Minggu, 24 Desember 2023

Review Warung Parikaton, Sensasi Makan di Tengah Sawah

 

MAKAN DI SAWAH?

Teman-teman kalau makan lebih pilih yang menunya enak, pemandangannya bagus, atau keduanya? Nah kali ini daku mau paparin review Warung Parikaton, restoran di Kabupaten Malang yang letaknya di persawahan. Otomatis dapat view cantik dan menyejukkan mata.

Arisan di Warung Parikaton

Tanggal 17 Desember 2023 daku dapat rezeki untuk datang plus menikmati makanan di Warung Parikaton. Karena ada undangan dari seorang tetangga (Ibu D) yang ketempatan arisan RT. Akhirnya jam 3 sore lepas ashar langsung ke sana dan diantar oleh paksuami.

Warung Parikaton

 

Waktu awal masuk ke Warung Parikaton sudah langsung betah karena suasananya jadul dan bernuansa Jawa. Warungnya terbuat dari kayu (kayak rumah joglo gitu). Di bagian depan ada hiasan berupa wayang (maaf gak kefoto).

Warung Parikaton Malang

 

Di bagian dalam ada hiasan lagi berupa jagung yang dikeringkan, pernak-pernik kuno, dll. Benar-benar bikin betah. Saat arisan semua peserta juga gembira dan foto-foto di sana. Karena berkesan akhirnya daku bikin review Warung Parikaton sehari setelah berkunjung ke situ.

Viewnya Bagus dan Suasananya Sejuk

parikaton

 

Warung Parikaton berarti pari=padi dan katon=kelihatan jadi maksudnya dari sini bisa kelihatan persawahan (karena berdempetan). Jadi semua pengunjung menikmati suasana pedesaan jaman dulu. Ada juga kolam ikan yang menambah keindahan di Warung Parikaton.

Makanannya Enak

Nah yang positif dari Warung Parikaton adalah rasa makanannya benar-benar enak, jadi gak sekadar jual view. Karena arisan maka yang dipesan adalah menu paket yang terdiri dari beberapa bakul nasi putih, ayam goreng, ikan gurami asam manis, ikan mujair goreng, jamur goreng krispi, tumis kangkung, urap-urap, dan sambal terong. Minumannya teh panas dan es teh.

makanan di parikaton

 

Daku nyicip ayam goreng, ikan asam manis, dan tumis kangkung. Potongan ayamnya besar banget dan walau bagian dada tapi matang sampai ke dalam dan bumbunya meresap. Kangkungnya gurih dan tingkat kematangannya pas. Sedangkan ikan asam manisnya juara banget karena saosnya yang pas, tidak terlalu asam, dan ikannya juga tidak terlalu kering. Kalau kata ibu-ibu lain sambal terongnya juga enak. 

menu di warung parikaton

 

Karena ditraktir maka daku kurang tahu harganya. Namun setelah cek di Google harga di Warung Parikaton masih affordable. Nasi putih 5.000/porsi, aneka sambal 8.000, ayam goreng 15.000, dll.

Lokasi Warung Parikaton

Kalau klean mau ke Warung Parikaton tinggal ngikut GMAPS aja karena titiknya sudah sesuai. Sedangkan alamatnya di JL. Wijaya Kusuma nomor 100B Sekarpuro, Pakis, Kabupaten Malang. 

parikaton malang

 

Beneran pas ke sana warungnya ramai terus padahal bukan jam makan siang. Dari lepas ashar sampai hampir maghrib ada saja pengunjung yang datang. Rata-rata keluarga yang ingin makan enak sambil menikmati akhir minggu. Gimana, sudah pengen makan setelah baca review Warung Parikaton?

34 komentar:

  1. Aku pastinya milih rasa yang pertama. Tapi kalo dapet sekalian view cakep, bonus lah berarti ๐Ÿ˜๐Ÿ‘. Duuuh ntah kapan bisa ke malang lagi mba, pengen sih wiskulan lagi kesana.

    Ini yg takjub harganya itu looh msih murah ๐Ÿ˜. Biasanya kalo view udh cakep harga suka dimahalin hihi.

    Lalapannya banyaak ya mba... Sebagai pecinta lalapan ini wajib buatku.

    BalasHapus
  2. Makanannya kalau enak,murah, apalagi pemandangannya indah sih mantep banget. Jadi tempat tujuan untuk kulineran

    BalasHapus
  3. salah satu nikmat dunia adalah bisa makan enak dan nyaman terus pemandangannya indah hijau seperti di Parikaton ini mba, sayangnya pas ke Malang beberapa bulan lalu ga mampir ke sini buat cobain makananya, kayaknya kalau ke Malang smeoga bisa mampir makan di sini mba

    BalasHapus
  4. Untuk bangunan seniat dan sebagus ini, harga menunya apa ga kemurahan ya? Kebetulan Aku salah satu yang ngutamain rasa ketimbang suasana sih, (sama harga juga, tentunya hahaha).

    Kalo lokasinya di Jabodetabek, kayaknya harga makanannya bakal melambung tinggi.

    BalasHapus
  5. wahhh paling asik ini kalau makan lalapn trus disuguhi pemandangan dan suasana pedesaaan sawah kayak gini pasti bikin betah...apalagi makanannya juga enak2 dan harga yang murah. Ditambah semilir angin di antara sesawahan pasti bikin malas beranjak pulang hehehe

    BalasHapus
  6. Murah ya harga makanan dan minumannya, udah gitu rasanya enak, ditambah pemandangannya oke banget di tengah sawah, wah recommended!

