Jumat, 08 Desember 2023

Sudah Bikin Resolusi? Semoga 2024 Jauh Lebih Baik

 

Setelah menulis tentang ‘resolusi itu penting atau tidak?’ maka daku bikin konten lagi tentang resolusi.

Baca:Resolusi, yes or no?

Biasanya tiap Desember daku bikin resolusi. Sejak beberapa tahun bertekad ingin hidup lebih sehat, ingin punya banyak tabungan, dll.

Namun kenyataannya?

Yaa memang sudah berhasil makan sayur nyaris tiap hari.


 

 Namun tetap belum bisa mengurangi konsumsi gula (walau sudah ngurangi ngopi jadi hanya 1-2 kali seminggu). Olahraga juga belum bisa rutin.

Baca: review baju olahraga

Walau resolusi belum 100% berhasil tapi daku tetap dong bikin resolusi. Menurutku resolusi tuh penting agar hidup ada peningkatan. Katakanlah udah bikin 5 resolusi, dan ada 3 poin yang berhasil. Minimal hidup akan lebih baik meski hanya 60%.

Jadi, Apa Resolusinya?

Resolusiku tahun 2024 sih simple aja: lebih sering dan konsisten dalam bikin konten. Baik di blog dan media sosial.

Konsistensi emang wajib ya, dear. Bikin blog sih gampang, tinggal beli domain. Namun harus diisi dong!


 

Daku bersyukur tahun ini ada peningkatan jumlah blogpost daripada tahun kemarin. Daku juga bertekad untuk terus menulis dan menulis, bikin konten setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Pertama yang harus diselesaikan adalah ­draft-draft yang sudah menumpuk di laptop. Juga kumpulan foto yang ada di HP. Jika sudah dimulai maka harus diselesaikan dan diunggah ke blog.

Kedua, jangan terlalu memikirkan jumlah pageview. Kalau belum mencapai target ya tidak apa-apa. Angka-angka itu jangan bikin stress. Toh tulisan lama juga bisa diperbaiki, bisa riset keyword lagi, dibenahi lagi blognya, dll.

Baca: Jadi blogger yang bahagia tanpa terbebani PV

Menulis Itu Sangat Gampang

Bagiku menulis itu gampang karena seperti kata pepatah bisa karena biasa. Serius deh, kalau klean sering nulis (setidaknya 2-3 kali seminggu) nanti lama-lama enteng banget. Tentu dengan syarat kudu banyak baca (buku / blog orang lain) dan sesekali jalan-jalan untuk cari inspirasi.

Pengalamanku selama lebih dari 5 tahun kerja sebagai penulis konten bikin daku biasa untuk nulis cepat dan banyak dalam sehari. OK, nanti daku tuliskan lagi apa saja yang dikerjakan oleh seorang content writer.

Awalnya nulis sehari 500 kata itu penuh tantangan. Lama-lama naik, dalam 24 jam bisa nulis 800, 1.000, bahkan 2.000 kata.

Entah sudah tercapai atau belum 10.000 jam terbangku, yang jelas kalau biasa nulis maka akan cepat dan gampang. Yang penting sebelumnya riset dulu dan punya niat yang kuat untuk menulis.

Semoga 2024 daku bisa konsisten untuk nulis dan bikin konten. Lebih teratur menggambar, bikin video, dll. Nah, resolusi klean apa aja?

13 komentar:

  1. Bismillah, resolusi kita samaan Mbak. Aku juga tahun depan lagi berharap semoga bisa meningkatkan jumlah konten dengan konsisten. Syukur-syukur kalau bisa ningkatin ibadah, dan ningkatin pendapatan juga, hahaha.

    Pokoknya Amiiiiin dan Bismillah, ikhtiar terus.

    BalasHapus
  2. Siapa ya yang bikin target 100 tulisan dalam setahun. Kalau nggak salah Mbak Dita. Dan beliau sukses. Wow aku takjub banget. Aku tahun depan gak muluk-muluk, seminggu 1 tulisan aja. Setahun dapet 48. Atau ya genapin 50 deh hehe. Kalau nggak tercapai, ya 20-30 juga udah lumayan mengingat 2023 ini aku maleeeees banget nulis. Baru semangat belakangan aja karena join grupnya mbak Fanny :)

    BalasHapus
  3. Dari tahun-tahun sebelumnya saya selalu buat resolusi tentang buat konten minimal sekian jumlahnya, tapi lucunya setiap tahun nggak pernah terealisasi. Akhirnya bulan September kemarin ganti domain Semoga ini bisa jadi patokan baru buat saya untuk bisa realisasi resolusi di 2024 nant,i karena kalau enggak rugi udah keluar duit wkkwwk

    BalasHapus
  4. Yup.. Tahun baru mulai hidup yg baru termasuk mulai rajin nulis sebab nulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain..

