnya ada tipe pedagang yg dikasih masukan maah nyolot.

      Hapus
  8. Waduh pas banget semalem baca buku pelajaran wirausaha anak saya yg SMA, judulnya sama, penyebab kegagalan bisnis. Tambahan dr yg udh disebut di atas, sebab lainnya kata buku itu adalah: tidak bisa manajemen waktu, dan tidak ada dukungan dr keluarga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak. Support system dari keluarga itu penting banget.

      Hapus
  9. Betuuuuul, disiplin keuangan paling penting sih.

    Aku sendiri ada bisnis kecil2an mba. Dan itu aku pisahin banget antara uang bisnis, dan uang pribadi. Rekeningnya aja beda.

    Lalu aku disiplin soal pembayarannya. Walopun yg beli aku, ttp aku bayar. JD ga seenaknya ambil.

    Dan kluarga juga gitu, harus bayar. Ga ada ya cerita gratis 😄. Aku diajarin papa yg memang pebisnis pisahin selalu bisnis dan keluarga.

    Bisnis ya bisnis, keluarga ya keluarga. Kalo udh masuk ke ranah bisnis, keluarga sekalipun hrs bayar 😁

    Papa punya bakery shops, tiap aku belanja aja ttp bayar normal kok 🤣. Kecualiiii rotinya aku ambil dr dapur produksi, yg blm masuk ke dalam hitungan. Tapi aku emoh. Lah biar gimana itu kan bisnis kluarga juga. Masa iya aku mau ambil gratisan 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa iya kak Fanny. Jangan mentang2 punya keluarga sendiri lalu makan gak bayar.

      Hapus
  10. Kalau aku dulu kendalanya, uang jualan dan pribadi kecampur di rekening jadinya kadang terpakai huhu parah deh kalau ingat jualan online dulu tapi jadi kangen pengen jualan lagi

    BalasHapus
  11. wajib banget diperhatikan ya untk para pebisnis pemula, agar usahanya untung terus ga sebaliknya, dan pastinya dengan mengetahui pengalaman orang penyebab gagal bisnis ini, jadi acuan kita buat menyusun strategi agar usaha cuan terus

    BalasHapus
  12. Akutu kalau belanja, mau online atau offline, suka ngliat cara seller-nya berjualan. Bukan berarti harus beramah-ramah yang berlebihan gimana.. tapi kudu memberikan informasi yang baik bagi calon pembeli. Gak perlu terlalu terkesan "maksa", pasti kalo aku suka, aku pasti beli kok.

    Heheh, aga rewel pembeli kaya aku gini.
    Tapi aku jarang nawar siih.. Kaya uda percaya aja sama sellernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh Lendy, yg penting komunikasinya enak ama si seller.

      Hapus