Jumat, 08 Desember 2023

Bakso Oslo, Bakso Malang atau Bakso Solo? Yang Penting Enak

 

Siapa suka makan bakso?

Bakso emang jadi favorit banyak orang ya. Apalagi di musim hujn kayak sekarang. Nahh di Malang tuh banyakkk banget bakso yang enak. Mulai dari yang di warung, restoran, sampai yang keliling juga OK punya.

Kali ini daku mau ngereview bakso langganan keluargaku yaitu Bakso OSLO. Dari namanya udah unik ya, ini Oslo Norway atau plesetan dari Solo? Entahlah, nanti kalau ketemu bapak ownernya lagi kutanyakan.

Kuah Bakso yang Light

Salah satu ciri khas bakso di sini adalah kuahnya yang cenderung light. Walau tidak keruh tetapi tetap kerasa bumbu dan kaldunya. Asinnya pas dan makin gurih karena ada tambahan bawang goreng dan potongan daun bawang.


 

Kenyalnya Tidak Berlebihan

Di Bakso Oslo rasanya itu enak dan sesuai dengan lidahku. Yang daku suka tuh kenyalnya tidak berlebihan, yang artinya dia tidak pakai tepung kanji terlalu banyak. Tapi sepertinya di sini pakai daging sapi mix ayam ya, yang penting enak lah.

Untuk bakso kasar (bakso urat), uratnya tidak terlalu banyak. Tetapi malah enak karena mudah untuk dimakan. Saladin tetap suka bakso halusnya jadi bakso urat sering dikasihkan ke bundanya, hihihihi.

kadang habis makan bakso, Saladin masih minta nasi goreng.

Baca: Resep nasi goreng

Jadi, ini Bakso Malang atau Solo?

Di Malang juga ada bakso Solo tetapi bakso Oslo ini tidak pure bakso Solo karena ada gorengannya. Kalau bakso Solo kan Cuma pentol ama su’un ya? (minta koreksi kalau salah).



Sedangkan ciri khas bakso Malang adalah ada ekstra gorengan yang terbuat dari kulit pangsit (yang diisi adonan kanji). Ya, entah ini aliran bakso mana, yang penting enak.

Ada gorengan pedas juga yang berbentuk tabung. Sedangkan gorengan mekarnya renyah dan gurih. Harga 1 porsi bakso campur hanya 13.000 rupiah.

Tapi sayang tidak ada mie kuning / lontong di bakso Oslo. Karena kalau beli 1 mangkuk bakso campur dapatnya beberapa butir bakso, 1 tahu cokelat (isi adonan kanji), sedikit su’un, dan 1 goreng mekar. Klean suka makan bakso pakai lontong atau nasi putih?

Ada Es Teler Juga

Setelah makan bakso saatnya minum yang segar-segar. Yang spesial di bakso Oslo adalah es telernya. Harga Cuma 13.000 dan untuk es teller durian harga 16.000 seingatku. 1 gelas es teller berisi kelapa muda, alpukat, dan isian lain, diberi es, krimmer kental manis, dan rasanya legit.


 

Lokasi bakso Oslo ada di Jl. Tariku I, Perumahan Bunul Asri, Bunulrejo, Kota Malang. Masuk aja ke gerbang perumahan, langsung kelihatan warung baksonya di pojok.

Ada di Gofood juga di bakso Oslo ini kalau klean mau delivery order. Gimana, sudah makan bakso hari ini?

52 komentar:

  1. Saya juga suka bakso yang nggak terlalu kenyal. Eh, Saladin sama kayak aku deh. Nggak doyan bakso urat. Hehehe

    BalasHapus
  2. Whah bakso tuh salah satu makan kesukaan saya juga, pokoe' makanan favorit sejuta amat kayanya, ya.
    Recommended nih kalau jalan-jalan ke Malang buat mampir di Bakso Oslo, ya. Dari gambarnya saja sudah menggiurkan sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iyaa di Malang ada banyak warung bakso, tapi yg cocok baru ini.

