Sabtu, 17 Desember 2022

Menitipkan Anak ke Neneknya, Emangnya Kudu Gimana?

 

Anak kan titipan dari-Nya, kenapa dititipkan lagi ke neneknya?

Pernah gak sih klean dengar ungkapan itu? Bagiku nitipin anak ke neneknya sih enggak masalah, dengan banyak syarat tapinya. Pertama, kondisi fisik neneknya kuat. Kedua, neneknya kalau bisa didampingi ama suster/baby sitter buat bantu pegang anak. Ketiga, neneknya bukan wanita karir.



BTW daku tuh jarang banget nitipin Saladin ke neneknya. Karena mamaku wanita karir yang masih aktif (beliau pengajar). Kemudian, ibu mertua masih aktif jualan dan pernah mengelola kereta kelinci (masa sebelum pandemi). Namun kalau weekend mamaku agak longgar dan sesekali bisa jagain Saladin (kalau aku ada event/ngejob ke luar).

Pengalaman Nitip Saladin di Usianya yang ke-10

Saladin sudah 10 tahun, bukan? Memang dia sudah berani jaga rumah sendiri tetapi hanya dalam durasi 1-2 jam. Sedangkan kalau event di luar bisa lebih dari 2 jam dan makanya dia dititipin ke neneknya. Lagipula beberapa tahun lalu dia pernah ngabur dan bikin heboh di sosial media (nanti kuceritakan di postingan lain), jadi lebih baik dia dalam pengawasan neneknya.



Nah, kemarin (Sabtu siang) daku ada acara ke luar dan alhamdulillah mama bisa bantu jaga Saladin (karena beliau gak ada dinas ke luar kota, tetapi hanya mengoreksi pekerjaan mahasiswa di rumah). Setelah dapat restu dari bapaksuami akhirnya aku dan Saladin meluncur ke rumah mama naik taksi online.

Setelah sampai rumah mama, istirahat bentar, lalu jam 12 kurang cuss ke lokasi acara. Saladin tenang karena sudah makan brownies dan dia asyik main game di HP. Sampai selesai acara alhamdulillah enggak ada laporan negatif dari neneknya Saladin. Sebelumnya sih kutanya ke om-omnya (yang masih tinggal bareng mama). Katanya Saladin anteng dan enggak tantrum / godain mereka.

Persiapan Sebelum Penitipan

Sebelum Saladin dititipkan ke rumah neneknya, jauh-jauh hari sudah di-briefing. Mama ada acara di luar ya nak, kamu enggak ikut. Kamu di rumah nenek ya, kan ada 2 om juga di sana. Dia sih mau aja tapi habis itu memeluk erat sekali.


--Belum ada foto Saladin yg terbaru ama neneknya, maaf. Ini foto bareng nenek buyutnya.--

Sabtu pagi sudah disiapkan semua barang yang mau dibawa (karena kami menginap sampai hari minggu malam). Di tasnya Saladin sudah ada baju dan celana ganti, buku, bolpen, roti, biskuit, dan susu cair kotakan. Juga sikat gigi+pasta gigi anak-anak.

Nah, kalau mau nitip anak kudu disiapin ya semua barangnya. Jangan sampai ngerepotin neneknya (meski nenek/kakeknya dengan senang hati beliin makanan/barang kesukaan cucunya). Pikirku, iya kalau neneknya pas pegang uang atau ada waktu luang buat nemenin beli makanan ke warung. Kalau enggak gimana?

Syukurlah setelah event selesai, Saladin enggak rewel. Pas daku sampai rumah dia langsung menyogsong dengan gembira. Rasanya jadi ingat masa SD dulu, saat sore hari dan daku nunggu mama pulang kerja (dan ngarep beliau bawa kue kotakan wkwkwk).

Jadi, pernah gak sih klean nitipin anak ke neneknya?

12 komentar:

  1. Anak-anak biasanya justru seneng kalo dititipin ke neneknya. Emang salah satu kunci anak anteng itu disounding dari jauh-jauh hari.

    Kalau anak saya kebetulan berjauhan sama neneknya. Jadi dia happy banget kalo liburan ke Jogja, selalu ngekor neneknya ke mana-mana. Saya jadi bisa nafas sedikit. Haha..

    BalasHapus
  2. Aku belum menikah sih. Tapi adikku sudah. Dan punya anak. Dia sih nggak pernah nitipin anak ke ibuku. Meski aku dan ibuku selalu bersedia dengan senang hati dititipin keponakanku.
    Tapi, kalau adikku dan istrinya kerja. Biasanya keponakanku dititipin ke ibu mertuanya. Karena memang mereka masih tinggal bersama ibu mertuanya adikku.
    Dan benar. Istrinya adikku tuh selalu berusaha menyediakan semua kebutuhan ponakanku kalau mau ditinggal.
    Jadi, ibunya nggak kerepotan. Paling ya tinggal ngucapin gitu. Karena memang ponakanku masih usia setahunan lebih. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keponakan lagi lucu2nya plus aktif itu kalo setahunan.

      Hapus
  3. Kuncinya memang di komunikasi ya, agar si anak juga bisa mengerti. Dan tentunya kalau anak mau dititipkan ke neneknya, artinya neneknya juga penuh kasih sayang. Soalnya ya pengalaman sendiri, kalau ke rumah nenek dari ibu mau berkunjung, tapi kalau ke rumah nenek dari ayah rada sungkan. Mungkin karena kedekatan sebelumnya belum terbangun dengan cukup baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kok bener Kak, lebih dekat ke nenek dari pihak ibu.

      Hapus
  4. Aku juga pernah kayak gini, disaat orang tua lagi sibuk dan gak bisa bawa anak ke tempat kerjanya alhasil dititipin ke nenek.Tapi seru banget sih, apalagi kalau ada kakeknya juga. Karena sering dititipin gitu jadi pengen pulang kerumah nenek dan kakek terus..

    BalasHapus
  5. Pernah dititipin ke nenek, karena mama mau lahiran adekku yg bungsu. Tapi, karena bondingku ama nenek kurang lekat, aku lebih milih main diluar. 🤣

    BalasHapus
  6. Kadang kala ada nenek yang tidak mau ada orang lain di rumahnya (seperti pembantu/pengasuh). Saya berapa kali bertemu kasus seperti itu. Karena memang tidak percaya dengan orang lain, mau pegang cucunya sendiri. Tapi orang luar menganggap anaknya tidak sopan karena menitipkan cucu ke ortu yg sudah renta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak padahal neneknya dengan senang hati ikut ngasuh.

      Hapus