Jumat, 01 Desember 2023

Review Film Ganjil Genap, Kisah si Gala yang Galau Karena Ditinggal Kekasih

 Pernah gak denger cerita tentang pasangan yang udah lama pacaran tapi nikahnya ama orang lain? Naah di review film Ganjil Genap ini daku mau cerita tentang si Gala yang putus setelah pacaran selama 8 tahun ama Bara. Nyesek gak?

 

Judul: Ganjil Genap

Produsen: Manoj Punjabi

Sutradara: Bene Dion R

Pemain: Clara Bernadeth (sebagai Gala), Baskara M (sebagai Bara), Oka Antara (sebagai Aiman), Aryo Wahab (sebagai Reno), Nadine Alexandra (sebagai Sydney), Joshua (sebagai Nandhi), Lydia Kandou (sebagai ibunya Gala)

Tahun: 2023

Durasi: 124 menit

Adaptasi dari novel berjudul sama karya Almira Bastari.

Film Ganjil Genap

 

 

Nahh daku tuh agak telat nonton film Ganjil Genap karena keburu turun layar di bioskop. Namun Alhamdulillah barusan ada di aplikasi Prime Video. Mumpung weekend nonton dong! Apalagi daku udah baca bukunya juga.

Gala adalah wanita muda (pekerja kantoran) yang pacaran selama 8 tahun dengan Bara. Namun tiba-tiba Bara minta putus saat mereka berdua di dalam mobil, di dalam parkiran! 

Clara Bernadeth
                                           Gala
 

Belum selesai Gala menangis karena kaget dan sedih eh udah lucu (sekaligus miris) karena ada sopir taksi online yang datang untuk menjemput Gala. Iyaa si Bara yang pesan, biar dia enggak susah-susah ngantar Gala pulang.

Gala jelas shock berat karena mereka berdua adalah pasangan romantis dan bikin iri banyak orang. Penggambaran anniversary tiap tahun manis dan muluus banget, sukaa deh ama sinematografinya.

KOK BISA PUTUS?

Yaa karena emang gak jodoh aja. 

Baskara Mahendra
                                           Bara
 

Tapii sayangnya Gala makin galau karena ternyata Bara langsung move on dan punya pacar baru dan mereka bertunangan padahal hubungannya belum sampai 3 bulan! Gimana, masih mau baca review film Ganjil Genap? Lanjut yuuk.

Support System yang Solid

Kasiaan banget Gala, merasa jadi wanita terjelek sedunia. Namun ia masih merasa beruntung karena punya support system dari sahabat-sahabatnya: Nandhi dan Sydney. 

Joshua Suherman

 

Juga orangtuanya yang sayang dan kocak banget, sampai ngajak karaoke bareng.

Nandhi dan Sydney berusaha agar Gala cepat punya calon suami. Tujuannya biar dia yang nikah duluan daripada Gala. Namun dari 3 calon yang diajukan zonk.

Mas Aiman yang Matang dan Lucu

Nahh ajaibnya Gala malah kenal ama Aiman secara tidak sengaja. Gala yang nekat nonton sendirian memohon agar Mas Aiman menjawabkan telepon dari sang mama.

Oka Antara
                                              Aiman
 

Mas Aiman akhirnya ngajak kenalan dan sekaligus ngajak jalan. Katanya sih dia suka tipe cewek lucu kayak Gala. Tapii tapii….

Gala curigation Mas Aiman itu asedese atau anggota lagibete karena ternyata dia nonton ama Reno. Gerak-geriknya aneh dan posesif ama Aiman. Ewww….

Reno
                                             Reno
 

Gala tetap positive thinking lalu suatu hari saat mobilnya bermasalah, dia minta tolong Mas Aiman untuk membenarkannya. Padahal sudah hampir jam 9 malam. Tapi Mas Aiman mau-mau aja menolong.

Saat Gala dirawat di RS karena GERD-nya kumat. Pas buka mata ehh sudah ada Mas Aiman. Ternyata dia adalah dokter gigi dan kerja di RS yang 1 grup ama RS tempat Gala dirawat. Makanya bisa menyelidiki dan mencari di mana tuh cewek (kangen nih ye).

Ketika mereka dekat sayangnya Bara malah ngajak Gala balikan. Sementara Mas Aiman belum mau berkomitmen (padahal umurnya udah 30+). Gimana, Gala milih siapa? Nonton yuk!

Ada Sydney!

Iyaa Sydney yang ada di buku Melbourne Wedding Marathon muncul juga di sini. 

Nadine Alexandra
                                            Sydney
 

Namun bedanya di sini Sydney udah nikah dan punya 1 anak cewek. Nikahnya ama crazy rich jadi Sydney digambarkan punya kalung emas gede, pakai tas branded, dll.

Ini review novel Melbourne Wedding Marathon ya, baca di sini.

Only Friend

Di film ini digambarkan hubungan persahabatan antara cewek dan cowok. Bahkan pacarnya Nandhi juga gak cemburu saat Gala jalan-jalan ama Sydney dan Nandhi. Saking akrabnya mereka bertiga saling panggil beb.

Almira Bastari
                                           Almira Bastari
 

Ini nih yang daku suka ama karya-karya Almira Bastari. Ada support system yang kuat dari sahabat-sahabat sang tokoh utama.

Di film ini Clara Bernadeth reuni lagi dengan Nadine Alexandra setelah sebelumnya mereka main di film Perfect Strangers, baca  reviewnya di sini.

Film vs Novel

Seperti yang sudah daku bicarakan beberapa bulan lalu, kalau ada buku yang diadaptasi jadi film tentu gak 100% sama. Mungkin hanya Harry Potter yang adaptasinya nyaris sama.

