Minggu, 03 Desember 2023

Cara Mengatasi Penipuan Online, yuk Hindari agar Tidak Terjebak

 

Pernah gak sih nerima pesan di HP dari nomor tak dikenal? Sekitar 2 minggu lalu, tiba-tiba ada pesan singkat ke ponselku. Nomornya tak dikenal tetapi daku tahu foto profilnya, seorang teman yang berinisial D (teman kuliahku). Tapi kok tumben dia nyapa duluan? Daku pun langsung curiga dan teringat beberapa cara mengatasi penipuan online, yang belakangan sedang marak.

Akhirnya daku cek di grup alumni untuk memastikan si D pakai nomor yang mana. Ternyata nomornya berbeda! 


 

Kemudian untuk memastikan lagi, daku kirim pesan ke teman yang lain (sahabatnya D). Dia minta hasil screenshot percakapan kami, lalu kaget karena menurutnya si D hanya punya 1 nomor HP. Wah, sudah ada tanda-tanda kalau si pengirim mau berbuat jelek.

5 Cara Mengatasi Penipuan Online, Hati-Hati ya!

Kalau klean merasa ada gejala penipuan, yuk dihindari dengan langkah-langkah ini:

1. Konfirmasi ke Keluarga atau Sahabatnya

Pertama, kalau ada yang ngaku-ngaku teman lama, langsung kirim pesan ke sahabat/keluarganya. Nanti mereka akan kasih tahu itu nomornya benar (nomor baru) atau palsu.

2. Cek di Aplikasi Kontak

Sudah ada aplikasi khusus untuk mengecek nama kontak seseorang. 

 


Klean tinggal periksa aja nomornya di situ, nanti tertera nama yang di-save oleh orang lain. Biasanya nomor penipu juga dikasih nama kontak penipu atau julukan negatif lain.

3. Jawab Pesan dengan Hati-Hati

Cara mengatasi penipuan online yang selanjutnya adalah dengan menjawab pesan tetapi hati-hati. Standar aja, jawab salamnya lalu jawab sekadarnya. Jangan menjawab pertanyaan pribadi apalagi membocorkan rahasia punya teman/keluarga yang tersangkut dengan kawan yang sedang dicatut.


 

Nahh karena dulu daku dan D kuliah di jurusan bahasa Inggris, maka ngerjain si penipu wkwkkw. Ini cara untuk mengetes apakah benar yang mengirim itu D beneran atau palsu. Benar saja, ketika kujawab chat-nya dengan bahasa Inggris maka dia gelagapan dan menjawabnya dengan bahasa Indonesia.

4. Jangan Klik Link Apapun

Pernah menerima pesan singkat yang berisi kartu undangan tetapi harus diklik link-nya? JANGAN KLIK LINK APAPUN BAIK YANG APK ATAU YANG LAIN. Apalagi nomornya tidak dikenal karena bisa jadi penipuan. Sudah, hapus saja chat-nya.

5. Hubungi Teman yang Namanya Dicatut dalam Penipuan

Mengapa daku menghubungi sahabatnya D daripada D? Karena si D kerja kantoran jadi jarang pegang HP kalau pagi sampai sore, sedangkan sahabatnya itu freelancer sepertiku dan dia lebih fast response.


 

Akan tetapi klean juga bisa langsung konfirmasi ke kawan/saudara yang namanya sedang dicatut. Biar jelas gituu, itu dia yang ganti nomor / punya nomor lain atau penipu yang menyaru. Nanti dia pasti akan bikin pengumuman kalau ada orang jahat yang mencatut namanya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi penipuan online. Jadi, klean enggak usah panik atau terburu-buru menjawab pesan, apalagi dari nomor baru. Pastikan nomor HP itu dicek di aplikasi dan konformasi ke orang yang namanya sedang dicatut. Setelah itu nomor penipu diblokir aja agar tidak mengganggu kehidupan klean.

22 komentar:

  1. Makasih sharing terutama mamak2 yang banyak gak ngertinya. Aku selalu tanya2 sama anak2 dulu

    BalasHapus
  2. Duh penipuan tuh gak pernah ada habisnya ya, mana modusnya ganti². Katanya udah ditangkap kapan hari itu komplotannya tapi kok kayaknya mati satu tumbuh seribu ya? Apa malah sejuta?

    BalasHapus
  3. Kalau "beruntung" dapet no rekening pelaku, bisa juga dicek di cekrekening.id.

    Poin no.1 itu penting banget. Ada kerabatku yang kena, saking panik dan dia gak konfirmasi lagi. Sepupuku yang lain, mungkin bawaan syok juga dikabarkan suaminya kecelakaan, dan ketika berhasil kontak suaminya, masih kayak freezing gitu karena dihubungi pelaku terus.

    Ah, cari duit susah, kudu dijaga hati-hatiiiiii banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh makasih Mas. Bisa cek rekening juga ternyata

      Hapus
    2. Bisa mbak. Jadi, nanti memang harus masukkan Identitas dulu dan laporan kita akan diverifikasi. Seingatku juga unggah bukti transfer atau rincian mutasi rekening. Gak lama prosesnya, sehari apa ya, dan kalau oke, rekening tsb langsung dapet "stempel merah" jadi kalau orang ngecek di cekrekening.id langsung muncul pemberitahuan kl rekening itu pernah dipake nipu.

