Jumat, 26 Mei 2023

Anak Laki-Laki kok Belajar Masak?

 

Dengan percaya diri dia menggenggam pisau lalu memotong jamur kancing. Di lain hari dia membalik roti di atas wajan datar. Dia juga beberapa kali mengupas kentang memakai peeler. 


 

Ya, dia adalah Saladin, anak laki-lakiku yang saat ini berusia 10 tahun. Daku kekeuh mengajari dia memasak, yaa minimal bisa goreng telur, menanak nasi (dengan menggunakan rice cooker), bikin mie instan, dan tentu tumis jamur kesukaannya.

Lalu kalau ada yang tanya “anak laki-laki kok belajar masak?” Laah, bagiku memasak adalah skill yang wajib diajarkan. Enggak hanya untuk perempuan tetapi juga laki-laki. Buktinya banyak lho chef yang laki-laki.


 

BTW adik bungsuku (Foresta – laki-laki yaa) juga jago masak. Malah dia lebih telaten daripada daku, wkwkwk. Kalau bikin dough pizza dan membentuknya jadi pipih-bundar, lebih rapi. Bikin kulit dimsum sendiri juga bisa.

Manfaat Mengajarkan Skill Memasak untuk Anak Laki-Laki

Apa saja sih manfaat mengajarkan kemampuan memasak untuk anak laki-laki? Ini nih:

1. Untuk Survival

Memasak adalah salah satu basic skill untuk survival. Misalnya nih kalau anak-anak camping, minimal dia bisa lah bikin teh, telur dadar, atau memanaskan sarden kalengan. 

                                  Source: Pixabay
 

Memang sih warung ada di mana-mana. Namun kalau anak kuliah di luar kota atau luar negeri dan wajib masak biar ngirit gimana? Mau gak mau dia kudu bisa masak, minimal goreng nugget wkwkkw.

2. Memasak Sambil Belajar Matematika

Sesi memasak juga bisa buat belajar matematika. Menimbang berapa gram terigu yang dibutuhkan untuk bikin pancake, mengiris tahu agar presisi bentuknya dan sekaligus belajar pecahan (setengah, seperempat), dll. Asyik kan?

3. Melatih Kesabaran


 

Anak laki-laki butuh juga untuk dilatih sabar dan salah satu caranya dengan memasak. Menunggu 30 menit sampai ayam matang, atau bahkan sampai 40-50 menit sampai kuenya matang. Kalau dia biasa memasak, lama-lama makin sabar.

Gimana Cara Mengajari Anak Laki-Laki untuk Mahir Memasak?

Kalau anaknya udah pengen masak, gimana cara ngajarinnya? Gini lho:

1. Ajarkan Tugas yang Mudah Dulu



Anak laki-laki, seberani apapun, jangan dikasih tugas yang kategori hard misalnya menyalakan kompor sendiri atau memotong ayam. Namun kasih tugas di dapur yang relatif mudah. Misalnya mengoleskan margarin di roti,  mencuci sayuran, mematikan kompor, menggunakan peeler untuk mengupas kentang atau apel, dll.

2. Masak Menu Kesukaannya

                   Source: Pixabay
                            

Salah satu cara memotivasi anak laki-laki untuk memasak adalah dengan bikin menu kesukaannya. Seperti yang sudah daku ceritakan di awal, Saladin suka memotong jamur karena dia memang suka tumis jamur. Bikin deh berdua dengan anak, makanan kesukaannya misalnya omelet atau yang lain, jadi dia makin betah di dapur.

3. Pakai Peralatan yang Aman

Untuk anak-anak, biar aman masaknya, pakai peralatan yang ‘aman’. Misalnya pakai pisau plastik (pisau kue), kompor listrik, dll. Dengan peralatan ini maka sesi memasak akan benar-benar aman.

4. Jangan Banyak Ngomel

                              Source: Pixabay
 

Ini nih satu pesanku buat klean yang akan mengajari anak laki-laki memasak: jangan banyak ngomel. Masak kalau ada kesalahan yaw ajar. Misalnya mengiris tempenya kurang rapi, masakan keasinan atau kurang asin.

Kalau bundanya ngomel melulu gimana anak mau senang memasak? Dia malah jadi terbebani dan enggak mau lama-lama di dapur. Ingat ya, turunkan sedikit standar saat memasak karena yang penting adalah prosesnya, bukan hanya hasilnya.

Gimana, sudah siap mengajari anak laki-laki memasak? Masak yuuk!

25 komentar:

  1. Laki2 perempuan harus pandai masak. Minimal untuk dirinya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nenda karena masak itu salah satu basic skill.

      Hapus
  2. Anak lakiku dari kecil sudah aku ajarkan masak sederhana. Jadi saat kos sudah terbiasa

    BalasHapus
  3. Masak emang ga harus perempuan, jaman skearang laki-klaki jg wajib punya skill masak,, hehe
    diajarkan semenjak kecil kan menambah pengalaman mengenai masak.

    BalasHapus
  4. Laki-laki bisa masak why not. Penting banget bagi seorang alki-laki bisa memasak. Terlebih dikala istri sedang hamil atau melahirkan, skill memasak seorang suami menjadi pertaruhan.