    BalasHapus
  5. Nggak nyangka udah bulan Desember aja, hiks rasanya cepet banget. Resolusiku dalam dunia blog, di tahun 2023 masih ada males-malesnya, kurang konsisten, memang ada kalanya nulis sehari bisa 2-3 artikel. Ini aku akui udah paling hebat hahahha

    terus akhir akhir ini aja yang memang kendor
    2024 pengennya ga males-males, sering baca buku juga maunya, karena selama ini rajin beli tapi ga sempet dibaca

    BalasHapus
  6. Idem mbakkkk....resolusi blog harus jalan terus minimal semingu sekali posting syujur2 lebih hehe...yang penting nulis aja urusan PV dan lain2 belakangan aku sempet pusing juga mikirin pv dkk nya tapi trus ya wis lahh dibenahi sambil jalan...satu lagi semoga dari blog juga bisa menghasilkan pemasukan dan lebih dikenal aamiin :)

    BalasHapus
  7. wah banyak banget resolusi tahun 2024 ini semoga semuanya tercapai ya mba, dan ga berasa banget udah akhir tahun aja dan menjelang beberapa hari saja memulai tahun baru ya mba

    BalasHapus
  8. Aku kapok dgn resolusi tahunan kak, jarang terealisasi wkwk.. Jdnya aku setting goal anytime, gak harus nunggu akhir tahun. Anyway semoga semua harapan dan target kita tercapai ya. Aamiin

    BalasHapus
  9. Setujuuu, lama2 kalo semakin sering menulis, jadi gampang kok. Lebih mengalir aja ntr. Aku ngerasain sendiri, sejak rutin bikin draft tulisan.

    Kalo bicara ttg resolusi, aku selaku buat mba, walo kdg ga achieve. Tp setidaknya aku ada pegangan apa yg harus aku raih. Jadi ga buta 😅.

    Ga masalah ga achieve, artinya hrs ada yg diperbaiki. Atau bisa jadi targetnya terlalu ketinggian.

    Cuma 2024 ini aku mau masukin target ibadah juga, sebelumnya ga ada.

    Pengen banget ngebiasain utk tahajud. Ga usah tiap malam, tapi at least aku usahain dalam seminggu ada 3x. Baru ntar pelan2 aku tambah waktunya. Krn ini yg paling susah sih . Kalo mau tahajud, aku hrs tidur cepat. Setidaknya bantu juga biar bisa lebih sehat, Krn tidurku pun blm teratur, masih suka begadang.

    BalasHapus
  10. Bismillah semangat mbak.
    Resolusi ku meningkatkan ibadah, konsisten olahraga, lebih pandai mengatur waktu, konsisten menulis dan membuat konten bermanfaat. Kemudian bisa lebih mandiri secara financial serta mampu travelling aamiin. Semoga bisa terlaksana dengan baik dan maksimal.

    BalasHapus
  11. Wah rajin sekali udah bikin resolusi untuk tahun depan yang tinggal menghitung hari. Saya mode-nya masih liburan, setelah hari ini menyelesaikan deadline pekerjaan. Wkwk..

    Bismillah semoga resolusi tahun 2024 bisa terealisasikan dan tahun depan lebih baik dari tahun sekarang ya Mba..

    BalasHapus
  12. Aku sih nulis blog masih sesuai mood atau sesuai deadline job aja. Masih belum bisa dijadwal gitu soalnya kadang writers block. Tapi di 2024 sih aku berencana mau banyak baca buku sbg resolusi

    BalasHapus
  13. Resolusiku terkait menulis sih kayanya masih ngikutin target tahun lalu.
    Hehhee, karena passionku di drama korea dan film sama budaya dan literasi. Jadi resolusi tahun ini mau mulai ngisi konten di IG buku lagi.

    Kemarin abis termenung lamaaa..
    Kaya yang, padahal aku dulu semangat banget bikin IG ini, tapi kenapa sekarang dicuekin?

    Aga sediii.. padahal membaca itu selalu aku lakukan setiap pagi, minimal 15 menit.

    BalasHapus