      Hapus
  3. Duhhh bakso ini beneran kategori comfort food yang oke banget sih menurutku. Apalagi kalau dasar kuahnya sudah sedep dan gurih, rasanya semua yang dicemplungin kedalamnya bakalan enak banget! apalagi daipadankan dengan es campur! oke banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Don waktu stay di Malang puas banget makan bakso yaπŸ˜„

      Hapus
  4. Wah mampir ah kalo ke Malang. Udah lama ga ke Malang meski 3 jam jg sih dr sini haha. Salam dari Kediri kak. Smg nanti bs ngobrol2 dan makan di bakso sini. Hehe.

    BalasHapus
  5. saat membaca nama Oslo, saya langsung teringat pengaturan di story instagram, Mbak. kebetulan saya suka pakai Oslo hehehe.
    Dan dari fotonya langsung bikin ngiler nih, Mbak. Tinggal tambah kecap dan saus, plus sedikit cuka. Harganya juga 13 ribu, pas di hati dan kantong hehehe.

    BalasHapus
  6. Kalau ke Malang kalau ga ke Bakso Kota bisa ke Bakso Sayur. Kalau bakso oslo sendiir baru denger, kalau di Malang ada bakso ini. Sepertinya bakal jadi rekomendasi buat saya kalau ke Malang nih

    BalasHapus
  7. i love baso, mo baso apapun yg pasti wajib pesan baso telor plus es campur. Pokoke enak pol

    BalasHapus
  8. Bahasa walikan ya haha. Tapi emang unik dari segi nama. Aku pribadi juga suka kuah bakso yang bening dan gak terlalu keruh. Pas dimakan biasanya cuma ditambah cabai aja, atau sedikit saos. Tim tanpa kecap aku haha, sebab kurang suka makanan manis.

    Bedanya di Palembang bakso gak ada gorengannya. Menarik juga ini cara penyajian di sana ya mbak.

    BalasHapus
  9. Iya di dekat rumahku ada beberapa bakso solo juga seingatku nggak pake gorengan. Mungkin dia tipe penjual yang fussion ciri khas sama lidah setempat. Jadi bakso solo tapi menyediakan gorengan seperti bakso malang hihi

    BalasHapus
  10. kuahnya bening yaaaa Kaaaa, keliatan segeeeerrr.. duh makan bakso ditemenin es teler, nikmat banget itu dinikmati tengah hari boloooonggg

    BalasHapus
  11. aduh pas banget bacanya lagi siang panas gini. Makan baso plus es campur gin pasti bikin seger banget. Bisa naikin mood

    BalasHapus
  12. Itu kerupuk pangsit atau risoles kak yang panjang?

    Keknya crunchy banget deh ketemu sama bakso, tinggal tambah saus sama sambal dikit plus pakai lotong atau nasi eh wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerupuk pangsit isi adonan kanji :D

      Daku kadang2 juga makan bakso pakai nasi wkwkkw.

      Hapus
  13. Kalau aku yang penting baksonya enak, ada jamur dan telur puyuh sebagai isiannya
    Soalnya paling suka sama bakso seperti ini
    Apalagi kalau kuahnya wangi

    BalasHapus
  14. Aku juga kurang paham jenis bebaksoan asal mana², yg penting uenak, wkwk.. Duh, nengok kuahnya seger bener, bund 🀀

    BalasHapus
  15. Aku butuh banget nih, rekomendasi kuliner enak di Ngalam.
    Apalagi Malang = Baso.
    Hihi.. kalo ke Malang, ya kulinernya balik lagi baso. Tapi beneran seenak itu euuii.. di Bandung gak ada baso yang kaldunya mantap kaya di Malang atau Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooo kalo di Bandung adanya cuanki yg mirip bakso ya?

      Hapus
    2. Cuanki memang baso.
      Hihi...cuma dikasi mie kuning yang biasanya adalah mie indomie.
      WKwkkw.. kaget yaah..

      Tapi cuanki si..bersih banget kuahnya.
      Aku seneng kuah yang banyak lemak lemaknya kaya baso Jatim gini..

      Hapus
  16. Malang kota bakso
    Ada banyak pilihan bakso yang recommended di Malang
    Termasuk Bakso Oslo ini ya mbak

    BalasHapus
  17. Aku sampai zoom daftar menu keknya banyak deh yaaahhh selain bakso, btwe aku juga penggemar bakso nih, jadi penasaran juga pengen coba di sini.