Kalau klean udah baca buku Ganjil Genap bisa jadi agak kecewa karena kemiripannya hanya sekitar 70%. Bagiku enggak masalah karena yang penting inti ceritanya sama.


 

Pertama: di novel digambarkan Gala dan Bara pacaran selama 13 tahun (sejak SMA) tapi di film ‘hanya’ 8 tahun. Kedua, di novel si Gala pengen nikah cepet-cepet karena orang tuanya tidak mau dia ‘dilangkahi’ (karena adek ceweknya baru dilamar), sementara di film ini tidak ada tokoh adiknya.

Ketiga, tidak ada tokoh-tokoh di buku seperti suaminya Sydney (yang ternyata kenal ama Aiman). Tidak ada Detira, sahabat Sydney (yang mengajak Gala jalan-jalan ke Malaysia lalu kenalan ama bangsawan di sana). Otomatis adegan di Malaysia di-cut. 

Film Ganjil Genap

 

Tapi gak apa-apa, filmnya masih bisa dinikmati. Satu pesan yang didapat dari film Ganjil Genap: jangan kelamaan pacaran, nanti jagain jodoh orang.

Oh ya kalau mau baca lebih lanjut tentang film adaptasi bisa cuss ke blognya Bang Raja Lubis. Gimana, maukah klean nonton di Prime setelah baca review film Ganjil Genap ini? Atau cukup baca bukunya?

15 komentar:

  1. Saya masih pikir-pikir nonton film kalau ujung-ujungnya pisah, suka galau sendiri, hahaha ... eh, apa sih, orang tua dilarang galau. Betulan, saya mau nonyon film kalau happy ending makanya kalau nonton drakor saya cari yg sudah tayang semua episodenya terus langsung klik episode terakhir, kalau endingnya happy baru deh mulai dari episode awal. Lucu yah...
    Kata anakku, mama tuh type yg tidak mau melihat proses. Mungkin sudah kelamaan lihat berbagai proses dan mengalaminya juga.

    BalasHapus
  2. Baruuuuu banget semalam aku liat temen ada yang membagikan cuplikan adegan Ganjil Genap ini di IGSnya. (tepatnya adegan saat Joshua nyangka Oka dan Ario pacaran) hahaha, kocak. Aku belom nonton tapi udah janji bakalan nonton sesegera mungkin.

    Aku suka Baskara juga sejak dia main di Bebas. Tinggal namatin Grey's Anatomy Season 6 dulu aku sebelum bisa beralih ke film. Can't waait nonton Ganjil Genap ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh film Bebas malah daku belum nonton nih, Mas.

      Hapus
  3. wah seru nih, diangkat dari novel tapi cuman 70% sama, malah bikin penasaran dong. Ngga membosankan dan pasti menemukan hal baru diakhir cerita. Penggambarannya lebih spesifik kali nih, cakep puol!

    BalasHapus
  4. Wew.. Bara yg mutusin, ujungnya ngajak balikan lagi. Maless denger cowok kelakuan ky gitu deh. Gala move on yuk, msh bnyk cowok yg lebih baik dan setia. Eh, akhirnya jadi sama siapa? Aiman kah? Hehe penasaran akhir critanya

    BalasHapus
  5. Judulnya familiar tapi baru sekarang tau sinopsisnya gimana, saya tuh sebenarnya kurang suka film tentang percintaan tapi kalau ada persahabatan kayak pertemanan itu suka kayak get married juga

    BalasHapus
  6. Saya malah belum pernah nonton film ganjil genap ini tapi pas baca sinopsisnya kok menarik juga ya walaupun sebenarnya Syah saja saat novel tidak sama dengan film karena pastinya ada perbedaan terutama karena durasi waktu yang mengharuskan versi film lebih singkat ataupun berbeda

    BalasHapus
  7. Kalo kemiripannya cuma 70%an, kayaknya aku prefer baca novelnya aja deh hahaha. Soalnya premis ceritanya juga mirip banget sama hidupku. Dulu pernah deket sama seseorang juga, tapi akhirnya nikahnya mah masing-masing wkwkwk

    Line up pemerannya oke-oke juga ya. Jadi makin penasaran nonton.. Tapi ah, saya baca bukunya aja dulu hahaha

    BalasHapus
  8. Berhubung aku ga ada bukunya, jadi mau nonton filmnya dulu mba. Kebetulan aku juga langganan prime 😄.

    Sebenernya ga masalah sih kalo film ga 100% sama Ama novel, asalkan bisa dinikmati aja. Kayak gadis kretek juga ga sama, tapi ga melenceng jauh juga.

    Paling sebel kalo udah melencengnya kejauhan 🤣🤣

    BalasHapus
  9. ga ada spoiler fullnya nih mbak hahahaha
    karya Almira baru aku baca novel yang home sweet loan, tapi belum kelar. waktu itu mau check out buku yang ganjil genap, tapi karena belum yakin bisa menyelesaikan novel dengan cepat, jadi satu buku dulu yang dibeli

    liat filmnya kayaknya boleh juga nih, daripada meraba-raba ceritanya, lebih cepet selesai juga sih kalau film daripada baca buku hahha

    BalasHapus
  10. Aku baca bukunya..
    Aku juga suka banget sama penulisnya, Almira Bastari.
    Tapi ya gitu.. asa belum dapet "feel"nya pas baca karyanya yang lain. Khas ganjil genap itu kehidupan perkantoran Jekarda, gitu yaa..

    BalasHapus
  11. Aku happy deh makin banyak Film Indonesia yang berkualitas...
    Semoga semakin banyak film berkualitas lain dan semakin banyak novel-novel berkualitas yang bisa dinikmati warga +62

    BalasHapus