Selasa, 02 Januari 2024

Cara agar Anak Nurut Saat Dibawa Jalan-Jalan

 

Kemarin lusa daku baca berita tentang anak yang tidak sengaja memecahkan action figure (tokoh di salah satu film) dan langsung bikin netizen heboh karena HARGANYA 33 JUTAAAA! 

                                    Sumber foto: Tribunnews
 

Untungnya sang pemilik tidak minta ganti rugi mesti orang tua si bocah mau memberi uang ganti rugi. Namun di sisi lain ada netizen yang menyalahkan kok benda semahal itu tidak disimpan di kotak kaca (padahal sudah ditaruh di tempat yang tinggi).

Well, daku tidak mau berkomentar tentang kasus ini tetapi gara-gara baca berita tersebut jadi mikir, gimana sih cara agar anak nurut saat dibawa jalan-jalan? Anak-anak tuh macam-macam ya, ada yang anteng. Ada yang gampang penasaran ama lingkungan sekitar (sampai dicap ‘nakal’). Ini beberapa cara agar mereka tidak seenaknya sendiri lalu nurut bunda dan ayahnya saat diajak keluar rumah:

1. Pilih Lokasi yang Aman

Kalau punya anak apalagi yang masih balita jangan sembarang diajak jalan-jalan. Pastikan tempatnya family friendly (misalnya restoran yang punya arena bermain / ayunan). Atau, tempatnya memang luas sehingga bisa ada tempat untuk lari-larian.


 

Jangan bawa anak ke tempat yang rawan misalnya ke museum atau pameran, apalagi benda yang dipamerkan punya harga selangit. Selain rawan kesenggol juga rawan diisengin ama anak.

2. Anak Di-briefing Sebelum Bepergian

Ke manapun anak diajak ke suatu tempat/acara wajib di-briefing dulu ya! Jangan hanya sekali tapi sampai berkali-kali, dan sounding juga dari jauh-jauh hari. Bikin perjanjian misalnya anak akan anteng dan tidak berulah, tidak minta jajan sembarangan. Kalau dibawa belanja juga perjanjian dulu, boleh beli apa saja dan maksimal harganya berapa.

Baca juga:  Tips traveling sambil membawa balita

3. Jangan Fokus dengan Gadget

Kalau jalan-jalan ama anak ya mau gak mau fokusnya terbagi dengan menjaga anak agar dia tidak meleng. Yang ngeselin tuh ada tipe ortu yang malah asyik main HP. Akhirnya sang anak lari-lari dan keluar tanpa diketahui. 



 

Iya kalau aman, kalau kondisi ramai gimana? Ada resiko ketabrak sepeda motor/mobil, bahkan resiko tenggelam (kalau ada kolam ikan/sungai).

4. Bawa Bala Bantuan untuk Jaga Anak

Mau solo trip sambil bawa anak? JANGAAAN! Kecuali kalau anaknya anteng atau masih bayi (di bawah usia 6 bulan). Lebih baik bawa bala bantuan misalnya sang nenek, kakek, tante, atau baby sitter/ suster. Dengan bantuan mereka maka acara jalan-jalan akan makin aman dan lega karena ada yang ikut ngawasin anak.

5. Anaknya Ditinggal Aja

Gimana kalau anaknya masih susah anteng atau hobi memanjat? Ya udahlah jangan dipaksa, ditinggal aja di rumah, tentu dengan pengawasan dari nenek atau tantenya. Daripada nanti di acara, anak-anak berulah dengan berlari, nangis, ngambek, atau tantrum. Mending jangan dibawa aja. Pulangnya baru mereka dikasih es krim atau jajan buat sogokan, wkwkw.


 

Punya anak yang aktif emang seru tetapi ingat kalau mereka dibawa keluar rumah harus diajarin attitude dan peraturan. Jangan berlindung di balik kalimat, namanya juga anak-anak. Kalau anaknya belum tertib ya wajib ditertibkan dulu atau ditinggal aja di rumah, jangan dipaksa dibawa ke mana-mana tapi malah kacau jadinya.

14 komentar:

  1. Bener sih ini tipsnya, setuju aku. kita juga bisa mengukur diri, bawa anak bisa monitor terus ga? soalnya anak (balita) itu unpredictable, kadang ada hal yang menarik bikin penasaran dan bikin buyar breafing sebelumnya xD

    BalasHapus
  2. Nah ini baru aja kurasakan, aku ke mall karena membeli keperluan anakku untuk buku tahunan sekolah, jadi di mall agak lama (biasanya kan kalo belanja doang bisa ke pasar.. eh kok malah curhat :))

    Ada jeritan anak kecil berulang ulang - dengan nada sangat mengganggu ketika makan di fast food, dan sepertinya untuk ayahnya dan kakaknya - ga ada mamanya terlihat sih - ITU LUCU!