    BalasHapus
  5. memasak adalah kehalian dasar yang wajib dimiliki oleh semua gender baik laki-laki maupun perempuan, sayangnya di negara kita patriarki masih sangat kental sehingga seolah memasak adalah sebuah pekerjaan dan diperuntukan hanya untuk perempuan

    BalasHapus
  6. lhhooooo jangan salah, justru banyak laki laki yang lebih jago masak dari perempuan hehehe apalagi lebih banyak profesional chef malah laki laki. Klo aku sih biarin aja anak laki laki belajar masak

    BalasHapus
  7. Anak laki-laki saya juga alhamdulillah sudah terbiasa terjun ke dapur untuk bantuin ibunya memasak, bahkan kadang dia memasak sendiri. Kerasa banget manfaat mengajarkan anak laki-laki memasak ini, salah satunya memang bikin dia mandiri dan juga tak risih untuk ke dapur langsung

    BalasHapus
  8. aku juga suka ajak anak laki-laki masak terutama pas dia kecil ya sampai usia SD nanti pas udah remaja udah sibuk dengan tugas2 sekolah kadang suka ke dapur juga tapi makin jarang :)

    BalasHapus
  9. Memasak itu beneran life skill yang nggak mengkhususkan pada salah satu gender saja sih ya. Saya melihat sendiri bagaimana nenek pun mengajarkan anak lelakinya memasak demi bertahan hidup dan tahu pilih menu sehat ketika merantau.

    BalasHapus
  10. masak itu basic skill yang perlu banget siapapun punya. malah sekarang banyak toh chef2 laki2 yang jago banget

    BalasHapus
  11. Bener banget lho. Ada banyak sekali chef laki-laki. Dan selama yang kutahu, masakan laki-laki tuh biasanya lebih enak. Jadi, mengajari anak laki-laki masak mah bukan lagi hal aneh.

    BalasHapus
  12. Banyak laki-laki yang jago masak. Jadi aku pun kelak akan ngajarin anakku masak meski dia cowok. Masak itu skill yang sangat bermanfaat untuk bertahan hidup.

    BalasHapus
  13. Anak bungsu saya juga suka masak. Saya setuju ini bukan soal gender sih.

    BalasHapus
  14. Aku malah seneng banget kalau ada anak laki-laki bisa masak, bahkan di keluargaku adik laki-lakiku justru lebih jago daripada aku hahaha

    BalasHapus
  15. Aku baru ngajarin yg cewe nih mba. Anakku yg cowo belum. Nanti deh setelah tinggi badannya udh bisa melihat ke kompor dengan jelas.

    Tapi bener sih, ini skill penting ga cuma utk perempuan. Aku inget banget dulu diajarin mama masak yg simple, dan jadi berguna pas ngekos kuliah. Apalagi di LN mana bisa sewa art 🤣🤣.

    Cuma memang agak susah ngajarin anakku nyalain kompor, Krn masih yg gas. Aku ga pake kompor listrik soalnya. Jadi msh agak serem mau ngajarin. Pelan2 deh

    BalasHapus
  16. Berhubung anak saya satu laki laki, sejak dulu kalau saya masak, dia suka ikut. Akhirnya dia terbiasa dengan suasana dapur dan perintilannya. Alhamdulillah, masak yg mudah dia udah bisa...

    BalasHapus
  17. Memasak adalah survival skill
    Semua wajib bisa meski nggak jago
    Baik anak perempuan maupun laki-laki nggak ada salahnya jika belajar masak

    BalasHapus
  18. Memasak itu life skills sih. Bkn masalah gender. Malah banyak koki bergender laki2. Tastenya cwok jg keren kok. Aku jg malah sekolah pariwisata meski ga menekuni bagian cookingnya. Nyesel jg sih. Tp aku pernah kerja di cooking restoran di Bali wky kuliah. Seruu.

    BalasHapus
  19. aku sedari dini sudah mengajarkan anak lelakikuk ttg pekerjaan rumah kaya gini biar dia terbiasa dan paham bahwa kerjaan domestik gitu gak cuma tanggung jawab perempuan

    BalasHapus
  20. Aku malah ngajarin anakku dari kecil untuk ikut memasak, bahkan ada mainan masak2 an. Jadi biar ia terbiasa da mengenal practical life, biar ga jadi beban istri juga di masa depan haha

    BalasHapus
  21. Jangan banyak ngomel, hihihi..
    Rasanya relate banget ya..
    Makanya di rumah kami yang hobi ngajakin ke dapur itu suami. heheh, beliau lebih luas kesabarannya dan jarang banget keceplosan hal-hal diluar kendali.

    Senangnya beraktivitas bersama dan ciptakan bonding juga keterampilan sejak dini dengan bekal kemampuan yang genderless.

    BalasHapus
  22. adik aku yang cowok juga dikenalin ke pekerjaan rumah kayak gini, bikin nasi goreng, atau goreng ayam atau ikan. Bikin mie udah pasti pinter kalau ini hahaha
    Terus diajari cuci baju sendiri juga

    BalasHapus