    BalasHapus
  7. Daerah Pakis, lumayan juga kalau dari kota ya
    tempatnya tenang, vibesnya rumahan, terus aku penasaran sama sambel terongnya, enakkk kayaknya

    kalau soal harga makanan di malang, terjangkau, mungkin kalau untuk sekelas resto yang high end memang agak mihil juga

    BalasHapus
  8. Tempat wisata alam tuh biasanya targetnya turis yg kurang terapi mata yg hijau2 ya, di sini tempat ug dekat sawah begini rame banget apalagi kalau hari Minggu

    BalasHapus
  9. Warung Parikaton ini menarik banget, aku suka makan makanan enak dan tempat nya nyaman pemandangannya masya Allah indah, hamparan sawah, hijau nyegerin. Udah gitu menu yang tersaji menggugah selera, pantes kalau warung nya rame terus dan poin plus nya harga ramah dikantong, auto komplit ya.

    BalasHapus
  10. Kena semilir angin sawah ini enak banget yaa..
    Apalagi suasananya rada mendung-mendung kelabu. Selain buat makan dengan pemandangan sawah yang hijau dan menenangkan, juga bikin deep thinking kalau untuk jadi sepiring nasi, padi itu melewati proses yang panjaaang..

    Itadakimasuuu..

    BalasHapus
  11. suasana rumah makannya enak, di pinggir sawah. menikmati hidangan sambil di iringi semilir angin dan memandang bentang sawah nan hijau. nyaman sekali vibesnya hehehe

    BalasHapus
  12. Bagi yang tinggal di kota, rumah makan bernuansa alam gini tuh asyik banget loh, soalnya di kota kan nggak ada. Apalagi kalo menu makanannya enak, pasti makin bikin betah deh. Harga menu makanan di Warung Parikaton ini cukup terjangkau ya, dengan suasana yang nyaman gini, bakalan bikin nafsu makan jadi bertambah. Very nice info....

    BalasHapus
  13. sekarang makin banyak yang mengusung cafe atau rumah makan konsep nature gini, dan memang peminatnya banyak, suasananya tuh mendukung untuk refreshing dari penatnya kesibukan, nyaman dan makanannya menggugah selera

    BalasHapus
  14. asyik tempatnya. jadi kayak nyicipin kehidupan tempoe doeloe ya. rumahnya. mungkin juga suasananya yang dekat sawah. pantes kalau rame. apalagi kalau makanannya enak. wuih. mantap

    BalasHapus
  15. Konsep tempat makan di tengah sawah itu memang lagi in Mbak. kalau saya, terakhir itu di Solo. konsepnya hampir sama dengan Parikaton ini.
    Dan menu yang ditawarkan juga beragam dan harga terjangkau ya, Mbak.
    Apalagi makan bareng keluarga, kerabat, atau teman.

    BalasHapus
  16. DUh segar banget makan enak di sawah dengan segala makanan khas rumahan, nikmat banget pastinya beban rasanya hilang ya mba heheh, makan enak dengan pemandangan yang sangat asri hijau

    BalasHapus
  17. Wah dari fotonya udah suasana desa banget nih. Asri, hijau, dan vintage bangunan rumah makannya. Jadi auto keinget desa mbah buyutku

    BalasHapus
  18. Kalau lihat dari foto, tempatnya klasik ya, Kak. Pasti menyenangkan makan di sini, di dekat sawah lagi. Jadi ingat pas ke sawah saya, beneran nikmat loh makan di sawah itu.

    BalasHapus
  19. Emang asyik Mbak menikmati makanan dengan view sawah, kalau di Boyolali adanya tempat ngopi dan juga ada warung soto.

    BalasHapus
  20. Menu di Restoran Parikaton ini enak bangett..
    Berasa masakan Ibu.

    Makannya bareng ibu-ibu arisan, jadi semakin seru yaah...
    Ka Avi rumahnya di Surabaya kan ya.. Lumayan perjalanan Sby-Malang nih yaa...

    BalasHapus
  21. Wah buat makan malam kek nya asik banget nih ya kak di Warung Parikaton.
    Apalagi buat ngajak keluarga semisal arisan gitu bakalan seru deh

    BalasHapus
  22. Wah suasana ndeso sejuk dapat ya.. apalagi dekorasi saung saungnya juga bikin lebih asyik gitu menikmati makanan bersama.

    BalasHapus
  23. Wah, bund, tempatnya nyaman banget dan menunya enak-enak. Saya senang banget situasi resto yang back to nature kaya gini. Lebih down to earth yaaa.

    BalasHapus
  24. Wah, suasananya asyik gitu ya, Kak, mana harga makanannya juga terjangkau banget. Kalo ke Malang, sepertinya harus menyempatkan makan di Warung Parikaton ini nih.

    BalasHapus
  25. Kalau ke Malang boleh nih mampir untuk menikmati atmosfer di Parikaton. Nama rumah makannya unik ya

    BalasHapus
  26. Di tempat ku juga ada warung makan yang lokasinya di pinggir sawah kak. Enak dan sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Bikin tambah nikmat makan๐Ÿ˜

    BalasHapus
  27. Wah, mantap banget ya makan di Warung Parikaton! Pemandangannya udah bikin hati adem, apalagi makanannya enak semua. Gak cuma jualan suasana, tapi juga bikin lidah seneng. Bakal jadi pilihan yang oke buat quality time bersama keluarga atau teman-teman. Makasih udah sharing pengalaman serunya kak! ๐Ÿ˜Š๐ŸŒพ๐Ÿฒ

    BalasHapus