    Ketika ada pengunjung menegur, ayahnya hanya nyengir dan bilang "Ya anak saya emang gitu bu!" Lhaa... jadi itu boleh?

    BalasHapus
  3. Ini benar banget nih. Anak adikku cukup hiperaktif, jadi mau kemanapun dia selalu cari tahu dulu tempat itu aman buat bocah hiperaktif atau tidak.
    Dulu pernah dibawa ke restoran di atas empang gitu, malah minta nyebur, dikira kolam renang. Untungnya aku ikut, jadi ya kucemplungin aja kaki dan setengah badannya dan ketika gak nyentuh dasar empang, akhirnya dia gak berani nyemplung. Tapi tetap main2 air sampah basah kuyup. Hadeuhhh..
    akhirnya sekarang punya list tempat mana saja yang oke buat ponakan hiperaktifku itu.

    BalasHapus
  4. Bener. Di tempat publik anak ya tanggung jawab orang tuanya. Kasus yang mecahin action figure itu beruntung sekali si pemilik nggak minta ganti rugi.
    Soal fokus ke gadget, kalau saya pergi ke mall buat nonton film di bioskopnya, sering banget lihat ortunya sibuk sendiri, sementara si anak berkeliaran.

    BalasHapus
  5. Yup... Memang tingkah laku anak berbeda- beda jadi kita sebagai ortu harus memahami karakter dari anak.. Jika tidak memungkinkan untuk pergi lebih baik di beri pengertian anak untuk tidak ikut agar supaya mereka nanti kalo di tinggal pergi ortu tdk nangis

    BalasHapus
  6. Bener banget bunnn...anak2 kalo mo diajak jalan sebaiknya memang di sounding dulu biar masuk ke alam bawah sadarnya apa yg boleh dan gak boleh dilakukan..bagaimana keseharian anak kira2 aman gak kalo kita ajak ketempat seperti ini...jadi tempatvkinjungan bisa disesuaikan dgn minat sang anak 😊

    BalasHapus
  7. ]Nah, ini. Agak rungsing sih kalo bawa anakku. Kebetulan udah keliatan juga bibit hiperaktifnya sejak dini, wkwkwkw
    Kebetulan aku punya rencana pengen ngajak dia untuk mampir ke beberapa museum dikala umurnya sudah cukup. Mungkin pas itu kejadian, aku bakal protektif banget sih. Sebisa mungkin dipagerin dah itu anaknya hahaha

    BalasHapus
  8. Setujuuu... terutama poin membriefing anak... supaya mereka tahu dari awal apa yang boleh dan ngga boleh, jadi mereka juga bisa berpikir, bagaimana jika ia melanggar apa yang menjadi bahan briefing orangtuanya...

    BalasHapus
  9. -ima

    Anakku mau pergi ke mana-mana kudu dibriefing dulu apa yang boleh sama yang nggak boleh. Saya sama paksu juga nggak boleh lengah dan harus full ngawasin anak, takut banget kejadian kayak dicerita kejadian kan..

    BalasHapus
  10. Jd inget anakku waktu TK pernah hilang di kerumunan saking aktifnya. Untung dia udh diajarin klo dlm kondisi gitu, cari satpam & minta tolong pak satpam. Saat masih balita sih mmg hrs ekstra diawasi dan dijaga. Setuju dgn tipsnya bun..

    BalasHapus
  11. Iya bawa anak-anak yang aktif sendirian ke tempat umum itu bikin capek ya tapi kadang semangat untuk berkumpul dengan sobat juga kuat, lebih enak sih kalau ada yang nemanin kayak suami atau adek pas kopdar hehe

    BalasHapus
  12. Aku pernah ngajakin anak ke galeri seni, yang mana... aku sendiri juga belum pernah ke tempat seperti itu. Dan ternyataaaaa, banyak sekali peraturan yang tidak tertulis. Sehingga aku sama anak-anak semakin belajar bahwa lebih baik ketika di tempat umum, ga asal pegang.

    Inget-ingetnya biar gampang adalah "Itu bukan barang kita.. jadi jangan asal sentuh."

    BalasHapus
  13. Wah saya baru tahu ada berita itu, harganya sampai 34 juta, woow fantastis banget nih untung pemiliknya nggak minta ganti rugi ya. Tapi ya benar nih jadi pelajaran juga ya buat orang tua agar lebih berhati2 lagi saat membawa anak jalan, terutama anka yang lagi super duper aktifnya..nah, tips di atas bisa diterapkan buat ortu yang punya anak kecil kayak saya

    BalasHapus
  14. wah tipsnya bisa saya coba terapin niy buat keponakan saya bun, mereka kalau jalan-jalan wah capek sendiri gitu ngatur-ngaturnya, meskipun seru jalan-jalan sama mereka dan membiarkan mereka berekspresi tapi kadang kan suka khawatir ya

    BalasHapus