Kamis, 07 Desember 2023

Masih Perlukah Bikin Resolusi Tahunan?

 

APA? SUDAH HAMPIR 2024?

Enggak terasa emang dan setahun sangat cepat berlalu. Rasanya daku baru aja memulai 2023 dengan gelap-gelapan (karena listrik mati pas new year’s eve). Lanjut Februari dan bulan-bulan selanjutnya yang sibuk. Eh udah akhir tahun aja.

Baca: Bangkit Lagi

Biasanya nih di bulan Desember adalah momen yang tepat untuk bikin resolusi tahun baru. Ada positifnya juga, berarti klean ingin lebih maju lagi. Ingin agar tiap tahun ada prestasi baru, dll.

Resolusi yang Tidak Penting

Akan tetapi ada golongan orang yang menganggap resolusi itu tidak penting. Katanya: hidup itu ngalir aja lah.

 


Namun ada juga yang bilang kalau resolusi itu sama aja bohong karena tidak akan pernah tercapai. Dia pernah mencatat resolusi tetapi gagal total. Jadinya tiap tahun baru ya loss aja.

Harus Resolusi dong!

Ada pendapat yang bersebrangan kalau resolusi tahunan itu wajib. Mumpung masih tahun baru jadi otaknya fresh untuk mencari ide-ide baru. Melakukan petualangan baru, dll.

Resolusi bisa macam-macam. Ada orang yang pengen lebih sering traveling, pengen kurus, pengen punya usaha baru. Sampai ada lho yang resolusinya wow banget, misalnya pengen punya pendapatan ratusan juta per bulan, pengen jalan-jalan ke banyak negara.

 


Resolusi ini bisa hanya dicatat di buku atau di-upload di media sosial. Katanya sih biar selalu ingat. Nanti kalau sudah setahun dilihat lagi dan dievaluasi, berapa persen yang sudah tercapai.

Klean yang Mana?

Sebenernya punya resolusi tahunan itu bukan sebuah pemaksaan ya. IMHO, kalau punya keinginan untuk lebih maju dan juga resolusi itu bagus. Karena itu tanda seseorang ingin upgrade kehidupannya.

Namun kalau tidak punya resolusi ya tidak apa-apa. Bukan berarti dia males lho! Memang ada orang yang hidupnya mengalir seperti air dan woles tanpa harus dikejar target resolusi, dll. Yang tidak boleh itu kalau saling menghina antara yang punya resolusi dengan yang tidak punya resolusi.

Gimana, sudah ada resolusi 2024?

8 komentar:

  1. Saya tim bikin refleksi tahunan aja.. soalnya kalau resolusi malah jadi kelewat santai.. hehehe. Bikin resolusi cukup dalam hati dan yang 5 besar saja. Selanjutnya biarkan berjalan secara alami saja karena terkadang ada beberapa hal mendadak yang lumayan bikin banyak perubahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak kudu antisipasi juga kalau ada perubahan.

      Hapus
  2. Resolusi tahunan molly selalu bikin. Tapi gak ngoyo dan mesti realistis. Biar lebih mudah dicapai. Kalau pun gagal bisa diulang tahun depan. Tapi anehnya makin dewasa, resolusinya utk diri sendiri ajs. Gak usah dipublikasi ke mana-mana

    BalasHapus
  3. Aku uda bikin resolusi loo..
    Semangat banget menyambut 2024. Karena aku ditemenin sama diary Season Greeting kipop akuh, hehehe.. jadi semangat bikin mimpi baru di 2024 yang semoga jauuuh lebiih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

    Semangat setiap hari.

    BalasHapus
  4. Perlu
    Aku selalu bikin
    Dan emang walau g sempurna pencapaiannya, itu bikin tetap fokus dalam meraih apa yang kita inginkan.
    Jadi ya selalu bikin tiap tahun

    BalasHapus