    BalasHapus
  18. Musim hujan gini emang enaknya ngebakso, palagi di malang surganya bakso, mulai dari bakso keliling yg sering seliweran depan kontrakan dulu sampai bakso kios yang menawarkan varian yg beraneka ragam

    BalasHapus
  19. Salah banget deh baca artikel ini malam-malam. Kan jadi laper pengen nyobain bakso oslo. Unik kuahnya gak begitu keruh ya kak. Dah gitu harganya juga terjangkau pula.

    BalasHapus
  20. bener mbaaa kalo bakso solo isinya cuma bakso sama mie/soon aja klo ada tambahan lain2 sie biasanya bakso malang ya yang komplit hehehe....aku juga suka bakso malang akrena banya isiannya kadang ada pangsit rebus juga ya mba..seger panas isian banyak tambah sambel pas cuaca hujan behhhh gak ada lawan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ada pangsit rebus. Kalo di sini nyebutnya somay basah.

      Hapus
  21. Kalo aku malah lebih suka bakso yang agak banyak uratnya mbak. Emang sih kadang agak susah buat dimakan, tapi entah kenapa kayak gurrrih aja gitu kalo bakso ada banyak uratnya.

    btw itu es telernya ngilerrr bangettttt... Jadi pengen nyicipin juga euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa jadi pengen juga tapi pas hari senin ke sana ternyata tutup

      Hapus
  22. Aku belum pernah coba sih bakso oslo di malang ini, taunya bakso kota, bakso yg dipikul lewat di seputaran kampus UB, sama bakso yg di soehat itu bakso damas ya kalo gak salah. Jd penasaran

    BalasHapus
  23. Gorengannya itu isinya bihun apa bukan ya? kalo isinya bihun berarti mirip sama isiannya soto betawi ya... tapi kuahnya beda

    BalasHapus
  24. Dulu yaa suami ku yg orang solo pernah nyeletuk, kalo bakso yg jual orang solo, dah pasti enak 🀣🀣. Tapi wajar dia bilang gitu, Krn memang solo surga nya bakso πŸ˜„.

    Aku selalu cari bakso langganan tiap kali ke solo mba.

    Tapiii bakso malang juga kesukaanku. Apalagi gorengannya... 😍😍😍. Di jakarta ada bakso Malang cak su kumis, aku suka, Krn gorengannya enaaak. Dulu hrgnya per butir 7 RB, ga tau kalo skr. Aku biasa ambil 7 butir, jadi total 49rb hahahahahha

    Enaak soalnya... Ntr kapan2 coba yg di bakso Oslo ini juga deh

    BalasHapus
  25. Aku suka banget sama bakso, apalagi Bogor sering hujan kan. Bakso salah satu makanan berkuah favorit ku deh. Wah jadi penasaran pengen icip Bakso OSLO kayanya sedep ya..udah tersedia delivery juga nih, next kalau lagi liburan kesana kudu coba in bakso nya.

    BalasHapus
  26. Ya ampun harganya.. Murah amad. Jadi pingin nyobain bakso Oslo bermangkok mangkok hehe. Gak ada di tempat lain kynya yaa

    BalasHapus
  27. Wah ini mah bakso malang sih di aku mah. Enaaak banget. Dimakan saat hari dingin lebih mantep. Pilih menu campur segala ada. Banyakin kecap, saos, dan sambel. Enak deh. Jadi kepengen nih sekarang. :D

    BalasHapus
  28. Saya kebalikannya Saladin, bakso urat wajib ada dalam mangkok campuran bakso. Hm, baca ini sore-sore dan lagi turun hujan tuh bikin ngiler pingin bakso.

    BalasHapus
  29. aku terbiasa ngomong bahasa walik'an Malang, tapi ga kepikir ada ide bikin bakso solo diplesetkan jadi oslo, unik sih ini namanya
    bikin orang juga penasaran pengen cobain

    terus habis makan bakso, dilanjut minum es teler, wenakk poll, seger

    BalasHapus
  30. Ini juga kesukaan suami, kuahnya enggak terlalu medok. Kalau aku lebih suka yang kerasa banget. Jadi kalau beli bakso kadang kudu ngalah, gantian.

    BalasHapus