      Hapus
  4. Sekarang kalau ada pesan atau telepon dari nomor yang tidak dikenal saya lebih berhati-hati kalau berbentuk WhatsApp saya bisa cek dulu di Getcontact.Jadi ketahuan kalau misalnya penipu atau ada teks dari yang nggak bener saya bisa abaikan, tapi kalau nomornya dari orang bener saya bisa lanjutkan

    BalasHapus
  5. waaaa pernah aku kak...seseorang ngaku atas nama sodaraku, padahal aku tau banget ini bukan no dia dan bahasanya aneh dan setelah aku konfirmasi bener donkk itu penipu yang nawarin lelang mobil murah gitu hehehe

    BalasHapus
  6. Aku mah udah khatam banget mba sama penipuan begini. Yang penting sih kuatkan intuisi dan logika ya, kalo misalnya udah ngerasa ada yang aneh atau mencurigakan, jangan panik dan ngikutin apa yang pelaku mau.

    Aku pernah kena modus begini juga, akhirnya aku kerjain juga wkwkwk. Aku chat pake bahasa Thailand. Eeh, sama dia diblokir.

    BalasHapus
  7. Betul kata mas Yayan. Aku tuh skr kalo mau belanja dari IG atau FB sbnrnya males mba, kec ada temen yg udh pernah beli dan trusted. Tapi itu pun aku ttp cek nomornya di get contact lalu rek nya di cek rek penipu.

    Ntr keluar kalo memang sblmnya udh ada yg laporin.

    Tapi kalo ada orang ga dikenal atau pakai identitas temen kontak aku, aku udh curiga duluan sih 🤣. Mikirnya udh penipu aja memang. Apalagi temen yg udh lama ga berkabar 😅. Yg begini aku udh males ladenin

    BalasHapus
  8. Sekarang penipuan online modusnya makin macem-macem. Bikin banyak yang ketipu banget. Teman dekat saya pernah identitasnya dipake buat minjem-minjem uang. Dia WA teman-temannya, pakai nama dan foto dia, ngaku-ngaku ibunya sakit dan butuh uang banget, urgent, harus kirim saat itu juga.

    Kakak ipar juga saya juga pernah kena, WA-nya dihack dan ngirim-ngirimin undangan.apk itu loh. Duh, ngeri banget! Saya juga pernah ngalamin beberapa minggu lalu lah, sempat ada yang mau masuk ke WA saya karena disuruh masukin kode OTP. Saya diemin dan langsung aktifin 2 step verification. Alhamdulillah aman.

    Pokoknya zaman sekarang kalo nggak kenal-kenal atau mencurigakan harus suudzon dulu sih kayaknya. Wkwk..

    BalasHapus
  9. emang sekarang kudu waspada dan apa apa kudu double cek dan ricek. Apalagi pake acara ngaku ngaku segala. Untung ada aplikasi pengecek nomor telepon sih, jadi makin aman
    Jangan sampai menjadi korban penipuan online yang sedang marak

    BalasHapus
  10. Pernah juga dihubungi ex temen kantor yg udah pensiun. Dia nawarin mobil lelang. Aku tnya sekarang kerja dimana, jawabnya masih kerja di bank. Hadeuh di situ ketauan klo penipuan. Lgs diblokir deh tu nomor. Aneh² aja penipu zaman now

    BalasHapus
  11. Penipuan online makin parah ya Mbak. Dulu pernah nyaris ditipu, untung adikku yg ladeni dan pakai nomor rekening yg isinya zong.
    Jadi ceritanya buaya yg dikadalin. Eh, ujung-ujungnya, adikku dimaki-maki pakai bahasa kebun binantang.

    BalasHapus
  12. Huhu, masih ada aja ya yang kena penipuan online ini. Alhamdulillah aku belom pernah dan jangan sampai kena. Yang kena malah kakak ipar dan adik sendiri. Mana nominal kena tipunya besar. Mereka pada gak nanya aku dulu. Ujug-ujug percaya aja dan transfer. Semoga segera hilang deh penipuan online ini. Ngeselin banget. :(

    BalasHapus
  13. Fiuh untung waspada yaa, aku pernah tuh dimintain pulsa sama tanteku malam-malam langsung kutransfer 100 ribu huhu ngga pakai konfirmasi dulu tahunya penipu..

    BalasHapus
  14. Serem yaa..
    Yang pernah kena kaya gini tuh..suami. Ada yang make nomer suami buat boongin orang. Panik doonk yaa.. karena ngehubungin mama dan beberapa keluarga di Surabaya.

    Pokonya tindakan kaya gini beneran merugikan banget.
    Anehnya, mereka kok tau karakter kita dan circle yaa..???

    BalasHapus
  15. iya nie penting banget buat paham tentang penipuan online ini dan cara mengantisipasinya agar kita bisa terhindar dari hal2 buruk itu ... memang semakin marak sekarang yaaa

    BalasHapus
  16. Yaaah itu sudah kejadian pada diriku, klik link yang kupikir bener, dari aplikasi yang terpercaya :(
    tapi ya sudahlah, nasi sudah jadi bubur - kuikhlaskan saja dan semua kontak kuberi pesan bahwa nomor dan akunku diretas :(((

    BalasHapus
  17. Nah iya.. sepertinya marak terjadi penipuan online begini ya,mencatut nama teman yg ada di kontak kita dg nomor berbeda. Terima kasih sharing tips nya ya. Semoga kita semua terhindar dari segala macam penipuan

    BalasHapus
  18. Sekarang apps Get Contact juga gak sepenuhnya bisa dipercaya.
    Karena ada beberapa nomer yang kaya nomer lamaaa dengan nama penyimpanan yang gak mencurigakan, ternyata nomer baru yang bisa di setting begini.

    Sedih karena secanggih apapun teknologi, tetap buatan manusia.

    BalasHapus